Jurusan Multimedia, Materi Kuliah, Gelar dan Prospek Kerjanya

Jurusan Multimedia, Materi Kuliah, Gelar dan Prospek Kerjanya – Lulusan multimedia menjadi salah satu lulusan yang banyak dicari dan diminati oleh perusahaan. Seiring dengan adanya perkembangan di bidang teknologi, media yang digunakan sebagai sarana informasi untuk publik juga tak kalah hadir dalam berbagai macam inovasi baru, salah satunya melalui digital. Keperluan untuk membentuk kemasan media baru ini membuat terciptanya peluang kerja bagi lulusan jurusan multimedia.

Lantas seperti apa materi yang akan dipelajari di jurusan multimedia? Apakah prospek kerja yang tersedia bagi lulusan multimedia? Kali ini Mamikos akan berbagi informasi mengenai jurusan multimedia, mulai dari materi kuliah, gelar, hingga prospek kerjanya. Simak terus artikel berikut, ya!

Mengenal Jurusan
Multimedia

freepik.com

Multimedia identik dengan editing, desain grafis, bahkan fotogragi. Lantas apa sebenarnya jurusan multimedia? Jurusan multimedia merupakan program studi yang berkaitan dengan penggunaan media sebagai sarana untuk menyampaikan berbagai informasi kepada publik baik melalui media cetak maupun media digital. Tentunya dalam jurusan ini, kalian akan fokus pada penguasaan kemampuan di bidang teknologi multimedia dan konten multimedia.

Mahasiswa jurusan multimedia akan dituntut untuk memiliki keahlian pada penggunaan teknologi multimedia, perangkat multimedia, hingga teknologi multimedia interaktif. Teknologi multimedia merupakan salah satu teknologi yang menggabungkan antara teknologi komputer, sistem video, serta audio guna menghasilkan kombinasi terbaik dan dapat meningkatkan interaksi pengguna dengan komputer.

Saat memasuki jurusan multimedia ini, kalian juga akan dituntut untuk memiliki keahlian yang baik terutama dalam memecahkan suatu permasalahan serta dapat bekerja sama dengan orang lain.

Pengetahuan dan Keahlian Jurusan Multimedia

Berikut beberapa pengetahuan dan keahlian yang akan kalian peroleh saat menjadi mahasiswa jurusan multimedia:

  • Memiliki kemampuan dalam mengoperasikan software
    gambar
  • Memiliki kemampuan imajinasi
  • Memiliki kemampuan dalam memecahkan suatu
    permasalahan
  • Mampu bekerja secara individu maupun dalam tim
  • Memiliki keterampilan dalam menggambar teknis
  • Memiliki pemahaman artistik
  • Memiliki pemahaman mengenai komposisi warna
  • Memiliki kemampuan untuk berpikir kreatif dan
    terstruktur

Mata Kuliah Jurusan
Multimedia

Jika kalian berminat menjadi mahasiswa jurusan multimedia,
maka kalian akan menjumpai dan mempelajari beberapa mata kuliah di bawah ini,
yaitu:

  1. Pengantar cloud computing
  2. Alogaritma dan struktur data
  3. Manajemen proyek multimedia
  4. Rekayasa perangkat lunak
  5. User interaction design
  6. Pengujian perangkat lunak
  7. Teknologi multimedia
  8. Visualisasi dan animasi
  9. Project multimedia
  10. Grafika dan citra computer
  11. Matematika teknik
  12. Matematika diskrit
  13. Interaksi manusia dan computer
  14. Pemrograman berorientasi objek
  15. Logika matematika
  16. Pengantar sistem operasi
  17. Pemrograman game
  18. Pengantar gamifikasi
  19. Kecerdasan buatan
  20. Pengolahan sinyal dan audio
  21. Realitas sistem
  22. Technopreneurship

Prospek Kerja Jurusan
Multimedia

Sebagian orang menganggap bahwa lulusan multimedia pasti hanya akan menjadi seorang desainer, editor, fotografer, dan sejenisnya. Namun perlu diketahui bahwa lulusan jurusan multimedia juga memiliki beberapa prospek kerja yang cukup menjanjikan. Berikut beberapa penjelasan mengenai prospek kerja bagi lulusan multimedia.

1. Web Designer

Peluang kerja pertama bagi seorang lulusan multimedia yaitu menjadi web designer. Untuk menjadi seorang web designer, kalian membutuhkan gabungan kemampuan antara desain dan programming.

Desain digunakan untuk membuat layout sedangkan kemampuan programming berguna untuk mengcoding suatu website. Sehingga lulusan multimedia akan sangat cocok menjalani profesi sebagai web designer.

2. Graphic Designer

Lulusan multimedia terbilang banyak diminati di hampir setiap jenis perusahaan. Graphic designer atau yang biasa dikenal sebagai desain grafis bertanggung jawab dalam membuat desain untuk keperluan publikasi baik melalui media cetak, poster, kemasan produk, hingga di media digital seperti sosial media ataupun website. Desain grafis juga bertugas membuat identitas visual untuk keperluan branding perusahaan serta juga berperan dalam mendesain kemasan produk perusahaan.

Biasanya alur kerja bagi desain grafis yaitu dimulai dengan melakukan brief yang diberikan oleh klien, setelah itu desainer grafis akan mengembangkan konsep kreatif sesuai dengan brief yang diberikan oleh klien.

Tentunya untuk menjadi desain grafis, kalian harus memiliki kemampuan dalam melahirkan ide-ide kreatif dan juga dapat bekerja secara cepat sebab terdapat deadline yang cukup ketat.

3. Animator atau Illustrator

Prospek kerja lulusan multimedia lainnya yaitu menjadi animator atau illustrator. Kedua pekerjaan ini tentunya membutuhkan kemampuan yang umumnya dimiliki oleh lulusan multimedia sebab membutuhkan daya imajinasi yang tinggi. 

Untuk menjadi seorang illustrator, kalian dituntut untuk bisa menggabungkan antara seni, desain dan kreativitas guna menghasilkan sebuah gambar visual orisinal untuk berbagai produk dan media.

Sedangkan jika kalian berminat untuk menjadi animator, maka kalian akan dituntut dapat membuat gambar bergerak atau yang biasa dikenal sebagai animasi. Animasi tersebut dapat berupa 2 dimensi maupun 3 dimensi. Contoh karya hasil animator dapat digunakan untuk keperluan film, iklan, website, games, video, dan masih banyak lagi.

4. Game Designer atau Modeler

Jika kalian lulusan multimedia yang memiliki passion dibidang gaming, maka prospek kerja satu ini akan menjadi pilihan yang tepat bagi kalian. Untuk bisa menjadi game modeler atau designer, kalian harus memiliki ijazah studi multimedia. Sebab kalian akan membutuhkan kemampuan multimedia dalam  merancang sebuah konsep dari video games baik di PC maupun smartphone. Lingkup kerja seorang game designer yaitu meliputi pembuatan aturan, latar, alur cerita, hingga tata cara bermain game tersebut.

5. Interactive Media Designer

Peluang kerja selanjutnya bagi lulusan multimedia yaitu menjadi interactive media designer. Profesi ini akan menuntut kalian untuk bertanggung jawab atas pembuatan desain interaktif yang melibatkan teks, data, suara, animasi, grafis, bahkan efek visual lainnya. Perusahaan yang membutuhkan profesi ini  biasanya untuk memenuhi keperluan bisnisnya seperti membuat materi pembelajaran online, membuat website, video games, dan lain sebagainya.

Interactive media designer kerap disandingkan dengan software developer, sehingga tak jarang mereka dibutuhkan dalam proses percobaan keseluruhan fungsi produk yang telah dibuat atau bahkan untuk melakukan proses coding.

6. Arsitek Sistem Komputer

Lulusan multimedia juga dapat menjadi seorang arsitek sistem komputer. Tugas dari profesi ini yaitu untuk mendesain suatu sistem komputer yang baru dengan memperhatikan ketentuan yang ada serta mengembangkan solusi aplikasi untuk masalah yang kompleks, masalah sistem administrasi, atau bahkan masalah jaringan.

7. Audio Visual Coordinator

Menjadi seorang audio visual coordinator maka kalian akan
bertanggung jawab untuk mengkoordinasi suatu audio visual yang ada pada proyek
film, video, dan sejenisnya. Jadi yang mengurusi perihal efek suara dan gambar
membutuhkan seorang yang ahli di bidang multimedia.

Demikian informasi mengenai jurusan multimedia, mulai dari
penjelasan singkat, mata kuliah, gelar, hingga prospek kerjanya. Semoga
informasi ini membantu!

Jangan lupa untuk selalu update informasi melalui blog Mamikos, karena di sini tempatnya berbagai macam informasi menarik dan tentunya ter up to date!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta