10 Amalan Bulan Ramadhan Yang Jarang Diketahui Namun Pahalanya Besar

 Nana | Kam, 23 Apr 2020

10 Amalan bulan ramadhan yang jarang diketahui namun pahalanya besar – Karena hendak menghadapi bulan puasa atau bulan suci Ramadhan, tentu ada banyak diantara kita yang sedang berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala. Tidak disangka bahwa bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagai penjuru dunia sudah berada di depan mata. Bulan Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan memang selalu dirindukan oleh umat Muslim. Sebab pada bulan ini berbagai amal perbuatan dapat menjadi pahala yang berkali lipat serta adanya limpahan rahmat yang luar biasa.

Amalan Bulan Ramadhan Yang Jarang Diketahui

pixabay.com

Umat muslim di seluruh dunia memperingati bulan istimewa Ramadhan hanya selama setahun sekali. Meski singkat atau hanya selama tiga puluh hari saja, namun amalan yang akan didapat bila dilakukan di bulan mulia ini sangatlah luar biasa. Umat muslim seringkali berlomba-lomba untuk meningkatkan amalan ibadah mereka pada bulan nan istimewa ini.

Dari situlah Mamikos pun mendapatkan semacam ide untuk membuatkan kamu sebuah tulisan berisi amalan di bulan Ramadhan yang jarang diketahui namun pahalanya besar. Simak dengan lengkap penjelasan mengenai amalan bulan Ramadhan yang jarang diketahui namun memiliki pahala yang besar sebagai berikut:

Daftar Amalan-amalan Bulan Ramadhan

1. Memperbanyak Sedekah

Amalan bulan Ramadhan yang jarang diketahui namun pahalanya besar yang pertama ialah sedekah. Masih banyak yang tidak menyadari bahwa dengan memperbanyak sedekah, ada banyak kebaikan yang bisa didapatkan. Bahkan Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya yang selalu melakukan sedekah, apalagi jika bulan Ramadhan tiba.

Oleh karena itu, sudah semestinya sebagai umat Muslim, kita perlu mencontoh beliau di bulan yang penuh berkah ini untuk memperbanyak sedekah dan beramal. Pada siapa kita harus bersedekah? Siapa saja, baik untuk kepentingan fi sabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin.

republika.co.id

Jadi salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Ramadhan dan merupakan salah satu amalan bulan Ramadhan yang jarang diketahui namun pahalanya besar. Terutama jika kamu bersedekah atau memberikan ifthar (hidangan berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa.

2. Mendekatkan Diri atau Itikaf kepada Allah SWT

Amalan berikutnya di bulan Ramadhan yang jarang diketahui namun pahalanya besar adalah Itikaf atau mendekatkan diri kepada Allah SWT. Itikaf atau mendekatkan diri kepada Allah SWT ini biasa dilakukan di masjid pada saat bulan Ramadhan. Namun saat pandemi seperti sekarang, maka kamu bisa memperbanyak istighfar dan ibadah di rumah atau di kost saja.

Pada sebuah hadits disebutkan bahwa, dari Ibnu Umar RA (diriwayatkan bahwa) Ia berkata: Rasulullah SAW selalu beritikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan. (HR. Al-Bukhari No. 2025 dan Muslim No. 2838).

republika.co.id

Menurut para ulama, hukum Itikaf ini merupakan sunnah, jadi tidak wajib. Kecuali jika kamu telah bernazar untuk beritikaf karena sesuatu hal. Waktu untuk beritikaf adalah di akhir bulan Ramadhan atau 10 hari terakhir.

Sebagaimana hadits yang disampaikan Aisyah ra, Nabi shallallahu alaihi wa sallam beritikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya kemudian istri-istri beliau pun beritikaf setelah kepergian beliau. (HR. Al-Bukhari No. 2016 dan Muslim No. 1172).

3. Melakukan Dzikir

Amalan bulan Ramadhan yang jarang diketahui namun pahalanya besar berikutnya dan dapat dilakukan selain puasa adalah berdzikir. Keistimewaan dari berdzikir sangatlah luar biasa. Malah sesungguhnya dzikir yang dilakukan pada malam dan siang Ramadhan merupakan waktu-waktu yang mulia dan utama.

shutterstok.com

Maka saran Mamikos, kamu bisa memanfaatkan waktu-waktu tersebut untuk melakukan dzikir dan berdoa. Khususnya pada waktu-waktu yang istijabah, diantaranya saat berpuasa hingga berbuka, saat malam terutama pada sepertiga malam terakhir, dan saat sahur teruslah berdzikir.

4. Sholat Tarawih

Amalan bulan Ramadhan berikutnya yang jarang diketahui namun memiliki pahala besar adalah ibadah shalat Tarawih. Salah satu keutamaan bulan Ramadhan yang tidak akan kita semua temui dan hanya di bulan Ramadhan tentu saja shalat Tarawih. Menjalankan ibadah sholat tarawih ini merupakan salah satu hal yang paling penting di saat bulan Ramadhan.

https://muslimobsession.com/

Mengapa? Sebab pahala yang akan diterima tak hanya pahala berlipat-lipat. Namun, ampunan dosa juga akan kamu peroleh apabila melakukannya dengan sebenar-benarnya.
Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Barangsiapa sholat tarawih dengan dilandasi keimanan dan mengharap pahala dari Alloh maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhori dan Muslim).

5. Bertaubat

Masih dalam daftar amalan bulan Ramadhan yang jarang diketahui namun memiliki pahala yang besar adalah dengan perbanyak taubat. Karena Ramadhan adalah bulan yang suci dan penuh ampunan, maka amalan bulan Ramadhan yang dapat dilakukan selain puasa berikutnya adalah bertaubat.

pixabay.com

Banyak yang menyatakan bahwa sangat dianjurkan untuk bertaubat di bulan suci Ramadhan seperti ini. Bahkan untuk mereka yang bersungguh-sungguh dalam melakukan taubat, akan diibaratkan seperti bayi yang baru lahir. Yaitu suci tanpa dosa. Bertaubat memang bisa dilakukan kapan saja, namun dengan kamu memohon ampunan pada saat bulan Ramadhan ini, kamu memiliki peluang lebih besar untuk diampuni atas segala tindakan dan perbuatan.

6. Membayar Zakat

Amalan bulan Ramadhan yang dapat dilakukan dan jarang diketahui berpahala besar selain puasa adalah dengan membayar zakat. Zakat menjadi hal yang menyempurnakan amalan yang kamu lakukan pada saat melakukan ibadah di bulan Ramadhan.

https://konsultasisyariah.com/

Oleh sebab itu, maka wajibkan bagi setiap umat muslim untuk senantiasa mengingat untuk membayar zakat pada saat melakukan ibadah puasa Ramadhan agar ibadah yang kamu lakukan selama bulan Ramadhan semakin sempurna.

Zakat fitrah juga masuk dalam amalan bulan Ramadhan yang jarang diketahui berpahala besar. Zakat fitrah juga dikenal dengan sebutan zakat puasa, dan zakat fitri, karana masa untuk menyempurnakannya adalah pada akhir Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Tujuan dilakukannya zakat fitrah adalah untuk mensucikan orang yang melaksanakan puasa dan untuk membantu fakir miskin.

7. Tadarus dan Mengkhatamkan Alquran

Amalan bulan Ramadhan yang jarang diketahui dan berpahala besar selanjutnya selain puasa adalah dengan membaca dan mengkhatamkan Al-Quran. Momen Ramadhan bisa menjadi salah satu momen yang tepat untuk dijadikan rutinitas serta melebihkan dalam membaca Al-Quran. Khususnya bagi kamu yang jarang membaca Al-Quran di bulan biasa.

dream.co.id

Dengan rajin membaca Al-Quran di bulan Ramadhan, tentu ada banyak sekali kebaikan yang akan datang. Terlebih karena Allah SWT akan melipatgandakan pahala pada setiap amalan yang dilakukan oleh umat Islam di bulan suci Ramadhan ini. Apalagi jika kamu mengusahakan untuk mengkhatamkan membacanya. Tidak hanya mengejar khatam Al-Quran, namun kamu juga perlu memperhatikan cara membaca yang dengan baik dan benar.

8. Membaca Surat Al-Mulk Setiap Malam

Amalan bulan Ramadhan yang jarang diketahui namun pahalanya besar berikutnya adalah dengan membaca surat Al-Mulk setiap malam. Keutamaan surat Al Mulk adalah karena Surat Al Mulk disebut-sebut sebagai surat al Mani’ah, yakni penghalang dari siksa kubur apabila rajin membacanya di malam hari.

https://www.galamedianews.com/

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata, “Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (surat Al Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut “al Mani’ah” (penghalang dari siksa kubur). Dia adalah salah satu surat di dalam Kitabullah. Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim. Hakim juga mengatakan bahwa sanad hadits tersebut shahih).

Kemudian keutamaan surat ini juga bisa diperoleh jika seseorang rajin membacanya setiap malam. Lalu mengamalkan hukum-hukum yang terkandung di dalamnya, dan mengimani berbagai berita yang disampaikan di dalamnya. Maka sangatlah luar biasa jika kamu mulai membiasakan diri membaca surat Al-Mulk setiap malam.

9. Sahur

Tahukah kamu bahwa sahur adalah salah satu amalan bulan Ramadhan yang jarang diketahui memiliki pahala yang besar. Di bawah ini Mamikos akan jelaskan secara detail mengenai apa saja keutamaan sahur tersebut.
Apabila kamu melakukan sahur di bulan suci Ramadhan meski hanya dengan segelas air putih, maka Allah dan malaikat-malaikatnya menyertai kamu dengan shalawat. Betapa berkah sahur di bulan Ramadan sangat besar.
Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya:

Makan sahur merupakan makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur. (HR. Ahmad 3: 44)
Maksudnya dari ungkapan itu adalah orang orang yang menyempatkan makan sahur maka akan mendapatkan rahmat dan pujian dari Allah SWT di depan para malaikat. Sementara malaikat akan mendoakan dan memohon ampunan bagi orang-orang yang makan sahur tersebut.

https://harianrakyataceh.com/

Berkah lainnya apabila kamu melakukan sahur adalah kamu jadi terbiasa bangun di sepertiga malam. Sebab orang yang makan sahur tentu harus bangun di sepertiga malam saat dimana waktu tersebut sangat cocok untuk melaksanakan shalat malam atau shalat tahajud. Jadi kamu akan disarankan untuk melaksanakan shalat tahajud terlebih dahulu sebelum makan sahur untuk menambah berkah sahur di bulan Ramadhan ini.

Selain itu, berkah sahur di bulan Ramadhan lainnya adalah waktu yang bisa kamu manfaatkan untuk berdoa, beristighfar dan ibadah ibadah lainnya. Kamu juga bisa menjalankan shalat subuh di awal waktu setelah makan sahur.

10. Menyegerakan Berbuka Puasa

Selain sahur, amalan bulan Ramadhan yang jarang diketahui namun berpahala besar adalah dengan menyegerakan berbuka puasa. Kamu harus segera berbuka puasa setelah kumandang adzan terdengar, dan jangan sampai menunda. Mengapa demikian?

idntimes.com

Rasulullah SAW bersabda :

“Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Selain yang sudah disebutkan tadi, saat berbuka puasa merupakan waktu bagi tubuh kamu untuk menerima asupan energi kembali setelah menahan lapar dan haus seharian tadi. Jadi jangan lupa untuk selalu membaca doa berbuka puasa. Jangan sampai karena harus segera berbuka, kamu jadi terburu-buru hingga lupa berdoa.

Jadi demikianlah penjelasan Mamikos mengenai amalan amalan bulan Ramadhan yang jarang diketahui namun pahalanya besar. Semoga dengan adanya informasi amalan bulan Ramadhan yang jarang diketahui namun pahalanya besar ini kamu jadi semakin giat untuk melakukan ibadah dan amalan-amalan yang sudah dijelaskan tadi. Jangan lupa akses aplikasi pencari kost Mamikos untuk informasi selengkapnya mengenai kost-kostan atau hunian kostan. Sebab dengan mengakses aplikasi pencari kost, dijamin kamu bisa lebih efisien waktu, tenaga dan biaya.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: