Jangan Salah! Ini Arti Jazakallah Khairan & Jawabannya

Posted in: Informasi
Tagged: arti kata

Ini Arti Jazakallah Khairan & Jawabannya – Kita pasti sering mendengar banyak diantara teman atau orang-orang di sekitar kita yang mengucapkan kallimat jazakallah khairan. Sekilas mendengar pasti sudah ketebak bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat yang diadopsi dari bahasa arab. Namun yang jarang kita ketahui adalah sebenarnya apa sih arti jazakallah khairan & jawabannya? Simak penjelasan berikut ini.

Makna Jazakallah Khairan

Secara umum arti kata dari kalimat jazakallah khairan adalah semoga Allah membalasmu dengan kebaikan. Mungkin Anda juga pernah mendengar kalimat jazakumullah khairan yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia pun sama maknanya.

Jazakumullah khairan memiliki arti yakni semoga Allah membahas kalian dengan kebaikan.

duniapondok.com

Jika kita bedah arti dari setiap katanya, maka diketahui bahwa jazakallah memiliki arti semoga Allah membalasmu. Sedangkan arti dari khairan berarti kebaikan. Secara tersurat makna dari kalimat tersebut adalah sebuah doa. Doa agar siapa saja yang kita ajak untuk berbicara mendapatkan balasan kebaikan dari Allah.

Kalimat jazakallah khairan diketahui terdapat dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. Arti dari hadist tersebut yakni Usman bin Zaid berkata, Rasulullah S.A.W bersabda “Barangsiapa yang dibuatkan kepadanya kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya “Jazakallhu khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian” (HR. Tirmidzi)

Sudah sangat jelas bahwa penggunaan kalimat jazakallah khairan sudah diperintahkan oleh baginda Rasulullah, seperti amalan lainnya maka pengucapan jazakallah khairan dalam keseharian tentu saja bernilai ibadah jika dilakukan dengan penuh keikhlasan.

Penerapan Kalimat Jazakallah Khairan

Bisa dikatakan bahwa bahasa arab merupakan bahasa yang unik. Setiap objek yang dituju memiliki pembeda dalam pengucapannya. Ketika berbicara dengan laki-laki tentu akan berbeda dengan berbicara dengan perempuan, dan akan berbeda pula jika berbicara dengan banyak orang. Semua diatur sesuai dengan penggunaannya. 

Begitu pula dengan kalimat jazakallah khairan yang setiap menggunakannya bisa saja berbeda. Jika Anda hendak mengucapkan ucapan terima kasih sekaligus doa kepada mereka yang sudah berbuat baik kepada Anda, jika yang bersangkutan adalah seorang laki-laki, maka Anda dapat menggunakan kalimat jazakalloohu khoiro.

Jika lawan bicara Anda perempuan, maka Anda dapat menggunakan kalimat jazakillah khairan. Sedangkan jika Anda berbicara atau hendak mengucapkan terima kasih dan mendoakan banyak orang, Anda dapat menggunakan kalimat jazakumullah khairan. 

Semua kalimat tersebut memiliki arti dan makna yang sama, hanya saja penggunaannya yang berbeda. Maka dari itu sangat penting untuk memahami arti jazakallah khairan & jawabannya sebelum menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jawaban Untuk Jazakallah Khairan

Sebagaimana mestinya sebuah etika baik yakni ketika kita didoakan oleh orang lain, maka kita sepatutnya juga turut mendoakan orang yang telah mendoakan kita. Jazakallah khairan merupakan sebuah doa, maka alangkah baiknya jika kita mendengar kalimat tersebut atau ketika ada seseorang yang mengucapkan kalimat tersebut untuk kita, maka kita juga turut memanjatkan doa untuknya.

Namun yang terkadang menjadi pertanyaan bagaimana cara menjawab kalimat jazakallah khairan. Maka dari itu mempelajari arti jazakallah khairan & jawabannya menjadi penting. Berikut adalah beberapa jawaban yang dapat Anda lontarkan ketika mendapati orang lain mengucapkan jazakallah khairan kepada Anda.

1. Mengulang ucapan jazakallah khairan

Ketika ada orang yang mengucapkan doa, maka sepatutnya kita mendoakan balik orang yang bersangkutan. Sebagaimana ucapan salam yang juga dijawab dengan ucapan salam. Ketika mendengar kata jazakallah khairan, maka Anda dapat menjawab dengan wajazakallah khairan yang artinya semoga Allah membalasmu juga dengan kebaikan.

Dengan mendoakan balik, harapannya dapat terjalin hubungan yang baik. Saling mengasihi, saling mendukung, dan saling mengharapkan kebaikan datang kepada sesama.

2. Waiyyaka atau waiyyaki atau waiyyakum

Jawaban kedua yang dapat Anda lontarkan ketika ada orang mengucapkan kalimat jazakallah khairan kepada Anda adalah dengan mengucapkan waiyyaka jika diucapkan pada laki-laki, waiyyaki jika diucapkan kepada perempuan, dan waiyyakum jika diucapkan kepada banyak orang.

Dengan memberikan jawaban yang baik, maka dapat menjadi petanda bahwa Anda paham betul arti jazakallah khairan & jawabannya. Karena ternyata kalimat tersebut bukan hanya sekadar pemanis pembicaraan, namun juga sebuah lantunan doa sederhana yang kaya makna.

Keutamaan Kalimat Jazakallah Khairan

Setiap kata-kata yang tersebut dalam Qur’an atau Hadist sudah pasti memiliki makna tersendiri. Banyak diantaranya merupakan sebuah doa yang memiliki makna teramat dalam. Jazakallah khairan merupakan salah satu kalimat doa yang mudah dan sering diucapkan banyak orang. Namun tak jarang masih banyak orang yang belum mengetahui keutamaan dari kalimat tersebut. 

Berikut adalah keutamaan dari kalimat jazakallah khairan yang harus Anda ketahui:

1. Sebagai Ucapan doa

Sebagaimana artinya, jazakallah khairan merupakan sebuah doa yang mengharapkan kebaikan kepada siapa saja yang telah berbuat baik. Sebagai ucapan doa, jazakallah khairan sangatlah mudah diucapkan dan sangat mudah untuk diingat. Namun siapa sangka jika makna didalamnya sangatlah dalam dan berarti bagi kebahagiaan orang yang mendengarkannya.

2. Kalimat terima kasih terbaik

Ketika ada orang yang berbuat baik dengan kita, sudah selayaknya kita mengucapkan ucapan terima kasih sebagai wujud atau bukti bahwa kita menghargai kebaikan mereka. Ada banyak sekali ucapan terima kasih yang dapat dilontarkan. 

Jazakallah khairan menjadi salah satu bentuk ucapan terima kasih. Namun tidak sembarang ucapan terima kasih, kalimat tersebut juga mengandung doa dan pengharapan yang tulus, sehingga banyak yang menyebutkan bahwa jazakallah khairan merupakan bentuk ucapan terima kasih terbaik kepada mereka yang terlah melakukan suatu kebaikan.

3. Bernilai ibadah

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kalimat jazakallah khairan ditemukan pada hadist shahih yang diriwayatkan oleh Tirmidzi. Dan seperti amalan hadist Rasul lainnya, jika kita mengamalkan kalimat jazakallah khairan, berarti kita juga sedang melakukan suatu kebaikan. Dan kebaikan sekecil apapun bernilai ibadah.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketika kita mengucapkan jazakallah khairan, maka kita juga sedang beribadah sekaligus mengamalkan Hadist Rasul di kehidupan kita.

Sungguh menarik bukan, pembahasan seputar arti jazakallah khairan & jawabannya. Tentu saja dengan mempelajari makna, pengamalan, keutamaan, dan jawaban dari kalimat tersebut merupakan bagian dari ikhtiar kita untuk mempelajari agama Islam lebih dalam lagi.

Belajar agama juga merupakan sebuah ibadah. Kita bisa mendapatkan kebaikan dari hasil belajar kita dan jika diniatkan ikhlas semata-mata mencari ridho Allah, maka dapat bernilai ibadah pula. InsyaAllah.

Tenang saja, bagi Anda yang belum mengetahui arti jazakallah khairan & jawabannya, Anda dapat mempelajarinya mulai saat ini. Sudah banyak media yang dapat digunakan sebagai sarana belajar. Mulai dari buku-buku islami, blog atau web terpercaya, ceramah para ulama yang saat ini juga mudah sekali diakses, atau dengan berdiskusi langsung dengan ahlinya.

Semua media sudah siap Anda gunakan, kini waktunya Anda untuk memulai. Mulailah belajar dari hal kecil dan niatkan semua untuk mencari ridho Allah semata, sehingga nantinya ilmu yang didapatkan akan lebih barokah.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah