Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa di Jakarta Dalam Sebulan, Penting Banget!

Posted on Posted in Info Kost, Info Penting, Informasi, Kamar Kost, Kost Jakarta, Mahasiswa, Seputar Anak Kost, Seputar Mahasiswa

Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa di Jakarta Dalam Sebulan, Penting Banget!  – Jakarta merupakan kota metropolitan terbesar di Indonesia yang terdiri dari berbagai kalangan, suku dan juga daerah. Seringkali kota Jakarta menjadi tujuan bagi para perantau yang mengincar pendidikan bagus maupun pekerjaan dengan gaji yang tinggi. Banyak orang yang beranggapan kalau hidup di Jakarta sangat enak dan apa-apa sudah semakin mudah, tapi nyatanya ada banyak hal yang perlu dipikirkan secara matang.  Perlu kamu ketahui dulu biaya hidup anak kost mahasiswa Jakarta jika ingin kuliah di Jakarta.

Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa di Jakarta Dalam Sebulan, Penting Banget!

daftar apartemen di jakarta

Tinggal di ibukota memiliki jelebihan dan kekurangan, sama seperti tempat-tempat yang lainnya. Kini segala kebutuhan untuk teknologi, informasi, transportasi dan juga kebutuhan yang lainnya sangat mudah untk dijangkau. UMRnya juga sudah sangat tinggi, dan hal ini juga mempengaruhi biaya hidup anak kost mahasiswa di Jakarta. Karena harganya lumayan mahal untuk hidup di Jakarta.

Biaya Hidup Kuliah di Jakarta

Jadi mahasiswa di ibukota? Siapa yang tidak tergiur dengan hal ini? Bisa menjadi anak kuliahan di Jakarta merupakan impian dari banyak pelajar yang akhirnya lulus dari bangku sma atau smk. Apalagi jika dapat diterima di perguruan tinggi negeri seperti Universitas Indonesia,  Universitas Atmajaya, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Trisaksi dan lain-lain. Bahkan jika tidak negeri sekalipun, perguruan tinggi di Jakarta memiliki mutu dan kualitas yang bagus.Ada banyak pilihan juga untuk jurusan yang bagus di setiap perguruan tinggi. Tapi, tentu saja kuliah di Jakarta juga ada tantangannya, selain harus sabar menghadapi kemacetan kamu juga harus siap dengan biaya hidupnya yang cukup mahal.

Lowongan Kerja Depok

Selama ini yang sering menjadi keluhan para perantau dari luar daerah memang biaya hidup. Khususnya untuk para pelajar belum bisa mencari uang sendiri. Jadi, hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum pindah ke Jakarta dan resmi menjadi mahasiswa adalah membuat estimasi biaya hidup anak kost mahasiswa di Jakarta. Baik kamu akan tinggal sementara atau untuk menetap di ibukota, penting sekali membuat estimasi biaya hidup agar kamu tidak kehabisan uang di tengah jalan dan akhirnya harus minta ke orang tua. Akan enak bukan jika bisa meringankan beban orang tua?

Penasaran kan berapa sih biaya hidup minimal hidup di Jakarta dan juga biaya hidup di Jakarta untuk mahasiswa? Langsung saja simak beberapa penjelasan berikut yuk!

  • Sewa Kost Jakarta

Salah satu biaya yang bikin bengkak pengeluaran adalah biaya untuk sewa tempat tinggal. Harga kontrakan di jakarta memang terbilang yang paling mahal. Kalau kamu sudah sedikit survey seputar sarana tempat tinggal di Jakarta, awalnya pasti kamu akan kaget dengan harga yang ditawarkan oleh pemilik kontrakan. Tapi, paling tidak kamu bisa survey tempat yang paling dekat dengan kampus. Biasanya ada banyak penyewaan kost di sekitar kampus dengan harga yang lebih murah karena memang dikhususkan untuk para mahasiswa.

Sebagai mahasiswa baru yang akan tinggal di Jakarta, kamu bisa memilih kost mahasiswa Jakarta atau sewa apartemen Jakarta sebagai alternatif. Selain harganya lebih terjangkau biasanya kost dan apartemen juga terletak di lokasi yang sangat strategis. Biasanya harga kost yang murah-murah berada di sekitar daerah Jakarta selatan seperti pasar minggu dan ragunan. Di daerah ini tempat kostnya berada di kisaran 800ribu sudah dengan fasilitas kamar mandi dalam, kasur dan juga lemari.

Tersedia juga kost ac mahasiswa dengan fasilitas tambahan seperti ac, wifi dan juga beberapa fasilitas umum dengan kisaran harga diatas 1.4juta per bulan. Penting sekali mempertimbangkan jarak dari kost dengan kamps tempat kamu belajar. Percuma juga jika kamu sudah memilih kost dengan biaya di bawah 1juta tapi perlu ongkos lebih daro 25ribu untuk sampai ke kampus. Selain menghabiskan uang, kamu juga akan menghabiskan banyak waktu di jalan.

Sedangkan untuk sewa apartemen di Jakarta rata-rata harganya berada di atas 3juta per bulan sudah dengan fasilitas yang lengkap di setiap unitnya dan juga fasilitas publik seperti kolam renang, kafe, restoran, tempat olahraga, taman dan atm bersama. Selain itu apartemen juga terletak di kawasan yang strategis, sehingga kamu akan lebih mudah dalam menjangkau berbagai daerah termasuk kampus kamu.

Jika kamu belum mulai mencari dan menentukan kost, sebaiknya hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari info kost di internet. Bisa unduh aplikasi mamikos untuk info yang lebih akurat, atau kamu bisa langsung datang ke lokasi untuk membandingkan harga kost yang satu dengan yang lain. Dan sebenarnya kost dengan harga sekitar 900ribu sudah cukup nyaman dan aman kok.

  • Harga Makan di Jakarta

Kemudian hal penting berikutnya yang perlu kamu perhatikan jika kuliah di Jakarta selain kost-kost an di Jakarta adalah biaya makan atau harga sekali makan di Jakarta. Kalau dihitung-hitung sebenarnya biaya sekali makan lumayan mahal, minimal kamu harus mengeluarkan uang 7ribu untuk mendapatkan nasi+sayur dan lauk. Kalau masalah tempat dan menu tidak perlu khawatir karena di Jakarta terdapat banyak sekali rumah makan murah atau warteg di pinggir jalan, apalagi di dekat perkantoran dan juga kampus-kampus.

Di malam hari juga banyak jajanan di pinggir jalan atau kaki lima dengan harga yang murah, menu beragam dan tempat nyaman kalau kamu bosan dengan menu yang biasanya. Kalau merasa harga makanan di luar mahal, kamu bisa mencoba masak nasi sendiri. Lumayan bisa menghemat 2ribu untuk sekali makan, dan masih bisa lebih hemat lagi kalau ada fasilitas dapur di kost an kamu. Beli sayur 7ribu sudah bisa untuk 3x makan. Jauh lebih hemat bukan?

  • Tarif Transportasi

Jakarta dengan segala kenyamanannya telah menyediakan berbagai jenis transportasi umum yang akan mempermudah aktivitas kamu sehari-hari. Seperti bus transjakarta, bus angkutan kota, bus kopaja, metromini, KRL, bajaj dan sekarang sudah tersebar ojek online di berbagai daerah. Banyak juga mahasiswa yang sering menggunakan KRL dan Bus Transjakarta untuk berangkat dari kost ke kampusnya. Biasanya dengan tariff 4500 kamu sudah bisa sampai ke tujuan jika naik KRL atau Transjarta. Sedangkan untuk angkutan kota, kopaja dan metromini rata-rata harganya berkisar dari 4ribu tergantung juga rute yang kamu ambil.

Kalau ingin lebih cepat dan praktis kamu bisa memilih ojek online tapi ya memang biayanya akan lebih mahal. Harga untuk transportasi umum ini juga bisa lebih murah lagi jika kamu bisa membawa kendaraan pribadi, seperti sepeda motor. Bisa juga dengan memilih tempat kost yang tidak jauh dari perguruan tinggi kamu, sehingga bisa ditempuh dengan jalan kaki.

  • Biaya Lain-lain

Terakhir, adalah biaya lain-lain seperti keperluan untuk mandi, belanja dan sebagainya. Biaya kebutuhan pokok di Jakarta sedikit lebih mahal dari biaya kebutuhan pokok di jawa dan mungkin yang baru saja dating ke Jakarta akan sedikit kaget dengan perbedaan biayanya. Apalagi untuk hangout dengan teman-teman paling tidak kamu akan mengeluarkan 400ribu per bulan. Belum termasuk dengan harga pulsa

Di Jakarta terdapat banyak tempat makan, hangout dan juga pusat perbelanjaan yang sangat beragam dan seringkali membuat kita tergiur. Apalagi kalau kamu adalah tipe orang yang tidak bisa menolak ajakan belanja dan hangout dari orang lain. Jadi, kamu juga harus menyisihkan uang untuk kebutuhan hiburanmu sendiri. Misalnya saja untuk nonton film, rata-rata bioskop standar di Jakarta biaya untuk satu tiketnya adalah 35ribu ke atas.

Jika ingin mengurangi pengeluaran untuk nongkrong di kafe, kamu bisa sedikit membatasi kegiatan di kafe yang mahal. Coba saja untuk ajak teman kamu nongkrong di taman atau tempat jajan kaki lima. Kamu tetap bisa berkumpul dan menghemat pengeluaran kok.

Kira-kira untuk bertahan hidup dengan layak di Jakarta, kamu memerlukan uang 2juta ke atas setiap bulannya. Mahal bukan? Jika ingin membantu orang tua dan mendapat uang jajan tambahan, kamu bisa coba mencari pekerjaan atau membuka usaha. Sekarang banyak lowongan kerja freelance mahasiswa dan juga lowongan kerja part time di Jakarta yang terbuka lebar untuk kamu. Jadi, kalau bisa berhemat dan dapat uang tambahan kenapa tidak?

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam mengatur pengeluaran serta menyiapkan  uang untuk keperluan kamu selama menjadi mahasiswa di Jakarta.

Baca juga :  Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Surabaya yang Harus Kamu Siapkan

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa di Jakarta Dalam Sebulan, Penting Banget!

Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa di Jakarta Dalam Sebulan, Penting Banget!