Pertama Kali Ngekost? Baca 5 Tips Cari Kos-Kosan Ini Biar Gak Salah Pilih Kost!

Posted on Posted in Informasi, Seputar Anak Kost

Cari kos-kosan adalah salah satu hal yang gak boleh dilakukan sembarangan, apalagi kalau kamu sebelumnya belum pernah merantau alias ngekost. Kebanyakan orang di Indonesia ngekost saat mereka kuliah atau kerja di luar kota, jauh dari keluarga. Sebagai anak rantau, nantinya kamar kost kamu inilah yang bakal jadi “rumah” kamu. So,kalau gak mau salah pilih kamar kost, lebih baik kamu simak deh tips cari kos-kosan di bawah ini.

  1. Survey Harga Jauh-Jauh Hari

Kebanyakan mahasiswa baru atau mereka yang baru pertama kali merantau, biasanya mereka belum tau sama sekali tentang kisaran harga kos-kosan di daerah yang mereka tuju. Karenanya, gak ada salahnya kamu survey harga jauh-jauh hari biar gak kaget, apalagi kalau kamu diberi budget terbatas untuk kos-kosan oleh ortu kamu. Biasanya sih kamar kost dengan harga ekonomis yang akan jadi rebutan para mahasiswa. Kalau untuk kamar kost yang eksklusif dan tarif sewa perbulannya mahal, biasanya gak terlalu banyak peminatnya. Kalau kamu emang niat cari kamar kost dengan harga eknomis, ingat-ingat kalau sainganmu banyak. Jadi, siapkan waktu khusus untuk berkeliling mencari kost, survey harga, dan membandingkan fasilitas dari satu kos-kosan ke kos-kosan lainnya. Antisipasi aja sih biar kamar kost yang memiliki tarif ekonomis gak keburu habis diambil calon penyewa lainnya.

  1. Prioritaskan Kamar Kost dengan Tarif Sewa Perbulan

Pembayaran kos-kosan ada yang per bulan, per tahun, atau bahkan per minggu. Kalau mau aman sih lebih baik kamu cari kos-kosan dengan tarif sewa per bulan saja. Kalau sewanya per minggu, kamu harus repot tiap minggu kontak-kontakan dengan pemilik kost untuk membayar sewa kamar kost. Kalau sewanya per tahun, kamu mau gak mau harus betah-betahin deh tinggal di kamar kost itu selama setahun penuh. Iya kalau kamu betah. Siapa tahu ada banyak faktor yang ternyata bikin kamu gak betah seperti tetangga kost yang berisik, lingkungan kost yang ternyata kurang nyaman, dan lain sebagainya. Kalau sewanya per bulan kan setidaknya kamu bisa cepat pindah bulan depannya.

  1. Pastikan Lokasi Kost Dekat Tempat Makan dan Fasilitas Kendaraan Umum
Baca juga :  Mau Pindahan Kost? Baca 10 Tips Pentingnya Berikut Ini

Nanti kalau kamu udah ngekost, gak ada lagi tuh yang nyiapin makan buat kamu. Kalau mau makan, kamu harus masak sendiri atau beli sendiri. Kalau kamu belum ada kendaraan sendiri, pastikan kos-kosan yang kamu sewa dekat dengan tempat-tempat makan. Setidaknya kamu bisa jalan kaki lah ke warung makan di sekitar lokasi kost kamu kalau lapar. Cari kos-kosan juga harus yang dekat dengan fasilitas kendaraan umum seperti halte bus, pangkalan ojek, dan lain sebagainya. Meski udah ada ojek online, setidaknya kalau pas keburu-buru kamu gak akan kesusahan menemukan kendaraan umum untuk pergi ke kampus atau kemanapun. Kalau mau lebih enaknya lagi, cari deh lokasi kos-kosan yang selain dekat dengan tempat makan dan fasilitas umum, dekat juga dengan kampus kamu. Dijamin lebih hemat ongkos.

  1. Jangan Sungkan Bertanya Soal Fasilitas Kost

Pada saat kamu survey mencari kost dan bertemu dengan pemilik kost, jangan sungkan untuk bertanya, terutama soal fasilitas di kos-kosan tersebut. Siapa tau kamu udah senang duluan dapat tarif sewa yang terbilang sangat murah. Tapi, kamu gak tanya lebih lanjut sama pemilik kost soal tarif tersebut. Eh, pas bayar kamu kaget sendiri karena ternyata tarif sewa yang murah tersebut belum termasuk biaya listrik, air, dan fasilitas lainnya. So, jangan malu lah bertanya. Ingat, malu bertanya sesat di jalan alias kamu sendiri juga yang rugi.

  1. Gunakan Aplikasi Pencari Kost

Di era modern seperti ini, mencari kos-kosan bisa dilakukan lewat smartphone kamu. Jadi, sebenarnya kamu gak perlu repot sih survey-survey harga atau datang sendiri ke kos-kosan hanya untuk melihat kondisi kos-kosan dan melihat seperti apa fasilitasnya. Salah satu aplikasi pencarian kost yang bisa kamu manfaatkan adalah Mamikos. Aplikasi yang kompatibel dengan perangkat Android dan iOS ini dapat menyediakan info kos-kosan dari berbagai kota di Indonesia. Alhasil, cari kos-kosan di kota manapun di seluruh Indonesia dijamin akan lebih mudah dan efektif.

Baca juga :  10 Kode Promo di Tokopedia September - Oktober 2018

Bingung Cari Kost Murah? Mau Info Kost Jogja, Kost Jakarta, Kost Depok, Kost Surabaya, Kost Bandung? Dapatkan kost idaman kamu lewat Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah. Aplikasi Mamikos ini bisa digunakan di perangkat Android maupun iOS.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kunjungi mamikos.com  untuk dapatkan Info Kost terupdate di berbagai kota di Indonesia

Cari Info Kost , Pakai mamikos.com - kost jogja, kost jakarta, kost surabaya, kost bandung

Download Aplikasi Mamikos di Play Store untuk akses yang lebih mudah disini

Aplikasi Kost