Lebih Baik Tinggal di Rumah Kos atau Sewa Apartemen? Ini yang Harus Dipertimbangkan

 Posted on Senin, Agustus 13th, 2018  Posted in Info properti  Mamikos

Lebih Baik Tinggal di Rumah Kos atau Sewa Apartemen? Ini yang Harus Dipertimbangkan – Apartemen masih menjadi primadona bagi para pencari tempat tinggal sementara.

Selain karena terlihat lebih mewah, apartemen memungkinkanmu mendapatkan banyak fasilitas serta hal-hal lain yang mungkin tidak kamu dapatkan di kos.

Namun, bagi kamu yang ingin memilih kost sebagai alternatif tempat tinggal, sebenarnya hal tersebut bukanlah pilihan yang salah karena masing-masing  memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Jika kamu masih bingung memilih lebih baik kos atau apartemen, maka artikel ini akan memberimu referensi. Selamat membaca!

Kost VS Apartemen, Mana yang Harus Dipilih?

Kebingungan pilih kost atau apartemen tidak hanya terjadi di kalangan mahasiswa saja. Para pekerja kantoran yang tinggal sendiri pun terkadang merasa galau ketika mencari hunian sementara.

Agar bisa lebih yakin memastikan tempat tinggal yang sesuai kebutuhan, kamu harus mengetahui perbedaan kost dan apartemen terlebih dahulu.

Terdapat beberapa perbedaan mendasar yang perlu kamu tahu ketika memutuskan memilih kost maupun apartemen.

Pertama, perbedaan kost dan apartemen ditinjau dari segi fasilitas. Pasti sudah bukan hal yang aneh lagi jika kamu akan mendapatkan berbagai macam fasilitas melimpah ketika tinggal di apartemen.

Hunian vertikal yang menjulang tinggi dari kejauhan tersebut tentunya banyak menarik minat para penyewa, sehingga tidak mengherankan jika apartemen lebih diprioritaskan.

Apartemen menawarkan fasilitas yang sangat berbeda dibandingkan kost biasa.

 

Adanya Lift di Apartemen

Fasilitas eksklusif yang bisa kamu dapatkan di apartemen adalah bangunan yang sudah dilengkapi lift untuk memudahkan menuju unit kamar.

Jika tinggal di kost, biasanya kamu akan menggunakan tangga biasa. Tentu bukan masalah besar jika kamu tinggal di lantai 2, namun kamu bisa bayangkan jika kamarmu berada di lantai 4 dengan kondisi lelah saat tiba di kost.

 

Bermacam-macam tipe unit di apartemen

Kamu bisa mencari tahu jenis unit yang paling sesuai ketika memilih apartemen.

Tersedia berbagai macam pilihan unit mulai dari yang terdiri dari sebuah kamar (tipe 1 BR atau tipe studio), dua kamar tidur (tipe 2 BR), hingga tipe penthouse yang terdiri dari beberapa kamar tidur dan kamar mandi. Tentu hunian apartemen sangat cocok untuk kamu yang sudah menikah atau berkeluarga.

 

Apartemen memberikan privasi lebih tinggi

Tinggal di unit apartemen dapat diibaratkan seperti tinggal di rumah kecil. Kamu bisa bebas berinteraksi di dalam unit dan berkreasi dengan ruangan tersebut.

Terkadang apartemen juga dilengkapi dengan kunci deteksi wajah atau kunci kamar dengan sidik jari, sehingga keamanannya sangat terjaga.

Jika kamu tinggal di kost, kamu harus lebih banyak memberikan toleransi pada teman dekat kamar atau teman sekamarmu.

 

Harga sewa apartemen

Biaya sewa apartemen terkadang lebih mahal dibandingkan kost. Harga sewa yang perlu kamu bayar untuk apartemen pun bergantung pada tipe unit yang dipilih beserta fasilitas yang tersedia.

Biasanya, apartemen yang memberikan pelayanan tambahan di dalam ruangan, seperti cleaning service, laundry, dan sebagainya.

Semakin lengkap fasilitas apartemen yang akan kamu dapatkan, maka biaya sewanya pun akan lebih tinggi.

Jika kamu merasa budget yang disiapkan untuk mencari hunian sangat terbatas, maka terdapat alternatif lain untuk bisa tinggal di unit apartemen, seperti menyewa satu unit bersama beberapa teman.

Dengan demikian, biaya sewa apartemen bisa dihemat karena sudah dibagi bersama teman-teman lainnya.

Nah, setelah membaca keterangan adanya keuntungan sewa apartemen tersebut, kamu juga perlu mengetahui kelebihan tinggal di kost.

Tentu ada hal yang bisa kamu peroleh di kost, namun tidak bisa kamu dapatkan di apartemen dan sebaliknya. Lalu, apa saja hal yang akan kamu dapatkan apabila memilih tinggal di kost?

 

Kost membuatmu terlatih hidup Mandiri

Jika kamu belum pernah tinggal jauh dari orang tua, maka kehidupan anak kost bisa melatihmu untuk hidup mandiri.

Kondisi di kost yang seragam karena penghuninya rata-rata memiliki latar belakang sama pun dapat membuatmu semakin dekat dengan teman yang lain.

Kamu dapat memaksa diri untuk belajar menata hidup dan lebih mandiri serta tidak terlalu bergantung pada orang tua.

Kamu perlu memilih lokasi kost yang dekat dari warung makan dan penyedia fasilitas umum lainnya, sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk mencari kebutuhan sehari-hari.

Kost yang dekat dengan puskesmas atau rumah sakit pun dapat menjadi pertimbangan agar lebih mudah mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan.

 

Hanya di kost kamu akan mendapatkan pengalaman berharga dari sang pemilik

Tinggal di kost bisa jadi hal yang menyenangkan sekaligus membuat kesal. Pengalaman para penghuni kost dengan sang pemilik kost pun terkadang terlihat konyol.

Banyak yang mengeluhkan pengalaman menyedihkan, misalnya saja tidak boleh masuk kost karena pulang terlalu larut, kondisi keuangan yang semakin menipis karena pemilik kost menaikkan tagihan listrik, hingga konflik dengan pemilik kost karena beda pendapat.

Tentu pengalaman di kost bersama pemilik kost tidak hanya berisi pengalaman menyedihkan saja. Jika kamu beruntung, kamu akan dianggap sebagai anak sendiri oleh sang pemilik kost.

Tidak jarang apabila sang pemilik membuat banyak masakan, kamu akan diundang untuk menikmatinya bersama-sama. Tentu saja hal tersebut bisa menghemat kondisi keuanganmu, apalagi saat akhir bulan.

 

Kost mengajarkanmu untuk toleransi

Tinggal di lingkungan baru dengan teman-teman berbeda akan membuatmu terlatih belajar toleransi. Kamu akan belajar menghadapi masalah sekaligus cara mengatasinya.

Bayangkan saja jika teman sebelah kamarmu adalah tipe orang yang tidak bisa belajar tanpa menghidupkan musik keras-keras, sedangkan kamu adalah orang yang hanya bisa belajar ketika ada suasana tenang. Bagaimana solusinya?

Kasus lain yang bisa kamu hadapi adalah teman kost yang sangat hemat dan cenderung pelit. Bayangkan saja jika dia sering datang ke kamarmu untuk meminta makanan atau menggunakan barang-barangmu. Apa yang bisa kamu lakukan?

Tentu kamu tidak bisa egois memutuskan hubungan karena mau tidak mau kamu juga akan membutuhkannya suatu hari nanti.

 

Ingin Mendapatkan Fasilitas di Kost yang Sekelas Apartemen?

Melihat banyaknya fasilitas yang ditawarkan apartemen, mungkin kamu akan berpikir ulang apabila harus diminta memilih kost. Tenang saja, kamu tetap bisa mendapatkan fasilitas yang hampir sama dengan apartemen.

Gunakan aplikasi kost mamikos untuk memperoleh informasi mengenai kost mewah atau kost eksklusif yang fasilitasnya tidak kalah lengkap dengan apartemen.

Harga sewa apartemen pun bisa kamu peroleh dengan menggunakan aplikasi apartemen Mamikos.

Aplikasi kost mamikos memungkinkan kamu untuk bisa memperoleh informasi akurat mengenai lokasi kost, harga kost, sekaligus ketersediaan jumlah unit yang dapat ditempati.

Fasilitas kamar kost mewah berupa fasilitas di dalam kamar, fasilitas umum kost, serta fasilitas lingkungan sekitar apartemen dapat kamu ketahui.

Kondisi dalam unit kost pun bisa kamu lihat dari gambar yang terdapat di aplikasi Mamikos. Segera hubungi nomor kontak pemilik untuk melakukan negosiasi dan booking kamar kost, bahkan melakukan booking unit apartemen.

Kini, tinggal di kost atau apartemen bukan lagi piliha yang sulit. Selamat mencari!

Dapatkan juga info apartemen murah di kota lain :