Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Malang Ini Perlu Kamu Tahu

Posted on Posted in Info Kost, Info Penting, Informasi, Kamar Kost, Kost Malang, Mahasiswa, Seputar Anak Kost, Seputar Mahasiswa

Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Malang Ini Perlu Kamu Tahu – Adakah yang tes SBMPTN untuk dapat kuliah di perguruan malang? Wah, pasti sekarang kamu lagi deg-degan menunggu pengumuman ya? Tenang saja, karena kamu tidak sendirian. Ada banyak sekali calon mahasiswa baru yang menjadikan kota Malang sebagai tujuan untuk menuntut ilmu. Adapun beberapa perguruan tinggi unggulan yang sering diincar oleh para pelajar adalah Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN, Politeknik Negeri Malang dan masih banyak perguruan tinggi yang lainnya. Hmm yang pasti kamu sudah tahu dong kalau di Malang mutu pendidikannya sudah semakin maju, makanya kamu memilih kota malang bukan?

Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Malang Ini Perlu Kamu Tahu

Malang adalah sebuah kota di jawa timur yang menjadi kota terbesar kedua setelah Surabaya. Pantas saja banyak pendatang dari luar daerah yang ingin merantau ke malang baik untuk sementara maupun untuk menetap. Karena memiliki perguruan tinggi unggulan, sehingga kini malang dikenal sebagai kota pendidikan. Pastinya kamu akan sangat senang tinggal di Malang, selain udaranya yang sejuk, warga sekitarnya juga sangat ramah. Ditambah lagi dengan segala akases yang semakin mudah untuk dijangkau dari berbagai daerah.

Sebagai sarana hiburan, kota Malang juga telah menyediakan berbagai wahana hiburan. Seperti tempat-tempat wisata yang menyenangkan. Wisata di Malang juga terdiri dari berbagai peninggalan sejarah, pusat perbelanjaan modern hingga kekayaan alam yang sangat mempesona. Sembari kuliah di Malang kamu juga bisa mencari pengalaman dan juga berpetualang mengelilingi kota Malang nih. Kamu juga bisa mencoba untuk buka usaha atau mencari lowongan kerja part time di malang atau lowongan kerja freelance mahasiswa malang untuk mendapatkan uang tambahan. Lumayan kan bisa kuliah sambil mencari uang?

  • Gaya Hidup di Malang

Gaya hidup di kota malang sedikit banyak memang sudah mengikuti gaya hidup di Surabaya, karena kini Malang juga mulai berkembang menjadi kota metropolitan. Tentu saja hal ini juga mempengaruhi rincian biaya hidup mahasiswa di malang. Mulai dari biaya kuliah di malang seperti biaya kuliah di Universitas Negeri Malang misalnya. Jadi, mau tidak mau memang kamu harus mencari info seakurat dan selengkap mungkin mengenai biaya hidup anak kost mahasiswa malang atau bertanya pada orang yang memiliki pengalaman tinggal di malang.

Permasalahan gaya hidup di malang memang tergantung dari setiap orang. Bisa menyesuaikan dengan kondisi kantong dan keuangan kamu. Mulai dari hidup yang sederhana hingga kehidupan yang mewah bisa kamu dapatkan di kota malang. Asalkan kamu pandai dalam mengatur keuangan, rasanya tidak akan terlalu sulit untuk tinggal di kota jawa timur ini.

Perlu juga adanya survey tentang harga tempat tinggal, tarif transportasi, biaya makan hingga biaya untuk kebutuhan pokok yang lainnya. Jika kamu sebentar lagi akan tinggal di Malang menjadi mahasiswa, ada beberapa rincian biaya hidup mahasiswa yang perlu kamu tahu agar lebih mudah dalam mengatur keuangan selama tinggal di kota Malang. Mahal atau tidak ya kalau ingin hidup dan tinggal di kota malang? Bisakah hidup sederhana di daerah ini? Daripada hanya menerka – nerka, berikut rincian biaya hidup anak kost mahasiswa malang yang perlu untuk kamu ketahui.

  • Tempat Tinggal di Malang

Jika ingin tinggal di Malang baik untuk sementara atau untuk menetap, tentu saja hal pertama yang akan kamu butuhkan adalah sarana tempat tinggal. Bagaimana bisa tinggal di malang jika tidak punya sarana satu ini? Masa nanti kamu punya kampus dan bisa kuliah tapi tempat tinggal mau nebeng sama teman atau masih bingung mau tinggal di mana? Padahal, ada banyak sekali tawaran tempat tinggal di malang yang nyaman dan aman. Banyak pula tempat tinggal yang kini dilengkapi dengan fasilitas modern dan lengkap. Mulai dari kontrakan rumah, kost mahasiswa hingga sewa apartemen sudah bisa kamu pilih untuk tinggal di Malang.

Untuk kontrakan mungkin akan sedikit ribet apalagi kala kamu hanya tinggal sendiri. Kamu harus mengurus listrik, wifi, bersih-bersih rumah dan belum lagi kamu harus melengkapi furniture sendiri karena rata-rata kontrakan di daerah malang itu disewakan kosongan. Mungkin sebaiknya kamu memilih kost atau apartemen saja, lebih praktis dan ekonomis. Ruangannya tidak terlalu besar tapi biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas dasar yang kamu perlukan. Tempat kost mahasiwa di malang juga sangat beragam harga dan tipenya. Bisa juga sewa kost harian mahasiswa hingga sewa kost bulanan mahasiswa.  Untuk kost putri  biasanya disewakan mulai dari 500ribu ke atas dan ada juga beberapa yang harganya 300ribu – 400ribu jika letaknya jauh dari pusat kota.

Sedangkan untuk kost pria rata-rata disewakan dengan harga mulai dari 600ribu ke atas per bulannya. Jika ingin tambah ac dan wifi kemungkinan harganya berkisar di atas 1juta bahkan ada yang sampai diatas 3 juta untuk kost eksklusif dan kost mewah. Kalau membutuhkan tempat tinggal kamu bisa memilih sewa apartemen di malang sebagai opsi kedua. Lokasinya sangat strategis dan fasilitas yang ditawarkan juga sudah cukup lengkap lho.

Meskipun ada berbagai pilihan, sebaiknya kamu tetap bijak dalam memilih tempat tinggal. Usahakan mencari tempat tinggal yang tidak jauh dari kampus kamu, supaya tidak terlalu menguras ongkos untuk transportasi.

  • Biaya Makan di Malang

Untung saja biaya makann pokok di kota malang tidak semahal Surabaya dan Jakarta. Masih bisa hemat nih untuk hidup di bulan berikutnya. Menu makanan di kota malang juga sangat lengkap dan beragam, muai dari makanan tradisional hingga makanan modern ala kafe dan restoran. Untuk beli nasi+sayur+tempe dengan uang 5ribu saja sudah dapat porsi kenyang. Kalau mau makan ayam juga harganya hanya sekitar 9ribu an sudah lengkap dengan lalapannya. Pokoknya makanan 10ribu di malang sudah dapat kenyang karena porsinya juga banyak.

Kalau mau memperkecil pengeluaran lagi, usahakan cari teman dan kenalan yang banyak supaya kamu bisa sering-sering makan gratis. Kalau ingin lebih irit lagi, kamu bisa coba untuk masak sendiri. Beli saja beras, lauk, sayur dan kebutuhan lainnya sendiri biasanya cara ini akan lebih irit. Sesekali juga bisa makan di restoran atau kafe dengan teman kamu. Satu menu makanan di restoran yang berada di malang biasanya dijual dari harga 25ribu ke atas, ada juga restoran yang menjual makanan dengan harga di atas 100ribu. Tapi ini kembali lagi dengan kebutuhan dan budget kamu ya. Kalau bisa hemat sebaiknya kamu memperkecil pengeluaran sekecil mungkin.

  • Transportasi di Malang

Transportasi di kota malang sudah sangat beragam, dan kini malang memiliki kurang lebih 25 trayek angkot dengan rute berbeda. Untuk tariff umum rata-rata angkot di malang memasang tarif antara 4ribu – 5ribu  sedangkan untuk tariff pelajar dan mahasiswa adalah 2ribu – 3ribu. Ada juga bus dan ojek online yang tarifnya masih menyesuaikan dengan jarak dari tujuan kamu. Jika mencari kost yang dekat dengan kampus dan bisa ditempuh dengan jalan kaki, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk transportasi ke kampus setiap hari. Atau kamu bisa memilih untuk membawa kendaraan pribadi agar jauh lebih irit. Tenang saja, jalanan di Malang tidak terlalu ramai speerti di Jakarta jadi kamu yang belum terbiasa bisa sambil beradaptasi.

  • Kebutuhan Lainnya

Untuk kebutuhan lain-lain biasanya menyesuaikan dengan gaya hidup kamu. Jika kamu termasuk orang yang suka jalan dan nongkrong bersama teman kamu, mungkin kurang lebih kamu memerlukan 500ribu dalam sebulan. Lalu untuk kebutuhan seperti sabun, tugas kuliah dan lain sebagainya dengan uang 350ribu rasanya sudah cukup karena biaya kebutuhan pokok di daerah ini hampir sama dengan daerah di jawa yang lainnya.

Kira-kira untuk hidup di kota malang sebagai mahasiswa, berdasarkan rincian biaya hidup mahasiswa di atas kamu perlu uang bulanan sekitar 1.7juta per bulan jika bisa irit. Ini juga bisa kamu akali dengan bekerja paruh waktu atau freelance. Kini banyak dibuka lowongan kerja freelance mahasiswa malang yang bisa kamu coba. Sekalian untuk melatih jiwa wirausahawan kamu dan belajar mencari pengalaman. Kamu juga bisa membantu orang tua dalam membayar kuliah dan jajan tambahan.

Dengan rincian biaya hidup anak kost mahasiswa malang ini, semoga kamu bisa memperkirakan pengeluaran yang kamu perlukan selama menjadi mahasiswa di Malang. Baca juga artikel lainnya seputar mahasiswa, anak kost, lowongan kerja dan sarana tempat tinggal lewat situs Mamikos atau download aplikasi Mamikos langsung dari playstore yah!

Baca juga :  32 Tempat Wisata di Malang Terbaru yang Hits dan Menarik

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Malang Ini Perlu Kamu Tahu

Biaya Hidup Anak Kost Mahasiswa Malang Ini Perlu Kamu Tahu