7 Cara Agar Tetap Seru “Tidak Mudik Tidak Piknik Lebaran 2020” #DikosAja

Lebaran 2020 – Melihat kondisi virus Corona (Covid-19) yang belum juga mereda, pemerintah pun mengambil kebijakan untuk “Tidak Mudik Tidak Piknik Lebaran 2020”. Kebijakan ini diambil sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 meluas. Nah, buat kamu yang anak rantau tentu akan kebingungan bukan jika harus merayakan lebaran sendiri di kost? Agar kamu tetap seru ketika tidak mudik atau piknik lebaran tahun ini, berikut Mamikos berikan upaya yang bisa dilakukan.

Deretan Cara Agar Tetap Seru Ketika Tidak Mudik dan Piknik Lebaran 2020

Lebaran 2020

ladysmithgazette.co.za

 

Hari raya Idul Fitri merupakan hari istimewa bagi seluruh umat Muslim di dunia, salah satunya di Indonesia. Terkhusus bagi orang Islam dimana mereka merayakan hari yang suci setelah berpuasa satu bulan penuh. Hari Raya Idul Fitri atau sering disebut lebaran itu identik dengan pulang kampung atau berkunjung ke sanak saudara yang telah lama tidak berjumpa. Namun, tampaknya suasana Idul Fitri atau lebaran di tahun 2020 ini akan cukup berbeda.

Kebijakan “Tidak Mudik, Tidak Piknik Lebaran 2020” menjadi salah satu alternatif yang diambil jika status darurat dari wabah virus Corona masih diberlakukan. Sejauh ini, status darurat berlaku hingga 29 Mei 2020 berdasarkan keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sementara untuk Lebaran Idul Fitri diprediksi akan jatuh pada 23 hingga 24 Mei 2020. Jika belum bisa ditanggulangi hingga Ramadhan, maka kebijakan untuk “Tidak Mudik Tidak Piknik Lebaran 2020” pun akan diberlakukan. Beberapa fakta lengkap skenario Tidak Mudik Tidak Piknik Lebaran 2020 dari hasil rapat di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi di Jakarta, pada 23 Maret antara lain:

  • Penyampaian larangan mudik (Kemenko Polhukam)
  • Keputusan tidak ada mudik bersama (KSP) Anjuran tidak mudik dan koordinasi dengan ormas (Kemenag)
  • Tidak mengadakan mudik bersama (Kementerian BUMN)
  • Operasi Ketupat dan pengaturan lalu lintas (Polri)
  • Menghentikan penjualan tiket mulai 21 Maret 2020 (PT KAI)
  • Larangan dari Jabodetabek ke Jateng dan Jatim (Kemenhub)

Buat kamu yang sedang merantau dan berhalangan pulang ke kampung halaman karena kebijakan “Tidak Mudik, Tidak Piknik Lebaran 2020”, maka kamu pun tak perlu khawatir. Kamu masih bisa merayakan lebaran di kost-kostan dengan seru dengan cara berikut ini.

1. Membuat ketupat sendiri

i1.wp.com

Lebaran selalu identik dengan yang namanya makan ketupat. Jika kamu tidak bisa pulang ke kampung halaman dan mencicipi ketupat di rumah, maka kamu pun tak perlu sedih. Kamu bisa mengajak anak kostan yang juga merayakan lebaran di kost untuk membuat ketupat bersama. Kamu pun bisa membeli bahan-bahannya di pasar atau supermarket terdekat. Biar makin seru, kamu bisa mengajak ibu atau bapak kost untuk mencicipi ketupat bersama.

2. Hias kost dengan nuansa lebaran

ae01.alicdn.com

Supaya suasana lebaran semakin terasa, kamu juga bisa mengajak anak kostan yang juga tidak pulang ke kampung halaman untuk menghias kost bersama. Kamu bisa mencari referensi dekorasi lebaran di internet jika ingin mudahnya. Untuk hiasannya, kamu bisa membeli di toko ATK terdekat. Atau jika kamu tidak ingin keluar kost karena takut pandemi virus Corona, kamu pun bisa memanfaatkan barang-barang bekas di kost yang sudah tidak digunakan untuk menjadi hiasan. Sudah banyak kok tutorial DIY di Youtube yang bisa menjadi panduan kamu.

3. Membeli sesuatu yang diinginkan

akcdn.detik.net.id

Lebaran juga identik dengan segala sesuatu yang baru. Meskipun sudah dewasa dan tidak terlalu memperdulikan opini tersebut, tak ada salahnya kamu menyenangkan diri dengan membeli baju baru untuk dipakai ketika merayakan lebaran bersama teman-teman kostan. Dengan menggunakan baju baru, setidaknya kamu sedikit merasakan sedang merayakan hari raya yang istimewa meskipun tidak di rumah bersama keluarga.

4. Memasak hidangan ala lebaran

cdn-cas.orami.co.id

Selain ketupat, tentunya lebaran juga identik dengan hidangan-hidangan yang lezat bukan? Meskipun kamu tahun ini hanya bisa merayakan leabran di kost, kamu tak perlu berkecil hati. Kamu pun masih bisa menyantap hidangan khas lebaran tersebut dengan membuatnya sendiri. Kamu bisa mengajak teman-teman di kost yang tidak pulang kampung untuk berbelanja bahan-bahannya hingga memasak bersama di dapur kost. Jika kamu tidak pernah memasak hidangan tersebut sebelumnya, kamu bisa melihat tutorial memasaknya di Youtube.

5. Membeli kue lebaran

1.bp.blogspot.com

Jangan lupa untuk membeli kue kering khas lebaran untuk dicicipi di kost guna menambah suasana lebaran. Tak perlu membeli banyak jenis, kamu cukup beli nastar atau kastangel saja sudah cukup kok. Dua kue kering khas lebaran ini tampaknya sudah menjadi identitas ketika hari lebaran tiba. Jangan lupa untuk membeli kue kering dengan jumlah lebih ya agar bisa kamu berikan kepada bapak atau ibu yang tinggal bersama di kost kamu.

6. Video call orang rumah

cdn.idntimes.com

Biar lebaran kamu semakin lengkap, jangan lupa untuk video call anggota keluarga di rumah ya. Kamu pun bisa melakukan sungkem atau meminta maaf via daring agar suasana lebaran semakin terasa. Jangan lupa untuk selfie bersama supaya kamu pun memiliki foto bersama keluarga ketika lebaran yang bisa kamu upload di sosial media.

7. Setel lagu lebaran

blibli.com

Selain melengkapi hidangan dengan makanan khas lebaran, sudahkah kamu buat playlist lagu lebaran untuk diputar dan didengarkan di kostan? Penting lho menyetel lagu lebaran di kost ini, sebab bisa mencairkan suasana. Kalau sudah dengar lagu lebaran yang familiar, sudah pasti kamu dan teman-teman kost yang lain bisa sambil nyanyi bareng, suanana ceria pun bisa dirasakan. Jika kamu masih belum memiliki referensi lagu lebaran, berikut in playlist lagu lebaran yang biasa kamu putar di kost:

  • Lagu Religi – Melly Goeslaw feat Hedi Yunus
    Beda dibanding banyak lagu lainnya, kalau lagu berjudul “Lagu Religi” ini beat-nya agak groove dan enak banget pas dengerinnya, ceria banget nggak mendayu-dayu seperti lagu religi pada umumnya.
  • Ketupat Lebaran – Tasya
    Mendengarkan lagu “Ketupat Lebaran” ini bisa membuat kamu dan anak kostan lainnya senyum-senyum sendiri karena suara dan gaya bernyanyi Tasya yang menggemaskan di masa kecilnya. Lagu ini sangat menggambarkan suasana lebaran lho, seperti penggambaran kebiasaan makan ketupat setelah salat Idul Fitri dalam lirik lagu.
  • Selamat Hari Lebaran – Gigi
    Nah ini salah satu lagu wajib nih saat lebaran, lagu yang agak nge-rock ini paling mudah diingat dan mengingatkan kita juga nih untuk mensucikan hati dan saling memaafkan.
  • Idul Fitri – Gita Gutawa
    Dengan suara tingginya, mendengar lagu “Idul Fitri” lengkap dengan orkestranya membuat kita merinding juga, apalagi musiknya juga ceria. “Minal Aidzin Wal Faidzin… maafkan lahir dan latin… Selamat para pemimpin… rakyatnya makmur terjamin…”
  • Dengan Menyebut Nama Allah – Nagita Slavina
    Kamu pastinya juga tahu bukan kalau Nagita Slavina juga bisa nyanyi? Nah di hari lebaran nanti kamu juga bisa nih masukin lagu “Dengan Menyebut Nama Allah” versi Nagita Slavina di playlist-mu untuk kamu putar di kost-an.
  • Ya Robbana – (Alm) Ustadz Jefri
    Siapa yang tak bergetar ketika mendengar lirik “Ya Robbana” yang dinyanyikan (Alm) Ustadz Jefri? Bisa dibilang lirik lagunya sangat mendalam lho, “Ya Robbana, Robbana, Robbana. Ya Tuhan kami yang menguasai hati, kami telah lupa senantiasa bersalah, hanya padaMu hati ingin kembali, kami telah sesat kami telah aniaya.”
  • Ya Maulana – Sabyan
    Dan lagu yang terakhir ini pastinya tidak perlu diragukan lagi, ya lagu “Ya Maulana” memang wajib ada di playlist kamu khususnya pada bulan Ramadan bukan? Jangan lupa mainkan lagu ini juga saat lebaran di kostan ya.

Oke, itu tadi 7 cara yang bisa kamu lakukan di kost ketika harus menuruti kebijakan “Tidak Mudik, Tidak Piknik Lebaran 2020” karena virus Corona. Meskipun kamu harus merayakan lebaran di kost-kostan, bukan berarti kamu tidak bisa merayakannya seseru di rumah bukan? Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis tanpa harus turun ke jalanan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: