8 Cara Ampuh Membuka Pintu Kamar Yang Terkunci, Langsung Terbuka!

Cara Ampuh Membuka Pintu Kamar Yang Terkunci – Mungkin kamu pernah berada di situasi-situasi genting, seperti menemukan kunci pintu kamar yang macet saat hendak membukanya. Tentu situasi seperti ini akan cukup menyulitkan kamu, terlebih jika kamu sedang terburu-buru. Sebelum kamu memutuskan untuk mendobrak pintu tersebut, ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa cara yang lebih baik untuk membuka pintu kamu tersebut. Nah, di bawah ini Mamikos sudah merangkum cara-cara ampuh untuk membuka pintu kamar yang terkunci hingga langsung terbuka.

Deretan Cara Ampuh Membuka Pintu Kamar Yang Terkunci

Cara Ampuh Membuka Pintu Kamar Yang Terkunci

storage.needpix.com

Sebaik apapun merek dan pemasangan pegangan kunci kamar yang kamu miliki, adakalanya kunci tersebut bisa macet juga. Faktor penyebabnya beragam, seperti kunci pintu sudah tua, ada benda asing atau kotoran yang masuk ke dalam kunci rumah, pegas/per mekanis kunci yang lemah atau rusak, serta baut dan dudukan kunci pintu yang rusak. Ketika pintu macet, cara tercepat dan termudah ialah memanggil tukang pintu atau tukang kayu untuk segera diperbaiki. Masalahnya, kunci macet bisa terjadi kapan pun di waktu tak terduga. Agar kamu tidak buru-buru panik mengambil keputusan untuk mendobraknya, ikuti cara ampuh membukanya di bawah ini ya!

1. Membuka pintu menggunakan kunci L

cdn.monotaro.id

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuka pintu kamar yang terkunci adalah dengan menggunakan kunci L. Seperti yang kita ketahui, kunci L ini dapat membuka benda yang terkunci dalam jumlah beragam. Tidak terkecuali dengan pintu yang terkunci. Namun, yang perlu diketahui selanjutnya adalah bahwa pastikan dulu pintu yang akan dibuka dengan kunci L adalah pintu dengan kriteria yang tepat. Kriteria pintu yang tepat adalah pintu yang memiliki gagang dengan keberadaan lubang kecil berbentuk bulat di tengahnya. Pintu jenis inilah yang kemudian mampu dibuka sementara menggunakan kunci L.

2. Menggunakan penjepit kertas

ae01.alicdn.com

Interior pada pintu kamar biasanya tetap mengunci, namun tidak benar-benar dibuat untuk tidak bisa dilewati. Di sisi pintu yang tidak terkunci umumnya memiliki lubang kecil, kemungkinan terletak di bagian depan kenop. Di dalamnya terdapat tombol kecil yang perlu ditekan untuk membuka kunci pintu. Kamu pun hanya memerlukan alat yang lurus dan kaku untuk membuka kunci tersebut. Jika tidak memiliki obeng kecil, mungkin kamu bisa memanfaatkan penjepit kertas untuk membukanya. Dalam beberapa kasus, pintu yang terkunci tersebut mengharuskan kamu membukanya dengan memasukkan alat dan pelintiran. Namun, dalam keadaan darurat kamu mungkin dapat memanfaatkan ujung dari penjepit kertas saja.

3. Menggunakan kunci ketok

perkakaskita.com

Cara selanjutnya kamu bisa membuka pintu kamar yang terkunci dengan menggunakan kunci ketok. Di mana kunci ketok sendiri diketahui sudah cukup terbukti membuka pintu yang terkunci. Namun, membuka pintu yang terkunci dengan menggunakan teknik kunci ketok ini tentunya membutuhkan pengetahuan dan pengalaman terlebih dahulu. Buat kamu yang masih awam, mungkin kamu akan cukup sulit menerapkan cara yang satu ini. Untuk itu ada baiknya jika kamu mempelajari terlebih dahulu teknik kunci ketok ini.

Selain itu, pastikan pula bahwa kamu melakukan teknik ini ketika kondisi memang benar-benar terdesak. Karena tidak semua karakteristik pintu cocok untuk dibuka paksa dengan menggunakan kunci ketok. Jika kondisi pintu tersebut tidak cocok, namun tetap kamu paksakan maka kemungkinan pintu kamarmu bisa mengalami kerusakan yang lebih parah lagi. Untuk itu, sesuaikan kembali penggunaan kunci ketok ini dengan model pintu kamar kamu ya!

4. Hantam dan putar secara bersamaan

i2.wp.com

Berbagai alasan pun lantas terungkap kenapa sebuah pintu bisa terkunci. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, alasannya pun beragam. Namun ada satu alasan yang seringkali terlupakan atau malah tidak disadari. Alasan tersebut adalah karena kunci yang digunakan memiliki kualitas yang kurang baik. Sehingga apabila kunci tersebut digunakan beberapa kali untuk membuka pintu yang sudah terkunci maka akan tetap kesulitan untuk terbuka.

Nah, cara darurat yang dapat kamu terapkan ketika sedang terjebak di dalam kamar yang pintunya terkunci adalah dengan menghantam dan memutar gagang pintu secara bersamaan. Dimana langkah ini harus dipastikan dilakukan secara bersamaan. Karena apabila tidak dilakukan secara bersamaan maka kemungkinan untuk berhasilnya menjadi sangat kecil. Jadi, kamu pun harus memastikan tentang ketepatan dalam melakukan dua hal tersebut dalam waktu yang bisa dibilang bersamaan.

5. Menggunakan alat pembobol kunci

cf.shopee.co.id

Cara yang satu ini umumnya paling sering digunakan oleh para pencuri rumah. Sebab, alat pembobol rumah sangat mudah untuk dibuat sendiri. Alat tersebut harus ada dua bagian penting di dalamnya yaitu sebagai pencungkil dan pengungkit. Untuk pengungkit biasanya dibuat dalam bentuk huruf L yang digunakan sebagai pemberi tekanan di bagian bawah kunci. Sedangkan pencungkil dibuat dengan kaki yang lebih pendek dan menyerupai seperti huruf r. Fungsi dari pencungkil ini adalah untuk menekan pin di lubang kunci sehingga bisa diputar.

Cara membuka pintu dengan alat tersebut adalah terlebih dahulu masukkan pengungkit ke bagian dasar kunci. Lalu masukkan juga pencungkil di bagian atas pengungkit. Kemudian, gunakan ujung bawah pencungkil untuk mencari dan menekan pin lubang ke atas hingga keluar dari rumah kunci. Kalau semua pin sudah berhasil digerakkan, maka kunci akan terbuka dengan sendirinya.

6. Menggunakan kartu kredit untuk pintu model lama

wikihow.com

Cara yang satu ini memang cara yang paling sederhana di antara cara lainnya. Hanya dengan mengandalkan kartu kredit atau sejenisnya, pintu sudah bisa terbuka. Namun metode ini hanya untuk pintu yang model lama saja. Jika pintu modern, trik ini tidak efektif karena sudah ada alat keamanan tertentu yang ditanamkan di dalamnya. Cara ini juga bisa kamu lakukan sendiri ketika kunci ketinggalan di dalam rumah.

Caranya adalah dengan menyelipkan kartu kredit di antara kusen dan bagian yang mengunci pintu. Kartu ditempatkan tepat di atas posisi kunci memasuki kusen. Lalu, kartu diarahkan ke bawah dan posisikan di belakang slot kunci. Selanjutnya kartu ditarik ke arah luar sambil memutar gagang pintu. Kalau berhasil, biasanya pintu akan langsung terbuka.

7. Melepas kenop pintu menggunakan obeng

pantau.com

Cara membuka pintu yang terkunci berikutnya adalah dengan menggunakan obeng. Cara ini digunakan untuk melepas kenop pada pintu. Selain itu, menggunakan obeng juga akan memudahkan kamu jika dilakukan dengan baik dan benar. Untuk obeng yang digunakan, sebaiknya kamu pilih obeng jenis flathead. Terlebih dalam membuka tombol-tombol sekrup yang ada pada gagang pintu.

8. Menarik baut dengan menggunakan kawat

wikihow.com

Untuk jenis kuncian yang menggunakan latchbolt, bisa menggunakan gantungan kawat yang dikaitkan. Caranya sebenarnya cukup mudah dilakukan. Pertama, kamu perlu menekuk gantungan kawat ini menjadi sebuah pengait dan memiliki pegangan yang cukup panjang. Lalu, masukkanlah pengait tadi ke sebuah celah yang ada di antara kusen dan tepi pintu. Setelah gantungan kawat ini ada dalam posisinya, pegang menggunakan satu tangan dan tangan lain memegang gagang pintu. Putarlah ke arah kenop bila tak terkunci. Kemudian, tarik gantungan tadi ke arah posisi kamu. Saat menarik kait tersebut pastikan kenop harus berputar, dengan begitu pintu akan terbuka.

Setidaknya itulah 8 cara ampuh membuka pintu kamar yang terkunci dengan mudah yang bisa Mamikos rangkumkan. Ingat, cara tersebut hanya digunakan untuk keadaan yang mendesak atau darurat semata saja ya! Tidak diperkenankan mempraktikkan cara tersebut untuk tujuan yang merugikan orang lain dan melawan hukum. Oh ya, jangan lupa juga ya jika ada keluarga atau rekan kamu yang sedang membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan maka jangan lupa untuk menyarakan mereka download aplikasi Mamikos. Di aplikasi Mamikos ini kamu bisa mendapatkan akses yang lebih praktis lagi karena di aplikasi Mamikos kamu bisa menemukan informasi seputar kost-kostan, serta sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: