Cara Dapat Kuota Gratis Paket Internet Maret 2021 dari Pemerintah, Kuota 15GB/ Bulan

Posted in: Informasi

Cara Dapat Kuota Gratis Paket Internet Maret 2021 dari Pemerintah, Kuota 15GB/ Bulan – Kemendikbud kembali meluncurkan bantuan kuota belajar untuk pelajar, mahasiswa, guru hingga dosen. Nantinya, bantuan kuota gratis ini akan berlaku selama 3 bulan ke depan mulai dari bulan Maret 2021. Bagaimana cara mendapatkan kuota internet gratis dari pemerintah? Simak info lebih jelasnya di bawah ini.

Begini Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Pemerintah

awsimages.detik.net.id

Pemerintah melalui Kemendikbud kembali melanjutkan program bantuan kuota internet gratis di tahun 2021. Kemendikbud berharap agar dengan adanya bantuan kuota gratis ini bisa mendukung sistem pembelajaran online. Meskipun besaran kuota yang didapat tidak sebesar tahun lalu, namun kuota yang diberikan tahun ini termasuk dalam kategori kuota umum sehingga bisa digunakan untuk mengakses Youtube.

Sama seperti tahun sebelumnya, kuota internet gratis ini akan dibagikan kepada untuk pelajar, mahasiswa, guru hingga dosen. Bantuan kuota gratis ini akan berlaku selama 3 bulan ke depan. Namun, sayangnya kuota internet yang dibagikan tahun ini tidak sebesar kuota yang dibagikan pada tahun sebelumnya.

Sekilas Tentang Kuota Gratis dari Pemerintah

Di tahun 2020, Pemerintah Pusat melalui Kemendikbud sepakat memfasilitasi kuota internet gratis bagi para siswa, mahasiswa dan tenaga pendidik guna mendukung pembelajaran jarak jauh. Bantuan kuota gratis dari pemerintah ini telah berjalan selama empat bulan, yakni pada bulan September hingga Desember 2020. Di tahun 2021, Kemendikbud kembali melanjutkan program penyaluran kuota gratis guna mendukung sistem pebelajaran jarak jauh yang masih berlangsung hingga saat ini. Namun, tentunya ada beberapa perubahan yang dilakukan dalam pembagian kuota gratis 2021.

Berapa Besaran Kuota Gratis dari Pemerintah?

Berbeda dari tahun 2020, besaran kuota gratis yang diberikan pemerintah melalui Kemendikbud mengalami penurunan. Adapun untuk rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Peserta didik PAUD: 7 GB per bulan
  2. Peserta didik jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah: 10 GB per bulan
  3. Guru PAUD dan jenjang Pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah: 12 GB per bulan
  4. Mahasiswa dan Dosen: 15 GB per bulan

Bagaimana Pembagian Kuota Gratis dari Pemerintah?

Jika di tahun lalu besaran kuota gratis dari pemerintah dibagi menjadi dua yakni kuota umum dan kuota belajar, maka di tahun 2021 ini tidak aka nada pembagian kuota. Seluruh kuota yang diberikan oleh pemerintah masuk dalam kategori kuota umum. Sehingga, kuota tersebut bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi yang tidak terblokir.

Apakah Ada Pembatasan Akses Kuota Gratis dari Pemerintah?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kuota gratis yang dibagikan oleh pemerintah tahun ini bisa digunakan untuk mengakses laman apapun. Berbeda dari tahun lalu, di tahun 2021 ini tidak akan ada pembagian kuota sehingga kuota bisa digunakan untuk Youtube, dan laman lainnya. Namun, sayangnya kuota tersebut tidak bisa digunakan untuk mengakses aplikasi dan situs yang tidak mendukung sistem pembelajaran online. Adapun berikut daftar aplikasi dan situs yang tidak dapat diakses dengan menggunakan kuota gratis dari pemerintah:

  1. Facebook
  2. Instagram
  3. Tiktok
  4. Twitter
  5. Situs yang diblokir oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika

Bagaimana Sistem Penyaluran Bantuan Kuota Gratis dari Pemerintah?

Nantinya, kuota gratis dari pemerintah ini akan disalurkan pada tanggal 11 hingga 15 setiap bulannya. Kuota gratis tersebut akan berlaku selama 30 hari ke depan sejak kuota diterima. Kuota yang diterima nantinya bisa digunakan untuk mengakses semua aplikasi seperti, Google Classroom, Zoom, Youtube, dan aplikasi lainnya yang berhubungan dengan pembelajaran.

Apa Syarat Mendapatkan Kuota Gratis dari Pemerintah?

Untuk bisa mendapatkan kuota gratis dari pemerintah, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Adapun berikut persyaratannya:

  1. Khusus untuk peserta didik PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar, Jenjang Pendidikan Menengah
    • Terdaftar di aplikasi Dapodik
    • Memiliki nomor ponsel yang masih aktif atas nama peserta didik, orang tua atau anggota keluarga dan wali.
  2. Khusus untuk Pendidik PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah
    • Terdaftar di aplikasi Dapodik dan masih berstatus aktif
    • Memiliki nomor ponsel yang masih aktif
  3. Khusus untuk Dosen
    • Terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif pada tahun ajaran 2020/2021
    • Memiliki nomor registrasi (NIDN, NIDK, atau NUP)
    • Memiliki nomor ponsel yang masih aktif
  4. Khusus untuk Mahasiswa
    • Terdaftar di aplikasi PDDikti dan berstatus aktif dalam perkuliahan atau sedang double degree
    • Memiliki Kartu Rencana Studi pada semester berjalan
    • Memiliki nomor ponsel yang masih aktif

Bagaimana Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Pemerintah?

Semua yang sudah pernah menerima bantuan kuota gratis dari Kemendikbud pada bulan November hingga Desember 2020 dan nomor tersebut masih aktif, maka secara otomatis akan menerima bantuan kuota pada bulan Maret 2021. Bagi yang nomornya berubah atau belum menerima bantuan kuota sebelumnya maka masih bisa mendaftar. Namun, bagi pendaftar baru kuota baru akan didapat pada bulan April 2021. Adapun berikut cara untuk mendapatkan kuota gratis dari pemerintah:

  1. Calon penerima kuota gratis melapor kepada pimpinan satuan Pendidikan sebelum bulan April 2021.
  2. Pimpinan/operator satuan Pendidikan mengunggah SPTJM untuk nomor yang berubah atau nomor baru pada laman vervaponsel.data.kemdikbud.go.id. Khusus untuk jenjang pendidikan tinggi maka dapat mengakses laman pddikti.kemdikbud.go.id.

Informasi Tambahan Terkait Kuota Gratis dari Pemerintah

Ada pengecualian untuk pembagian kuora gratis di tahun 2021. Jika pada tahun 2020 kamu sudah pernah menerima bantuan kuota belajar dari pemerintah dan menggunakan kuota tersebut kurang dari 1 GB, maka kamu tidak akan menerima subsidi kuota gratis lagi di tahun ini. Perlu dicatat pula bahwa untuk dapat memperoleh kuota gratis dari pemerintah baik pelajar maupun mahasiswa harus mendaftarkan nomor ponsel di Dapodik terlebih dahulu. Pelajar atau mahasiswa tersebut nantinya dapat menghubungi pihak sekolah atau kampus untuk mendaftarkannya.

Khusus untuk siswa atau tenaga pengajar yang nomor ponselnya berubah atau berbeda dari tahun lalu bisa melapor ke satuan pendidikan masing-masing. Namun, bagi siswa atau tenaga pengajar yang nomor ponselnya telah berubah atau berbeda dari tahun lalu maka belum bisa mendapatkan kuota gratis di bulan Maret 2021. Siswa atau tenaga pengajar tersebut baru akan mendapatkan kuota gratis di bulan April 2021 mendatang.

Nah, itu tadi informasi terbaru terkait cara mendapatkan kuota internet gratis dari pemerintah di tahun 2021 ini. Mamikos ulangi kembali bahwa kuota gratis yang diberikan pemerintah pada tahun ini merupakan kuota umum, sehingga bisa digunakan untuk mengakses aplikasi dan situs yang mendukung sistem belajar mengajar. Namun, sayangnya bantuan kuota pada tahun ini cenderung lebih kecil dibandingkan tahun lalu. Oh iya, jika kamu memerlukan informasi seputar kost-kostan jangan lupa untuk download aplikasi Mamikos di ponsel ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta