Cara Benar Ganti Nomor HP Untuk Menerima Paket Data Gratis Kemendikbud

Posted in: Informasi

Cara Benar Ganti Nomor HP Untuk Menerima Paket Data Gratis Kemendikbud — Tahukah kamu bahwa Nadiem Makarim selaku Menteri untuk Kementerian dan Kebudayaan Indonesia pada Senin 1 Maret 2021 melalui kanal YouTube KEMENDIKBUD RI telah memberikan sebuah pengumuman penting?

Nah, apa sih isi pengumuman yang disiarkan dalam siaran daring tersebut? Di sini Mamikos akan memberikan informasinya secara lengkap.

Begini Cara Benar Ganti Nomor HP Untuk Menerima Paket Data Gratis

detikNews – Detikcom

Dalam video tersebut Nadiem sudah memastikan bahwa penerima bantuan paket data belajar periode November hingga Desember 2020 akan tetap menerima bantuan.

Lantas, bagaimana dengan para penerima yang sebelumnya sempat berganti nomor ponsel? Apakah akan tetap menerima bantuan?

Nadiem lalu menjelaskan bahwa meskipun peserta sempat mengganti nomor ponsel mereka, namun bantuan tersebut tetap akan diterima. Pengumuman yang digelar secara daring melalui kanal YouTube resmi KEMENDIKBUD tersebut menegaskan bahwa para peserta bantuan akan tetap menerima bantuan paket data di bulan April 2021 mendatang.

1. Ikuti Langkah Ini Agar Kamu Tetap Dapat Menerima Bantuan Paket Data

Kompas Tekno

Kemarin kamu sempat mengganti nomor HP? Namun ingin tetap bisa mendapatkan bantuan paket data dari KEMENDIKBUD? Ikuti panduan yang akan Mamikos bagikan di sini, ya.

Untuk kamu calon penerima bantuan paket data yang sempat mengganti nomor ponsel kamu, padahal di kesempatan sebelumnya di tahun 2020 kamu sudah pernah menerima subsidi Kuota Belajar Kemendikbud jangan bersedih, ya.

Sebab kamu tetap dapat melakukan beberapa usaha kok untuk bisa memperoleh bantuan paket data tersebut.

Bagaimana caranya?

Menurut Mas Menteri, sapaan akrab Nadiem Makarim, kamu bisa langsung melapor pada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021 agar nantinya kamu bisa tetap mendapatkan bantuan paket data tersebut.

Nah, dari Pimpinan dan operator di satuan pendidikan tersebut nantinya tinggal mengunggah SPTJMN untuk nomor-nomor yang sudah berubah maupun nomor baru pada halaman website KEMENDIKBUD dan tentu saja di PD DIKTI untuk yang jenjang pendidikan tinggi.

2. Siapa Saja yang Berhak Menerima Bantuan Paket Data Kemendikbud Ini?

JPNN.com

Jadi, menurut Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Indonesia, Nadiem Makarim, ada dua kelompok yang menurutnya menjadi pihak yang sangat berhak untuk menerima bantuan paket data dari Kemendikbud pada 11 Maret 2021 nanti.

Kelompok yang pertama adalah mereka yang sebelumnya telah menerima Paket Data Belajar pada periode November hingga Desember 2020 yang lalu.

Mas Menteri Nadiem Makarim juga melanjutkan keterangannya dalam siaran di kanal YouTube KEMENDIKBUD tersebut. Beliau menyebutkan bahwa semua yang sudah menerima paket data pada periode November hingga Desember 2020 dan nomornya masih aktif, maka secara otomatis akan menerima bantuan paket data di bulan Maret mendatang sekitar tanggal 11.

Kemendikbud akan memastikan bahwa bantuan kuota atau paket data internet Kemendikbud di tahun 2021 hanya akan diterima oleh yang berhak. Yakni penerima bantuan Paket Data Belajar Kemendikbud 2020 yang penggunaannya di atas 1 G.

Tentu ada tujuan mengapa demikian. Mas Menteri menyebutkan bahwa agar nantinya memang tidak akan digunakan untuk hal-hal lain dan hanya untuk kepentingan belajar saja.

3. Paket Data Akan Diberikan Setiap Bulan Pada Tanggal 11-15

detikInet – Detikcom

Selanjutnya Kemendikbud sudah menetapkan waktu untuk penyaluran bantuan Kuota Paket Data Internet akan diterima pendidik dan peserta didik setiap bulan di tanggal tertentu.

Mas Menteri menyebutkan jika bantuan yang akan disalurkan berupa Paket Data atau Kuota Belajar akan diberikan setiap bulan di tanggal 11 hingga 15. Jadi, harap diingat ya bahwa tiap tanggal 11 hingga 15 setiap bulan di 2021 akan menjadi waktu penyaluran bantuan ini.

Bantuan pertama akan dimulai pada tanggal 11 hingga 15 Maret mendatang. Siap-siap pada tanggal tersebut atau kamu juga boleh menyetel pada pengingat ponsel kamu untuk mengeceknya nanti.

Dan seperti biasa, bantuan kuota atau paket data tersebut akan berlaku selama tiga puluh hari atau sebulan sejak bantuan kuota tersebut diterima peserta penerima.

4. Hanya Kuota Umum

Isu Bogor – Pikiran Rakyat

Berita baik tersebut tentu saja tetap ada pengecualian yang harus temann-teman semua ketahui. Mas Menteri, Nadiem Makarim menyatakan kalau subsidi kuota belajar atau Paket Data Belajar yang akan disalurkan nanti hanyalah kuota umum saja.

Untuk kuota belajar sudah ditiadakan. Menurut Mas Menteri, hal tersebut dikarenakan kuota umum jauh lebih fleksibel penggunaannya dibandingkan paket data belajar.

Berapa sih besaran bantuan Paket Data Internet Kemendikbud yang akan diberikan mulai tanggal 11 hingga 15 Maret mendatang? Simak rincian lengkapnya sebagai berikut:

  1. Peserta didik PAUD (siswa) akan menerima bantuan Paket Data Kuota Belajar Kemendikbud sebanyak 7 GB/bulan.
  2. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah akan menerima bantuan Paket Data Kuota Belajar Kemendikbud sebanyak 10 GB/bulan.
  3. Pendidik jenjang PAUD dan pendidikan dasar dan menengah akan menerima bantuan Paket Data Kuota Belajar Kemendikbud sebanyak 12 GB/bulan.
  4. Dosen dan mahasiswa akan menerima bantuan Paket Data Kuota Belajar Kemendikbud sebanyak 15 GB/bulan.

5. Tidak Untuk Mengakses Media Sosial Apapun Atau Game

unsplash.com

Perlu kamu perhatikan bahwa kuota atau paket data bantuan Kemendikbud ini tidak untuk kamu pergunakan seenaknya alias tidak bijak, ya. Artinya kamu tidak akan bisa kamu gunakan untuk mengakses media sosial dan game.

Meskipun kegunaannya sudah disebutkan diatas tadi akan jadi jauh lebih fleksibel, akan tetapi kuota umum yang merupakan bantuan yang disalurkan oleh Kemendikbud tetap tidak akan dapat kamu gunakan untuk mengakses media sosial sesuka hati.

Media sosial yang dimaksud antara lain adalah Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok. Paket data utama juga tidak akan bisa kamu gunakan untuk bermain game dan mengunjungi laman yang sudah diblokir Kominfo.

Namun jangan khawatir. Bagi kamu penerima bantuan Paket Data Kuota Belajar Kemendikbud tetap dapat menggunakan untuk mengakses platform lain penunjang Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) salah satunya adalah YouTube.

Untuk kamu yang tidak mendapatkan kuota atau paket data gratis dari Kemendikbud jangan berkecil hati, ya.

Sebab Meskipun kamu tidak memperoleh bantuan paket data dari pemerintah, kamu masih bisa membeli paket data yang kini paketnya sudah makin beragam dan tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan belajar kamu.

Dengan demikian usai sudah informasi yang bisa Mamikos sampaikan terkait dengan cara benar ganti nomor HP untuk menerima paket data kuota gratis Kemendikbud kali ini.

Semoga apa yang Mamikos sampaikan ini dapat memberikan kamu inspirasi dan informasi yang memang kamu perlukan.

Jangan lupa mengakses aplikasi Mamikos untuk memudahkanmu mencari kos-kosan yang kamu butuhkan. Ribuan kos-kosan sesuai keinginan bisa kamu temukan dengan mudah hanya dengan menginstall satu aplikasi ini. Unduh sekarang aplikasinya.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta