Ingin Lamar Kerja? Inilah Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup dan Strukturnya yang Benar agar Cepat Diterima

Posted in: Karyawan

Ingin Lamar Kerja? Inilah Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup dan Strukturnya yang Benar agar Cepat Diterima – Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja mungkin bukan perkara mudah, tapi untuk menarik HRD dengan berkas tersebut sangatlah sulit. Apalagi jika pesaingnya cukup banyak maka akan lebih kecil peluang untuk diterima atau lolos.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

unsplash.com/@uxindo

Dalam mencari kerja, kita biasanya diharuskan untuk mengirim lamaran kerja beserta CV atau riwayat hidup sebagai bahan pertimbangan HRD. Sebenarnya ada cara dan tips khusus untuk lolos kerja dengan riwayat hidup yang tepat. 

Struktur Riwayat Hidup untuk Melamar Kerja

Sebelum masuk pada pembahasan cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja, penting untuk mengetahui struktur penulisan yang baik dan benar. Ada beberapa informasi yang harus dicantumkan, namun ada juga yang tidak. 

1. Data Pribadi

Tidak mudah untuk menggambarkan diri melalui selembar kertas jadi kamu harus bisa menulisnya secara sistematis agar tidak membingungkan HRD yang membaca. Kamu bisa melihat contoh surat lamaran agar mengetahui data apa yang diperlukan. 

Umumnya, data pribadi yang dicantumkan pada riwayat hidup adalah nama, jenis kelamin, tempat tinggal, tempat tanggal lahir, agama, status pernikahan, tinggi dan berat badan hingga media sosial atau nomor kontak yang bisa dikunjungi. 

2. Riwayat Pendidikan

Selain data diri, kamu juga harus mencantumkan riwayat pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar hingga pendidikan terakhir, baik itu SMA atau perguruan tinggi. Terkadang, kamu hanya perlu mencantumkan SMA dan perguruan tinggi saja.

Jangan lupa untuk menambahkan keterangan tahun lulus dan jurusan saat sekolah. Jika kamu pernah mengikuti pendidikan informal, tidak masalah untuk mencantumkan pendidikan tersebut ke riwayat hidup jika memang berkaitan. 

3. Riwayat Pekerjaan

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja juga diikuti dengan riwayat pekerjaan. Jika kamu memiliki pengalaman bekerja, jangan lupa untuk mencantumkan jenis pekerjaan, perusahaan hingga lama tahun bekerja. 

Apalagi jika kamu memiliki pekerjaan yang berkaitan dengan posisi yang akan dilamar sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan. Kamu juga bisa menambahkan job desk pekerjaan secara detail agar HRD bisa mengetahui pengalaman kamu.

4. Pas Foto

Untuk melengkapi data diri dalam riwayat hidup, kamu bisa memasukkan foto wajah agar terlihat bagaimana tampilan wajah pelamar. Pastikan kamu menggunakan foto terbaru dan jelas menampilkan wajah.

Saat mengambil foto, kamu harus memilih pakaian dengan warna yang tepat agar mampu mengeluarkan aura positif. Jangan lupa untuk memastikan pakaian agar tetap rapi saat difoto seperti contoh lamaran sebagian besar orang.

5. Tanda Tangan

Bagian terakhir yang akan melengkapi riwayat hidup kamu adalah tanda tangan sebagai tanda bahwa kamu siap mempertanggungjawabkan keaslian dari dokumen. Pastikan tanda tangan sesuai dengan tanda tangan yang ada di KTP.

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja ini tidaklah sulit jika kamu mengetahui bagian atau struktur riwayat hidup yang baik. Kamu tinggal mengikuti petunjuk pembuatan riwayat hidup yang ada sesuai dengan kebutuhan.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup agar Cepat Diterima Kerja

Pembuatan riwayat hidup tidak lagi sulit dengan adanya template atau desain yang bisa dipilih. Bahkan, kamu bisa menemukan berbagai aplikasi pembuatan daftar riwayat hidup dengan tampilan yang lebih menarik. 

1. Pilih Template yang Telah Tersedia

Setiap aplikasi yang digunakan dalam membuat daftar riwayat hidup pasti memiliki pilihan desain template yang beragam. Mulai dari template bertema industri, pendidikan, klasik, minimalis dan lain sebagainya. 

Selain desain, pilih layout daftar riwayat hidup yang sesuai dengan kebutuhan dan template yang memudahkan kita dalam mengisi data tersebut. 

2. Kumpulkan Berkas yang Dibutuhkan

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja selanjutnya adalah mengumpulkan berkas yang dibutuhkan. Pada struktur riwayat hidup, kamu pasti sudah tahu data apa saja yang akan diisi.

Untuk mengisi data tersebut, kamu membutuhkan KTP, sertifikat kerja dan prestasi, ijazah hingga pas foto. 

3. Isi Template dengan Data yang Benar

Apabila template dan berkas yang dibutuhkan sudah terkumpul, saatnya kamu mengisi layout dengan data yang ada. Mulai dari identitas diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, pas foto hingga tanda tangan. 

Pastikan semua informasi yang dibutuhkan sudah kamu tulis dengan jelas dan lengkap. 

4. Pastikan Lagi Kebenaran Data

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja yang terakhir adalah memastikan bahwa semua data yang ditulis sudah benar. Jangan terburu-buru ingin menutup lembar kerja atau mencetaknya.

Kamu bisa mengeceknya satu per satu untuk memastikan tidak ada kesalahan dalam mengetik. Jika sudah selesai, kamu sudah bisa menggunakan daftar riwayat hidup tersebut, baik mengunggahnya secara online atau mencetak lembar tersebut. 

4 Hal yang Dipertimbangkan HRD dari Riwayat Hidup

Setiap lowongan kerja pasti sangat dinantikan bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan. Mengetahui cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja belum cukup karena diperlukan daya tarik tersendiri dibanding pelamar lainnya.

Biasanya, HRD akan memperhatikan bagian tertentu dari riwayat hidup pelamar agar bisa mendapatkan pekerja yang dibutuhkan. Berikut ini ada beberapa hal yang dipertimbangkan HRD.

1. Pengalaman dan Skill

Bagian pertama yang akan dilihat oleh HRD adalah pengalaman dan skill posisi yang dilamar. Sebagian pelamar tidak mencantumkan informasi yang relevan dengan posisi yang dilamarnya sehingga menyulitkan HRD untuk melihat informasi relevan.

Dalam membuat riwayat kerja, pastikan kamu menjual pengalaman dan skill yang dimiliki dengan baik. Tidak perlu semua kemampuan dijabarkan, cukup pengalaman dan skill yang berkontribusi untuk perusahaan.

2. Penjelasan Deskripsi Kerja

Bagian lain yang tidak pernah terlewatkan dari perhatian para HRD adalah penjelasan deskripsi kerja. Misalnya, pengalaman organisasi, magang singkat, volunteer, part time, freelance beserta penjelasan singkatnya. 

Di sini, HRD akan melihat tanggung jawab dan tugas apa yang pernah kamu lakukan sebelumnya. Jadi, pastikan kamu menaruh perhatian pada bagian ini saat melakukan  cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja.

3. Prestasi, Pencapaian, atau Lomba

Bukan hanya pengalaman dan kemampuan yang dimiliki pelamar, HRD biasanya juga akan memperhatikan pencapaian, prestasi atau lomba yang pernah diikuti. Bagian ini bisa disebut sebagai bukti dari kemampuan yang kamu klaim. 

Jika kamu pernah memenangkan lomba atau kompetisi, pastikan untuk menyertakan hal tersebut di bagian prestasi. Apalagi jika kemenangan atau prestasi yang kamu dapatkan sesuai dengan posisi yang dilamar. 

4. Latar Belakang Pendidikan

Latar belakang pendidikan juga menjadi bahan pertimbangan utama yang dilakukan oleh para HRD. Jika pendidikannya kamu jauh dari posisi yang dilamar, maka sertakan juga alasan mengapa ingin menempati posisi tersebut.

Kesalahan yang Sering Terjadi pada Pembuatan Riwayat Hidup

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja yang salah, tentu membuat HRD tidak akan melirik lamaran kamu. Meski begitu, masih banyak orang yang melakukan beberapa kesalahan saat membuat daftar riwayat hidup. 

1. Mencantumkan Data yang Tidak Relevan

Sebenarnya, kamu tidak perlu mencantumkan semua data diri karena itu hanya akan menambah informasi yang tidak diperlukan oleh HRD. Beberapa orang menuliskan hobi yang tidak relevan dengan posisi pekerjaan yang akan dilamar. 

Misalnya, kamu melamar pekerjaan sebagai desainer, tapi kamu menuliskan hobi memancing. Inilah mengapa cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja akan gagal. 

2. Foto Tidak Profesional

Pas foto menjadi salah satu bagian dari daftar riwayat hidup yang penting dan mencuri perhatian HRD. Banyak HRD yang mengeliminasi pelamar hanya dengan melihat pas foto yang ditampilkan dan biasanya karena foto tidak profesional. 

Umumnya, pas foto yang digunakan untuk melamar kerja adalah pas foto dengan gaya dan pakaian formal. Jangan sekali-kali foto dengan gaya selfie atau gaya yang aneh-aneh karena hal ini menunjukkan ketidakprofesionalan pelamar. 

3. Salah Ketik atau Typo

Ketika kamu melakukan cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja, pastikan untuk tidak membuat kesalahan dalam mengetik atau mengeja tulisan. Salah ketik atau typo mencerminkan diri yang tidak teliti.

HRD akan langsung melihat apabila ada kesalahan dalam mengetik atau mengeja tulisan dan ini bisa berakibat fatal pada lamaran kamu karena HRD biasanya kurang tertarik dengan lamaran yang typo. 

4. Format yang Tidak Tepat

Kamu mungkin ingin menampilkan sisi kreatif dari pemilihan template atau format yang unik. Namun, jika pemilihan format dan template tidak tepat, justru bisa menjatuhkan dan membuat HRD tidak tertarik. 

Meskipun desain berguna sebagai pemanis dalam pembuatan daftar riwayat hidup, tapi jangan sampai desain tersebut justru lebih mencolok dibanding kualitas dari data yang kamu tuliskan karena yang terpenting adalah isi dari riwayat hidup itu. 

5. Berbohong

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja sudah seharusnya dilakukan secara benar dan tidak berbohong. Semua data yang dituliskan harus berdasarkan kenyataan dan data yang ada, seperti ijazah, KTP, sertifikat dan lainnya. 

Tuliskan saja data apa adanya, tidak perlu membohongi HRD hanya untuk membuatnya terkesan. Kebohongan dalam menulis daftar riwayat kerja tentu tidak akan baik untuk karir kamu kedepannya.

Aplikasi Terbaik Membuat Riwayat Hidup

Pembuatan daftar riwayat hidup sebenarnya bisa memanfaatkan Microsoft Word, tapi kamu juga bisa menggunakan aplikasi, baik di HP maupun PC. Aplikasi ini memudahkan kamu untuk menciptakan daftar riwayat hidup yang cantik.

1. Easy Resume Builder

Aplikasi pertama ini memiliki interface yang user-friendly jadi cukup mudah untuk digunakan. Apalagi kamu bisa memilih template yang diinginkan, kemudian tinggal mengisi format tersebut dengan data pribadi. 

2. CV & Resume Creator

Aplikasi buatan Desygner Pty Ltd ini memiliki banyak fitur menarik yang bisa kamu manfaatkan bersama ratusan template CV, ikon dan font. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki opsi editing yang banyak jadi kamu bisa memanfaatkannya.

3. Pathsource Resume

Aplikasi kali ini sangat cocok bagi yang belum pernah bekerja karena bisa membuat daftar riwayat hidup yang menarik. Kelebihan aplikasi ini adalah menyediakan evaluasi CV dari profesional sehingga mengurangi kesalahan saat menulis. 

Masih banyak aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat daftar riwayat hidup, CV maupun surat lamaran. Aplikasi tersebut memudahkan kamu untuk mendesain CV dengan fitur yang lengkap.Untuk mendapatkan pekerjaan, kamu harus bisa menarik perhatian HRD atau pihak perusahaan dengan kualitas diri dan surat lamaran. Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja di atas juga penting untuk dipahami.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah