Cara Memperbesar Ukuran File PDF Sesuai Ukuran yang Kamu Mau

Cara Memperbesar Ukuran File PDF – Mengingat PDF adalah salah satu kebutuhan baik di dunia kerja maupun perkuliahan, maka penting rasanya untuk mengetahui cara resize PDF. Memperbesar size maupun resolusi PDF kadang memang dibutuhkan untuk hal-hal tertentu. Tujuannya supaya file PDF bisa menjadi lebih bagus, dan lebih jelas tampilannya. Nah, di bawah ini Mamikos akan bagikan cara memperbesar ukuran file PDF sesuai ukuran yang kamu inginkan.

Deretan Cara Memperbesar Ukuran File PDF

unsplash.com

PDF (Portable Document Format) merupakan format file yang sangat aman untuk dipakai, semisal untuk transfer file antar PC dan sebagainya. Karena sebuah file yang disimpan dalam format PDF, tidak akan bisa mengalami perubahan meskipun dokumen tersebut dibuka dalam sistem operasi yang berbeda. Meskipun begitu, nyatanya kita masih bisa mengubah ukuran file PDF sesuai dengan yang dibutuhkan dengan beberapa cara. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk memperbesar ukuran file PDF.

1. Menggunakan Situs PDFResizer.com

Kamu bisa menemukan beragam situs-situs yang didesain khusus untuk memperbesar ukuran file PDF di jejering internet, salah satunya adalah PDFResizer.com. Di situs ini terdapat berbagai macam fitur untuk PDF, misalnya untuk rotate, crop, convert split, optimize PDF dan sejenisnya. Seperti namanya, melalui situs ini kita bisa melakukan resize pada file PDF secara online. Di mana terdapat 3 opsi untuk merubahnya, yakni Low (72dpi), Mid (150dpi), high (300dpi), dan high+ (300+ dpi).
Berikut adalah cara memperbesar ukuran file PDF menggunakan situs PDFResizer.com:

  1. Pertama, silahkan akses laman PDFResizer.com terlebih dahulu. Nantinya kamu akan diarahkan pada halaman “cara merubah ukuran file pdf”.
  2. Selanjutnya, pada halaman tersebut kamu akan menemukan button berwarna hijau yang bertuliskan “+ tambah file”. Silahkan klik button tersebut untuk menambahkan file atau mengunggah file PDF yang ingin kamu ubah ukurannya.
  3. Tepat di samping button tersebut terdapat ikon kecil yang menunjukkan ikon Google Drive dan ikon Dropbox. Apabila file PDF yang kamu miliki terdapat pada Google Drive atau terdapat pada Dropbox, kamu pun bisa memilih salah satu dari ikon tersebut.
  4. Jika file PDF yang ingin kamu masukkan pada website tersebut sudah terlihat, maka kamu pun sudah dapat melakukan perubahan ukuran pada file PDF tersebut. Silahkan pilih opsi ukuran halaman, kemudian pilihlah ukuran halaman sesuai dengan yang kamu butuhkan.
  5. Setelah memilih ukuran file PDF yang diinginkan, selanjutnya silahkan klik “unduh file”. Perlu diingat, sebelum kamu melakukan pengunduhan ada baiknya kamu melakukan pengecekan file PDF dengan memperhatikan rincian di dalamnya terlebih dahulu. Jika sudah merasa yakin, silahkan lakukan pengunduhan file PDF tersebut.

2. Menggunakan Situs Docupub.com

Sama seperti situs sebelumnya, Docupub.com juga bisa kamu jadikan pilihan ketika ingin merubah ukuran file PDF. Situs yang satu ini memang situs yang khusus disediakan untuk mengedit ukuran suatu file PDF. Kamu pun bisa melakukan seperti resize PDF, compress PDF dan merge PDF di Docupub.com ini. Berikut adalah cara memperbesar ukuran file PDF menggunakan situs Docupub.com:

  1. Silahkan akses laman docupub.com.
  2. Selanjutnya, pilih “resize atau scale setting”.
  3. Silahkan isi page size yang sudah tersedia di laman tersebut. Apabila opsi size di laman tersebut belum memenuhi kebutuhan, kamu bisa melakukan pengaturan size sendiri dengan mengkostumisasi ukuran page.
  4. Jika pengaturan page kamu telah selesai, selanjutnya kamu bisa memilih file PDF kamu yang ingin kamu lakukan resize dengan cara klik “browse”.
  5. Apabila file PDF yang kamu ingin resize sudah ketemu dan sudah di tampilkan, selanjutnya kamu bisa klik “upload & resize”
  6. Silahkan tunggu proses resize hingga selesai. Apabila telah selesai, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan pada hasil akhir pakan memang benar-benar sudah sesuai.
  7. Unduh file PDF tersebut.

3. Menggunakan Situs Pdfcandy.com

Situs yang satu ini merupakan layanan online yang berhubungan file PDF. Ada banyak fitur yang bisa digunakan dan tentu berhubungan dengan file-file jenis PDF. Salah satu fitur yang bisa digunakan adalah mengubah ukuran file pdf menjadi lebih besar. Untuk melakukan cara ini dengan situs pdfcandy.com, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, akses situs pdfcandy.com di browser yang ada.
  2. Bila sudah, klik add file dan pilih file pdf yang akan diperbesar ukurannya.
  3. Sudah terpilih, klik open dan tunggu proses upload.
  4. Silakan anda pilih page size sesuai keinginan.
  5. Apabila sudah, klik resize dan tunggu hingga proses selesai.
  6. Selesai, kamu pun bisa download kembali file tersebut.

4. Menggunakan Situs SodaPDF.com

Fungsi utama situs SodaPDF.com ini sebenarnya untuk memperbesar ukuran margin. Karena, makin besar ukuran margin serta halamannya, maka kian besar pula nanti outputnya. Langkah-langkah untuk memperbesar ukuran file PDF dengan menggunakan situs SodaPDF.com adalah sebagai berikut:

  1. Kunjungi situs SodaPDF.com terlebih dahulu
  2. Kemudian, klik “Pilih File”
  3. Ganti ukuran Margin dan Halaman kemudian klik “Ubah Ukuran”
  4. Tunggu hingga sejenak hingga Soda PDF selesai bekerja
  5. Klik “Unduh Sekarang”
  6. Selesai, PDF telah sesuai dengan yang kamu inginkan.

5. Menggunakan Adobe Photoshop

Cara sebelumnya hanya bisa dilakukan secara online saja. Nah, bagaimana jika kita ingin melakukannya secara offline? Nah, kamu pun bisa memakai Aplikasi Adobe Photoshop. Karena biasa dipakai untuk mengedit foto, banyak yang belum tahu, kalau Adobe Photoshop sebenarnya bisa dipakai untuk memperbesar ukuran PDF.

Berikut adalah cara memperbesar ukuran file PDF menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop:

  1. Pertama, silakan buka terlebih dahulu Photoshop di Komputer kamu. Setelah itu klik “File” dan “open”. Kemudian pilih File PDF yang ingin kamu ubah resolusinya.
  2. Setelah dibuka, kamu akan menemukan opsi-opsi settings. Nah, silakan atur seluruh setting tersebut.
  3. Pada kolom Select pilih Page.
  4. Crop To : Pilih Bounding Box (atau sesuaikan).
  5. Centang Anti-Aliased (fungsinya untuk menghaluskan garis).
  6. Silakan atur Width dan Height sesuai kebutuhan kamu. Karena disini ingin diperbesar, cukup naikkan nilainya. Jangan lupa juga untuk mengatur setting nilainya menjadi Pixels (untuk mempermudah).
  7. Centang Constrain Proportions (untuk menyesuaikan proporsi), sisanya bisa dibiarkan default (atau sesuaikan).
  8. Kalau sudah, klik “File”, “Save As”, dan pilih “Photoshop PDF” kemudian save.
  9. Terakhir, jika muncul jendela lagi, cukup klik “Save PDF”.
  10. Setelah disimpan kamu pun bisa langsung membuka hasilnya di komputer kamu.

Oke, di atas tadi Mamikos sudah bagikan info terkait cara memperbesar ukuran file PDF sesuai ukuran yang kamu inginkan. Pastikan kamu memilih salah satu yang paling cocok dengan kebutuhan dan selera ya. Mengingat setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan lupa kunjungi situs Mamikos untuk menemukan informasi menarik lainnya ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah