Cara Mengatasi Hidung Tidak Bisa Mencium Bau dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Hidung Tidak Bisa Mencium Bau dengan Bahan Alami – Tidak bisa mencium bau diidentikkan dengan kondisi anosmia yang belakangan banyak dialami orang-orang sebagai gejala Covid 19, meskipun sebenarnya tidak selalu mengarah sebagai Covid 19. Kepanikan orang-orang seperti melupakan cara mengatasi hidung tidak bisa mencium bau dengan bahan alami dan cenderung mencari alternatif secara medis.

Cobalah untuk tidak panik terlebih dahulu dengan mencoba alternatif alami sebagai pengobatannya. Meskipun Anda merasa terganggu dengan kondisi tersebut, tetapi langsung mencoba bahan-bahan kimia dirasa berlebihan jika belum ada vonis pasti hal itu merupakan akibat virus Covid 19.

Mengatasi Hidung Tidak Bisa Mencium Bau Secara Alami

iStock

Penyebab Anosmia

Sebelum membahas mengenai cara untuk mengatasi anosmia, ketahui dulu penyebabnya terlebih dahulu sebagai berikut.

1. Flu atau Pilek

Anosmia bisa saja diakibatkan Anda sedang mengalami flu yang disebabkan adanya virus influenza. Ketika Anda sedang flu tentu saja hidung akan tersumbat karena menghasilkan lendir berlebihan yang membuat Anda terhambat untuk mencium bau. Jika kondisi flu Anda sudah membaik maka anosmia pun akan pulih.

2. Sinusitis Akut

Sinusitis dapat menyebabkan rongga pada sekitar hidung mengalami pembengkakan atau peradangan. Kondisi seperti ini dapat merusak saraf dan indera penciuman yang mengakibatkan hilangnya kemampuan untuk mencium bau.

3. Alergi atau Rinitis

Alergi juga dapat mengganggu berbagai rangsangan termasuk pada penciuman. Misalnya Anda memiliki alergi dingin yang dapat mengakibatkan hidung menjadi meler sehingga terjadi tekanan rongga hidung dan saraf yang memicu adanya anosmia.

4. Penggunaan Antibiotik

Jika Anda terlalu berlebihan dalam mengonsumsi antibiotik juga memiliki resiko melemahkan saraf yang bekerja pada bagian hidung. Hal ini juga biasanya diiringi gangguan pada telinga Anda. Anosmia merupakan salah satu efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan dari penggunaan antibiotik.

5. Rusaknya Saraf dan Otak

Kerusakan saraf biasanya terjadi pada beberapa orang yang mengalami kanker otak atau tekanan darah tinggi yang merusak saraf hidung. Dengan rusaknya saraf hidung maka dapat mengganggu indera penciuman Anda. Namun kerusakan saraf bukan hanya terjadi akibat penyakit saja, tetapi bisa juga disebabkan karena Anda mengalami kecelakaan dan trauma.

6. Malnutrisi

Kekurangan asupan nutrisi pada tubuh Anda dapat mengakibatkan lemahnya saraf dalam bekerja pada bagian hidung dan biasanya juga merambat pada telinga. Hal ini dapat memicu Anda kehilangan kemampuan indera penciuman.

7. Faktor Usia

Semakin bertambahnya usia seseorang maka akan semakin berkurang juga beberapa kemampuan tubuhnya seperti saraf. Salah satunya adalah saraf yang berperan untuk mengirimkan aroma pada otak untuk dapat mengenali bau. Sehingga semakin bertambahnya usia juga dapat mengurangi kemampuan indera penciuman dalam mengenali aroma.

8. Virus Corona

Corona atau Covid 19 dikenal sebagai penyakit yang menyerang pada sistem pernafasan seseorang. Salah satu gejala covid-19 yang paling umum jika terdapat virus ini dalam tubuh Anda adalah hilangnya indera penciuman.

Bahan Alami Untuk Mengatasi Anosmia

Banyak orang yang mencoba terlebih dahulu bahan-bahan alami untuk mengembalikan indera penciuman mereka. Jika hal ini berlangsung cukup lama, pemeriksaan lebih lanjut mengenai diagnosa penyakit tetap harus dilakukan. Namun berikut cara mengatasi hidung tidak bisa mencium bau dengan bahan alami yang bisa Anda coba.

1. Minyak Jarak

Minyak jarak dikenal mengandung asam risinolat yang dikenal memiliki kemampuan untuk melawan infeksi, mengurangi peradangan pada saluran hidung dan mengurangi pembengkakan. Minyak jarak sudah banyak digunakan untuk mengobati hidung tersumbat yang disebabkan pilek atau alergi.

Cara menggunakan minyak jarak sangat mudah yaitu dengan menghangatkan minyak jarak namun tidak sampai mendidih. Setelah itu gunakan tetesan minyak jarak sedikit demi sedikit pada tepi lubang hidung sebanyak satu kali sehari. Bisa digunakan saat bangun tidur atau sebelum tidur.

2. Daun Mint

Daun mint memiliki kandungan mentol yang di dalamnya terdapat zat anti mikroba dan zat anti peradangan. Kedua kandungan tersebut sebagai cara mengatasi hidung tidak bisa mencium bau dengan bahan alami yang dikenal dapat mengatasi hidung tersumbat sebagai penyebab utama Anda kehilangan indera penciuman.

Cara menggunakan daun mint untuk mengatasi anosmia yaitu dengan meminum daun mint yang sudah diseduh untuk membantu saluran pernafasan Anda menjadi lebih lega. Cara menyeduhnya dengan merebus 10 hingga 15 lembar daun mint yang dicampur dengan segelas air.

3. Jahe

Jahe memiliki kandungan gingerol yang dikenal memiliki aroma kuat yang dapat mengatasi hidung tersumbat. Dengan menggunakan jahe, Anda bisa mencoba untuk melatih indera penciuman Anda dengan 3 jenis aroma lain yang juga kuat.

Jika ingin menggunakan cara lain yaitu dengan mengupas jahe kemudian digeprek dan diseduh dengan air panas, tunggu hingga 15 menit. Jika sudah, Anda dapat meminum air seduhan tersebut untuk mengurangi peradangan dan hidung tersumbat.

4. Bawang Putih

cara mengatasi hidung tidak bisa mencium bau dengan bahan alami selanjutnya dengan menggunakan bawang putih yang dikenal memiliki kandungan asam risinoleat. Serupa dengan minyak jarak, kandungan ini bersifat anti peradangan dan anti bakteri.

Cara mengobati anosmia sangat mudah yaitu cukup menggeprek 4 hingga 5 siung bawang putih kemudian rebus selama dua menit dengan segelas air. Anda dapat meminum air rebusan ini sebanyak dua kali sehari.

5. Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin c tinggi, anti oksidan dan zat anti mikroba yang dikenal dapat membantu mengatasi anosmia. Cara membuat ramuan ini sangat mudah yaitu dengan memeras lemon pada segelas air hangat, kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan tersebut sebanyak dua kali sehari untuk memaksimalkan pengobatan Anda.

6. Air Garam

Air garam bisa membantu untuk mengurangi peradangan dan hidung tersumbat dengan cara mengoleskan larutan air garam pada bagian dalam hidung. Cara lain adalah dengan mengaduk air garam pada baskom yang berisikan air mendidih. Gunakan uap larutan air garam untuk Anda hirup agar pencium terasa lebih lega. Lakukan hal ini secara rutin setiap kali hidung terasa tersumbat.

7. Latihan Mencium Bau

Hal ini memang terlihat sepele namun cara mengatasi hidung tidak bisa mencium bau dengan bahan alami cukup ampuh untuk membantu mengembalikan indera penciuman Anda. Caranya adalah dengan menggunakan beberapa minyak esensial yang tajam, seperti minyak jarak, kayu manis, minyak jeruk, dan lain-lain yang memiliki bau tajam.

Caranya adalah dengan mencium aroma minyak tersebut satu per satu sambil mengingat aromanya, tahan hingga 20 detik. Setelah itu beri jeda sedikit dan beralih ke minyak esensial lainnya. Lakukan hal ini secara rutin sebanyak dua kali dalam sehari.

8. Berhenti Merokok

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan merokok, cobalah untuk berhenti sebab merokok dapat mengganggu kepekaan indera penciuman Anda. Anosmia dapat sembuh dalam beberapa minggu atau dalam beberapa kasus tidak dapat diobati. Sehingga Anda perlu menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kehilangan indera penciuman Anda seperti merokok.

Meskipun terdapat berbagai cara mengatasi hidung tidak bisa mencium bau dengan bahan alami yang bisa dengan mudah Anda lakukan di rumah. Namun dalam kondisi tertentu sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti Anda mengalami anosmia. Dengan demikian penanganan yang tepat akan lebih cepat dilakukan.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah