5 Tanda Gejala Awal Virus Corona Covid-19 dan Tips Mencegahnya

Posted in: Coronavirus Kesehatan
Tagged: Virus Corona

5 Tanda Gejala Awal Virus Corona Covid-19 dan Tips Mencegahnya – Virus Corona menjadi penyakit yang sedang banyak dibahas di berbagai belahan negara. Sekilas, virus ini menunjukkan gejala sakit mirip flu. Namun, tidak jarang Virus Corona dapat menyebabkan kematian bagi para penderitanya. Lalu, bagaimana tanda-tanda seseorang yang sudah terjangkit Virus Corona dan bagaimana cara mencegahnya?

Tanda dan Gejala Infeksi Virus Corona dan Cara Mencegahnya

pixabay.com

Virus Corona adalah nama lain dari Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang berasal dari Kota Wuhan, Cina. Virus Corona mulai menjangkit pada akhir tahun 2019 dan terus menyebar. Jenis baru dari coronavirus ini bisa menular pada manusia dengan cepat. Bahkan, saat ini virus yang menginfensi sistem pernapasan tersebut sudah keluar dari Cina dan jumlah penderitanya semakin meningkat.
Selain bisa menyebabkan infeksi pernapasan ringan, kemungkinan untuk infeksi pernapasan berat pun dapat ditimbulkan 2019-nCOV. Sebelumnya, contoh virus kelompok Corona lainnya yang pernah menyerang manusia dan bersifat mematikan adalah SARS dan MERS. Di sekitar kita juga terdapat banyak virus flu, namun tidak sampai menimbulkan kematian.

Fakta Virus Corona Covid-19

pixabay.com

Fakta Virus Corona Covid-19 berikut perlu diketahui untuk meminimalisir penyebaran yang semakin luas.

  1. Virus Corona dapat menyebar melalui tetesan air (droplet) dari orang yang terinfeksi. Biasanya, ketika orang tersebut bersin atau batuk. Virus kemudian masuk melalui mata, hidung, atau mulut orang yang sehat.
  2. Penyebaran Virus Corona dapat diminimalisir dengan rajin mencuci tangan setelah keluar dari rumah. Selain itu, hindari mengucek mata hingga mengusap wajah agar tidak jatuh sakit.
  3. Secara umum, Virus Corona dapat bertahan di lingkungan luar. Tapi, virus tersebut bisa hilang setelah dicuci dengan sabun hingga bersih.
    Menghubungi petugas kesehatan jika tubuh mengalami gejala yang ditunjukkan Virus Corona. Hindari datang langsung ke rumah sakit agar tidak menulari orang lain.

Tanda-Tanda dan Gejala Infeksi Virus Corona Covid-19

Seseorang yang terkena infeksi Virus Corona akan menunjukkan tanda-tanda dan gejala khusus. Namun, di tahap pertama infeksi, biasanya penderita belum menunjukkan gejala yang tampak. Berikut ini adalah tanda seseorang terinfeksi Virus Corona.

  1. Demam lebih dari 38°C
  2. Nyeri otot dan sulit bernapas
  3. Sakit tenggorokan
  4. Batuk dan pilek
  5. Letih dan lesu

Jika mendapati gejala tersebut, segera hubungi tenaga kesehatan. Seseorang juga perlu waspada setelah berinteraksi dengan orang dari luar negeri. Meskipun terlihat sehat, bisa saja orang tersebut sudah membawa virus dalam tubuhnya.

Tips Mencegah Infeksi Virus Corona Covid-19

Infeksi Virus Corona dapat diminimalisir dan dicegah melalui beberapa cara berikut.

1. Rajin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan antiseptik. Air liur orang yang sakit dapat menempel pada tangan penderita sendiri, pegangan pintu, pegangan kereta, alat makan, gelas, tisu, tombol lift, gadget atau perangkat digital, pulpen, mouse, bahkan bagian luar masker orang yang sehat. Selain itu, 99% penyakit bersumber dari tangan.

2. Jaga daya tahan tubuh. Rajin olahraga dan istirahat cukup.

3. Hindari menyentuh area wajah.

4. Gunakan masker saat berkativitas atau berikan masker bagi orang yang sedang sakit. Ketika batuk atau bersin, orang di sekitar akan terlindungi karena penderita bersin di dalam maskernya sendiri.

5. Jangan lupa ganti masker jika sudah kotor.

6. Menjaga jarak antara 0,5 – 2 meter dari orang yang sedang batuk, bersin, atau sakit. Hal tersebut bisa mengurangi risiko terkena percikan air dari penderita.

7. Jangan berbagi alat makan atau mandi pada orang yang sakit.

8. Tunda berpergian ke luar negeri ke negara yang terjangkit corona.

Menjaga kesehatan keluarga dan mengurangi intensitas keluar rumah apabila tidak diperlukan juga menjadi cara untuk mengurangi risiko. Jika ada kerabat yang menderita flu, berikan masker dan jagalah kesehatan tubuh masing-masing dengan meningkatkan konsumsi makanan sehat. Kamu juga perlu berhati-hati ketika menyentuh bagian tubuh seperti mata dan hidung. Jika diperlukan, ukur suhu tubuh 2x sehari.

Rumah Sakit Rujukan Pasien Virus Corona Covid-19 di Indonesia

Kemenkes

Jika seseorang sedang mengalami tanda-tanda atau gejala yang sudah disebutkan di atas, cobalah untuk bersikap tenang. Jangan langsung berangkat ke rumah sakit atau tempat lainnya yang didatangi banyak orang. Langsung hubungi petugas kesehatan agar petugas tersebut yang datang menjemput. Orang yang terjangkit Virus Corona dan datang ke rumah sakit sendiri dikhawatirkan bisa menularkan virus tersebut pada orang lain. Di Indonesia, rumah sakit ini menjadi rujukan pasien Virus Corona Covid-19.

Cara Supaya Tidak Panik Terkait Informasi Corona Covid-19 Yang Beredar

  1. Mengendalikan pikiran
    Di saat seseorang tengah panik, biasanya mereka akan kalut dan diselimuti pikiran negatif karena tak bisa berpikir dengan jernih. Untuk itu wajib bagi kamu agar selalu bisa mengendalikan pikiran agar tidak mengalami kekhawatiran yang berlebihan pada sesuatu yang sebenarnya belum tentu kejadian. Alangkah lebih baiknya lagi jika kamu bisa mengalokasikan otak untuk memikirkan hal-hal yang lebih berguna lainnya.
  2. Tidak boleh mengabaikan gejala stress
    Kebiasaan kita mengabaikan gejala stress tentunya akan berujung dengan menumpuknya stress tersebut sehinga berakhir jadi kepanikan. Alangkah baiknya jika kamu bisa untuk lebih peka dan tidak mengabaikan stres kamu itu. Biasanya gejala stress ini akan ditandai dengan napas pendek-pendek dan jantung berdebar. Jika kamu merasa sedang dilanda strees, segera cari solusinya. Kamu bisa memulai meredakan stress kamu itu dengan mencoba duduk dengan tenang lalu bernapas dengan dalam-dalam supaya dapat menjernihkan pikiran kamu.
  3. Bijak dalam memilih informasi
    Apabila kamu merasa cemas setelah menyimak siaran langsung atau notifikasi perkembangan virus corona, ada baiknya jika kamu batasi diri dari paparan informasi tersebut. Namun, dikarenakan perkembangan virus baru ini sangat dinamis sejumlah ahli pun tetap menyarankan kamu untuk menyimak kabar terbaru virus corona dengan batas yang wajar. Hindarilah informasi yang penuh spekulasi dari obrolan di grup media sosial. Ada baiknya jika kamu memilih informasi seperti berita akurat yang infonya diambil berdasarkan fakta.
  4. Mengambil langkah praktis
    Selain mengelola pikiran, kamu juga perlu juga perlu mempraktikkan saran dari otoritas resmi kesehatan seperti WHO atau pemerintah. Salah satunya seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air, serta menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima.
  5. Jangan mengasingkan diri
    Meskipun kamu sedang merasa stress hingga memiliki ketakutan yang belebihan terhadap virus corona, ada baiknya kamu tidak mengasingkan diri karena takut tertular. Karena dengan tetap berinteraksi antara satu dan lainnya dapat secara signifikan mengurangi kecemasan yang kamu rasakan. Jauhkan rasa takut yang berlebihan, namun tetap waspadalah dan berhubungan dengan orang-orang di sekitar.

Demikian informasi Mamikos tentang tanda dan gejala infeksi Virus Corona Covid-19 serta cara mencegahnya. Jangan lupa jaga kesehatan, ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah