Cara Menghapus Halaman Kosong di Word Awal, Tengah dan Akhir

Cara Menghapus Halaman Kosong di Word – Bagi sebagian orang, halaman kosong yang terdapat di dalam dokumen Microsoft Word mungkin akan memberikan pemandangan kurang elok. Tak heran jika banyak orang yang memilih untuk menghilangkan atau menghapus halaman tersebut.

Biasanya, halaman kosong yang muncul ini adalah akibat dari salah menggunakan page break pada sebuah dokumen di Microsoft Word. Jika kamu tidak mengetahui cara menghapus halaman kosong di Microsoft Word baik itu di awal, tengah atau akhir halaman, maka informasi di bawah ini mungkin cukup berguna untuk kamu.

Berikut Cara Menghapus Halaman Kosong di Word

unsplash.com

Diterbitkan pada tahun 1983, awalnya Microsoft Word muncul dengan nama Multi-Tool Word untuk sistem operasi Xenix. Word memiliki banyak sekali fitur unggulan mulai dari AutoCorrect, MailMerge, AutoPage Index, dan masih banyak lagi fitur lainya. Word memiliki banyak versi mulai dari tahun 2007 hingga tahun yang terbaru yaitu 2016. Cara penggunannya pun sangat mudah sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunanya.

Meskipun pengunaanya cukup mudah, namun salah satu problem yang sering terjadi di Word adalah adanya munculnya halaman kosong yang berlebih atau pembagi halaman page break yang berlebih. Umumnya, halaman kosong ini muncul karena adanya page break (pembagi halaman) atau paragraf tambahan.

Meskipun halaman ini akan tercetak dengan kertas yang masih dalam kondisi kosong, namun bagi beberapa pengguna yang membuat dokumen menggunakan nomor halaman terntunya hal ini sangat mengganggu. Karena bisa merusak format penomoran dokumen Word yang telah dibuat.

Nah, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan kamu cara menghapus halaman kosong di Word baik itu di awal hingga akhir halaman.

1. Cara Menghapus Halaman Kosong di Halaman Awal

Berikut adalah cara yang paling umum untuk menghapus sebuah halaman kosong di halaman awal Word. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Klik pada bagian pojok kanan bawah halaman.

2. Tekan tombol delete atau backspace pada keyboard laptop sampai halaman tersebut berhasil dihapus.

3. Jika halaman berada di akhir dokumen. Tekan Ctrl + End + Backspace untuk langsung menuju ke halaman terakhir.

4. Setelah itu hapus halaman tersebut dengan menekan tombol delete atau backspace pada keyboard.

2. Cara Menghapus Halaman Kosong di Halaman Tengah

Dalam beberapa kasus, halaman kosong bisa saja muncul di bagian tengah dokumen yang sedang kita buat. Hal ini bisa terjadi karena adanya sebuah Section Break. Nah, berikut adalah cara menghapus halaman kosong di halaman tengah Word:

1. Buka aplikasi Microsoft Word. Lalu buka dokumen tersebut

2. Pada menu Home, Klik ikon Show/Hide Paragraph yang terletak pada grup Paragraph. Atau bisa dengan menekan tombol Ctrl + Shift + 8 secara bersamaan. Fitur inilah yang akan kita gunakan untuk menampilkan simbol-simbol format tertentu untuk mempermudah kita dalam menghapus halaman kosong tersebut.

3. Setelah fitur tersebut aktif. Maka kita akan menemukan simbol tersebut diikuti keterangan seperti section break yang berada pada sebuah halaman kosong.

4. Setelah itu arahkan kursor ke simbol paragraph yang berada di halaman kosong tersebut. Lalu tekan tombol delete yang ada pada keyboard untuk menghapusnya.

5. Ulangi peritah tersebut jika terdapat beberapa simbol dalam satu halaman hingga halaman kosong tersebut berhasil dihapus.

6. Jika sudah kembalikan pengaturan paragraph tersebut dengan menekan tombol Show/Hide paragrapah. Atau bisa juga menggunakan shortcut Ctrl + Shift + 8.

3. Cara Menghapus Halaman Kosong di Halaman Akhir

Lantas, bagaimana jika halaman kosong tersebut terletak di akhir dokumen? Jika kamu menemukan kasus seperti ini, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Cara yang pertama adalah tentunya bukalah dokumen Microsoft terlebih dahulu.

2. Setelah itu pergi ke tab Home.

3. Kemudian pilih di grup Paragraph, selanjutnya kita pilih dan klik Shos/hide kemudian tekan tombol CTRL + SHIFT + 8.

4. Setelah kita menekan tombol diatas maka akan muncul symbol – symbol bagian yang kosong karena memang tugas dan fungsi dari tombol diatas adalah untuk menampilkan halaman – halaman yang kosong.

5. Setelah itu, tekanlah CTRL + END hal ini berfungsi agar kita dapat langsung ke halaman yang ada di akhir dokumen.

6. Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, selanjutnya adalah sorot symbol yang menunjukan halaman kosong itu tadi kemudian klik Delete maka halaman kosong akan terhapus.

7. Jika ada dua halaman kosong atau bisa juga lebih banyak maka kita tekan saja tombol CTRL + SHIFT + End. Hal ini digunakan untuk menyorot semua halaman kosong yang ada di baris mulai dari posisi kursor hingga baris paling akhir yang ada di Word.

8. Setelah dilakukan, klik lagi tombol ikon Show/hide yang ada di paragraph tadi

9. Atau bisa juga dengan menggunakan cara cepat, yaitu menekan tombol di keyboard CTRL + SHIFT + 8 hal ini untuk menghilangkan symbol – symbol tadi yang muncul.

4. Cara Membuka Microsoft Word di Laptop atau Komputer

Berikut ini adalah cara mudah dan praktis dan bisa kamu tempuh apabila kamu hendak membuka Ms Word di komputer laptop kamu. Penasaran bagaimana cara praktis untuk membuka software tersebut? Penjelasannya di sini.

A. Membuka Ms Word via Shortcut pada Desktop

Di langkah yang pertama agar kamu dapat membuka Microsoft Word tersebut adalah dengan melalui shortcut yang ada pada desktop. Bisa dibilang cara ini paling lazim digunakan untuk menjalankan software Ms Word.

Namun, kamu harus memastikan bahwa di komputer atau laptop kamu tersebut sudah terinstal aplikasi Ms Word nya. Sebab nanti akan otomatis muncul tampilan shortcut di desktop komputer atau laptop kamu.

Apabila softwarenya ternyata belum terinstall, maka kamu dapat membuat shortcut nya dengan mengikuti cara di bawah ini:

1. Pertama kamu dapat mengklik ‘Start’.

Langkah satu ini perlu kamu lakukan sebagai pengguna untuk mengklik bagian Start atau yang terdapat logo Windows di desktop kamu.

2. Memilih Menu ‘All Programs’

Agar software Ms Word kamu terbuka, langkah selanjutnya kamu perlu memilih menu All Programs.

Untuk memudahkan pencarian, kamu dapat mengklik bagian “Search” dan ketik Microsoft Word di sana.

3. Pilih Pin to Start Menu

Kemudian kamu dapat memilih “Pin to Start Menu” dan lepaskan. Jangan lupa untuk membuat link pada bagian desktop kamu.

Membuat shortcut Ms Word selesai!

Shortcut untuk software Ms Word kamu sudah berhasil dibuat. Maka, apabila kamu ingin membuka Ms Word tersebut kamu hanya tinggal mengklik shortcut yang terdapat pada halaman desktop sebanyak dua kali dengan cepat. Dan kamu akan langsung dialihkan ke halaman Ms Word seperti yang kamu kehendaki.

B. Membuka Ms Word Dengan Cara Manual

Cara membuka Ms Word selanjutnya juga dapat dilakukan dengan cara konvensional saja. Jadi cara ini bisa kamu pilih apabila kamu ogah repot untuk membuat shortcut terlebih dulu pada halaman desktop.

Cara manual atau konvensional ini masih banyak digunakan orang untuk membuka software Microsoft Word di komputer atau laptop mereka. Meskipun bisa dibilang cara ini terbilang lebih panjang dari mengklik shortcut tadi. Tapi mari kita ketahui bersama bagaimana cara mengakses Ms Word di komputer atau laptop kamu.

Untuk langkah-langkah yang dapat kamu ikuti agar dapat membuka Ms Word adalah bisa dengan cara yang sudah Mamikos rangkum di bawah ini.

1. Langkah Pertama Install software Microsoft Word

Hal pertama yang perlu kamu lakukan apabila hendak mengakses halaman Microsoft Word di laptop atau komputer adalah kamu harus memastikan dulu bahwa softwarenya sudah terinstall di sana. Apabila softwarenya belum terinstall, maka unduh lah terlebih dahulu software Ms Word nya.

2. Segera Masuk Pada Menu Windows

Langkah berikutnya, kamu dapat mengklik menu “Start” atau di bagian yang memiliki logo Windows di komputer atau laptop kamu.

1. Buka All Programs di Komputer

2. Setelah itu, kamu dapat mencari aplikasi Microsoft Word yang sudah terinstall tadi dengan membuka menu All Programs. Biasanya menu ini akan langsung muncul.

3. Namun ada beberapa PC yang sepertinya sulit untuk menemukannya. Makanya untuk mengatasi kendala ini, kamu dapat memakai bantuan pencarian dan mengetik nama softwarenya.

3. Klik dua kali pada software

Setelah software yang kamu cari sudah berhasil dijumpai, maka kamu hanya tinggal membuka dengan mengetuk dua kali dengan cepat.

4. Langkah menjalankan software Ms Word selesai

Dan kini kamu dapat software Ms Word sesuai dengan kebutuhan dengan lebih leluasa.

Itulah informasi terkait cara menghapus halaman kosong di Microsoft Word. Halaman kosong di dokumen Microsoft Word bisa berada di awal, tengah atau di akhir dokumen. Untuk itu, pastikan kamu memilih salah satu cara di atas yang paling sesuai dengan kondisi kamu ya. Oh iya, jangan lupa kunjungi situs Mamikos untuk menemukan informasi menarik lainnya ya!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta