Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2010, 2013, 2007 Terbaru

Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word – Buat kamu yang sedang menulis buku ataupun skripsi, tentunya daftar isi menjadi poin penting yang wajib diperhatikan. Apa jadinya jika kamu menulis suatu dokumen dengan jumlah halaman yang banyak, namun tidak memiliki daftar isi. Tentunya itu akan menyulitkan kamu untuk menemukan ataupun mencari halaman yang dibutuhkan bukan? Nah, buat kamu yang masih belum tahu gimana caranya membuat daftar isi otomatis di Word maka berikut Mamikos berikan caranya di bawah ini.

Berikut Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word

ontuto.com

Salah satu format tulisan yang penting, namun sering dianggap sulit untuk dibuat adalah daftar isi. Cara membuat daftar isi bisa kamu kerjakan di Microsoft Word tahun 2010, 2013, ataupun 2007 secara otomatis dan manual. Selain itu, cara pembuatan daftar isi juga sangat mudah diterapkan, jadi kamu tidak perlu pusing lagi dalam merapikan daftar isi. Tapi lagi-lagi masih banyak orang yang kebingungan bagaimana membuat daftar isi di Microsoft Word. Nah, untuk mempermudah kamu membuat daftar isi maka kamu bisa ikuti cara-caranya di bawah ini.

Gambaran dan Fungsi Daftar Isi

Daftar isi adalah urutan sebuah judul pada setiap bab dan halaman yang berada pada sebuah penulisan makalah, laporan, skripsi, proposal, dan karya ilmiah lainnya yang bisa diartikan juga sebagai lembar halaman yang menjadi petunjuk pokok pada isi buku dan juga nomor halaman pada penulisannya. Daftar isi berfungsi untuk memudahkan pembaca mencari halaman yang diinginkan. Karena itu membuat daftar isi haruslah rapi. Daftar isi sendiri memiliki fungsi, yakni:

  1. Membuat Skripsi, makalah, atau laporan menjadi lebih rapih, sehingga pembaca dapat lebih mudah untuk memahami materi apa yang dibahas oleh penulis.
  2. Pembaca menjadi lebih jelas mengetahui maksud dari penulis tentang informasi yang ada pada skripsi, makalah atau laporan yang ditulis.

Alasan Membuat Daftar Isi

Adapun berikut beberapa alasan mengapa harus membuat daftar isi:

  1. Sebuah dokumen yang memiliki daftar isi biasa terlihat dan memberi kesan lebih professional daripada dokumen yang tidak memiliki daftar isi.
  2. Ketika kamu membuat atau mengedit sebuah dokumen, daftar isi dapat membantu kamu untuk menyusun dan mengorganisir ide-ide kamu agar kamu tidak lupa memasukkan hal-hal penting yang ingin kamu masukkan di dokumen tersebut.
  3. Membantu memberi pembaca garis besar dari dokumen tersebut. Daftar isi juga membantu memberikan pembaca garis besar isi dokumen.
  4. Daftar isi bisa menjadi referensi bagi pembaca ketika mereka mencoba mencari informasi penting di dalam dokumen. Nomor halaman di daftar isi membantu pembaca untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan secara cepat. Jika pembaca membaca soft copy dari dokumen tersebut, mereka juga bisa langsung mengklik judul yang mereka ingin baca.
  5. Membuat dokumen kamu lebih mudah didiskusikan. Pernahkah kamu pergi ke sebuah meeting untuk mereview sebuah dokumen atau membahas suatu topik yang bergantung pada satu dokumen? Kamu pasti akan lebih senang jika di dokumen tersebut ada daftar isinya agar kamu dapat menemukan informasi yang sedang dibahas secara cepat. Dengan menambahkan daftar isi di dokumen kamu, kamu mempermudah pembaca untuk melakukan pembahasan karena mereka tidak perlu repot-repot mencari topik yang sedang dibahas.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word 2010, 2013 dan 2007

Untuk membuat daftar isi secara otomatis, tentunya kamu harus menyiapkan sebuah dokumen yang ingin diberika daftar isi. Dokumen yang ideal untuk diberi daftar isi adalah dokumen dengan jumlah halaman yang banyak serta memiliki beberapa judul dan sub judul. Jadi, judul dan sub judul dalam dokumen inilah yang nantinya akan muncul atau menjadi rincian di daftar isi. Nah, cara berikut ini bisa diterapkan di Microsoft Word 2010, 2013 dan 2007. Adapun step by step di bawah ini menggunakan Microsoft Word 2007 ya.

1. Cek fungsi heading

Langkah pertama, kamu harus mengaktifkan fungsi heading dan sub heading alias heading 1, dan heading 2. Untuk mengetahui apakah fungsi heading sudah aktif, kamu perlu melihatnya di toolbar bagian kiri. Perhatikan apakah sudah ada kotak toolbar berisi navigasi di sisi kiri layar.

Jika tidak ada tampilan kotak navigasi di sisi kiri, kamu pun bisa memunculkannya terlebih dahulu. Caranya, klik “view” lalu aktifkan fungsi “navigation pane”. Nah, jika kolom navigation sudah muncul maka perhatikan apakah sudah ada rincian heading 1 dan 2, sesuai yang akan dimunculkan di daftar isi. Jika belum, maka kamu harus sesuaikan terlebih dahulu. Apabila, kolom navigasi masih kosong, artinya heading dan sub heading belum aktif. Jika kolom navigasi sudah aktif maka tampilannya adalah seperti di bawah ini.

2. Aktifkan fungsi heading

Jika fungsi heading belum aktif, kamu tidak bisa membuat daftar isi otomatis. Karenanya, kamu harus memulai dengan mengaktifkan heading dan sub heading. Pertama, silakan tentukan dulu atau pilih bagian judul dan sub judul mana saja yang akan dimunculkan di daftar isi. Untuk memilih bagian judul, kamu harus blok bagian judulnya yang terdapat dalam dokumen tulisan kamu, lalu klik “home” dan klik “heading 1”. Untuk bagian sub judul, pilih “heading 2”.

Ketika kamu meng-klik heading, biasanya format akan berubah. Silakan sesuaikan formatnya sesuai kebutuhan. Misal format jenis font, ukuran font, warna font juga format bullet and numbering sesuai yang dibutuhkan. Kamu pun bisa memilih masing-masing judul dan sub judul dan mengaktifkan fungsi heading 1, heading 2, sesuai kebutuhan. Ketika judul tersebut sudah aktif sebagai heading, kalimat judul tersebut pasti akan muncul di kolom navigasi kiri yang sudah kita munculkan tadi. Begitu pula, sub judul juga akan muncul secara bertingkat di dalam kolom navigasi. Judul dan sub judul itulah yang akan menjadi rangkaian daftar isi otomatis nantinya.

3. Letakkan cursor di tempat daftar isi berada

Apabila semua bagian judul dan sub judul sudah aktif dan muncul di navigation pane, artinya kamu sudah bisa mulai membuat daftar isi otomatis. Caranya, letakkan cursor di halaman, tempat lokasi daftar isi ditargetkan akan berada.

4. Klik references

Kamu bisa mencari “fungsi references” ini di bagian tool bar atas ya.

5. Klik table of content

Kamu bisa menemukan lokasi “table of content” ini di tool bar atas, paling kiri.

6. Klik automatic table

Disaat kamu meng-klik “table of content”, akan muncul pilihan model daftar isi yang bisa dipilih. Pilih sesuai keinginan dan pastikan pilihan tersebut adalah automatif table atau table daftar isi otomatis.

Nah, ketika muncul maka kamu sudah bisa menyaksikan hasil daftar isi otomatis yang bisa dilakukan secara mudah, cepat dan rapi. Kamu pun bisa menyesuaikan format daftar ini sesuai keinginan ya. Semisal dari spasi, jenis font, ukuran font dan lainnya.

7. Edit nomor halaman dengan klik kanan update field

Jika kamu mengedit konten sehingga nomor halamannya bergeser, atau mungkin ada perubahan judul dan sub judul. Kamu pun bisa memperbaruinya dengan cara klik kanan pada salah satu titik di kolom daftar isi, lalu klik “update field”. Selanjutnya, pilih “update page number only” jika yang berubah hanya nomor halaman. Atau, pilih “update entire table” jika yang berubah keseluruhan termasuk judul dan sub judulnya. Jika telah selesai, maka daftar isi sesuai dengan yang kamu inginkan pun sudah jadi.

Oke, di atas tadi Mamikos sudah jabarkan cara membuat daftar isi otomatis di Word 2010, 2013, dan 2007. Semoga bermanfaat ya untuk kamu dan selamat mencoba! Nah, buat kamu yang berencana ingin merantau ke luar kota untuk melanjutkan pendidikan ataupun bekerja, jangan lupa juga untuk install aplikasi Mamikos di ponsel kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu akan dengan mudah menemukan informasi seputar kost-kostan, apartemen, hingga sewa rumah kontrakan dengan praktis.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta