7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Yang Bisa Dicoba

Posted on Posted in Info Penting, Informasi

7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Yang Bisa Dicoba – Mengantuk adalah kondisi dimana seseorang merasa ingin sekali tidur. Hal ini bisa saja terjadi pada waktu yang tidak tepat, misalnya pada saat bekerja, saat belajar, atau saat berkendara. Mengantuk biasanya ditandai dengan rasa lelah, hilang kesadaran, tertidur, dan dapat mengganggu aktivitas.

Nah, mengantuk ini umumnya terjadi karena kurang tidur. Setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, tergantung usia dan aktivitas sehari-hari. Idealnya, orang dewasa membutuhkan jam tidur selama 7-9 jam per hari, anak-anak hingga remaja butuh 9 jam, balita butuh 10-12 jam, dan bayi yang baru lahir butuh 16-18 jam. Lantas, bagaimana cara menghilangkan rasa ngantuk agar tak mengganggu aktivitas?

7 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Ini Bisa Anak Kost Praktekan

1. Tidur cukup dan berkualitas di malam hari

Untuk mencegah rasa mengantuk bisa dengan memastikan cukup beristirahat setiap hari. Maka, usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya agar tidak kurang tidur. Supaya tidurnya berkualitas, atur kamar senyaman mungkin. Misalnya pasang kipas angin atau AC agar ruangan cukup sejuk dan matikan lampu kamar.

2. Ganti pemandangan

Tempat Wisata di Surabaya - Gunung Bromo

Yang kedua, bila seharian menghadap layar komputer terus, mata akan terasa lelah sehingga mata jadi cepat mengantuk. Untuk itu, usahakan untuk mengganti pemandangan ketika kantuk menyerang. Alihkan pandangan dari layar selama 20 detik. Ulangi terus setiap 20 menit. Hal ini akan membuat mata jadi lebih rileks dan segar. Atau bisa juga dengan jalan ke halaman rumah atau keluar rumah untuk meilhat tanaman yang berwarna hijau karena bisa membuat mata rileks.

3. Bergerak atau jalan kaki

Aktivitas yang wajib dicoba anak UI

Sebuah survei terhadap ratusan orang di Amerika Serikat menguak bahwa jalan kaki selama 10 menit bisa meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Pasalnya, jalan-jalan mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Sedangkan rasa ngantuk di siang hari biasanya muncul karena otak kekurangan pasokan oksigen.

4. Mengobrol

Bila kamu sedang di kampus atau di kantor, ajak rekan untuk mengobrol sejenak guna mengatasi ngantuk. Mengobrol akan meningkatkan tingkat kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi. Jangan lupa juga untuk memilih topik-topik yang berat saat mengobrol dan tidak hanya topik yang berbasa-basi, karena dengan topik berat tersebut akan meningkatkan konsentrasi.

5. Tidur siang sejenak

Kalau rasa ngantuk sudah tak tertahankan lagi, kamu juga bisa mencuri waktu barang sejenak untuk tidur siang. Namun, jangan tidur siang terlalu lama. Kamu mungkin malah jadi semakin lemas karena jam biologis tubuh terganggu. Tidur siang yang kamu butuhkan cukup 5-25 menit saja.

6. Tarik napas dalam

Style berpakaian ala Mahasiswa

Menarik napas dalam akan meningkatkan kadar oksigen dalam otak. Hal ini bisa membantu menambah energi dan memicu aktivitas otak. Duduk atau berdiri dengan tegak dengan satu telapak tangan menempel pada perut. Kemudian, tarik napas sedalam-dalamnya lewat hidung. Saat menarik napas, pastikan perut mengembang dan “terisi” dengan udara. Hembuskan perlahan lewat mulut.

7. Nyalakan lampu atau cari sinar matahari

Rasa ngantuk juga bisa muncul mengikuti pencahayaan yang diterima mata. Bila cahaya meredup, mata menangkapnya sebagai sinyal untuk beristirahat sehingga kita jadi mengantuk. Untuk itu, nyalakan lampu ruangan atau carilah sinar matahari langsung, misalnya di luar ruangan.

Baca juga :  10 Cara ini Bisa Bantu Anak Kost Bangun Sahur Tepat Waktu, Berani Coba ?
Baca juga :  3 Cara Membuat Bunga dari Sedotan Beserta Gambarnya
Baca juga :  3 Cara Jitu Mendapatkan Uang dari Internet, Terbukti Berhasil !