Cara Nonton Siaran TV Digital Pakai TV Analog Tanpa Tambahan Set Top Box, Emang Bisa?

Tagged: Teknologi



Cara Nonton Siaran TV Digital Pakai TV Analog Tanpa Tambahan Set Top Box, Emang Bisa? — Tentu kamu sudah tahu dan masih ingat dengan pengumuman peralihan siaran televisi dari analog ke digital yang sudah dilakukan secara resmi beberapa waktu yang lalu.

Mungkin sejak saat itulah, ada banyak masyarakat yang terbelah ke dalam beberapa kategori.

Ada yang berpasrah dan mencari tahu apakah mereka termasuk penerima STB gratis dari Kominfo. Dan ada juga yang mencari alternatif nonton TV tanpa STB.

Adakah Cara Nonton Siaran TV Digital Pakai TV Analog Tanpa STB?

pexels.com/Andres Ayrton



Sejak pengumuman bahwa siaran TV analog akan beralih ke TV digital, sejumlah masyarakat menunjukkan beragam reaksi pro dan kontra. Ada yang merasa bahwa ini menjadi terobosan yang baik.

Namun tak sedikit juga yang merasa bahwa teknologi mulai menggusur indahnya nonton TV analog yang sudah menemani mereka selama lebih dari 50 tahun.

Meskipun ada banyak reaksi dari masyarakat, nyatanya tak menyurutkan pihak-pihak berwenang atas masalah ini untuk tetap merealisasikan peralihan siaran TV analog ke digital sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Tak disangka, ada sejumlah masyarakat yang mencari tahu tata cara nonton siaran TV digital pakai TV analog tanpa tambahan STB.

Hal ini diketahui sudah terjadi sejak beberapa pekan saat informasi peralihan TV analog ke digital sudah semakin gencar.




Lalu pertanyaannya, memangnya bisa nonton siaran TV digital pakai TV analog tanpa tambahan set top box ini? Kita akan sama-sama menemukan jawaban pastinya di sini.

Perpindahan Siaran TV Analog ke Digital Sudah Resmi Dilakukan

Perpindahan siaran TV analog ke digital ini sudah resmi dilakukan sejak tanggal 02 November 2022 yang lalu.




Dimana pihak Kominfo mulai mematikan siaran TV analog secara bertahap di beberapa daerah mulai dari Jabodetabek.

Masyarakat pun mulai bertanya-tanya, apakah ada opsi atau cara nonton siaran TV digital pakai TV analog tanpa tambahan set top box sama sekali?

Apalagi jika ternyata mereka tak termasuk pada golongan yang menerima bantuan STB gratis dari Kominfo.

Di ulasan ini, akan Mamikos coba jelaskan dan jabarkan dengan saksama untuk kamu.




Sesungguhnya, terdapat dua cara yang bisa kamu tempuh agar tetap dapat menikmati siaran TV digital, dengan perangkat tambahan STB atau tanpa STB sama sekali.

Cek Cara Nonton Siaran TV Digital Pakai Analog TV di Sini

Oleh karena itu, mari simak tata cara untuk pindah siaran TV analog ke TV digital tanpa set top box seperti yang berhasil Mamikos rangkum di bawah ini.




Mamikos sudah menemukan tata cara nonton siaran TV digital pakai TV analog tanpa tambahan Set Top Box (STB) di sini.

Sudah Mamikos rangkum ketiga cara untuk mengecek apakah TV yang ada di rumah kamu saat ini apakah tetap bisa digunakan untuk nonton siaran TV digital atau tidak.

Ketiga cara tersebut adalah dengan mengecek apakah TV di rumahmu dapat menerima siaran TV digital, lalu yang kedua dengan membeli smart TV dan ketiga berpindah ke Android TV.

Peralihan siaran TV analog ke TV digital ini sesungguhnya sudah tercantum dalam UUD terkait Migrasi TV Analog ke TV Digital.




Program tersebut sesungguhnya sudah dilakukan dalam tiga tahapan, yakni yang pertama pada 30 April, lalu pada 25 Agustus, dan yang terakhir pada 2 November 2022.

Agar program ini dapat berjalan lancar, pemerintah pun mengimbau masyarakat luas untuk mendukung peralihan siaran TV analog ke digital dengan mulai menggunakan tambahan perangkat set top box (STB).

Untuk keluarga dengan ekonomi rendah yang masih memiliki TV analog, pemerintah sudah menyediakan bantuan STB gratis yang sudah disosialisasikan.

Namun, bagaimana jika kamu tidak termasuk dalam masyarakat yang menerima bantuan STB gratis tersebut?




Apakah masih ada cara nonton siaran TV digital pakai TV analog tanpa tambahan perangkat STB? Di sinilah akan coba Mamikos bahas untuk kamu.

A. Cek Apakah TV Analog Di rumahmu Dapat Menerima Siaran Digital

Berikut ini sudah Mamikos lampirkan tata cara untuk mengecek apakah perangkat TV analog di rumah kamu sudah mendukung siaran digital atau belum.




  1. Akses atau kunjungi situs siarandigital.kominfo.go.id ini.
  2. Pilihlah menu perangkat TV digital
  3. Pilihlah kategori televisi, dan akan muncul daftar perangkat TV yang mendukung siaran digital di layar.

Beberapa perangkat yang mendukung peralihan siaran TV digital tanpa STB dapat kamu cek di daftar berikut:

  • Perangkat MITO 5011
  • Perangkat Samsung QA55QN85AAKXXD
  • Perangkat LG 43NANO755SQA
  • Perangkat PANASONIC TH-43H400G
  • Perangkat MITO 3255
  • Perangkat Samsung QA55Q80TAKXXD
  • Perangkat LG 55QNED80SQA
  • Perangkat PANASONIC TH-32H400G
  • Perangkat PANASONIC TH-43HX600G
  • Perangkat Samsung QA55Q70TAKXXD.

B. Pindah dari TV Analog ke Digital Menggunakan Smart TV

Cara nonton siaran TV digital pakai TV analog tanpa STB juga bisa dilakukan saat kamu berpindah menggunakan smart TV yang sudah dirancang untuk bisa terkoneksi langsung dengan internet.

Smart TV merupakan televisi yang sudah memiliki sambungan internet layaknya komputer.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa aplikasi yang sudah terpasang di Smart TV tak dapat ditingkatkan seperti yang bisa kamu lakukan jika memiliki Android TV.

Memiliki smart TV tentu akan jauh lebih menjamin kamu bisa nonton siaran TV digital tanpa perlu menambah perangkat STB lagi.

Tapi konsekuensinya kamu harus menyediakan dana khusus untuk membeli TV baru yang dapat menangkap siaran TV digital.

C. Pindah dari TV Analog ke Digital Menggunakan Android TV

Selain alternatif membeli smart TV, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk berpindah ke Android TV yang menjamin kamu tetap bisa nonton TV siaran digital tanpa STB.

Android TV ini sesungguhnya masih sama dnegan smart TV hanya saja ia memiliki sistem operasi Android di dalamnya.

Android TV ini seakan hanya memindahkan layar ponsel di tangan kamu ke layar yang jauh lebih besar. Android TV dapat disambungkan langsung dengan Wi-Fi dan smartphone milikmu.

Jika kamu memilih beralih ke Android TV, kamu bukan saja bisa nonton TV digital tanpa STB. Kamu juga bisa menikmati layanan streaming OTT resmi dengan sensasi nonton lebih baik.

Mulai dari nonton YouTube, Netflix, HBO Max, Disney+, hingga mendengar musik di Spotify pun bisa. Bukan cuma nonton TV atau streaming OTT, di Android TV kamu juga bisa bermain gim.

Informasi di atas mengakhiri apa yang bisa Mamikos sampaikan di kesempatan ini mengenai cara nonton siaran TV digital pakai TV analog tanpa tambahan set top box (STB).

Mudah-mudahan saja apa yang sudah kamu baca dan simak di ulasan cara nonton siaran TV digital pakai TV analog tanpa tambahan ini dapat menginspirasi kamu.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Murah

Kost Jakarta Murah

Kost Bandung Murah

Kost Denpasar Bali Murah

Kost Surabaya Murah

Kost Semarang Murah

Kost Malang Murah

Kost Solo Murah

Kost Bekasi Murah

Kost Medan Murah