Cara Review Jurnal dan Struktur Formatnya yang Baik dan Benar

Posted in: Mapel Pelajar
Tagged: Review Jurnal

Cara Review Jurnal dan Struktur Formatnya yang Baik dan Benar – Jurnal memang belakangan ini banyak dicari-cari orang. Pasalnya, beberapa tugas maupun tugas akhir biasanya mengharuskan seseorang untuk menggunakan jurnal sebagai bahan referensi atau bahan rujukan. Para mahasiswa juga sudah tidak asing lagi dengan cara review jurnal.

Kamu juga pasti akan lebih mudah dalam memahami rujukan yang akan dipakai di dalam sebuah penelitian. Kegiatan mereview jurnal tidak hanya sekedar meringkas saja, karena membutuhkan ketelitian, kejelian, serta pemahaman mengenai topik di dalam artikel tersebut.

Pengertian Review Jurnal

unsplash.com/@mikeyharris

Review jurnal adalah suatu kegiatan menilai tentang limitasi atau potensi atau bahasan dari sebuah artikel dan bahasan dari sebuah artikel. Pembaca akan mendapatkan investigasi, penjelasan, dan klarifikasi pada kegiatan mengenai pentingnya melakukan cara review jurnal.

Kegiatan review jurnal ini butuh kejelian pada saat membacanya, sehingga penulis pada akhirnya dapat menyampaikan pendapat pribadi mengenai pokok pembahasan yang ada di dalam jurnal tersebut. Beberapa sumber menyebutkan review jurnal memiliki pengertian yang sama seperti di atas.

Pengertian review jurnal dari sumber tersebut yaitu kegiatan melakukan review harus mampu menjelaskan kelengkapan, kualitas, serta akurasi dari penelitian. Penulis juga harus bisa memberikan saran, komentar, maupun rekomendasi kepada para pembaca artikel.

Tujuan Melakukan Review Jurnal

Tujuan dan cara review jurnal tidak lepas kaitannya dalam kegiatan review ini. Review jurnal juga menjadi suatu kegiatan yang tidak seharusnya dianggap sebelah mata, meskipun hanya menganggapnya sekedar kegiatan meringkas jurnal saja karena mengingat menjadi kegiatan penting.

Bagaimanapun kegiatan review jurnal adalah salah satu hal bertujuan sangat membantu banyak orang, khususnya di bidang akademik yaitu untuk membantu lebih memahami penelitian dari sebuah jurnal. Selain itu, mungkin masih timbul pertanyaan mengenai pentingnya review jurnal.

Salah satu hal penting dalam kegiatan ini adalah bisa memberikan kesempatan kepada para reviewer untuk membagikan hal apa yang baru saja dipelajari dari sebuah artikel jurnal. 

Hal ini akan membuat reviewer menjadi lebih paham dengan membagikan ilmu baru dab lebih cepat mengingat tema pembahasannya. Simak beberapa manfaat yang akan kamu peroleh dari pentingnya kegiatan review jurnal yang sudah dilakukan sebelumnya yaitu:

  • Hasil dari review jurnal bisa menjadi rujukan awal seorang pembaca di dalam sebuah penelitian yang akan dilakukan.
  • Kegiatan review jurnal mampu menguji pemahaman penulis mengenai topik pembahasan di dalam artikel.
  • Mampu untuk meningkatkan kemampuan dalam hal tata bahasa.
  • Memungkinkan para pembaca jurnal untuk bisa melihat perspektif dan pandangan orang lain mengenai topik dari sebuah artikel jurnal, sehingga dapat keluar dari bias pribadinya.
  • Membantu penulis untuk lebih meningkatkan pemahamannya mengenai sebuah topik di dalam penelitian.

Tips Pemilihan dalam Cara Review Jurnal

Kamu perlu mengetahui tips dan cara review jurnal supaya hasilnya nanti lebih maksimal dan bagus. Selain itu, kegiatan review jurnal juga akan lebih menyenangkan ketika kamu telah benar-benar paham atau menguasai topik pembahasan di dalamnya.

Simak informasi di bawah untuk mengetahui tips memilih jurnal selengkapnya dalam memudahkanmu untuk review jurnal di antaranya sebagai berikut:

1. Disarankan Untuk Memilih Jurnal dengan Jumlah Halaman yang Sedikit

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah kegiatan review jurnal yaitu pemilihan artikel jurnal terlebih dahulu sebelumnya. Dalam hal ini, kamu direkomendasikan memilih memilih jurnal dengan sedikit jumlah halamannya.

Hal itu karena kamu akan secara otomatis dapat merangkai kalimat padat dan berisi, namun kalimat tersebut tetap singkat. Tujuan lainnya adalah kamu juga bisa lebih menghemat waktu serta memperindah review jurnal dengan jumlah waktu lebih cepat.

Waktu tersebut menjadi jauh lebih efisien jika dibandingkan dengan melakukan review jurnal dengan halaman yang jumlahnya banyak. Sehingga cara ini dinilai cukup baik untuk memudahkan seseorang ketika hendak melakukan review artikel jurnal secara cepat dan hasilnya bagus.

2. Disarankan Untuk Memilih Artikel Jurnal yang Mengandung Banyak Nilai Positif serta Ringan

Kamu sebaiknya memilih jurnal yang memiliki banyak nilai positif, supaya tenaga pendidik seperti dosen lebih condong memberikan nilai baik karena mengetahui kelebihan jurnal tersebut. Dengan begitu, kamu dapat menambah sedikit opini saat melakukan review jurnal.

Namun, opini yang ditambahkan perlu dibuat senatural mungkin dan jangan sampai dosen mengetahui bahwa review jurnal buatanmu ada hal semacam ini. Tips ke-2 ini bisa kamu lakukan untuk memudahkanmu dalam cara review jurnal yang benar.

3. Sebaiknya Memilih Jurnal yang Sudah Sering Direview Oleh Orang Lain

Tips selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk lebih mempermudah kegiatan review jurnal adalah dengan memilih jurnal sudah sering direview. Hal ini dikarenakan kamu dapat melakukan copy paste review tersebut, kemudian dibuat parafrasenya.

Istilah lain yang tepat untuk menggambarkan kegiatan ini adalah rewrite (menulis ulang). Sehingga dengan begitu tentunya akan lebih hemat waktu dan tidak perlu membaca cukup banyak jurnal. Cara ke-3 ini tidak kalah mudah dibandingkan tips-tips sebelumnya.

3 tips untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan cara review jurnal di atas bisa kamu pilih salah satunya untuk diterapkan ketika ada tugas dari dosen. Review jurnal ini memang lumayan susah karena ada banyak tahapan yang harus dilakukan.

Hal ini tentu sangat berbeda ketika seseorang hendak melakukan review benda, apalagi review jurnal termasuk dalam kegiatan ilmiah. Sehingga perlu struktur maupun langkah tepat ketika sedang melakukannya. Jadi tidak boleh asal-asalan dan sembarangan saat sedang review jurnal.

Kamu memang harus memenuhi aturan tersebut agar hasilnya baik dan benar. Kemudian, kamu disarankan untuk tetap mengikuti tips agar mendapatkan hasil review jurnal secara maksimal daripada sebelumnya.

4 Cara Review Jurnal yang Tepat

Kamu juga harus memahami tentang tahapan serta langkah menulis review jurnal, setelah memahami pentingnya melakukan kegiatan ini. Perhatikan beberapa hal mengenai jurnal yang hendak direview sebelum mulai melakukan penulisan cara review jurnal dengan cepat.

Adapun beberapa hal tersebut dalam cara review jurnal adalah di antaranya sebagai berikut:

1. Periksa Tujuan dan Ruang Lingkup Artikel Jurnal 

Kamu tentu harus menentukan pilihan jurnal mana yang hendak direview sebelum melakukan tahapan penulisannya. Kamu disarankan untuk mengetahui tujuan serta ruang lingkup dari jurnal itu sendiri dalam melakukan tahapan pemilihan artikel jurnal.

Hal ini bertujuan supaya bisa membantu kamu tidak melakukan kesalahan dalam pemilihan jurnal. Selain itu, juga menghindari jurnal yang dipilih sudah sesuai kapasitas maupun bidang studi sekarang.

2. Memilih Jurnal Relevan dengan yang Sedang Direview

Pemilihan jurnal yang relevan tentu menjadi hal yang harus kamu perhatikan dengan benar. Hal itu karena jurnal tersebut nantinya akan digunakan sebagai bahan rujukan atau sumber referensi saat menulis cara review jurnal otomatis.

Maka jurnal yang kamu pilih memang harus sesuai dengan topik penelitian atau pembahasan. Sehingga hasil review jurnal akan tetap pada jalurnya dan memiliki keterkaitan terhadap topik pembahasannya. Kamu juga tidak boleh asal-asalan dalam hal ini.

3. Melakukan Pemeriksaan Tentang Orisinalitas dari Jurnal

Keaslian jurnal atau orisinalitas jurnal memang menjadi hal amat penting karena mampu memberikan nilai lebih berkaitan dengan kredibilitas reviewer dalam cara review jurnal. Bahkan, hingga sumber referensi yang akan digunakan di dalam penelitian tersebut.

Pemeriksaan orisinalitas jurnal bisa kamu lakukan dengan memastikan bahwa kamu memperoleh jurnal-jurnal tersebut berasal dari situs penyedia yang telah terpercaya. 

Selain itu, pastikan juga bahwa pilihan jurnal telah terindeks scopus dan terdaftar secara resmi, sehingga tidak bisa diragukan kualitasnya.

4. Memperhatikan Bagian Tentang Diskusi dan Kesimpulan dalam Cara Mereview Jurnal Artikel

Kamu akan memperoleh gambaran mengenai hasil yang didapatkan dari sebuah penelitian dalam artikel jurnal dengan memperhatikan bagian diskusi serta kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian bersumber dari jurnal biasanya terkait metode penelitian, solusi, dan sebagainya.

Gambaran yang diperoleh sebelumnya mengenai hasil akan menjelaskan seberapa baik atau buruk dalam hal kesesuaian pilihan jurnal pilihan. Kamu juga akan bisa langsung mengetahui masalah tersebut di dalam diskusi dan kesimpulan pada saat menerapkan cara review jurnal.

6 Tahapan Cara Review Jurnal

1. Membaca Jurnal Tersebut Secara Keseluruhan

Penulis jurnal sering memakai bahasa yang lumayan sulit untuk dipahami atau cukup rumit ketika membuatnya. Oleh sebab itu, kamu harus menyadari bahwa membaca jurnal dengan teliti secara keseluruhan sangat perlu. Bahkan, kamu dianjurkan untuk membacanya lebih dari satu kali.

Kemudian, kamu dapat menggarisbawahi beberapa kalimat dianggap penting, termasuk tentang topik pembahasan utama di dalam jurnal saat sedang membacanya secara keseluruhan. Hal ini tentu akan sangat memudahkan kamu untuk melakukan tahapan selanjutnya dalam cara review jurnal.

2. Menuliskan Identitas dari Jurnal

Identitas jurnal pada umumnya memuat nama penulis, judul, jurnal yang telah mempublikasikan artikel tersebut, nomor issue dan nomor volume, tanggal publikasi, serta jumlah halaman pada jurnal.

3. Menuliskan Ringkasan dari Isi Jurnal Sebagai Bagian Pembuka

Isi jurnal biasanya akan memuat seperti latar belakang jurnal, tinjauan pustaka, metode penelitian, teori pilihan yang dipakai, hingga hasil dari penelitian. Kamu dapat menulis ringkasan isi jurnal mulai dari latar belakang dan sebagainya sebagai pembuka dalam review jurnal.

Kamu sebaiknya membuat sekitar 1 hingga 3 paragraf saja sesuai panjangnya artikel dan tidak perlu menjelaskannya. Review ini harus dapat menjelaskan secara detail mengenai artikel meskipun dibuat singkat.

4. Menulis Pendapat atau Gagasan Pribadi Mengenai Jurnal

Pada tahap ini, kamu dapat memberikan pemahaman mengenai jurnal, rekomendasi atau saran terkait, keterbatasan atau limitasi penelitian, dan sebagainya. 

Penulisan gagasan pribadi mengenai jurnal juga bisa dilakukan dengan cara review jurnal melalui ulasan kelebihan maupun kekurangan jurnal tersebut.

5. Menuliskan Kesimpulan yang Diperoleh dari Hasil Review Jurnal

Langkah ke-5 dalam cara review jurnal yaitu menuliskan kesimpulan hasil review jurnal. Kesimpulan ini dapat berupa pemahaman maupun pendapat secara pribadi dalam garis besarnya pada jurnal.

6. Memeriksa Ulang Kembali Hasil Review

Kamu dapat memeriksa ulang hasil review setelah selesai menuliskannya, yaitu dengan cara membaca kembali review untuk mencari tahu kesalahan penulisan atau lainnya yang mungkin terlewat. Selain itu, kamu juga bisa memberikan perspektif baru dalam melihat hasilnya.

Cara review jurnal maupun tips yang berkaitan dengan hal tersebut tentu menjadi ilmu baru, terutama jika kamu belum pernah sama sekali melakukannya. Ingat selalu bahwa review jurnal bukan hanya sekedar meringkas saja, tetapi lebih dari itu.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah