Cara Scan Dokumen Lewat HP Android Kualitas Bagus

Cara Scan Dokumen Lewat HP Android Kualitas Bagus -Seiring perkembangan teknologi, sekarang kamu tidak perlu lagi memiliki scanner atau printer untuk melakukan scanning pada dokumen-dokumen yang kamu butuhkan untuk kegiatan tertentu. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar smartphone sudah memiliki kualitas kamera yang bagus. Sekarang kamu sudah bisa melakukan scanning dokumen dengan kualitas tinggi dari smartphone.





Cara Melakukan Scanning Menggunakan HP Android

unsplash.com

Melakukan scanning dokumen dengan format PDF menggunakan ponsel bisa menjadi proses yang lebih cepat daripada scanning menggunakan komputer. Scanning saat ini sudah bisa dilakukan di ponsel Android dan iOS. Beberapa kelebihan melakukan scanning dokumen menggunakan HP adalah adanya fitur cloud saving, beragam fitur editing yang menarik, dan juga ada fitur OCR.



Cara scan dokumen dari HP Android bisa dikatakan sangat mudah. Banyak orang sudah berhasil melakukan scanning dokumen menggunakan HP Android. Pada umumnya, orang-orang yang sering melakukan scanning dokumen melalui ponsel Android adalah mereka yang sedang menjalankan pendidikan.

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan jika ingin melakukan scanning dokumen menggunakan HP Android :

1. Membuka Aplikasi Google Drive

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Google Drive di dalam ponsel Android. Google Drive merupakan aplikasi bawaan dari Android. Jadi, kamu tidak perlu mengunduh Google Drive di Google Play Store. Masuklah ke Google Drive dengan menggunakan akun Google yang kamu punya. Setelah login menggunakan Gmail, kamu akan masuk ke beranda dari Google Drive.

2. Memilih Menu “Scan”

Di beranda Google Drive, kamu akan menemukan banyak menu di sebelah kiri. Yang perlu kamu pilih adalah icon berbentuk (+) atau yang biasa disebut icon “Add”. Setelah memilih icon tersebut, maka akan muncul beberapa menu baru. Pilihlah menu “Scan” untuk melakukan scanning terhadap dokumen yang ingin kamu jadikan file PDF.

3. Ambil Gambar

Langkah ketiga dari cara scan dokumen dari HP Android adalah mengambil gambar dari dokumen. Ambil gambar dokumen dengan hati-hati supaya nantinya kualitas gambarnya bagus. Tunggulah beberapa saat setelah pengambilan gambar dan pastikan gambar yang kamu ambil tidak buram. Kamu bisa mengulang pengambilan gambar apabila gambar yang dihasilkan kurang bagus.

4. Lakukan Editing Pada Gambar

Kamu bisa melakukan editing pada gambar yang sudah kamu ambil. Lakukan editing dengan memanfaatkan fitur yang sudah disediakan oleh Google Drive seperti crop, rotate, dan lain-lain. Lakukan editing sebaik mungkin agar gambar menjadi semakin bagus.

5. Simpan Dokumen

Langkah terakhir dari cara scan dokumen dari HP Android adalah melakukan penyimpanan. Setelah proses editing selesai, kamu bisa memilih “Save” untuk menyimpan file. Selanjutnya kamu akan diarahkan lebih lanjut pada jendela “Save to Drive”. Kamu bebas mengganti nama dari file pada bagian document title dan kamu juga bebas menentukan folder tempat penyimpanan file.

Itulah beberapa langkah yang harus kamu lakukan jika kamu ingin melakukan scanning dokumen menggunakan HP Android. Dengan langkah-langkah yang simpel kamu sudah bisa mendapatkan file PDF hasil scanning untuk berbagai keperluan. Selain Google Drive, masih ada banyak aplikasi Android yang bisa diunduh untuk scanning dokumen.

Rekomendasi Aplikasi Android Untuk Scanning Dokumen

Ada beberapa aplikasi Android yang bisa digunakan untuk scanning dokumen:

1. Adobe Scan

Adobe Scan adalah salah satu aplikasi scanner terbaik untuk Android sampai saat ini. Aplikasi ini memungkinkan Kamu untuk melakukan scanning pada catatan, formulir, dokumen, tanda terima, dan gambar. Setelah proses pengambilan gambar selesai, selanjutnya aplikasi ini akan mengonversi gambar yang sudah diambil menjadi file PDF. 

Aplikasi ini cukup sederhana dan efektif untuk digunakan. Setelah kamu mengarahkan kamera ponsel ke dokumen yang ingin kamu scan, maka aplikasi ini secara otomatis akan mengenali dokumen tersebut dan melakukan scanning. Hal ini menandakan bahwa Adobe Scan sangatlah canggih meskipun diakses dari HP. Cara scan dokumen dari HP Android tercantum cukup jelas di aplikasi ini.

Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menyusun ulang halaman sesuai kebutuhan dan kamu juga dapat mengoreksi warna dari setiap halaman. Selain itu, ada juga fitur OCR yang memungkinkan kamu untuk menggunakan kembali konten yang sudah kamu scan sebelumnya. Fitur lain yang tidak kalah keren adalah melakukan scanning pada banyak dokumen dan dijadikan satu file PDF. 

2. Notebloc

Notebloc adalah salah satu aplikasi scanner gratis terbaik untuk pengguna Android. Kamu tidak perlu mendaftar di Notebloc dan tidak akan ada watermark pada file hasil scanning. Selain itu, aplikasi ini menyertakan OCR untuk lebih dari 18 bahasa yang berbeda. Aplikasi yang satu ini sangat menarik karena mampu menghapus jejak bayangan apa pun pada gambar hanya dengan mengetuknya.

3. Scanbot

Scanbot merupakan aplikasi scanner yang cukup populer karena beragam fiturnya yang cukup menarik. Aplikasi ini sering digunakan oleh banyak orang karena fitur yang dimilikinya ternyata lebih banyak daripada aplikasi scanner lainnya. Scanbot sangat cepat melakukan scanning pada dokumen, dan pengguna dapat menyimpan hasil scanning sebagai file PDF atau JPG.

Selain aplikasi scanner dokumen, Scanbot juga dilengkapi fitur scan kode QR dan scan barcode. Fitur OCR di dalam aplikasi Scanbot juga sangatlah bagus. Aplikasi scanner yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses beberapa layanan cloud saving seperti Dropbox, Google Drive, OneDrive, dan lain sebagainya. Bahkan, aplikasi ini juga punya fitur auto upload.

4. Fast Scanner

Fast Scanner adalah aplikasi scanner dokumen yang menampilkan beberapa fungsi dengan tipe yang berbeda-beda. Ini memungkinkan Kamu untuk melakukan scanning pada dokumen apa pun, mengekspornya ke dalam format PDF atau JPEG. Kamu juga bisa melakukan editing pada dokumen sudah kamu scan sebelumnya. 

5. Smart Doc Scanner

Smart Doc Scanner bisa dikatakan sebagai salah satu aplikasi scanner terbaik untuk Android saat ini. Predikat tersebut bukanlah anggapan dari beberapa orang saja, karena faktanya ada beragam fitur canggih yang sangat berguna untuk scanning dokumen-dokumen penting. Aplikasi ini juga memiliki fitur OCR yang berguna untuk membaca teks dari gambar dalam 40 bahasa. 

Aplikasi ini bahkan mampu memeriksa ejaan dari setiap bahasa tersedia. Jika kamu masih bingung mencari cara scan dokumen dari HP Android, maka sebaiknya kamu mencoba aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengatur ukuran halaman, mengaktifkan mode scanning untuk banyak dokumen, dan lebih banyak lagi.

6. Turbo Scan

TurboScan adalah aplikasi scanner Android yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan scanning dan berbagi dokumen dengan banyak halaman dalam bentuk PDF atau JPEG berkualitas tinggi. Aplikasi ini memiliki mode “SureScan” untuk mendapatkan hasil scan yang lebih tajam. Selain itu ada juga fitur pengeditan multi halaman.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan melakukan scanning dokumen pada HP Android. Kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi tersebut untuk melakukan scanning dokumen. Dari informasi di atas seharusnya kamu sudah paham mengenai cara scan dokumen dari HP Android.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah