7 Cara Screenshot di Laptop Asus Windows Fn + PrtSc

Posted in: Edukasi
Tagged: Screenshot

7 Cara Screenshot di Laptop Asus Windows Fn + PrtSc -Jika Anda masih belum tahu cara screenshot di laptop Asus wajib mengikuti beberapa cara yang ada di bawah ini. Sebab untuk screenshot di setiap tipe atau merek laptop akan berbeda-beda sehingga harus tahu masing-masing caranya. Termasuk untuk screenshot di laptop Asus akan berbeda dan umumnya Anda bisa belajar dengan mudah. Nah, screenshot sendiri adalah proses pengambilan gambar tangkapan layar. 

Screenshot di Laptop Asus

unsplash.com

Kemudian Anda juga bisa melakukan proses pengambilan gambar tangkapan layar tidak hanya di laptop saja namun juga di smartphone. Akan tetapi tangkapan layar di smartphone jauh lebih mudah dan hampir semua penggunanya juga tahu. Nah, untuk pengambilan gambar tangkapan layar laptop dapat dilakukan dengan beberapa cara sehingga Anda bisa mencobanya sendiri. 

7 Cara Screenshot di Laptop Asus Windows Paling Simpel

unsplash.com

Secara umum tujuan pengambilan gambar tangkapan layar yang dilakukan di laptop itu memiliki beberapa tujuan. Sehingga tidak heran banyak masyarakat yang harus mengambil gambar tangkapan layar di laptop sebab salah satu tujuannya untuk sarana membagikan informasi kepada orang lain sehingga tidak perlu menyalin informasi tersebut hanya dengan screenshot saja dan dapat dikirim gambarnya. 

7 cara screenshot di laptop Asus yang paling simpel dan juga mudah adalah:

1. Menggunakan Tombol Windows + Print Screen 

Salah satu cara untuk screenshot di laptop Asus yang mudah adalah dengan menggunakan tombol Windows + print screen. Nah, untuk caranya adalah yang pertama Anda harus membuka atau berada di halaman yang akan di screenshot. Kemudian menekan tombol Windows + print screen atau PrtScn yang ada di laptop dan nantinya layar akan berkedip menandakan sedang memproses penangkapan layar. 

Kemudian Anda dapat mencari file tangkapan layar di laptop Asus tersebut di dalam folder picture dan pilih screenshot. Sebab secara otomatis dapat tersimpan sehingga Anda tinggal mencari filenya saja. Nah, kemudian cara screenshot yang satu ini umum sekali sehingga sudah banyak orang yang paham dan melakukannya. Jika Anda ingin mencobanya bisa dilakukan dan secara umum bisa semua tipe laptop. 

2. Menggunakan Tombol Print Screen 

Nah cara yang kedua adalah dengan menggunakan tombol print screen di keyboard laptop Anda. Kemudian caranya adalah pertama memilih tampilan atau halaman yang akan Anda screenshot terlebih dahulu sebelum melakukan penangkapan layar laptop Anda. Nah, jangan geser-geser halaman di laptop Anda selama proses screenshot sehingga hasilnya akan sesuai dengan keinginan. 

Setelah itu tinggal tekan tombol PrtScn yang ada di keyboard laptop Anda yang umumya terletak di sisi kanan. Kemudian Anda perlu membuka aplikasi paint dan kemudian paste atau dengan menekan tombol CTRL+V. Setelah itu, baru simpan hasil gambarnya dengan memilih menu file di pojok kiri atas dan terakhir adalah tinggal pilih Save As. Anda bisa menyimpan gambar dengan format apa saja dan di folder mana saja. 

3. Menggunakan Tombol Alt + Print Screen 

Cara screenshot di laptop Asus adalah dengan menggunakan tombol Alt dan print screen. Cara ini juga mudah sekali untuk dilakukan sehingga perlu Anda coba untuk mengambil gambar tangkapan layar di laptop. Nah, caranya itu seperti biasa Anda harus berada di posisi halaman yang ingin di screenshot supaya bisa mengambil gambar tangkapan layar di sana dengan mudah. 

Kemudian klik tombol Alt + PrtScn dan kemudian Anda membuka aplikasi paint dan klik tombol CTRL+V. Nah, nantinya di aplikasi paint akan muncul hasil gambar tangkapan layar di laptop Anda dan kemudian dapat menyimpannya. Cara simpannya adalah dengan memilih menu file dan kemudian tinggal pilih Save As dan simpan di folder yang Anda inginkan.

4. Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Cara yang keempat adalah dengan menggunakan tombol Windows + shift + s. Nah, secara umum cara yang keempat ini memakai aplikasi bawaan yang ada di Windows yaitu Snip & Sketch. Memakainya juga tidak susah sehingga akan sama dengan cara yang lainnya. Pertama-tama harus berada di halaman yang akan Anda screenshot terlebih dahulu seperti biasa. 

Kemudian Anda tekan tombol Windows + shift +s di keyboard laptop Anda dan akan otomatis mengambil gambar tangkapan layar. Nah, setelah itu, gambar akan muncul di pojok kanan bawa dan akan terdapat notifikasinya sehingga tinggal klik saja dan arahkan ke aplikasi Snip & Sketch dan simpan dengan klik save. Otomatis gambar tangkapan layar tersimpan dan bisa Anda gunakan sesuai dengan tujuan atau keinginan.

5. Menggunakan Snipping Tool 

Cara screenshot di laptop Asus adalah dengan menggunakan snipping tool yang merupakan aplikasi bawaan juga dari Windows. Nah, secara umum fiturnya hampir sama dengan Snip & Sketch sebab hasil pengembangan dari snipping tool. Pertama, Anda bisa membuka aplikasi snipping tool dan bisa Anda cari di search Windows dan setelah terbuka pilih new di aplikasi tersebut. 

Nah, berikutnya adalah menentukan halaman yang akan Anda screenshot dan kemudian dapat Anda arahkan ke jendela preview screenshot di aplikasi snipping tool. Anda bisa mengedit hasil screenshotnya dan untuk proses penyimpanan gambarnya adalah dengan cara memilih ikon save yang ada di bagian kiri atas dan otomatis akan tersimpan gambarnya. 

6. Menggunakan Aplikasi Lighshot 

Cara yang keenam adalah dengan menggunakan aplikasi lightshot dan banyak sekali fiturnya. Cara screenshot di laptop Asus dengan cara ini Anda harus download dan kemudian instal aplikasi lightshot terlebih dahulu di laptop. Kemudian Anda harus masuk atau berada di halaman yang akan Anda screenshot. 

Setelah itu Anda bisa tekan tombol print screen atau PrtSc di keyboard laptop Anda. Kemudian barulah melakukan proses penyimpanan dengan cara klik menu save dan otomatis akan tersimpan gambarnya. Nah, bisanya dengan aplikasi seperti ini dapat screenshot laptop dengan mudah dan bisa menjadi alternatif lainnya untuk screenshot sebab memiliki banyak fitur yang menarik. 

7. Menggunakan Aplikasi PickPick 

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi PickPick dan caranya hampir sama dengan aplikasi lightshot. Sehingga Anda harus download dan kemudian instal aplikasi PickPick di laptop baru bisa menggunakannya. Kemudian setelah Anda memiliki aplikasinya untuk screenshot caranya dengan buka halaman yang ingin di screenshot dan tekan tombol Alt + Print Screen. 

Setelah itu, Anda bisa memilih hot key untuk melakukan screenshot sesuai dengan keinginan. Kemudian Anda dapat mengarahkan ke edit PickPick dan bisa mengedit sesuai dengan keinginan Anda. Nah, cara penyimpanan gambarnya adalah dengan memilih menu file dan kemudian pilih save. Otomatis gambar tangkapan layar di laptop berhasil dengan baik dan bisa Anda share gambar tersebut. 

Jadi, itulah ketujuh cara screenshot di laptop Asus yang paling simpel dan bisa Anda coba sendiri.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah