Contoh Cerpen Kehidupan Sehari-Hari di Rumah Seorang Pelajar yang Menarik

Contoh Cerpen Kehidupan Sehari-Hari di Rumah Seorang Pelajar yang Menarik – Membaca cerpen adalah salah satu hal yang sangat mengasyikan, apalagi jika digunakan untuk mengisi kekosongan waktu agar tidak bosan.



Membaca cerpen mungkin terdengar gampang dan mengasyikan, namun pernahkah kamu berpikir bagaimana cara menulis cerpen? Apakah akan sama asyik dan mudahnya seperti saat membaca?

Nah, bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara menulis cerpen yang baik dan benar, dalam artikel ini Mamikos akan berikan beberapa contoh cerpen kehidupan sehari-hari di rumah seorang pelajar yang menarik.

Bagaimana Contoh Cerpen Kehidupan Sehari-Hari di Rumah Seorang Pelajar yang Menarik?

Getty Images/violetkaipa

Ada banyak sekali hal yang bisa kamu tulis untuk cerpen atau cerita pendek, termasuk kegiatan kamu sehari-hari di rumah.

Untuk lebih memahami bagaimana cara membuat cerpen kehidupan sehari-hari di rumah seorang pelajar, berikut ini Mamikos akan berikan beberapa daftar contoh cerpen kehidupan sehari-hari.

Daftar Cerpen Kehidupan Sehari-Hari di Rumah Seorang Pelajar yang Menarik

Contoh Cerpen 1

Judul: Anak Bermalasan



Minggu adalah hari libur yang ditunggu kaum rebahan, malas beraktivitas.

Ada yang hanya ingin rebahan di rumah menghilangkan penat selama satu minggu beraktivitas dan ada pula yang berencana akan berlibur.

Banu memilih opsi pertama. Banu memilih bersantai rebahan di rumah dan parahnya Banu aka selalu merasa kurang dengan liburnya.


“Banu bangun sudah siang, nanti kamu terlambat.” Tanya ibunya.


“Bu Banu masih capek, banu bolos sehari, ya.” Banu memelas pada ibunya.

“ Jangan begitu, bayaran sekolahmu mahal jangan menyepelekan menuntut ilmu” Jawab ibunya menyanggah.

“Sehari saja bu, Banu tidur lagi.”


Melihat kelakuan Banu, Ibunya geram hingga mengajak Banu melihat anak keterbelakangan di suatu panti asuhan.


“Nah, sekarang coba kamu buka mata kamu, mereka ingin sekolah sepertimu. Namun, tidak ada orang tua yang akan membiayai mereka bersekolah.” Jelas ibunya, mereka masih di dalam mobil.

Dengan kejadian itu, Banu tersadar dan mau berangkat sekolah walau terlambat.

Di perjalanan menuju sekolah Banu melihat seorang anak yang pincang berseragam sekolah sama dengannya.


Dalam hati Banu berkata, aku bersyukur masih punya fisik yang sempurna untuk bisa menuntut ilmu.


Sumber: Dosenpintar.com

Contoh Cerpen 2

Judul: Cerita Tentang Belajar dari Rumah


Oleh : Rainer


Hai, nama saya Rainer. Saya kelas 5 SD. Saya belajar online di rumah. Saya mulai belajar online sejak kelas 4 SD.

Sebelum belajar online dari rumah, saya masih belajar di sekolah. Tetapi sejak Covid-19 datang, saya tidak bisa ketemu teman-teman dan guruku lagi.

Di sekolah ada banyak pelajaran, seperti matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, PPKN, Agama, SBdP, dan PJOK.


Aku paling suka pelajaran matematika karena aku suka menghitung. Aku juga suka SBdP dan PJOK.


Hal unik tentang pelajaran tersebut (SBdP) adalah aku bisa merekam dengan main piano sambil bernyanyi dan untuk PJOK aku bisa merekam denyut nadiku. Itulah keunikan dari pelajaran PJOK dan SBdP.

Aku juga suka pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Di pelajaran bahasa Indonesia aku bisa belajar pantun, peribahasa, membuat iklan dan lain-lain.

Di pelajaran bahasa Inggris aku belajar present tense, present continuous tense, past tense, adverb, pronoun, penggunaan prefer, better-than, dan lain-lain.

Sebenarnya aku suka semua pelajaran. Di pelajaran IPA adalah pelajaran yang menurutku paling unik dan bervariasi.


Dalam pelajaran IPA aku belajar tentang organ pernafasan, jantung dan pembuluh darah, dan ekosistem. Di pelajaran IPS aku bisa belajar tentang pembangunan dan interaksi.


Terakhir PPKN dan Agama. Di PPKN aku belajar tentang penghematan dan penghargaan. Dalam pelajaran Agama aku belajar tentang kemampuan diri, godaan, pengampunan dan lain-lain.

Hal yang unik terhadap jalannya pelajaran di sekolah ini adalah meskipun tidak bisa bertemu teman-teman secara langsung, sekolah menggunakan zoom. Jadi, kita masih bisa ketemu secara online.

Sumber: Sdtunaskarya1.com

Contoh Cerpen 3

Judul: Liburan Sekolahku

Usai pembagian rapot di sekolah, akhirnya aku bisa menikmati liburan panjang. Meskipun aku tidak mendapat rangking atas, tapi aku tetap mendapat nilai yang lumayan baik.


Aku tetap bahagia karena membayangkan keluargaku mengajak aku pergi liburan.

Ayah dan ibuku mengajakku pergi liburan ke suatu tempat wisata yang menyenangkan. Aku sangat tidak sabar untuk pergi menikmati liburan.

Bahkan, aku bingung untuk memilih pakaian mana yang akan kupakai. “Kali ini aku pakai baju yang mana ya?” Tanyaku dalam hati. “Ah yang biru sangat bagus, tapi yang merah juga sangat cocok!”

Aku pun pergi menemui ayah dan ibu yang sedang asyik menonton TV. Lalu aku berbincang dengan mereka, “Ayah, Ibu, bagaimana kalau kita pergi liburan ke pantai? Aku sangat ingin pergi ke sana”.

Ayah dan ibu tiba-tiba hanya saling pandang, lalu ayah berkata “Nak, liburan kali ini kamu di rumah saja ya sama Ibu, karena Ayah harus ada pekerjaan di luar kota.”

Aku sangat kecewa dengan pernyataan ayah tapi aku harus menerima keputusannya.

Hari-hari telah berlalu dan aku hanya menikmati libur sekolahku di rumah saja. Meskipun aku sebenarnya juga ingin pergi ke luar rumah bersama teman-teman.

Tapi ibu melarangku pergi ke luar, dan hanya menyuruhku membantu melakukan pekerjaan rumah seperti bersih-bersih rumah. Kalaupun aku keluar hanya saat ke pasar dan itu pun juga ditemani oleh ibu.

Namun, aku tetap melakukan pekerjaan yang produktif seperti belajar untuk menyambut ujian nasional yang akan berlangsung beberapa bulan lagi.

Sebenarnya aku juga merasa suntuk berada di rumah terus. Terkadang aku ingin menolak permintaan ibu saat menyuruhku, tapi aku cuma bisa terima dan melakukannya.

Pergi jalan-jalan

Pada suatu sora ibu mengetuk pintu kamarku dan bilang kepadaku “kamu segera mandi ya, Ibu tunggu di luar.” Aku menjawabnya “loh kita mau kemana Bu?”

Lalu, ibu menjawab “Ibu mau mengajak kamu jalan-jalan ke taman kota, ya sekalian masa kau di rumah terus.” Sontak aku merasa senang “yang benar Bu, oke kalau begitu aku mandi dulu.”

Setelah itu, aku pergi ke taman kota bersama Ibu. Meskipun hanya jalan-jalan sore di sekitar taman, aku sudah merasa senang banget.

Mungkin ini karena aku terlalu lama berdiam diri di rumah dan baru kali ini menikmati jalan-jalan. Yang pasti aku sangat senang karena ibu mengajak aku jalan-jalan sore.

Sumber: Brilio.net

Penutup

Nah, itulah dia beberapa contoh cerpen kehidupan sehari-hari di rumah seorang pelajar yang menarik.

Bagaimana, apakah kamu sudah mulai memahaminya? Semoga semua informasi mengenai contoh cerpen kehidupan sehari-hari di rumah seorang pelajar di atas dapat bermanfaat untuk kamu, ya.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui informasi lainnya mengenai contoh cerpen ataupun contoh teks-teks lain, jangan lupa untuk kunjungi blog kami, Mamikos Info!

Temukan berbagai artikel menarik dan bermanfaat yang dapat kamu baca.


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta