Contoh-contoh Naskah Drama Tentang di Sekolah Singkat 2, 4, 6 Orang Lengkap




Contoh-contoh Naskah Drama Tentang di Sekolah Singkat 2, 4, 6 Orang Lengkap – Saat belajar materi dari mata pelajaran bahasa Indonesia, topik mengenai naskah drama menjadi salah satu yang wajib untuk dikuasai. Namun, membuat naskah drama ini bukan sebuah hal yang mudah dan terkadang membutuhkan proses yang cukup panjang.

Memunculkan inspirasi dan ide bisa dari mana saja, mulai dari melakukan observasi bahkan hingga membaca contoh naskah drama yang ada. Maka dari itu, contoh naskah drama tentang di sekolah singkat 2, 4, 6 orang penting untuk kamu bisa membantu mendapatkan ide menulis dengan lebih lancar.

Struktur Teks Naskah Drama

unsplash.com/@glenncarstenspeters

Sebelum beralih ke contoh naskah drama tentang di sekolah singkat 2, 4, 6 orang, penting untuk mengetahui struktur dari naskah ini. Sama seperti jenis teks yang lainnya, naskah drama juga bisa dibagi menjadi ke beberapa bagian. Setiap bagian memiliki karakteristik dan fungsinya masing-masing agar bisa membentuk naskah yang sistematis dan terstruktur.




Adanya struktur pada naskah drama ini juga bisa membantu proses dalam penulisannya sendiri. Maka dari itu, penting untuk mengenali apa saja struktur yang ada di dalam naskah drama tersebut. Simak penjelasan selengkapnya yang ada berikut ini.

1. Prolog

Struktur pertama dari naskah drama yang ada yaitu dinamakan dengan prolog. Bagian satu ini menjadi pembuka atau pengantar dari drama yang akan ditampilkan kepada para audiens.

Isi dari prolog biasanya juga mencantum latar belakang dari cerita yang akan dibawakan sepanjang pertunjukan drama. Orang yang bertugas untuk menyampaikan prolog biasanya dilakukan oleh dalang atau juga tokoh tertentu yang ada di dalam drama.

2. Orientasi

Struktur kedua dari naskah drama yaitu terdapat orientasi. Pada bagian ini, audiens akan diajak untuk berkenalan dan memahami bagaimana aksi dan tempat yang akan digunakan selama drama. Termasuk juga pengenalan terhadap para tokohnya, memberikan gambaran awal dari situasi, sampai permulaan dari adanya konflik yang dibawa dalam sebuah ksiah drama.

3. Komplikasi

Struktur ketiga dari naskah drama yaitu terdapat bagian komplikasi. Bagian satu ini menjadi yang paling tengah cerita dan menandai awal perkembangan dari konflik yang ada.




Pada bagian komplikasi, audiens akan diajak bersama tokoh utama untuk mulai bertemu dengan segala permasalahan dan rintangan yang ada. Biasanya permasalahan ini yang menjadi tantangan dari tujuan atau keinginan yang ingin dicapai oleh tokoh utamanya. Tokoh tersebut juga kerap mengalami kesalahpahaman selama dirinya berusaha untuk melewati dan menyelesaikan permasalahan tersebut.

4. Resolusi

Struktur keempat pada naskah drama dinamakan dengan resolusi atau juga dikenal dengan denouement. Pada bagian ini, proses untuk menyelesaikan dari konflik yang ada mulai terlihat. 

Penyampaian untuk bagian resolusi ini dilakukan secara logis dan menyesuaikan dengan puncak konflik yang ada. Kamu akan bisa melihat bahwa drama mulai memasuki bagian ini saat permasalahan dapat terurai secara satu per satu.

5. Epilog

Struktur terakhir dari naskah drama yaitu terdapat epilog atau cukup sering disebut sebagai bagian penutup. Pada bagian ini, biasanya berisi mengenai kesimpulan atau amanat yang terkandung di dalam cerita drama yang disampaikan. Penyampaian dari epilog dapat dilakukan oleh dalang maupun juga tokoh tertentu lainnya.




Contoh Naskah Drama Tema Sekolah

Sebelumnya sudah dijelaskan mengenai apa saja struktur yang membentuk sebuah naskah drama dengan sistematis. Kali ini, kamu akan disuguhkan mengenai beberapa contoh naskah drama tentang di sekolah singkat 2, 4, 6 orang. Membaca contoh naskah drama bisa membantu untuk memancing kemunculan ide atau inspirasi menulis dengan lebih luas.

Di dalam beberapa contoh naskah drama tentang di sekolah singkat 2, 4, 6 orang, kamu juga dapat mencoba untuk mengidentifikasi struktur yang ada. Cara ini dapat membantu kamu untuk semakin meningkatkan pemahaman dan kemampuan yang dimiliki dalam materi ini. Simak contoh dari naskah drama yang terdiri dari beberapa orang seperti di bawah ini.




1. Naskah Drama antara 2 Orang

Contoh naskah drama pertama yaitu dengan cerita berkenalan dengan teman sekolah yang baru. Terdapat dua tokoh yang terlibat yaitu Hana dan Asmi.

Epilog

Asmi merupakan siswa baru dari SMAN 5 yang harus pindah ke SMAN 7 karena perlakuan kurang menyenangkan dari teman lamanya. Dirinya sendiri sudah mempertimbangkan untuk melakukan homeschooling, tetapi hal ini ditentang oleh orangtuanya. Orangtua dari Asmi ingin anaknya untuk tetap bisa bersosialisasi dekat dengan teman sebayanya.

Kejadian traumatis yang dialami oleh Asmi masih cukup membekas dan membuatnya menjadi lebih menutup diri. Namun, hal ini mulai berubah sejak adanya usaha Hana untuk selalu menjadi teman Asmi dengan tulus.

Naskah Drama

Hana: Selamat pagi, Asmi. Kamu sudah mengerjakan tugas Matematika belum?
Asmi: Sudah, Hana. Kamu mau lihat?
Hana: Oh, tidak. Cuma mau memastikan saja. Pasti kamu anaknya rajin sekali, ya. Banyak tuh dari teman-teman kelas yang pasti belum mengerjakan.
Asmi: Mungkin mereka punya kesibukan lain, Han. Wajar saja jika begitu.
Hana: Hmm, bisa jadi. Aku juga tidak pernah bertanya alasannya ke mereka sih. Eh by the way, kamu nanti mau ikut kita ke kantin?
Asmi: Sepertinya aku makan di kelas saja, Han. Terima kasih ajakannya.
Hana: Baiklah. Kalau begitu, aku dan teman-teman juga akan menemani kamu buat makan di kelas. Biar kamu tidak makan sendirian.
Asmi: Tidak perlu, Han. Kalian bisa makan seperti biasa saja di kantin.
Hana: Kita semua kan teman. Harus saling ada untuk satu sama lain.
Asmi: Teman?
Hana: Iya, teman. Aku sempat mendengar kabar tentang alasan kamu pindah sekolah. Tapi itu tidak terlalu penting untuk kita. Aku berharap kita semua bisa berteman dengan baik.
Asmi: Terima kasih, Hana. Aku senang bisa diterima dengan baik.
Hana: Kalau ada yang ganggu, bilang saja. Nanti kita ganggu balik anaknya.
Asmi: Hahaha tidak perlu. Ya sudah, nanti aku ikut kalian ke kantin.
Hana: Nah, begitu. Makanan terasa lebih enak kalau kita nikmati bersama.

2. Naskah Drama antara 4 Orang

Contoh naskah drama yang kedua tentang sekolah kali ini menceritakan kegelisahan anak SMA kelas 12. Tokoh yang ada yaitu Surya, Ega, Rita, dan Bisma.

Epilog

Saat bel jam istirahat berbunyi, siswa SMAN 9 segera menuju ke kantin untuk sarapan dan membeli makan. Begitu pula dengan keempat sahabat yang sudah berteman dengan lama. Namun, kali ini pembicaraan di antara mereka cukup berat tentang rencana kuliah setelah lulus SMA.

Naskah Drama

Bisma: Apakah kalian sudah mendengar kabar dari BK?
Ega: Tentang rencana kuliah ya?
Rita: Kepalaku rasanya selalu langsung sakit setiap kali ada yang membicarakan hal ini.
Surya: Aku juga begitu. Mau bagaimana lagi, hal ini harus kita segera lewati dengan baik.
Ega: Kalian sudah memiliki gambaran tentang jurusan apa yang nanti diambil?
Rita: Aku akan ambil jurusan di Soshum, mungkin Hubungan Internasional. Sementara itu saja, aku belum kepikiran tentang kampusnya.
Bisma: Aku akan ambil kedokteran. Sama seperti yang kalian tahu, aku masih ingin mengejar cita-citaku.
Surya: Aku senang mendengarnya. Semoga nanti kalian lancar selalu.
Rita: Kamu sendiri bagaimana, Sur? Ega juga. Apakah sudah kepikiran mau ke mana?
Surya: Sayangnya sejauh ini belum. Setelah selesai makan, aku akan pergi ke ruang BK untuk konsultasi.
Ega: Aku mau ikut, Sur. Boleh?
Surya: Ikut saja. Aku sudah buat janji dengan Pak Mega kemarin.
Bisma: Segera selesaikan makan kalian agar bisa berkonsultasi lebih lama.
Rita: Benar. Nanti kita tunggu di kelas ya. Ceritakan gimana hasil konsultasinya.




3. Naskah Drama antara 6 Orang

Contoh lainnya dari naskah drama tentang sekolah kali ini terdiri dari 6 karakter. Nama-nama dari karakter tersebut yaitu Rani, Bisma, Tina, Fadhil, Vira, dan Pak Seto.

Epilog

Saat hari Senin, terdapat empat orang murid sedang asik berbincang-bincang. Mereka merasa senang karena hari itu tidak ada tugas atau mata pelajaran yang dirasa cukup berat untuk dilewati. Akan tetapi, suasana ini seketika berubah saat mendapatkan kabar bahwa hari itu akan diumumkan hasil ujian minggu sebelumnya.




Naskah Drama

Fadhil: Aku baru tahu hari ini diumumkan nilainya.
Vira: Langsung terasa deg-degan parah nih.
Tina: Apalagi jika tidak lulus harus mengikuti pelajaran tambahan.
Bisma: Semuanya masuk! Pak Seto sudah jalan ke sini.
Rani: Cepat sekali?
Vira: Mau gimana lagi. Lebih cepat lebih baik.
Pak Seto: Selamat pagi, anak-anak. Kalian pasti sudah tahu hari ini akan diumumkan nilai ujiannya. Langsung saja dari absen pertama.

Kelima anak tersebut sudah mendapatkan hasil ujian masing-masing.
Rani: Gimana kalian? Lulus?
Vira: 80. Setidaknya aku tidak perlu mengikuti kelas tambahan.
Bisma: Aku juga. Meskipun nilaiku hanya sedikit di atas KKM yang ditentukan.
Tina: Aku yakin kamu pasti mendapatkan 100 ya, Fadhil?
Fadhil: Benar sekali.
Bisma: Dhil, aku boleh ikut belajar bersama? Deg-degan terus setiap selesai ujian. Biar aku bisa tambah paham dengan materi.
Fadhil: Boleh. Kita semua belajar bersama saja.
Vira: Kamu memang yang terbaik!

Nah, itu tadi merupakan beberapa contoh naskah drama tentang di sekolah singkat 2, 4, 6 orang yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. Dari naskah drama yang ada di atas, mungkin hal tersebut akan membantu kamu untuk memunculkan ide terbaru.




Membuat naskah drama sendiri bukan merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, maka dari itu mencari inspirasi menjadi kunci penting untuk bisa membantu. Kamu juga bisa membaca contoh naskah lainnya dengan berbagai tema menarik yang ada di situs blog Mamikos.


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah