6 Contoh Cover Makalah Kuliah, Kelompok, Bahasa Inggris yang Benar dan Menarik

Posted in: Edukasi

6 Contoh Cover Makalah Kuliah, Kelompok, Bahasa Inggris yang Benar dan Menarik – Pembuatan cover pada sebuah makalah memiliki peranan penting. Sebagai bagian yang pertama kali dilihat pembaca, cover sangat menentukan apakah pembaca akan meneruskan atau tidak. Jika dari cover saja sudah tidak menggambarkan isi dan tidak menarik, pembaca akan malas membuka halaman selanjutnya.

Cover Makalah yang Benar dan Menarik

pixabay.com

Cover makalah sebenarnya bukanlah kunci kualitas makalah yang ada di dalamnya. Cover yang bagus tidak menjamin bahwa isi makalah juga akan bagus. Tapi, jika isi makalah yang bagus dibuat dengan cover asal-asalan, pembaca tidak akan tertarik untuk mengetahui isinya. Ternyata begitu penting pembuatan cover dalam makalah kuliah.

Cara membuat cover yang benar dan menarik sangat diperlukan, apalagi para siswa hingga mahasiswa tidak lepas dari tugas membuat makalah. Prinsip pembuatan cover makalah ini juga dapat kamu terapkan untuk tugas kuliah lainnya, bahkan hingga pembuatan skripsi.

Manfaatkan waktu pengerjaan tugas untuk mendesain cover makalah agar menarik minat pembaca. Jika kamu ingin mengetahui cara membuat cover makalah yang benar dan menarik, Mamikos akan memberikan info dan contoh cover sebagai referensi.

Apa Itu Makalah?

Mungkin ada diantara kamu yang masih bingung membedakan makalah, paper, essay, atau skripsi. Ada banyak definisi mengenai makalah. Menurut definisi pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. Makalah juga dapat diartikan sebagai uraian tertulis untuk membahas masalah tertentu. Masalah tersebut kemudian dibahas lebih lanjut serta dianalisis. Makalah dapat dipresentasikan di depan kelas, dalam seminar, atau ketika diskusi.

Format Makalah Kuliah yang Benar

Perlu kamu ketahui pembuatan format makalah untuk tugas kuliah atau makalah tugas sekolah yang benar. Struktur penyusunan makalah mungkin bervariasi antara satu kampus dengan kampus lainnya. Tapi, prinsipnya akan ada struktur pendahuluan, isi, dan kesimpulan pada setiap makalah. Kamu dapat bertanya pada guru atau dosen terkait poin yang harus dicantumkan pada makalah untuk memastikannya.

1. Cover atau Sampul

Cover adalah bagian paling depan yang ada pada makalah. Pada bagian cover terdapat data pembuat makalah dan identitas pendukung lainnya.

2. Abstrak

Penulisan abstrak pada makalah bersifat opsional. Jika ditulis, biasanya abstrak menggunakan dua bahasa, yaitu Inggris dan Indonesia. Penulisan abstrak tidak lebih dari 250 kata (bahasa Indonesia) atau 200 kata (bahasa Inggris). Pada abstrak tercantum ringkasan makalah yang memuat tujuan, metode, hipotesis, hasil, dan kesimpulan. Ada pula kata kunci yang dicantumkan untuk memudahkan pencarian tema makalah.

3. Daftar Isi

Daftar isi perlu dicantumkan pada halaman setelah abstrak agar pembaca tidak bingung ketika mencari informasi. Pada bagian ini terdapat bab dan sub-bab sesuai isi makalah. Cantumkan pula keterangan daftar gambar dan daftar tabel apabila diperlukan.

4. Kata Pengantar

Kata pengantar pada suatu makalah merupakan pengenalan isi makalah pada pembaca. Pada bagian pengantar juga terdapat ucapan terima kasih dari pembuat makalah. Biasanya dicantumkan pula jangka waktu pembuatan makalah dan hal penting lainnya.

5. Pendahuluan

Pada pendahuluan makalah tercantum pembahasan awal yang dikupas dari sudut pandang pembuat makalah. Pembuatan pendahuluan tidak perlu terlalu panjang, tetapi sudah menggambarkan hal yang akan diulas dalam makalah. Biasanya bagian pendahuluan memuat latar belakang penulisan makalah, rumusan masalah, dan tujuan pembuatan makalah.

Latar belakang pembuatan makalah yang baik dijabarkan secara detail dan diberi tambahan kutipan. Hal tersebut akan membuat data yang disajikan semakin akurat dan tidak berdasarkan opini semata. Pada rumusan makalah terdapat pertanyaan tentang hal yang akan dibahas. Sebagai penentu arah penelitian, diperlukan rumusan masalah yang spesifik. Tujuan penelitian merupakan manfaat penelitian sekaligus tujuan adanya rumusan masalah.

6. Pembahasan atau Isi

Pada bagian pembahasan dijabarkan uraian dari tujuan makalah. Jika terdapat tiga rumusan masalah, maka pada pembahasan ditulis tiga poin pembahasan yang mengulas secara lengkap jawaban.

7. Penutup

Pada bagian penutup, cantumkan ringkasan hasil pembahasan. Tidak perlu menulis ulang hal yang sudah dibahas pada isi, cukup poin pentingnya saja. Cantumkan pula kesimpulan dan saran jika diperlukan.

8. Daftar Pustaka

Bagian daftar pustaka pada sebuah makalah berperan penting untuk mengetahui bahwa makalah yang disusun berdasarkan sumber valid. Semakin banyak referensi yang dipakai, akan semakin bagus makalah tersebut. Format penulisan daftar pustaka dapat kamu sesuaikan dengan aturan sekolah atau aturan kampus.

Format Cover Makalah Kuliah

Sudah paham dengan seluruh format penulisan makalah kuliah?. Kini saatnya kamu mengetahui format pembuatan makalah kuliah yang baik dan benar. Struktur apa saja yang harus ada pada bagian cover makalah?

1. Judul Makalah

Bagian judul makalah adalah hal penting yang harus ada pada setiap makalah. Peletakan judul terdapat di bagian tengah cover dan dibuat center. Perhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Sebisa mungkin buatlah judul yang tidak bertele-tele dan menggambarkan isi makalah di dalamnya.

Penggunaan font pada judul adalah font standar, seperti Times New Roman atau Arial. Judul makalah dibuat tebal (bold) untuk membedakannya dengan bagian cover yang lain.

2. Tujuan Pembuatan Makalah

Pada bagian di bawah judul cantumkan tujuan pembuatan makalah. Gunakan ukuran font lebih kecil dibandingkan judul dan tidak perlu ditebalkan. Contoh tujuan pembuatan makalah adalah: makalah disusun guna memenuhi tugas mata kuliah sistematika hewan

3. Logo Kampus atau Gambar Makalah

Cantumkan logo makalah sebagai identitas lokasi asal pembuatan makalah. Logo diletakkan di bagain tengah cover dengan ukuran proporsional. Jika tidak wajib menggunakan logo, kamu dapat menggantinya dengan dokumentasi penelitian untuk merepresentasikan isi makalahmu. Hindari gambar beresolusi rendah yang akan membuat makalah kurang menarik.

4. Identitas Penyusun Makalah

Cantumkan nama penyusun makalah dan identitas tambahan. Jika makalah disusun lebih dari satu orang, gunakan penomoran secara berurutan. Nama yang dicantumkan paling atas adalah nama dengan identitas paling awal, bukan urutan abjad. Tapi aturan ini bisa bervariasi di tiap kampus.

5. Data Fakultas dan Program Studi atau Jurusan

Cantumkan nama fakultas dan program studi menggunakan huruf kapital. Jika kamu masih duduk di bangku sekolah, cantumkan identitas sekolah. Pada bagian bawah berikan nama kampus atau nama sekolah agar lebih spesifik.

6. Tahun Pembuatan

Cantumkan tahun pembuatan makalah agar pembaca tahu waktu pembuatan makalah. Tujuannya agar ketika ada data yang diperbarui, pembaca tidak kebingungan dengan fakta di lapangan.

Contoh Cover Berbagai Makalah

Prinsip makalah yang sudah kamu pahami langsung bisa diterapkan untuk pembuatan cover. Berikut contoh cover makalah sebagai referensi.

Contoh Cover Makalah Tugas Kuliah

Contoh Cover Makalah Tema Pendidikan

Contoh Cover Makalah Berbahasa Inggris

Contoh Cover Makalah Praktikum Lapangan

Contoh Cover Makalah Tugas Kelompok

Contoh Cover Makalah Bahasa Inggris

Ternyata tidak sulit membuat cover makalah berbagai kegiatan. Asalkan kamu sudah memahami prinsip pembuatannya, terapkan prinsip tersebut ketika membuat cover. Jangan lupa perhatikan unsur wajib pada cover. Jika makalah harus dicetak, buat cover menarik dengan tinta berwarna. Selamat membuat cover makalah!


Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu:

Kost Dekat UGM Jogja

Kost Dekat UNPAD Jatinangor

Kost Dekat UNDIP Semarang

Kost Dekat UI Depok

Kost Dekat UB Malang

Kost Dekat Unnes Semarang

Kost Dekat UMY Jogja

Kost Dekat UNY Jogja

Kost Dekat UNS Solo

Kost Dekat ITB Bandung

Kost Dekat UMS Solo

Kost Dekat ITS Surabaya

Kost Dekat Unesa Surabaya

Kost Dekat UNAIR Surabaya

Kost Dekat UIN Jakarta