Contoh-Contoh Energi Alternatif dan Pemanfaatanya Dalam Kehidupan

Posted in: Edukasi

Contoh-Contoh Energi Alternatif dan Pemanfaatanya Dalam Kehidupan – Energi merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan tak terkecuali oleh manusia. Energi ini tidak dipungkiri sangat membantu beragam aktivitas sehari-hari seperti penerangan, transportasi dan lain sebagainya.

Beragam Jenis Energi

unsplash.com

Energi ini terbagi menjadi dua macam yaitu energi tak terbarukan dan energi terbarukan. Bila melihat dari namanya sudah pasti energi tak terbarukan merupakan energi yang tidak dapat diolah kembali jadi bila sumbernya habis maka sudah tidak bisa lagi digunakan sebagai sumber energi.

Sedangkan untuk energi terbarukan merupakan suatu energi yang bisa digunakan terus menerus tanpa khawatir habis. Energi semacam ini dikenal juga dengan energi alternatif bahkan contoh energi alternatif sudah banyak kalian temukan pada saat ini dan memiliki tujuan sebagai pengganti bahan bakar konvensional.

Penggunaan istilah alternatif ini merujuk kepada pengurangan dari penggunaan bahan bakar jenis hidrokarbon yang memiliki dampak merusak lingkungan yang muncul akibat dari emisi karbon dioksida. Sumber energi alternatif ini merupakan sebuah teknologi selain fosil yang berguna sebagai sumber energi.

Di Indonesia khususnya bahan bakar yang bersumber dari fosil seperti minyak bumi, batu bara dan juga gas masih banyak digunakan. Namun seiring berjalannya waktu jumlahnya kian terbatas sehingga bahan bakar alternatif sudah mulai dikembangkan dan contoh energi alternatif sudah mulai banyak kalian temukan saat ini.

Beragam Contoh Dari Energi Alternatif

Untuk beberapa orang jenis energi alternatif masih awam dan tidak banyak yang mengetahuinya. Bagi kalian yang belum mengetahui apa saja jenis energi ini beserta dengan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari bisa menyimak informasi di bawah ini.

1. Tenaga Surya

Matahari memiliki manfaat yang luar biasa dalam kehidupan manusia tak terkecuali panas matahari yang saat ini juga dimanfaatkan sebagai sumber energi. Contoh pemanfaatan energi matahari ini bisa dilakukan dengan menggunakan panel surya yang nantinya diubah menjadi listrik.

Panel surya yang digunakan merupakan serangkaian sel photovoltaic yang memiliki pengertian “cahaya listrik”. Panel tersebut akan bisa digunakan untuk kendaraan serta menghidupkan listrik di rumah kalian. Walaupun panas matahari merupakan sumber yang terbarukan namun cuaca menjadi salah satu kendala yang paling besar.

2. Angin

Selain matahari salah satu hal yang sering kalian jumpai setiap hari yaitu angin juga bisa dimanfaatkan dalam energi alternatif. Pergerakan angin tentunya bisa menghasilkan suatu energi kinetik dan nantinya akan bisa diubah ke energi mekanik terus nantinya akan dihubungkan pada mesin generator sehingga menghasilkan listrik.

Untuk menghasilkan energi dari angin diperlukan kincir angin raksasa yang berguna untuk menyimpan serta menghasilkan listrik. Angin ini merupakan contoh energi alternatif yang ramah lingkungan dikarenakan tidak meninggalkan limbah.

3. Air

Selama ini pemanfaatan air hanya digunakan untuk dikonsumsi saja namun nyatanya air juga merupakan salah satu sumber energi alternatif. Sebagai contohnya yaitu air sungai yang dibendung nantinya diarahkan menuju turbin dengan menggunakan pipa. Turbin ini berguna untuk menyimpan serta menghasilkan listrik.

Listrik yang dihasilnya tentu sangat berpengaruh terhadap besarnya air yang ada, semakin besar jumlah air tentu energinya akan semakin banyak pula. Pemanfaatan air biasa kalian temukan pada PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dan tentunya diperlukan tempat seperti danau ataupun waduk sebagai sumber airnya.

4. Biomassa

Sumber energi selanjutnya berasal dari makhluk hidup contohnya seperti kotoran hewan ataupun manusia dan dikenal dengan sebutan biomassa. Hasil dari sumber energi ini juga mampu menghasilkan yang namanya gas dan disebut dengan biogas dan tentunya mampu menghasilkan listrik.

Bahan yang diolah tidak terbatas hanya pada kotoran saja melainkan juga bisa menggunakan tanaman. Adapun tanaman yang digunakan seperti ubi, rumput, pepohonan, tanaman dan lainnya. Kelebihan dari biomassa ini yaitu dapat diperbaharui dan juga terus berkesinambungan.

5. Panas Bumi

Di dalam kerak bumi ada suatu energi panas dan ini bisa dimanfaatkan menjadi salah satu alternatif energi. Panas bumi yang digunakan sebagai energi di dapatkan dari aktivitas tektonik yang sudah ada sejak dulu kala.

Saat memanfaatkan panas bumi kalian tidak harus selalu menggali ke bawah melainkan juga bisa mendapatkannya dari gunung berapi. Indonesia seharusnya memanfaatkan hal ini mengingat banyak sekali gunung di Indonesia dan sangat bermanfaat untuk pengolahan energi panas bumi.

6. Gelombang Laut

Contoh energi alternatif selanjutnya yaitu gelombang air laut pasang. Energi ini sangatlah ramah lingkungan kendati demikian dalam merealisasikannya dibutuhkan anggaran yang sangat besar untuk proses pembangunan reaktornya.

Energi alternatif yang satu ini sangat pas dimanfaatkan di Indonesia mengingat bentuk wilayah yang kebanyakan kepulauan. Walaupun begitu hal yang menjadi kelemahan dari gelombang laut ini adalah soal kecepatan ombaknya yang tidak stabil.

Pemanfaatan Dari Energi Alternatif

Setelah mengetahui apa saja jenis energi alternatif yang ada maka saatnya kalian mengetahui apa saja bentuk pemanfaatan dari energi tersebut. Untuk energi alternatif panel surya bisa dimanfaatkan untuk listrik yang nantinya digunakan untuk kebutuhan harian seperti menyalakan peralatan elektronik dan sejenisnya.

Energi lainnya yaitu biomassa yang bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar kendaraan. Sedangkan untuk ombak dan juga angin bisa berguna untuk menghidupkan turbin dan generator. Pemanfaatan lain dari energi ini dalam bentuk kompor surya yang nanti bisa digunakan untuk memasak.

Manfaat Energi Alternatif

Melihat penjelasan di atas kalian tentunya sudah paham jika energi alternatif merupakan suatu energi terbarukan dan pemanfaatannya sangat banyak terutama bagi bumi. Untuk informasi lebih jelasnya apa saja manfaat yang bisa diperoleh jika kalian mengganti bahan bakar konvensional dengan bahan bakar alternatif seperti berikut ini.

Mengurangi Pemanasan Global

Manfaat yang pertama tentu saja bisa mengurangi pemanasan global. Penggunaan bahan bakar dengan bahan fosil sangat berpotensi menghasilkan polusi udara dan ini tentu tidak baik untuk makhluk hidup serta bumi. Dampak dari polusi ini membuat lapisan ozon menipis, peningkatan tinggi air laut dan masih banyak lainnya.

Namun dengan penggunaan energi alternatif ini bisa mengurangi bahkan menghilangkan beragam faktor yang mampu menyebabkan kerusakan alam. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa contoh energi alternatif kebanyakan mengandalkan kekuatan alam dan ini merupakan energi bersih yang tidak merusak lingkungan.

Mengurangi Polusi Udara

Penggunaan bahan bakar konvensional menyebabkan polusi udara dan ini sangat erat kaitannya dengan faktor penyebab kondisi kesehatan yang buruk. Namun dengan penggunaan energi alternatif hal tersebut bisa dikurangi karena dapat membuat udara menjadi lebih bersih. Jadi dampak lainnya yaitu kesehatan masyarakat akan membaik karena udara yang semakin bersih.

Manfaat lain yang akan kalian peroleh adalah sumber energinya akan bisa terus kalian peroleh tanpa perlu takut habis. Contoh energi alternatif berasal dari panas bumi, cahaya matahari, angin dan sejenisnya merupakan energi terbarukan.

Hal ini tentunya akan sangat berbeda dengan bahan bakar konvensional yang sewaktu-waktu bisa habis karena digunakan terus menerus. Jadi walaupun dalam pemanfaatannya diperlukan dana dan fasilitas yang sangat banyak namun manfaat ke depannya akan sangat bagus bagi umat manusia jadi energi alternatif ini perlu terus dikembangkan.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah