10 Macam Sumber Energi Listrik Dan Penjelasannya

Posted in: Edukasi
Tagged: Sumber Energi

10 Macam Sumber Energi Listrik Dan Penjelasannya – Kehidupan saat ini memang tidak pernah bisa dilepaskan dengan yang namanya listrik karena memang peranannya yang sangat penting. Bahkan keberadaannya sudah menjadi suatu energi utama yang digunakan dalam suatu industri bahkan rumah tangga sekalipun.

Macam Sumber Energi Listrik

unsplash.com

Awalnya energi listrik ini diperoleh melalui perubahan energi kinetik yang dioleh melalui generator sebelum akhirnya menjadi energi listrik. Seiring perkembangan zaman sumber pemanfaatannya juga semakin beragam sehingga kalian akan menemukan berbagai macam sumber energi listrik bisa melalui sampah ataupun sumber lainnya.

Beragam Manfaat Energi Listrik

Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa saja sumber listrik, maka alangkah baiknya untuk mengetahui soal manfaat listrik terlebih dahulu. Manfaat yang kalian rasakan dari listrik tentunya bisa kalian temukan sehari-hari dan sangat berpengaruh terhadap kehidupan.

Sumber Penerangan

Manfaat yang pertama yaitu berguna sebagai sumber penerangan. Tidak dipungkiri dengan hadirnya listrik kalian tidak perlu menggunakan lilin hanya untuk penerangan maka kalian harus sangat bersyukur dengan adanya listrik.

Energi listrik yang kalian terima nantinya akan diubah menjadi cahaya melalui perantara lampu yang kalian gunakan di rumah. Selain untuk penerangan di dalam rumah, lampu juga sangat berguna sebagai penerangan di jalan raya dan sangat membantu menghindari kecelakaan.

Sebagai Sumber Energi

Untuk manfaat yang kedua berguna sebagai sumber energi, kalian lihat beragam perangkat elektronik yang ada di sekitar kalian seperti mesin cuci, kulkas, TV dan benda lainnya tentu menggunakan listrik sebagai sumber energi. Tanpa adanya listrik tentu semua benda elektronik tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Jadi melihat manfaat tersebut tentu kalian harus mengakui bahwa listrik adalah suatu hal yang sangat penting. Maka untuk memenuhi kebutuhan akan listrik saat ini sudah banyak dilakukan inovasi terutama dalam berbagai macam sumber energi listrik sehingga tidak hanya bergantung pada satu sumber saja.

Penghasil Energi Gerak

Manfaat lain yaitu listrik ini berguna sebagai penghasil gerak dan hal ini seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Listrik ini berguna dan bisa diubah menjadi energi lain dan salah satunya energi gerak seperti pada blender, kipas angin bahkan juga transportasi.

Penggunaan listrik pada moda transportasi bisa kalian temukan pada mobil listrik, sepeda listrik dan sejenisnya. Penggunaan energi ini tentu akan sangat membantu kegiatan sehari-hari dan penggunaannya dalam alat transportasi tentu akan lebih ramah lingkungan karena tidak akan menimbulkan pencemaran.

Berbagai Macam Sumber Energi Untuk Listrik

Setelah mengetahui mengenai manfaat dari listrik maka kalian juga perlu mengetahui apa saja macam sumber energi listrik itu. Terlebih lagi saat ini beragam sumber energi sudah tidak terbatas hanya pada satu sumber saja, bagi kalian yang belum mengetahui apa saja sumbernya bisa menyimak informasi berikut ini.

1. Nuklir

Nuklir merupakan sumber energi yang dikembangkan oleh manusia, nuklir ini juga termasuk sumber yang paling padat yang mampu dikembangkan manusia. Jadi nuklir ini bisa diekstrak menjadi lebih banyak panas serta listrik akan lebih banyak bila kalian bandingkan dengan sumber lainnya dengan jumlah yang sama.

Sebagaimana sumber energi tentu memiliki dua sisi baik positif maupun negatif tak terkecuali nuklir ini. Sisi negatif dari nuklir ini jika terjadi kebocoran pada reaktor nuklirnya maka bisa berakibat pada bencana yang besar dikarenakan radio aktif bahkan akan sangat bisa membunuh umat manusia. Jadi sangat diperlukan perhatikan yang benar-benar serius jika menggunakan nuklir.

2. Minyak

Minyak merupakan sumber energi lainnya dan bisa digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Pembangkit listrik semacam ini sudah banyak ditemukan di Indonesia, salah satu kelemahan dari energi ini adalah menghasilkan limbah asap yang menyebabkan polusi udara.

Selain itu juga minyak merupakan salah satu sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Sehingga jika sudah habis tidak akan bisa digunakan lagi, maka dari itu bagi yang masih menggunakan minyak sebaiknya segera mencari sumber energi alternatif yang lainnya.

3. Gelombang Laut

Macam sumber energi listrik lainnya yang bisa digunakan adalah pemanfaatan gelombang laut pasang. Kelebihan dari penggunaan sumber yang satu ini adalah tidak akan merusak lingkungan dan dapat terus diperbaharui.

Namun yang menjadi kelemahannya yaitu diperlukan anggaran yang sangat besar untuk mendirikan reaktornya. Selain itu juga hal lain yang menjadi kendala lain adalah kecepatan ombak yang tidak begitu stabil. Padahal jika sudah ditemukan cara pengolahan yang tepat, energi ini akan sangat membantu terlebih di Indonesia yang sebagian besar wilayahnya dikelilingi oleh laut.

4. Angin

Jika ditanya adakah sumber energi lain selain gelombang laut yang bisa digunakan tanpa merusak lingkungan maka jawabannya ada dan energi tersebut adalah angin. Daya yang dihasilkan tentunya sangat bergantung terhadap kecepatan anginnya. Pembangkit berenergi angin ini tentunya membutuhkan angin yang sangat kencang agar bisa menghasilkan energi yang besar.

5. Batu Bara

Batu bara merupakan sumber energi lain yang bisa dimanfaatkan dan tentunya mudah ditemukan. Namun pemanfaatan batu bara bisa berpotensi merusak lingkungan karena dibutuhkan lubang yang cukup besar untuk mendapatkannya.

Selain dapat merusak lingkungan pemanfaatan batu bara juga memerlukan biaya dan fasilitas yang besar, jadi dengan kata lain modalnya harus besar. Tidak hanya itu saja nantinya dari pengolahan batu bara akan menghasilkan asap yang berpotensi menyebabkan polusi udara.

6. Hidro Elektrik

Macam sumber energi listrik yang lain yaitu hidro elektrik atau yang lebih dikenal dengan sebutan energi bendungan. Cara kerjanya bendungan akan memutar turbin, energi ini merupakan salah satu sumber yang tidak terbatas karena memanfaatkan energi dari air agar bisa menghasilkan sumber listrik.

Walaupun tidak terbatas namun sumber energi ini memiliki kekurangan karena sangat bergantung pada kondisi alam. Bendungan ini bisa memiliki resiko banjir jika musim penghujan dan pada musim kemarau maka turbin tidak bisa memutar dan akibatnya pasokan energi listrik akan berkurang.

7. Panas Bumi

Sumber lain yang bisa dimanfaatkan yaitu panas bumi dan yang menjadi kelebihan sekaligus pembeda dengan minyak ataupun batu bara yaitu sumber energi ini tidak akan pernah habis. Kendati demikian tidak semua tempat bisa dibangun fasilitas untuk bisa memanfaatkan sumber energi ini.

8. Tenaga Surya

Tenaga matahari ataupun tenaga surya merupakan salah satu sumber energi yang tidak akan pernah habis. Namun kendala dari pemanfaatannya adalah biaya yang diperlukan sangatlah mahal, selain itu juga sangat bergantung pada cuaca.

9. Pasang Surut Air Laut

Jika energi lain yang terbarukan seperti angin dan surya sulit untuk diprediksi namun lain halnya dengan energi yang satu ini yaitu pasang surut air laut. Namun sayangnya pemanfaatannya belum terlalu luas karena keterbatasan lokasi yang tepat untuk mendapatkan pasang surut yang pas serta biaya yang tinggi menjadi salah satu kendalanya.

10. Biomassa

Macam sumber energi listrik selanjutnya yaitu biomassa yang dihasilkan dari fotosintesis baik itu produk maupun buangan dan menggunakan bahan organik tentunya. Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk biomassa adalah sampah pertanian, tinja, kotoran ternak, rambut, pepohonan, ubi dan beragam bahan organik lain.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah