12 Contoh-contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia Serta Penjelasannya

Posted in: Mapel Pelajar
Tagged: Contoh Budaya

12 Contoh-contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia Serta Penjelasannya – Tradisi Potong Jari yang dilakukan oleh Suku Dani menjadi contoh kebudayaan di masyarakat Indonesia. Di mana, mereka melakukan hal tersebut karena, ada anggota keluarga meninggal dunia, sebagai bagian dari kesetiaan.

Semakin banyak jumlah anggota keluarga, maka jari akan dipotong juga banyak. Hal ini sudah menjadi bagian dari masyarakat yang tinggal di salah satu kawasan di Lembah Baliem tersebut.

Kebudayaan di Masyarakat Indonesia

unsplash.com/@eyestetix

Seperti diketahui, bahwa Ibu Pertiwi mempunyai berbagai suku dengan keberagaman tradisi. Tidak semuanya menyedihkan, ada senangnya juga seperti, makan dan doa bersama, mengendarai sapi, serta sebuah drama penculikan.

Contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia

Semua tradisi ini merupakan warisan turun-temurun yang sudah tercipta dari beberapa generasi. Keberadaannya, selalu dilestarikan karena bagian dari sebuah identitas suku tersebut. Sekaligus, menggerakkan roda perekonomian warga.

Seperti diketahui bahwa, beberapa daerah sudah menghadirkan sektor Pariwisata sebagai usaha mendapatkan pendapatan. Bukan hanya alam dan wisata buatan saja yang gencar dijadikan promosi dan daya tarik setiap daerah.

Tetapi, tradisi dan budaya unik, menarik, dan punya filosofi tinggi juga terus dikembangkan. Karena, wisatawan menyukai hal seperti ini terutama, mancanegara. berikut contoh kebudayaan di lingkungan masyarakat dari berbagai daerah.

1. Contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia Debus

Kesenian Debus berasal dari Banten yang penamaannya berasal dari Bahasa Arab. Diman artinya sendiri adalah senjata tajam, bentuknya runcing dan bahan pembuatannya adalah besi. Mulai diperkenalkan pada abad 16.

Ketika, Agama Islam pertama kali masuk Indonesia sebagai sara dakwah, agar masyarakat mau mengikuti ajaran tersebut. Pertunjukan aksi bela diri, biasanya diiringi dengan pembaca sebuah doa, memohon keselamatan pada Allah.

Perlu diperhatikan, dalam menjalankan atraksi ini tidak boleh sembarang orang. Tetapi, mereka yang sudah menjalankan ritual khusus seperti dilarang bersenggama, mencuri, minum alkohol, berpuasa, dan sholat.

Kesenian ini terlahir dari kepercayaan masyarakat Banten pada waktu itu mengenai animisme dan dinamisme. Oleh karena itu, para wali mencoba mengubah kebiasaan tersebut dengan sebuah pertunjukan kesenian debus.

2. Contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia Kerapan Sapi

Setelah dari Banten langsung beralih ke Madura. Di mana, kawasan penghasil garam tersebut mempunyai tradisi seru dan menyenangkan yaitu Kerapan Sapi. Biasa digelar setiap satu tahun sekali.

Biasanya diselenggarakan pada bulan Agustus atau September hingga laga final di bulan Oktober. Tradisi ini merupakan sebuah lomba di mana, Sapi sebagai hewan untuk menarik kereta yang terbuat dari kayu.

Trek pacuannya berjarak kurang lebih 100 meter. Menariknya, perlombaan tersebut juga akan mengangkat nama pemiliknya bila bisa jadi juara. Tidak heran, bila mereka menyiapkan hewan jagoannya sebelum bertanding.

Dengan melatih dan merawatnya, diberi makanan bergizi. Bahkan, untuk makanannya saja bisa menghabiskan uang hingga Rp4 juta. Sebelum perlombaan dimulai, hewan tersebut akan di arak dan diiringi musik gamelan Madura.

3. Contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia Merarik

Merarik menjadi salah satu tradisi khas Suku Sasak, Lombok. Di mana sebelum pernikahan berlangsung, ada sebuah drama harus dilakukan terlebih dulu. Mempelai wanita wajib untuk melakukan pelarian sebelum dijadikan sebagai istri.

Pada prosesnya, biasanya keduanya sudah berjanji bertemu di suatu tempat. Kemudian, pihak pria dan keluarga akan membawanya pulang selama tiga hari. Kemudian, tokoh masyarakat sekitar akan datang ke rumah wanita.

Memberitahukan soal pelarian itu. Contoh kebudayaan daerah ini dilanjutkan dengan pembahasan pisuke, yaitu uang untuk biaya syukuran. Bila sudah disepakati oleh kedua belah pihak, akad bisa dilakukan.

Kemudian, pihak laki-laki akan memberikan seserahan kepada pihak perempuan. Hanya saja, beberapa waktu terakhir, budaya tersebut sering disalah gunakan. Sebagai upaya menikahi anak-anak, walau saat ini sudah dihentikan praktik tersebut.

4. Contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia Makepung

Bila di Madura ada namanya Kerapan Sapi. Maka, saat pergi ke Pulau Bali kamu bisa menikmati lomba balap kerbau atau yang disebut dengan makepung. Awal mula hanya sebagai permainan saja.

Sambil membajak sawah, jadi aktivitas tersebut terasa sangat menyenangkan. Tetapi, seiring perkembangan waktu, akhirnya penduduk sekitar mengubahnya menjadi sebuah kegiatan wajib. Konon katanya sudah dilakukan sejak tahun 1925.

Contoh budaya tradisional ini rutin diadakan setiap satu tahun sekali. Diikuti oleh banyak peserta dari berbagai kalangan. Pelaksanaannya di Bulan Juni sampai Oktober dan biasanya diadakan pada hari Minggu.

Disarankan bagi kamu yang ingin melihatnya, usahakan datang pagi. Peminat Makepung sangat banyak jadi, datang jam 7 pagi membuat kesempatan mendapatkan kursi terbaik untuk melihat sangat besar.

5. Contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia Melasti

Masih berada di Bali di mana, kamu bisa melihat contoh kebudayaan di Indonesia lainnya yaitu upacara Melasti. Merupakan kegiatan sakral yang dilakukan untuk proses menyucikan diri. Bisa dilakukan di mana saja.

Biasanya dilakukan beberapa hari sebelum Hari Nyepi. Tata pelaksanaannya biasanya dilakukan di Pantai Melasti. Banyak warga memakai pakaian putih akan datang berbondong-bondong dan membawa niskala, berupa sebuah patung untuk dibersihkan.

Tujuan utama, upacara ini adalah menyucikan diri sendiri dan meminta kekuatan pada Tuhan. Agar mampu menjalankan ibadah di hari Nyepi dengan khikmad. Sehingga, tercipta kesempurnaan sesuai ajarannya.

6. Contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia Tari Saman

Aceh terkenal dengan sebutan Serambi Makkah yang mempunyai hukum Islam paling kuat di Indonesia. Tidak heran bila tradisinya adalah tari Saman yang sudah mendunia. Berasal dari dataran tinggi Gayo.

Pada abad ke 17, Syeksh Mohammad As-Saman menggunakannya sebagai bagian dari dakwah. Beliau adalah seorang guru tasawuf kelahiran Madinah. Banyak murid mengaku senang dengan gaya belajarnya.

Hingga akhirnya, beliau meminta seluruh muridnya untuk melakukan ratib saman. Contoh kebudayaan tradisional ini terdengar memadukan gerakan tari dengan lantunan syair melayu kuno yang menyebut nama Allah.

Pada perkembangannya, Tari Salman tidak lagi berisi pujian kepada nabi. tetapi, ke tokoh yang sudah berjasa merebut kemerdekaan. Daya tarik kesenian ini ada pada olah tubuhnya sangat menawan.

7. Contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia Pesta Bakar Batu

Bukan hanya tradisi potong jari saja. Papua juga punya beberapa kebiasan lain yang menarik untuk dinikmati. Salah satunya adalah pesta Bakar Batu. Mereka melakukan ini sebagai wujud rasa syukur.

Walaupun awalnya dilakukan secara iseng. Tetapi, perkembangannya terus dilestarikan terutama oleh masyarakat suku pendalaman. Ritual tersebut biasanya membakar batu terlebih dulu sampai panas. Lalu, digunakan sebagai tempat untuk membakar babi.

Hanya saja, saat ini daging yang digunakan bukan hanya Babi, melainkan daging ayam. Maklum saja, islam juga sudah masuk ke Papua. Inilah bentuk toleransi yang dilakukan oleh penduduk sekitar.

8. Contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia Keboa-Keboan

Beralih ke Pulau Jawa, khususnya di wilayah Banyuwangi. Dalam pelaksanaannya, kamu bisa melihat beberapa manusia menjadi kerbau jadi-jadian. Hal ini terus dilakukan oleh seluruh masyarakat Suku Osing.

Terutama di wilayah Desa Alasmalang. Awal mula terjadinya tradisi tersebut dari Mbah Kanti yang mendapatkan wangsit untuk melakukan ritual tolak bala. Hingga akhirnya ritual ini dilakukan dan memuja Dewi Sri.

Demi meminta keselamatan, karena sebelum upacara dilakukan, seluruh sawah penduduk terkena hama. tetapi, setelah kebo-keboan dilakukan, seluruh hama langsung pergi menghilang. kepercayaan ini terus ada sampai sekarang.

Tidak heran bila kegiatan tersebut digelar setiap satu tahun sekali. Bersamaan dengan acara bersih desa. Seluruh penduduk meyakini dengan Kebo-Keboan mereka dan seluruh makhluk hidup akan selamar.

9. Contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia Sadranan

Tradisi Sadranan sering dilakukan beberapa hari menjelang Bulan Ramadhan. Di mana, seluruh masyarakat akan berkunjung ke makam untuk berziarah. Sekaligus, membersihkannya. Hal ini bertujuan menghormati arwah leluhur.

Beberapa kawasan, juga memanfaatkan momen ini sebagai ajang berkumpul sesama keluarga. jadi, setelah selesai melakukan berbagai kegiatan di makam. Mereka saling berkunjung dan memaafkan, hampir mirip Idul Fitri.

Tidak heran bila suasananya sangat meriah. Dalam acara pelaksanaannya masing-masing daerah berbeda. Ada melakukannya sendiri-sendiri. Tetapi, tidak sedikit yang melakukannya secara bersama-sama seluruh warga, dan melakukan doa bersama di makam.

Ritual seperti ini bisa ditemukan di berbagai kawasan Pulau Jawa khususnya Jawa Tengah. Beberapa kawasan seperti lereng Gunung Merapi Merbabu sudah menyiapkan tenong. makanan kecil untuk disantap warga.

10. Contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia Pertunjukan Wayang

Pertunjukan Wayang Kulit menjadi salah satu tradisi yang tidak boleh lupa atau dihilangkan. Sebelum menjadi hiburan rakyat, kesenian ini berkembang di kalangan Keraton khususnya Pulau Jawa.

Menariknya, dari kesenian ini adalah seluruh ceritanya diambil dari beberapa kitab yaitu Ramayana atau Mahabharata yang sudah terkenal dengan tokoh Pandawa. Banyak hikmah dan pelajaran dapat dipetik dari pertunjukan tersebut.

Bahan pembuatannya sendiri terbuat dari kulit kerbau. Dalam pertunjukannya selalu diiringi oleh musik gamelan. Keseruan terjadi, bila adegannya sudah dalam pertarungan. Menariknya, Pulau Jawa mempunyai banyak jenis.

Paling membanggakan adalah kesenian tradisional tersebut sudah diakui oleh UNESCO pada tahun 2003. Dengan begini, sudah sepantasnya untuk dijaga dan dipentaskan baik secara offline dan online.

11. Contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia Tanam Sasi

Tanam Sasi menjadi salah satu bentuk tradisi yang menarik untuk dinikmati. Dilakukan oleh Suku Marind mendiami Kabupaten Merauke, Papua. Merupakan rangkaian upacara kematian. Di mana, kayu menjadi media utamanya.

Makna yang terkandung dalam tradisi ini adalah adanya kehadiran roh nenek moyang. Serta melihat suasana hati dari penduduk sedang bersedih karena, ditinggal oleh anggota keluarga.

Dalam rangkaian acaranya, kamu dapat melihat tarian Gatsi dan pesta tusuk telinga. Diiringi oleh alat musi tradisional berupa Tifa. Seluruh rangkaian tersebut menunjukkan Suku Marind masih menjunjung tinggi budaya tersebut.

12. Contoh Kebudayaan di Masyarakat Indonesia Ondel-Ondel

Siapa yang tidak kenal dengan Ondel-Ondel. Kesenian asal Suku Betawi ini memang menarik untuk dinikmati. Bukan hanya sebagai pertunjukan kesenian saja, tetapi sudah jadi ikon wisata kota Jakarta.

Dalam sejarahnya, pertunjukan ini pertama kali hadir pada tahun 1600 yang dijelaskan melalui tulisan seorang pedagang bernama W.Scoot. Bahan pembuatan Ondel-Ondel sendiri terbuat dari bambu, dihiasi berbagai perhiasan.

Untuk menggerakkannya, perlu satu orang masuk kedalamnya. Biasanya, dilakukan oleh laki-laki, karena saat dimainkan cukup berat jadi, butuh tenaga ekstra. Tingginya sendiri mencapai 2,5 meter serta lebar 80 cm.

Beratnya mencapai 25 kilogram, bukan hanya sekedar digunakan sebagai pertunjukan seni saja. Tradisi tersebut juga punya makna, di mana menjadi seorang laki-laki harus gagah berani dalam membela kebenaran.

Sementara, untuk topeng perempuan mempunyai arti dalam menjaga kesucian dirinya. Serta tidak tergoda oleh duniawi. Wujudnya sendiri beragam ada biasa, menakutkan karena perwujudan dari setan.

Masih banyak lagi sebenarnya tradisi negeri ini bisa dinikmati. Seperti, kenduren yang merupakan contoh kebudayaan di masyarakat Indonesia, di mana mereka mengundang warga untuk melakukan doa bersama.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah