17+ Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resmi yang Baik dan Sopan

17+ Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resmi yang Baik dan Sopan – Banyak hal bisa saja terjadi di tempat kerja yang membuat kita tidak lagi nyaman dengan lingkungan tempat kita bekerja. Alasannya bisa  berasal dari sesama rekan kerja, jenuh dengan lingkungan pekerjaan atau bahkan ada masalah dengan atasan yang dan membuat kita mau tidak mau mengajukan permohonan pengunduran diri.

Normalnya surat pengunduran diri atau surat resign karyawan dibuat secara formal dan kemudian dicetak di selembar kertas lalu diserahkan kepada atasan. Hal tersebut berfungsi sebagai pemberitahuan formal bahwa kita akan meninggalkan tempat bekerja.

Proses pembuatan surat pengunduran diri tidak bisa dilakukan sembarangan. Kamu perlu menyesuaikan kalimat yang digunakan pada target yang dituju. Selain itu, alasan pengunduran diri yang dikemukakan juga tidak boleh dibuat-buat, namun tetap sopan. Bahasa surat pengunduran diri untuk Kepala Sekolah tentu akan berbeda dengan surat untuk pimpinan perusahaan.

Sebelum mengundurkan diri atau resign, pertimbangkan terlebih dahulu keputusanmu. Jika sudah yakin, segera buat konsep surat. Kali ini Mamikos akan membantu kamu membuat surat pengunduran diri secara resmi yang baik dan sopan sebagai referensi.

Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

pixabay.com

Keputusan untuk mengundurkan diri bisa dilakukan siapa saja. Termasuk karyawan yang mengundurkan diri dari perusahaan. Pimpinan atau atasan juga akan memberikan maklum apabila ada yang mengundurkan diri baik-baik. Namun, bagaimana cara membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan?

Salah satu alasan yang biasanya menjadi latar belakang mengapa seseorang mengundurkan diri dari pekerjaannya adalah dibayar dengan gaji yang rendah namun diberikan job desk yang lebih dan tidak ada kenaikan gaji. Selain itu, tidak terciptanya hubungan yang harmonis dengan atasan. Sedangkan alasan lainnya yaitu, jika kamu benar-benar muak dengan atasan kamu, bahkan berbicara hanya lima menit saja kamu tidak sanggup, maka bisa jadi itulah alasan utama kamu mengundurkan diri. Dan memang mengundurkan diri adalah solusi yang sering ditempuh oleh para karyawan.

Kamu bisa mengajukan surat pengunduran diri melalui email tanpa berpamitan langsung pada atasan karena berbagai alasan yang kamu miliki. Akan tetapi tindakan tersebut kurang tepat, karena terkesan kurang sopan dan kurang professional. Hati-hati sebab hal tersebut dapat mempengaruhi track record kamu di masa depan. Jadi selalu buatlah kesan baik meskipun kamu hendak meninggalkan kantor lamamu.

Percayalah, dengan kamu mengundurkan diri secara baik-baik, dan berbicara langsung dengan atasan walaupun hanya lima menit, hal itu akan memberikan dampak positif buat dirimu di masa mendatang. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat bisa menyelamatkan ‘wajah’ kamu sendiri. Bukankah kita sudah diajari sopan santun bila datang dan pergi oleh orang tua? Minimal mengucap salam. Hal tersebut haruslah berlaku di tempat kerja juga. Syukur-syukur jika perusahaanmu kompeten tentu kamu akan mendapatkan surat rekomendasi yang baik dari perusahaan. Misalnya, andaikanlah di masa mendatang kamu dan mantan bosmu berjumpa lagi dalam satu kondisi dan waktu yang sama. Bukankah lebih menyenangkan saat bisa meninggalkan kesan positif ketimbang sebaliknya. Kamu tidak akan canggung menyapanya dan bertukar obrolan meski singkat.

Yang harus kamu selalu ingat adalah jangan merasa rugi untuk tetap bertindak positif, seburuk apapun situasinya. Termasuk memikirkan hal- hal yang sudah kamu alami selama bekerja di perusahaan lamamu sampai kemudian memutuskan untuk tinggal atau kamu benar-benar memutuskan untuk pergi meninggalkan pekerjaanmu saat ini.

Tetap perbaiki diri dan performa untuk mendapatkan pekerjaan baru yang sesuai dengan keinginan atau hasrat kamu. Setelah meninggalkan perusahaan lama, jangan putus asa untuk mendapakan pekerjaan yang sesuai dan perusahaan yang dapat mendukung minat kamu selama ini. Ada pepatah lawas yang berbunyi “Cintailah pekerjaanmu, bukan perusahaannya” jadi selalu cintailah apa yang menjadi pilihanmu, ya. Tidak perlu panjang lebar lagi, segera simak beberapa contoh surat pengunduran diri resmi atau contoh surat resign yang baik dan sopan di bawah ini.

Format Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

  1. Tanggal dan tempat penulisan surat pengunduran diri
  2. Alamat lengkap tujuan surat / penerima surat
  3. Data diri
  4. Isi surat pengunduran diri dan alasan mengundurkan diri (jika ada)
  5. Nama lengkap dan tanda tangan
  6. Materai

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Karyawan dari Perusahaan

Jakarta Selatan, 11 Maret 2021

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Maunya Untung Terus
Jl. Ir. Soekarno No 23-25
Jakarta Selatan

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama :
Alamat :
Jabatan:

Melalui surat ini, saya bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Maunya Untung Terus sebagai Operator Mekanik terhitung mulai tanggal 21 Maret 2021.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan bimbingan yang diberikan oleh Bapak/Ibu selama saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Saya memohon maaf jika tidak bisa menjadi bagian perusahaan Bapak/Ibu di kemudian hari. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin semakin berkembang.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran dan atas keinginan saya sendiri, tanpa ada paksaan dan tekanan dari siapapun.

Hormat saya,
(tanda tangan)
Nama lengkap

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Pekerjaan Lain

Magetan, 2 Agustus 2016

Kepada Yth,
HRD Manager
PT. Karya Jujur Mandiri
Jl. Induk Raya No 12-18
Kendari

Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya Indah Ningsih bermaksud untuk mengundurkan diri dari PT. Karya Jujur Mandiri sebagai Operator Produksi, terhitung dari tanggal 2 Agustus 2016. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada saya untuk bekerja di PT. Karya Jujur Mandiri. Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah karena ingin menambah wawasan serta pengalaman di perusahaan lain.

Saya juga mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh rekan karyawan dan manajemen PT. Karya Jujur Mandiri apabila selama saya bekerja mempunyai kesalahan baik itu yang saya sengaja ataupun yang tidak di sengaja.

Saya berharap semoga PT. Karya Jujur Mandiri semakin maju dan berkembang pesat. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, atas perhatian yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Indah Ningsih

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Kesehatan

Malang, 01 Mei 2015

Kepada Yth,

Kepala Personalia PT. Kiara Maju
Di Tempat

Dengan Hormat,

Melalui surat ini saya selaku karyawan PT. Kiara Maju berdasarkan atas Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang ketenagakerjaan dan Undang–Undang tenaga yang melingkupinya yang bertanda tangan dibawah ini saya :

Nama                : Anwar Sanusi
Departemen     : PT. Maju Mundur
Jabatan             : Mekanik
No. Karyawan  : 000678

Bermaksud untuk mengajukan surat pengunduran diri kepada PT Kiara Maju dengan alasan kondisi kesehatan yang semakin menurun. Saya sangat berharap perusahaan bisa memahami kondisi saya dan memberikan hak-hak sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan dukungan perusahaan terhadap saya selama saya bekerja, saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Saya,

( tanda tangan )

Anwar Sanusi

4. Contoh Surat Pengunduran Diri Bank

Bandung, 31 Juli 2018

YTH. Personalia

BANK BNI Syariah

KCP Bandung

Salam Hormat,

Dengan surat  ini, saya Kahla Rifda memohon untuk mengundurkan diri dari Bank BNI Syariah sebagi Manager Training (MT) Officer.  Terhitung dari tanggal 31 Juli 2018 karena adanya alasan masalah pada kesehatan juga keluarga yang akhirnya membuat  saya tidak dapat fokus dalam bekerja.

Saya sangat berterimakasih atas kesempatan yang sudah diberikan pada saya untuk menjadi bagian karyawan dari  Bank BNI Syariah KCP Bandung.

Saya memohon maaf pada semua karyawan serta  manajemen Bank BNI
Syariah KCP Bandung apabila terdapat salah yang sudah  saya lakukan saat
bekerja.

Harapan besar saya, Bank BNI Syariah KCP Bandung  bisa terus
maju dan berkembang dengan baik.

Hormat Saya,

Kahla Rifda

5. Contoh Surat Pengunduran Diri Untuk Berwirausaha

Palembang, 04 Agustus 2017

Kepada
Yth Kepala Bagian HRD
Hotel Mimpih Indah
Jln. Merdeka Bangsa Palembang

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dewi Putri Jelita
Tempat/Tgl Lahir: Medan, 23 Januari 1993
Alamat: Medan
Jabatan: General Accoaunting Hotel Mimpi Indah

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri terhitung tanggal 06 Agustus 2017 dengan alasan ingin mendirikan usaha sendiri sesuai dengan cita-cita saya selama ini.  Segala hal yang berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Accounting Hotel Mimpi Indah akan saya laksanakan sampai masa pengunduran saya.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada segenap pimpinan dan semua karyawan yang selama ini membimbing dan membantu saya dalam pekerjaan, dan saya juga memohon maaf karena tidak bisa lagi menjadi bagian dari perusahaan Hotel Mimpi Indah, mohon maaf juga atas segala kesalahan saya selama bekerja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Anda, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dewi Putri Jelita

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Keluarga

Semarang, 17 September 2018

Kepada Yth.
HRD Manager PT. Raung Kautama
Jl. Gatot Subroto No 189
Semarang

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan Hormat,

Dengan surat ini saya selaku karyawan dari PT. Raung Kautama sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang karyawan dan Undang-Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Resti Maula
Jabatan : Logistic and Planning Manager
Departemen : Keuangan
Alamat : Jln. Brawijaya No 92, Semarang

Dengan ini bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT. Raung Kautama, dikarenakan ingin lebih dekat keluarga di Wonosobo. Surat pengunduran ini saya buat sesuai dengan prosedur hubungan industrial tanpa andanya motivasi negatif.

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada perusahaan yang telah menerima saya bekerja selama 2 tahun ini. Saya juga memohon maaf pada perusahaan juga rekan-rekan sejawat apabila selama ini saya banyak melakukan kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian, kerjasama serta pemahamannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Resti Maula

7. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Bendahara

Yth.
Kepala Desa Tajem
di Tempat

Dengan hormat,
Bersama dengan surat ini saya Dian Nitami, selaku bendahara Desa Madureja mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan tersebut. Alasan dari pengunduran diri saya dikarenakan saya akan berpindah domisili ke Jakarta. Adapun waktu dari pengunduran ini terhitung efektif per tanggal 20 Februari 2019.

Saya selaku bendahara desa mengucapkan banyak terima kasih atas segala kepercayaan yang telah diberikan selama ini. Saya juga mohon maaf apabila selama mengemban amanah sebagai bendahara desa Madureja banyak berbuat khilaf dan salah. Semoga Desa Madureja terus maju dan berkembang, serta tetap menjaga kerukunan.

Sekian yang dapat saya sampaikan dalam surat pengunduran diri ini. Jika ada salah kata saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya menyampaikan banyak terima kasih.

Hormat saya,

Dian Nitami

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Sekolah

Kepada Yth.
Drs. Amanullah
Kepala SMP Negeri 7 Surabaya
Di Tempat

Assalamualaikum wr.wb
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan karunia kesehatan. Tidak lupa shalawat dan salam senantiasa tercurahkan pada Rasulullah SAW yang syafaatnya kita nantikan di hari akhir kelak. Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Mariaman
Pekerjaan : Petani
Alamat : Jl. Kuweni Raya 17 Surabaya
Telp/Hp : 081802802801

Selaku orang tua/wali murid dari:
Nama siswa : Adelia Amanah
Kelas : 9 SMP 4
No. Induk : 12294

mengajukan permohonan pengunduran diri anak saya Adelia Amanah dari SMP Negeri 7 Surabaya, dikarenakan harus mengikuti orang tua pindah tempat tinggal. Saya berterima kasih pada Bapak Kepala Sekolah yang telah memberikan kesempatan anak saya untuk menempuh studi di SMP Negeri 7 Surabaya.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak Kepala Sekolah, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb

Surabaya, 6 April 2020

Hormat saya,

Mariaman

Tembusan:
Bapak/Ibu Wali kelas 9 SMP 4

9. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan

Kepada Yth.
Bapak Alexander Krimin
Direktur PT Maju Bahagia
Di Tempat

Salam sejahtera,
Bersama surat ini, saya, Amelia Ramadhani menyampaikan terima kasih kepada Bapak Alexander selaku Direktur PT Maju Bersama. Saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai manajer operasional di PT Maju Bahagia per tanggal 6 April 2020 dikarenakan pindah tugas mengikuti suami.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang pernah saya dapatkan untuk menjabat sebagai manajer operasional di PT Maju Bahagia. Saya juga memohon maaf kepada seluruh karyawan dan manajemen PT Maju Bahagia apabila selama bertugas membuat kesalahan.

Saya berharap PT Maju Bagagia dapat terus berkembang dan menjadi perusahaan terbaik. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat. Saya juga berharap agar relasi tetap terjalin dengan baik. Atas perhatian dan kerjasama Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Amelia Ramadhani

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Guru

Kepada Yth.
Bapak Marhaimin
Kepala SD Negeri Rahayu Semarang
Di Tempat

Salam sejahtera,

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama: Nurmalita
Tempat, Tanggal Lahir : Semarang, 20 April 1990
Jabatan : SD Negeri Rahayu Semarang

Mengajukan permohonan pengunduran diri per 27 April 2020 dikarenakan pindah tugas ke luar Jawa bersama suami. Bersama surat ini saya lampirkan berkas-berkas persyaratan administratif terkait.
Selama menjadi bagian SD Negeri Rahayu, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kerja sama dan dukungan dari Bapak/Ibu sekalian. Permohonan maaf yang sebesar-sebesarnya juga saya sampaikan apabila ada kesalahan-kesalahan selama saya mengajar di SD Negeri Rahayu Semarang.

Demikian permohonan yang dapat saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya

Nurmalita

11. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Organisasi

Kepada Yth.
Bapak Alexander Krimin
Pimpinan Green Environment Global
Di Tempat

Salam sejahtera,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Karimana
Jabatan: Sekretaris Green Environment Global
NIP: 12345321

Mengajukan surat pengunduran diri sebagai sekretaris Green Environment Global. Selama berada di dalam Green Environment Global, saya mendapatkankan pengalaman dan pelajaran. Tidak dapat dipungkiri juga saya bisa berkembang ketika berada di organisasi ini. Saya memohon maaf apabila selama berorganisasi pernah melakukan hal-hal yang kurang berkenan di hati.

Surat pengunduran diri ini saya buat sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar tanpa tekanan pihak mana pun. Saya berharap pihak Green Environment Global dapat memahami keputusan yang sudah saya buat. Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Makassar, 21 April 2020

Hormat Saya,

Karimana

12. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Sekolah Yayasan

Kepada Yth.
Ibu Mahadiyah
Pimpinan Yayasan Pengobatan Penyakit Metode Herbal Indonesia
Di Tempat

Salam sejahtera,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini

Nama: Amir Khan
Alamat: Jalan Selembangan Baru 28, Jakarta
Jabatan: Bendahara

Menyatakan pengunduran diri sebagai bendahara Yayasan Pengobatan Penyakit Metode Herbal Indonesia. Adapun alasan pengunduran diri yang saya lakukan adalah karena kesibukan kuliah dan tidak bisa membagi waktu dengan kegiatan yayasan.

Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada Yayasan Pengobatan Penyakit Metode Herbal Indonesia yang telah memfasilitasi saya selama ini. Di organisasi ini saya belajar banyak hal serta organisasi. Mohon maaf apabila selama menjabat sebagai bendahara ada perilaku tidak berkenan dan membuat kesalahan.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya buat. Atas perhatian Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Amir Khan

13. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Pabrik

Kepada Yth.
Bapak Alexander Krimin
Direktur Pabrik Rokok Multirasa
Di Tempat

Salam sejahtera,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Clarissa Amelia
Alamat: Jalan Pakis Haji 28 Bandung
Jabatan: General Manajer Pabrik Rokok Multirasa

Melalui surat ini, saya mengajukan pengunduran diri sebagai general manajer di Pabrik Rokok Multirasa terhitung tanggal 18 April 2020. Alasan pengunduran diri yang saya lakukan adalah ingin berwirausaha dan mengikuti suami ke luar kota. Segala hal yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab saya sebagai General Manager Pabrik Rokok Multirasa akan saya selesaikan sampai masa pengunduran diri.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan semua karyawan Pabrik Rokok Multirasa. Dengan bimbingan dan bantuan semua teman-teman, saya bisa belajar banyak hal. Saya juga memohon maaf atas segala kesalahan yang saya perbuat selama bekerja, baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Demikianlah surat pengunduran diri saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada paksaan dan tekanan dari pihak mana pun. Atas pengertian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Clarissa Amelia

14. Contoh Surat Pengunduran Diri Karena Sakit

Kepada Yth.
Ibu Anandita
Pimpinan Yayasan Indonesia Maju Bersama
Di Tempat

Salam sejahtera,
Melalui surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Cintya Amelina
NIK : 23321432
Divisi : Marketing
Jabatan : Marketing Eksekutif

Mengajukan permohonan pengunduran diri kerja sebagai marketing eksekutif di Yayasan Indonesia Maju Bersama terhitung 01 April 2020 dikarenakan menderita penyakit berat, sehingga tidak dapat bekerja seperti biasa. Pengunduran diri ini saya buat sebenar-benarnya tanpa paksaan pihak manapun. Untuk kepentingan administrasi, saya lampirkan hasil diagnosis Rumah Sakit Panti Sakti.

Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan berkontribusi di Yayasan Indonesia Maju Bersama. Saya berharap yayasan yang Ibu pimpin dapat semakin maju dan berkembang. Saya juga memohon maaf atas segala kesalahan saya selama bekerja di perusahaan Bapak. Saya berharap di Yayasan Indonesia Maju Bersama dapat memaklumi kondisi saya. Selain itu, yayasan dapat memberikan hak-hak saya sebagai karyawan sesuai perjanjian kerja.

Demikian surat pengunduran diri ini dibuat dengan sebenarnya. Atas perhatian Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Cintya Amelina

15. Contoh Surat Pengunduran Diri dari Rumah Sakit

Kepada Yth.
Bapak Alexander Krimin
Direktur Rumah Sakit Alexandria
Di Tempat

Salam sejahtera,

Bersama surat ini saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ulfiatun Mariana, A.Md.Kes
TTL : Makassar, 17 Maret 1991
Jabatan: Perawat
ID Karyawan : 14312342

mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai perawat di Rumah Sakit Alexandria per tanggal 10 April 2020. Alasan saya mengundurkan diri karena akan mengikuti keluarga pindah tempat tinggal ke luar negeri.

Saya berterima kasih pada Bapak dan seluruh pihak rumah sakit atas kesempatan yang telah diberikan. Selama bekerja, saya mendapatkan banyak pengalaman dan keterampilan. Saya juga mengucapkan permohonan maaf pada Bapak dan seluruh jajaran pegawai Rumah Sakit Alexandria apabila selama bekerja membuat kesalahan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat tanpa paksaan dari pihak mana pun. Atas perhatian dan kerja sama Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Makassar, 12 April 2020
Hormat saya,

Ulfiatun Mariana, A.Md.Kes
ID. 14312342

16. Contoh Surat Pengunduran Diri Pegawai Honorer 

Wonosobo, 18 Februari 2015

Kepada Yth.

Pimpinan Personalia PT. Santi Prima Makmur

Surabaya

Perihal: Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                       : Iko Uwasi

Jabatan                                    : Anggota SS

Kedudukan                              : PT. KAI (Persero) DAOP 8 JR

Dengan datangnya surat ini, saya bermaksud untuk mengundurkan diri sebagai Security PT. Santi Prima Makmur. Pengunduran diri ini  saya ajukan karena masa kontrak saya sebagai honorer di perusahaan telah berakhir. Pengunduran diri ini mulai berlaku sejak tanggal ditandatanganinya surat ini.

Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan oleh PT. Santi Prima Makmur kepada saya selama ini untuk menjadi bagian dari keluarga besarnya sebagai Satuan Security. Saya yakin bahwa kesempatan yang diberikan oleh PT. Santi Prima Makmur  tersebut merupakan pengalaman kerja yang berharga bagi pengembangan karir dan masa depan saya selanjutnya.

Demikian Surat Pengunduran Diri ini saya ajukan. Terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang telah diberikan.

Hormat saya,

Iko Uwasi 

Ari Mahmudi

Siapa yang Dapat Membuat Surat Pengunduran Diri?

Surat pengunduran diri dapat dibuat setiap orang dan tidak hanya karyawan perusahaan saja. Seseorang yang menjabat sebagai pelaksana jabatan tertentu atau mengemban amanah tertentu juga bisa mengundurkan diri. Siswa yang sedang menempuh studi di sekolah juga bisa mengundurkan diri untuk pindah sekolah atau berhenti. Surat pengunduran diri juga dapat dibuat orang tua atas nama anaknya apabila dirasa kurang sopan. Surat tersebut biasanya ada pada surat pengunduran diri sekolah dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, atau Sekolah Menengah Atas.

Pembuatan surat pengunduran diri dapat dilakukan dengan format yang sudah tersedia. Tapi, pengunduran diri juga bisa dibuat sesuai kepentingan individu. Sebelum membuat surat pengunduran diri, sebaiknya kamu memastikan format penulisan terlebih dahulu. Terdapat instansi atau perusahaan yang mewajibkan karyawannya melampirkan dokumen tertentu. Dokumen tersebut berguna untuk mengklaim tunjangan atau pesangon yang biasanya sudah tertera pada perjanjian. Ada pula surat yang perlu dilampiri materai untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Surat pengunduran diri yang baik juga akan meninggalkan kesan baik pada perusahaan. Akan lebih baik jika kamu menyampaikan surat tersebut langsung pada pimpinan. Namun, jika kamu berada di luar kota atau luar negeri, kirimkan surat tersebut melalui pos dan e-mail. Setelah surat pengunduran dirimu diterima, biasanya perusahaan akan memberikan surat keterangan bekerja. Nantinya surat keterangan tersebut dapat kamu gunakan untuk mendaftar kerja di tempat lain.

Tips Menulis Surat Pengunduran Diri

  1. Sebaiknya isi surat jelas tujuannya untuk pengunduran diri dari perusahaan dan selalu gunakanlah bahasa yang sopan, baik dan benar.
  2.  Berikan alasan pengunduran diri dengan jelas dan singkat. Tak perlu sampai menceritakan secara rinci seperti membuat cerpen atau esai mengenai alasan sebenarnya memilih untuk mengundurkan diri. Apalagi jika alasan utamanya sebenarnya adalah adanya hubungan tak baik antara kamu dan pimpinan, rekan atau budaya di perusahaan tersebut. Cukuplah simpan untuk dirimu sendiri dan Tuhan yang tahu.
  3. Cari waktu yang tepat untuk membicarakan niat mengundurkan dirimu dari perusahaan pada HRD atau atasan. Sebagai umat beragama jangan lupa juga berdoa. Agar ketika kamu menyerahkan surat untuk mengajukan pengunduran diri mood HRD ata atasanmu sedang bagus. Meski tidak tampak berlonjakan gembira, minimal kelihatan dia tidak menekuk wajah atau terlalu banyak diam hari itu.
  4. Jangan lupa untuk mengucapan terimakasih kepada pimpinan perusahaan beserta rekan-rekan satu pekerjaan di perusahaan. Karena bagaimanapun juga kamu sudah diberi kesempatan dan pernah bekerjasama dalam perusahaan tersebut. Pasti ada ilmu dan pengalaman yang baik yang bisa kamu jadikan pelajaran di masa depan. Berterima kasih tidak membuat kamu rugi kok.
  5. Sebutkan waktu dan tanggal mulai kapan kamu akan mulai resign dari perusahaan dan tentunya jangan terlalu mendadak. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan juga mempersiapkan untuk mendapatkan pengganti kamu secepatnya.
  6. Sebelum resign, jangan sampai meninggalkan sisa kewajiban, ya. Ingatlah untuk selalu menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik untuk menunjukkan bahwa kamu adalah seorang professional dalam bekerja.

Hal hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Mengundurkan Diri dari Pekerjaan

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu persiapkan sebelum mengundurkan diri berkaitan dengan tanggung jawab pekerjaan di perusahaan. 

1. Cek Kontrak

Saat diterima disuatu perusahaan, kamu pasti akan menandatangani kontrak yang berisi kebijakan kerja sama yang harus dipatuhi oleh karyawan dan perusahaan. Pada kontrak tersebut biasanya diatur mengenai pengunduran diri. Kamu perlu mengecek terlebih dahulu aturan yang berkaitan karena ada hal seperti jangka waktu pengunduran diri dan denda yang diatur didalamnya. 

2. Patuhi Aturan Pengunduran Diri Perusahaan 

Seperti yang disebutkan diatas, ada aturan tertentu yang harus dipatuhi oleh karyawan saat ingin mengundurkan diri dari pekerjaan. Aturan tersebut harus kamu patuhi karena kamu sudah menandatangani kontrak di awal mulai bekerja. Jika melanggar, ada juga sanksi yang dapat dikenakan kepadamu. 

3. Mendiskusikan dengan Atasan

Mengundurkan diri dari pekerjaan pasti bukan hal yang tiba-tiba dilakukan, ada proses berpikir dan mempertimbangkan yang dilalui. Sebelum benar-benar mengajukan surat pengunduran diri, kamu perlu mendiskusikan dengan atasan terlebih dahulu. 

Hal ini sebaiknya kamu lakukan agar pekerjaan di perusahaan tidak terganggu. Dengan menyampaikan maksud pengunduran diri, atasan dapat mengalihkan tugas ke karyawan yang lain atau segera mencari karyawan pengganti. 

4. Menyelesaikan Tugas Pekerjaan Hingga Tuntas

Ingin mengundurkan diri dari suatu pekerjaan bukan berarti kamu bisa semena-mena dengan tidak menuntaskan tugas kerja yang sudah diberikan. Itulah sebabnya, kamu harus mengkomunikasikan dengan atasan terlebih dahulu agar tugas baru tidak diberikan kepadamu.

Kemudian, tugas yang sudah menjadi tanggung jawab harus kamu selesaikan agar tidak membebani teman kerja yang lain. Dengan bersikap seperti ini kamu akan dipandang sebagai orang yang profesional. 

5. Memperjelas Alasan dan Tujuan

Saat mengajukan surat pengunduran diri kamu harus menjelaskan alasan dan tujuan secara jelas. Jangan menggunakan alasan-alasan yang kurang mengenakan karena hal tersebut juga dapat merusak citramu sebagai karyawan. 

6. Pastikan Memiliki Cukup Uang Untuk Beberapa Waktu Kedepan

Bagi kamu yang memutuskan mengundurkan diri, tapi belum memiliki pekerjaan baru, sebaiknya kamu harus memperhitungkan pegangan uang untuk beberapa jangka waktu kedepan. Selama kamu tidak memiliki pendapatan lain selain gaji, kamu hanya akan melakukan banyak pengeluaran setelah mengundurkan diri. Jadi, perhitungkan baik-baik mengenai biaya hidupmu. 

Tujuan Membuat Surat pengunduran Diri 

Surat pengunduran diri dibuat guna keperluan mengundurkan diri dari suatu perusahaan tempat seseorang bekerja. Seseorang tidak bisa meninggalkan pekerjaannya begitu saja tanpa penjelasan apapun. Orang seperti ini akan dianggap tidak bertanggung jawab dan tidak profesional. Adapun tujuan membuat surat pengunduran diri sebagai berikut:

1. Pernyataan Resmi yang Bersifat Profesional

Tujuan membuat surat pengunduran diri yang pertama adalah pernyataan secara resmi bahwa kamu tidak akan bekerja lagi diperusahaan tersebut. Surat ini juga sebagai bukti bahwa kamu tidak memiliki hubungan atau ikatan resmi dengan perusahaan sehingga ketika di kemudian hari terjadi sesuatu hal, kamu tidak akan dibebankan dan dimintai pertanggungjawaban. 

Surat pengunduran diri juga menunjukan sikap tanggung jawab dan menghargai perusahaan karena telah diterima bekerja sebagai  karyawannya. Diterima baik-baik, maka mengundurkan diri juga harus dilakukan dengan baik dan sopan. 

2. Memudahkan Perusahaan untuk Mencari Kandidat Baru 

Surat pengunduran diri juga bertujuan sebagai pemberitahuan kepada perusahaan untuk memudahkan mereka mencari kandidat atau karyawan baru yang dapat menggantikan posisimu. Hal ini dilakukan agar posisi yang kamu isi sebelumnya tidak kosong sehingga tidak mempengaruhi kinerja perusahaan. 

Alasan Populer Pengunduran diri 

Berbicara mengenai alasan pengunduran diri, Mamikos sudah sampaikan bahwa kamu harus menyampaikan alasan yang jelas kepada atasan di perusahaan mengenai hal ini. Alasan masing-masing orang pasti berbeda-beda tergantung masalah pribadi yang dihadapi. 

Berikut ini Mamikos bagikan alasan populer pengunduran diri yang sering diungkapkan karyawan.

1. Tidak Ada Jenjang Karir

Salah satu hal yang membuat karyawan betah bekerja di perusahaan adalah adanya kesempatan untuk naik jabatan. Hal ini bukan tanpa alasan, sebagian besar orang bekerja untuk menghidupi dirinya dan keluarga. Selain itu, hari demi hari kebutuhan yang harus dipenuhi terus bertambah. Dengan adanya kenaikan jabatan, kesempatan memperoleh pendapatan yang lebih tinggi juga lebih besar. 

Selain alasan tersebut, memiliki jabatan yang lebih tingg membuat kesempatan jejaring kerja yang lebih luas. Seseorang dapat berkembang lebih baik dalam pekerjaan dan kehidupannya. Oleh sebab itu, jenjang kerja adalah hal yang dibutuhkan. Jika tidak bisa naik jabatan, kebanyak orang lebih memilih berhenti dari suatu pekerjaan dan mencari yang lebih menjanjikan. 

2. Ingin Mencari Pengalaman Baru

Salah satu alasan populer pengunduran diri karyawan dari pekerjaannya adalah karena ia merasa tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya yang lain. Suatu pekerjaan yang monoton dan dilakukan berulang-ulang akan membuat karyawan menjadi jenuh. 

Kejenuhan dalam bekerja yang terus dirasakan dapat berakibat kurang baik terhadap produktivitas karyawan. Itulah sebabnya, mencari pengalaman baru sering menjadi alasan seseorang mengundurkan diri selain ingin mencari keuntungan atau pendapat yang lebih besar. 

3. Gaji Sedikit, Beban Kerja Banyak

Alasan yang satu ini adalah alasan yang sering sekali diucapkan oleh orang yang mengundurkan diri dari pekerjaannya. Mereka merasa bahwa gaji yang mereka terima tidak sebanding dengan pekerjaan yang ditanggung. Kebanyak perusahaan juga diketahui suka memberikan pekerjaan ke karyawan diluar kapasitas dan kemampuan sehingga karyawan merasa hal tersebut sudah melampaui batas toleransi. 

4. Sakit

Alasan pengunduran diri dari pekerjaan yang tidak dapat dielakan adalah sakit. Bagaimanapun juga karyawan yang sakit akan mempengaruhi produktivitas perusahaan. Biasanya karyawan yang memutuskan untuk mengundurkan diri karena sakit adalah mereka yang mendapat rekomendasi dokter untuk tidak bekerja dengan berat atau kesadaran diri sendiri karena mulai mengalami kesulitan untuk bekerja. 

5. Lingkungan Kerja yang Tidak Nyaman

Kenyamanan di lingkungan kerja bisa dapat datang dari mana saja. Misalnya, tidak cocok dengan teman satu tim. Beberapa kali sudah mencoba mengatasi masalah bersama tapi lebih sering berakhir dengan konflik. Selain itu, ada juga karena faktor atasan yang menyebalkan, terlalu menekan, hanya memberi perintah tanpa arahan, dan tidak pernah memberi apresiasi.

Alasan setiap orang pasti berbeda-beda. Ada karyawan yang memutuskan mengundurkan diri karena alasan urgent atau penting seperti sakit, tapi ada juga yang beralasan tidak cocok dengan lingkungan kerja, teman kerja, ataupun atasan. Alasan apapun itu, tidak bisa begitu saja disampaikan kepada atasan atau perusahaan karena hal ini dapat merusak citramu. Oleh sebab itu, perlu dibuat surat pengunduran diri kerja resmi yang baik dan sopan.

Tidak sulit, bukan, membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan?. Lakukan pengunduran diri jauh-jauh hari sebelumnya agar perusahaan tidak kacau ketika kamu sudah pergi. Pada surat, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar karena yang sedang kamu buat adalah surat resmi. Sebelum mengirimkan surat, periksa kembali surat tersebut agar tidak ada kesalahan ejaan dan kata. Selamat membuat surat pengunduran diri!


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah