7 Hal yang Harus Mahasiswa Ketahui di Semester Pertama Kuliah

 Almara Jati | Sab, 30 Mei 2020

7 Hal yang Harus Mahasiswa Ketahui di Semester Pertama Kuliah – Setelah diterima di perguruan tinggi impian, kamu pasti akan menanti-nantikan bagaimana kehidupan kuliahmu ke depannya. Kamu akan berkenalan dengan teman baru, mendapat pengetahuan baru, hingga bergabung dengan suatu organisasi impianmu. Sebagai mahasiswa baru, sebenarnya ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum memulai masa perkuliahan. Lalu, apa saja hal yang harus kamu ketahui di semester pertama kuliah?

Daftar Hal Penting yang Harus Diketahui Mahasiswa di Semester Pertama Kuliah

unsplash.com

Sebagai masa perkenalan awal, ada baiknya kamu mempersiapkan diri dengan matang di semester pertama kuliah. Tidak hanya soal urusan akademik, kamu juga harus mempersiapkan diri dengan budaya kuliah karena sangat berbeda dengan saat kamu masih sekolah. Untuk itu, Mamikos akan bagikan beberapa hal yang harus kamu ketahui sebagai mahasiswa di semester pertama kuliah. Berikut penjelasannya.

4 Fase yang Akan Kamu Hadapi Saat Kuliah

unsplash.com

Sebelum memulai pembahasan tentang apa saja yang harus mahasiswa ketahui di semester pertama kuliah, Mamikos akan terlebih dahulu menjelaskan fase yang nanti akan kamu hadapi saat memasuki masa kuliah. Tujuannya adalah agar kamu bisa mempersiapkan diri dan tidak kaget ketika fase-fase tersebut tiba. Kamu tidak perlu lagi risau menantikan apa yang akan kamu hadapi nanti karena kamu sudah punya gambaran sebelumnya. Berikut adalah 4 fase tersebut.

1. Fase Pertama

Fase pertama ini akan terjadi pada semester satu dan dua kuliah. Pada kedua semester ini, kamu akan lebih banyak menggunakan waktumu untuk mencari teman dan mulai beradaptasi dengan dunia perkuliahan. Kamu akan mulai mendapat teman-teman baru, berusaha memahami mata kuliah, serta mengikuti beberapa UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) atau organisasi. Kamu akan mendapat beberapa manfaat jika mengikuti UKM atau organisasi. Selain menambah teman, kamu juga bisa melatih keterampilanmu di bidang yang lain dan tidak menjadi mahasiswa kupu-kupu atau kuliah pulang, kuliah pulang.

Awal masa perkuliahan bisa dibilang memang agak sulit. Dosen akan memberikan kamu tugas yang banyak dan tak jarang ada dosen yang akan memintamu untuk membentuk kelompok. Padahal kamu belum begitu kenal dengan temanmu. Biasanya, mata kuliah yang akan banyak kamu lewati pada fase ini adalah mata kuliah umum.

Untuk kamu yang kaget dengan kuliah dan tidak mempersiapkan diri, biasanya kuliahmu akan berantakan dan IPK yang kamu dapat juga akan pas-pasan. Maka dari itu, kamu perlu konsentrasi penuh saat menghadapi tahun-tahun pertama kuliah. Fase inilah yang nantinya akan memiliki peran besar bagimu untuk beradaptasi dengan dunia kuliah. Nah, informasi yang akan Mamikos bagikan nanti adalah terkait hal-hal yang harus kamu ketahui di semester pertama kuliah atau di fase ini.

2. Fase Kedua

Fase kedua ini akan terjadi saat kamu memasuki semester tiga dan empat kuliah. Kamu sudah mulai memasuki masa perkuliahan yang lebih serius. Kamu juga akan mulai menghadapi mata kuliah yang semakin menjurus ke peminatan kamu di awal kuliah. Meski begitu, kamu juga masih akan mendapati kuliah-kuliah yang masih umum.

Di fase ini, kamu tidak hanya sekadar mengerjakan tugas dan mempresentasikannya. Kamu juga dituntut untuk bisa melakukan praktik dari tugas yang diberikan. Pada dua semester ini, kamu akan mulai mengerti tentang bagaimana mengatur waktu untuk belajar, bermain, dan berorganisasi. Kamu juga sudah mulai serius untuk melanjutkan perkuliahan.

Untuk kamu yang IPK-nya masih pas-pasan, kamu mungkin akan mulai memperbaikinya di fase ini. Untuk kamu yang nilainya sudah bagus sejak awal, kamu mungkin akan berusaha lebih keras untuk mempertahankannya. Di fase ini, kamu sudah mulai beradaptasi dengan semua urusan perkuliahan. Kamu juga akan mengenal lebih jauh semua teman-temanmu.

3. Fase Ketiga

Pada fase ketiga ini, kamu sudah memasuki semester lanjut dan semakin serius. Kamu tidak lagi bisa malas-malasan karena saat ini kamu udah memasuki fase penjurusan. Kalau kamu sudah masuk penjurusan, mata kuliah yang kamu terima otomatis semakin menjurus ke masa depan kamu nanti setelah lulus kuliah. Selain itu, kamu juga sudah mulai bisa membayangkan bagaimana kamu akan mencari pekerjaan, bekerja, dan apa saja yang akan kamu kerjakan nanti.

Tugas-tugas kuliah yang akan kamu terima juga semakin banyak. Di fase ini, sangat penting bagi kamu untuk mulai memilah dan memilih teman yang juga punya niat yang sama dengan kamu agar kamu bisa mendapat hasil maksimal di kelas. Fase ini bisa membuat kamu sedikit kewalahan dan akan dengan sendirinya mengurangi waktu nongkrong. Kamu juga akan mulai paham kalau IPK itu penting untuk dipertahankan sampai kamu lulus.

4. Fase Keempat

Fase keempat akan terjadi ketika kamu sudah memasuki perkuliahan semester tujuh dan delapan alias semester tua. Kamu sudah sangat paham dengan dunia perkuliahan hingga aturan di kuliah. Selain itu, kamu juga akan mulai muak dan segera ingin cepat lulus. Mungkin akan ada yang ingin menikah saja atau bahkan ada temanmu yang memilih untuk berhenti kuliah.

Kamu juga akan mulai memasuki proses magang yang merupakan program wajib di beberapa kampus sebelum menyusun skripsi. Kamu tidak lagi hanya mendengarkan teori di dalam kelas tetapi kamu juga diharuskan untuk terjun langsung. Tujuannya adalah agar kamu bisa belajar sambil membayangkan dunia pekerjaan yang asli seperti apa.

Setelah mengikuti proses magang, kamu akan menghadapi yang namanya penyusunan skripsi, dosen pembimbing, mengikuti pra-sidang sampai sidang yang asli hingga kamu dinyatakan lulus. Agar kamu tidak keteteran saat mulai masuk masa pengerjaan skripsi, kamu bisa mulai mempersiapkan judul sejak semester sebelumnya. Kalau kamu ada waktu luang, kamu juga bisa mulai menguhubungi dosen untuk mendiskusikan soal pengerjaan awal skripsimu. Tujuannya adalah agar ketika kamu sudah harus mengerjakan skripsi, kamu sudah tahu gambaran akan mengerjakan dari mana terlebih dahulu.

7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Saat Semester Pertama Kuliah

Semester pertama di dunia perkuliahan bisa menjadi masa yang kritis bagi kamu yang akan masuk kuliah. Pasalnya, di semester ini, kamu akan mengenali kampusmu untuk pertama kalinya dan menemukan teman-teman baru. Kamu akan berkenalan dengan budaya kampus serta dosen-dosen yang memiliki karakter yang berbeda dari gurumu di sekolah dahulu. Untuk mempersiapkan kamu memasuki semester pertama kuliah, berikut Mamikos bagikan beberapa hal yang harus kamu ketahui di semester pertama kuliah.

1. Mengenal Karakter Semua Dosen Dalam Mengejar

unsplash.com

Hal penting untuk kamu ketahui di semester pertama kuliah adalah kamu harus tahu bagaimana karakter dosenmu ketika sedang mengajar. Selain denga memperhatikannya di kelas, kamu juga bisa menanyakan hal ini ke seniormu. Seperti yang sudah Mamikos sebutkan sebelumnya, dosen dan guru pada umumnya memiliki kebiasaan mengajar yang berbeda. Meski begitu, tujuan mereka sama yakni untuk mengubah kamu dari yang tidak tau menjadi tahu.

Kamu akan mendapati fakta bahwa setiap dosen memiliki karakter yang berubah-ubah bahkan susah ditebak ketika kamu pertama kali bertemu di kelas. Dengan mengetahui karakter dosen sebelum kamu bertemu dengan mereka di kelas, kamu bisa dengan cepat menyesuaikan diri ketika belajar nantinya. Selain itu, kamu juga akan lebih tahu bagaimana cara bersikap di kelas, bagaimana kamu harus mengerjakan tugas yang diberikan, dan bagaimana caranya jika nanti kamu diharuskan bertemu di luar kelas.

2. “Tradisi” Senior Dalam Memperlakukan Mahasiswa Baru

unsplash.com

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap mahasiswa yang lebih duluan masuk di kampus tertentu biasanya memiliki “tradisi” dalam memperlakukan mahasiswa yang baru saja masuk di kampus tersebut. Dalam konteks tersebut artinya adalah bagaimana senior meperlakukan junior. Entah itu sikap cuek, tatapan sinis, atau hal-hal lain yang tidak seharusnya dilakukan oleh orang terpelajar apalagi di tempat yang bernuansa ilmiah.

Sebelum kamu benar-benar berhadapan dengan seniormu di kampus, kamu harus melakukan “riset” terlebih dahulu tentang bagaimana para senior memperlakukan junior. Hal ini sangat penting untuk kamu ketahui saat masuk semester pertama kuliah. Informasi tersebut bisa kamu dapatkan dari kerabat kamu yang sedang atau sudah berkuliah di kampusmu. Kamu juga bisa mengetahuinya lewat tradisi tahunan kampus yakni penyambutan mahasiswa baru (PMB).

Dengan mengetahui sikap senior saat semester pertama kuliah, kamu akan lebih bisa menentukan “sikap” ke depannya dalam menghadapi setiap senior. Jika kamu sudah tahu bagaimana caranya bersikap, kamu akan lebih bisa mendekatkan diri dengan para senior tersebut. Akhirnya, kamu bisa saling berbagi ilmu dan bertukar pengetahuan seputar dunia perkuliahan.

3. Manajemen Waktu yang Baik

unsplash.com

Kamu harus tahu bahwa suasana perkuliahan sangat berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya termasuk waktu. Kamu jangan sampai kaget saat semester pertama kuliah dan kamu tiba-tiba mendapat banyak tugas dari hampir seluruh mata kuliah yang kamu ambil. Pastikan kamu bisa membagi aktivitasmu dengan baik agar semua bisa berjalan dengan seimbang, baik itu belajar, nongkrong, atau kegiatan organisasi.

Kamu wajib memahami jadwal kuliahmu dengan baik lalu sesuaikan dengan kebiasaan tidur, belajar, bermain gadget, maupun nongkrong dengan teman-temanmu. Jangan sampai kamu mengorbankan salah satunya lalu kamu menyesal di kemudian hari. Kamu memang harus belajar, tapi tidak salah juga kalau kamu melakukan hobimu di sela-sela waktu belajarmu. Jangan sampai kamu stres belajar tapi jangan juga kamu mengorbankan kuliahmu karena kamu ingin bermain terus.

4. Cara Mendapatkan Beasiswa atau Penghasilan Sendiri

unsplash.com

Kamu bisa meringankan beban ekonomi orang tuamu meskipun kamu masih berada di semester pertama kuliah. Setiap perguruan tinggi biasanya menyediakan beasiswa bagi mahasiswanya. Selain dari kampus, kamu juga bisa mencari beasiswa dari organisasi di luar kampus atau dari pemerintah seperti beasiswa LPDP. Beasiswa tersebut biasanya disediakan untuk meringankan biaya kuliah hingga pemberian uang saku bulanan.

Selain itu, kamu juga perlu mempelajari bagaimana caranya memperoleh uang dengan hasil keringat sendiri. Banyak tempat kerja seperti kafe atau rumah makan yang biasanya membuka lowongan paruh waktu untuk mahasiswa. Selain itu, kamu juga bisa melamar lowongan pekerjaan freelance. Tipsnya adalah jangan mencari pekerjaan sampingan yang nantinya bisa mengganggu proses kuliahmu, misalnya penerjemah atau content writer.

5. Persiapkan Rencana Kuliah ke Depan

unsplash.com

Rencana kuliah yang harus kamu persiapkan sejak semester pertama kuliah adalah rencanamu dalam organisasi kampus maupun akademik. Kamu bisa memiliki “campus life plan” sebagai pedoman untuk menjalani masa-masa kuliahmu ke depannya. Misalnya tentang jadwal untuk wisuda di tahun kuliah ke berapa, jumlah SKS yang ingin kamu ambil, maupun pengalaman berorganisasi sesuai dengan minatmu.

Rencana tersebut akan berguna untuk menyusun langkahmu ke depannya. Persiapkan beberapa set rencana kuliah karena kita tidak tahu apa yang akan dihadapi di masa depan. Jika rencana pertamamu menghadapi hambatan, kamu sudah mempersiapkan rencana yang lainnya. Hal yang paling penting adalah kamu tetap memiliki rencana untuk menghadapi dunia perkuliahan.

6. UKM atau Organisasi

unsplash.com

Hal lain yang harus kamu ketahui di semester pertama kuliah adalah jenis Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM yang ada di kampusmu dan organisasi baik itu di kampus maupun di luar kampus. Tujuannya adalah agar kamu tahu apakah ada yang bisa menaungi minat dan bakatmu serta apakah wadah tersebut bisa membantumu lebih berkembang lagi. Kamu tidak hanya perlu mengembangkan kemampuan akademikmu tetapi juga softskill yang nanti sangat dibutuhkan saat kamu melamar pekerjaan.

Selain itu, dengan bergabung dalam UKM atau organisasi, kamu bisa menambah teman dari jurusan yang sama maupun berbeda. Kalian bisa saling berbagi cerita dan bertukar pengetahuan. Kamu juga bisa memperluas jaringanmu karena tidak hanya berkenalan dengan teman seangkatan, kamu juga bisa mengenal banyak senior dari jurusan lain di kampusmu.

7. Berbagai Tempat Penting Untuk Menunjang Aktivitasmu Sebagai Mahasiswa

unsplash.com

Untuk mempermudahmu dalam menghadapi semester pertama kuliah, kamu juga harus tahu tempat-tempat penting yang beruhubungan dengan urusan kehidupanmu sebagai mahasiswa. Kamu harus tahu di mana letak gedung administrasi kampusmu agar kamu tidak repot jika kamu harus mengurus suatu dokumen. Selain itu, kamu juga harus tahu di mana perpustakaan kampus berada karena perpustakaan merupakan salah satu lokasi vital untuk keberlangsungan akademikmu.

Selain urusan akademik, kamu juga harus tahu tempat-tempat yang bisa menunjang kehidupanmu sebagai mahasiswa perantau. Mengetahui tempat penyedia kebutuhan anak kos sejak semester pertama kuliah akan membuatmu lebih mudah kalau kamu hendak membeli perlengkapan kamar kos. Sebelum membeli, kamu bisa melakukan survei terlebih dahulu untuk tahu di mana penjual kebutuhan kos yang paling murah. Kamu bisa bertanya pada penghuni kos yang lain atau kepada seniormu di kampus.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus kamu ketahui di semester pertama kuliah yang bisa Mamikos jelaskan. Kamu tak perlu takut menghadapinya asalkan persiapanmu sudah matang. Dengan begitu, masa-masa kuliahmu akan lebih menyenangkan ke depannya. Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal dekat kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: