Hindari Panik Dan Gugup Saat Ujian SBMPTN 2019, Begini Tipsnya…

Posted on Posted in SBMPTN, Seputar Mahasiswa

Hindari Panik Dan Gugup Saat Ujian SBMPTN 2019, Begini Tipsnya… – Berdasarkan sejarahnya, awal mula penyelenggaraan SBMPTN dimulai dari penyelenggaraan SNMPTN melalui ujian tertulis (SNMPTN Tulis) yang diselenggarakan pada tahun 2008. Pada saat itu, SNMPTN diselenggarakan oleh Dirjen Dikti Kemendikbud. Namun sejak 2013 diserahkan kepada Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Berdasarkan pengalaman yang sangat panjang dalam melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis, pada tahun 2013, MRPTNI tetap menyelenggarakan ujian tertulis sebagai salah satu bentuk seleksi masuk PTN selain SNMPTN. Seleksi yang mengedepankan asas kepercayaan dan kebersamaan ini disebut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Soal ujian tertulis SBMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diduga menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan penalaran tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi potensi akademik, penguasaan bidang studi dasar, bidang saintek dan/atau bidang sosial dan humaniora. Selain mengikuti ujian tertulis, peserta yang memilih program studi Ilmu seni dan/atau keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan.

Hindari Panik Dan Gugup Saat Ujian SBMPTN 2019, Begini Tipsnya…

1. Melihat sekitar sebelum ujian dimulai

Sebelum ujian dimulai bila kamu gugup dan panik, langsung saja melihat sekeliling dan. Di ruangan tersebut tak hanya kamu saja yang tengah deg-degan mengerjakan soal ujian, melainkan juga teman-temanmu. Jadi jangan pernah merasa sendirian ataupun merasa berjuang seorang diri, ya.

2. Menghela napas dalam-dalam

Setelah itu, kamu bisa menghela napas dalam-dalam untuk meredakan gugup dan panikmu. Tak kamu duga menghela napas panjang rupanya memiliki banyak manfaat diantaranya:

  • Meredakan stres.
  • Mengurangi rasa cemas.
  • Memperbaiki sirkulasi darah.
  • Membantu Detoksifikasi.
  • Menurunkan tensi darah.
  • Membantu mengurangi rasa sakit.
  • Membantu memperbaiki kesehatan fisik dan mental.
  • Relaksasi Perut.

3. Tenangkan diri dengan memejamkan mata

Selain menghela napas panjang, kamu juga bisa memejamkan mata sejenak agar mendapatkan ketenangan diri. salah satu manfaat memejamkan mata dalam keadaan terjaga rupanya mampu membantu untuk meningkatkan memori menurut penelitian.

4. Ingat orangtua dan orang tersayangmu di rumah

Kamu juga bisa mengingat kedua orangtuamu di rumah dan orang tersayangmu di rumah. Karena merekalah yang menyemangatimua hingga sejauh ini dan kamu akan menempuh ujian. Dengan cara tersebut kamu bisa tetap semangat dan optimis dalam menjalani ujian, sehingga nantinya akan membahagiakan mereka dan tentunya membuat mereka bangga.

5. Banyak berdoa agar hati lebih tenang

Banyak-banyak berdoa juga bisa membantumu menenangkan diri. Dengan banyak berdoa, kamu pun terhindar dari rasa gugup dan rasa panik.

Baca juga :  Download Soal SBMPTN Gratis dan Lengkap Tahun 2019

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Hindari Panik Dan Gugup Saat Ujian SBMPTN 2019, Begini Tipsnya...

Hindari Panik Dan Gugup Saat Ujian SBMPTN 2019, Begini Tipsnya...