Ide Lomba 17 Agustus Masa Pandemi Covid-19 secara Online, Seru dan Kreatif

Posted in: Informasi

Ide Lomba 17 Agustus masa pandemi Covid-19 secara Online, Seru dan Kreatif — Entah siapa yang memulai atau mempelopori pertama kali ide lomba 17-an ini, namun budaya tersebut masih ada sampai sekarang. Malah tiap tahunnya berkembang semakin seru dan kreatif saja.

Kamu juga pasti menyadari bahwa bahwa kreativitas dan kebersamaan yang terjalin dalam perayaan lomba 17 Agustus tersebut memang seru dan menyenangkan. Apalagi setiap ada fenomena baru yang terjadi, pasti bisa saja menjadi salah satu inspirasi lomba.

Inspirasi Lomba 17 Agustusan di Masa Pandemi, Tetap Menyenangkan dan Seru

pikiran-rakyat.com

Semenjak pandemi Covid-19 melanda, ada banyak hal yang tak bisa lagi kita lakukan dengan leluasa. Termasuk mengadakan lomba 17 Agustus atau menjadi pesertanya. Sebab kita diwajibkan untuk menjauhi kerumunan untuk mengurangi angka penyebaran virus Corona tersebut.

Meski begitu, kita masih bisa tetap memanfaatkan momen, ide, dan kreativitas kita yang tak terbatas untuk membuat berbagai perlombaan 17 Agustus tersebut tetap seru dan tak terlupakan. Lantas seperti apa inspirasi lomba 17 Agustus yang bisa kamu coba praktikkan pada tahun ini? Mari langsung saja simak inspirasi dan ide lombanya berikut ini.

Latar Belakang Pelaksanaan Lomba 17 Agustus di Indonesia

Indonesia Merdeka tepat pada 17 Agustus 1945. Akan tetapi perlombaan 17 Agustus tersebut pertama kali diadakan justru pada tahun 1950. Sebab di tahun tersebut, intensitas pertempuran demi mempertahankan kemerdekaan RI sudah mulai menurun. Maka dari tingkat keamanan pun sudah semakin baik.

Diadakannya perayaan lomba 17 Agustus tersebut juga mengandung makna mendalam. Sebab berbagai lomba tersebut diadakan memang semata untuk memaknai perjuangan dan kemenangan dalam merebut kemerdekaan.

Hingga makna mendalam dalam perayaan tersebut terpancar dari beberapa jenis lomba yang muncul pertama kali dalam lomba 17 Agustus yang pertama. Misalnya saja dalam lomba makan kerupuk.

Pada zaman dahulu, untuk bisa menemukan makanan saja sangat susah. Makanya, untuk mengingat kesederhanaan tersebut, lomba 17 Agustus yang sangat fenomenal dan seru untuk diikuti adalah lomba makan kerupuk.

Kemudian tahukah sejarah dibalik lomba balap karung? Orang-orang zaman dulu pada zaman perjuangannya menggunakan pakaian yang terbuat dari karung. Untuk mengingat kesederhanaan itu, maka lomba balap karung pun tercipta.

Inspirasi Perlombaan 17 Agustus Masa Pandemi

Untuk kamu yang sudah tidak sabar lagi dengan ide perlombaan 17 Agustus di masa pandemi seperti sekarang pasti sudah tidak sabar dengan rangkaian inspirasinya. Mamikos jamin referensi ide perlombaan Agustus di tengah pandemi tersebut akan tetap aman, seru, dan meriah.

Lalu apa saja inspirasi lombanya? Kamu bisa langsung cek daftar lombanya berikut ini.

1. Lomba Koreografi atau Tari Daerah di Tiktok

time.com

Saat ini Tiktok menjadi salah satu aplikasi yang penggunanya sangat besar bahkan mengalahkan Instagram. Banyak video yang berasal dari Tiktok dengan mudah viral di media sosial lainnya. Dengan memanfaatkan aplikasi ini untuk memeriahkan momen lomba 17 Agustus pun sangat memungkinkan.

Lalu lomba apa yang dapat diadakan di Tiktok? Mudah saja. Sebagai panitia lomba kamu bisa mengadakan lomba koreografi atau tarian daerah. Ide tersebut segar dan tetap akan seru buat dilakukan. Sebab siapa saja bisa mengikuti lomba ini tanpa terkecuali.

2. Lomba Swafoto Kemerdekaan

tribunnews.com

Lomba 17 Agustus berikutnya yang dapat kamu coba dan praktikkan tahun ini adalah dengan lomba swafoto bertema kemerdekaan. Karena kamu tidak bisa ke mana-mana, tentu saja kamu harus lebih kreatif meski hanya di rumah saja. Jadi maksimalkan penggunaan gawai dan teknologi demi memeriahkan momen kemerdekaan Indonesia tersebut.

Makanya ide lomba swafoto atau selfie dengan tema kemerdekaan pun cocok untuk dicoba tahun ini. Melalui lomba ini, seluruh peserta wajib untuk mengirimkan swafoto terbaik mereka dengan tetap berbalut tema kemerdekaan atau 17 Agustus tersebut.

Misalnya saja kamu dapat mengenakan pakaian dengan dominasi warna merah dan putih, riasan wajah dominan merah dan putih, atau cosplay sebagai pahlawan dengan kostum yang kamu buat sendiri, misalnya.

3. Kuis Kemerdekaan Daring

nusadaily.com

Inspirasi lomba 17 Agustus nanti yang bisa kamu coba dan praktikkan adalah dengan mengadakan lomba kuis dengan tema kemerdekaan. Tentu saja kamu dapat memanfaatkan teknologi internet yang saat ini tidak sulit untuk ditemui.

Melalui gawai kamu sendiri, kamu bisa menemukan berbagai situs daring atau aplikasi yang menyediakan kuis tersebut. Sebut saja Kahoot hingga Quiziz. Kamu bisa mengikuti kuis tersebut, tetap berada di rumah tapi kamu bakal bisa bersenang-senang merayakan hari kemerdekaan.

4. Lomba Menggambar atau Mewarnai online

profesi-unm.com

Masih berupa lomba secara daring untuk memeriahkan kemerdekaan, kamu juga bisa mengadakan lomba menggambar dan mewarnai secara online. Kegiatan ini bisa dipilih untuk peserta usia sekolah atau adik-adik kita yang masih kecil. Dijamin kreativitas adik-adik kita akan tertantang dengan lomba ini.

Apalagi kamu pun tidak perlu gawai yang mahal untuk mengikuti lomba tersebut. Sebab kamu pun cukup mengikuti instruksi dari gambar yang sudah diberikan.

5. Cerdas Cermat Daring

jurnas.com

Lomba 17 Agustus berikutnya yang dapat kamu coba berikutnya adalah kuis kecerdasan atau cerdas cermat. Lomba jenis ini juga biasanya ada dalam rangkaian lomba 17 Agustus. Bedanya di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, lomba cerdas cermat tersebut bisa dilakukan secara daring untuk tetap menghindari kerumunan.

6. Lomba Game Tema Kemerdekaan

gartic.io

Lomba 17 Agustus berikut ini akan turut memeriahkan keseruan dalam perayaan kemerdekaan RI. Lomba game bertema kemerdekaan sangat mungkin untuk kamu lakukan demi bisa memeriahkan momen 17-an lho.

Salah satu opsi game yang dapat kamu coba tersebut adalah Gartic. Game ini merupakan jenis game tebak gambar dan dapat dimainkan secara daring. Makanya ide lomba satu ini tetap bisa jadi alternatif.

7. Lomba Kreasi Hiasan Masker

youtube.com

Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, banyak orang yang menjadi kreatif dan tertantang untuk mengasah kreatifitas mereka. Saat ini penggunaan masker memang menjadi hal yang diwajibkan demi keselamatan diri dan orang sekitar. Nah, mengkreasikan hiasan masker pun bisa jadi salah satu ide yang bagus untuk mengisi kemeriahan lomba agustusan tersebut.

Tapi jangan sampai kamu curang dengan mengambil foto dari internet. Untuk menghindari kecurangan tersebut, kamu perlu menyertakan proses pembuatan masker tersebut untuk membuat juri dan panitia mempercayai hasil karya kamu.

8. Lomba Kostum Terbaik Kemerdekaan

tps.co.id

Lomba berikutnya yang bisa kamu coba juga adalah lomba kostum terbaik dengan tema yang sama yakni kemerdekaan. Jadi kamu bisa menantang para peserta dengan kreasi kostum yang mereka buat atau rancang sendiri sesuai kreatifitas. Pasti akan sangat seru dan menghibur.

Dari ide lomba 17-an yang tadi sudah Mamikos lampirkan di atas, manakah yang paling membuat kamu tertarik? Jika bertugas sebagai panitia perlombaan maka kamu bisa menjadikan ide dalam artikel ini sebagai salah satu inspirasi.

Namun, jika kamu memerlukan inspirasi hunian kos, maka kamu dapat mengakses aplikasi Mamikos dan situs resminya. Berbagai pilihan kos dapat kamu temukan hanya dengan mengunduh atau mengakses web resmi Mamikos tersebut sekarang.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah