Apa Saja Jenis-Jenis Rumah Adat Jawa Tengah?

Posted in: Informasi

Apa Saja Jenis-Jenis Rumah Adat Jawa Tengah? -Negara Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan budaya, hampir setiap daerah yang ada di Indonesia itu punya ciri khas sendiri-sendiri. Setiap daerah itu punya rumah adat yang berbeda-beda, seperti rumah adat Jawa Tengah juga bermacam-macam jenisnya. Sampai saat ini rumah adat itu masih terjaga dengan baik dan menjadi peninggalan sejarah.

Rumah adat Provinsi Jawa Tengah termasuk rumah adat yang unik sekali sebab dari bentuknya itu berbeda sekali dengan rumah adat di daerah lainnya. Makanya tidak aneh kalau rumah adat daerah ini menjadi tempat wisata yang bagus didatangi bersama keluarga.

5 Jenis Rumah Adat Di Jawa Tengah 

wikipedia.com

Salah satu budaya di Indonesia yang menarik dan harus didatangi kalau sedang berlibur adalah rumah adat. Rumah adat itu punya keunikan sendiri-sendiri dan banyak bangunan modern dibuat berdasarkan desain rumah adat. Rumah adat yang cukup unik ada di Jawa Tengah dan berikut adalah macam macam rumah adat Jawa Tengah.

1. Rumah Limasan

detik.com

Rumah adat yang pertama ini memiliki ciri yang sangat khas yaitu atapnya yang bentuknya limas, atap rumah adat ini mempunyai 4 sisi dan sangat mirip sekali dengan rumah adat daerah lainnya yaitu Sumatra Selatan. Rumah adat ini juga jenisnya banyak, seperti Gajang Mungkur, Lawakan, Semar Pindohong dan juga Klabang Nyander.

Rumah adat ini dibuat dari material bangunan batu bata yang sangat kokoh, rumah adat daerah Jawa Tengah ini tidaklah dicat atau dilapisi lapisan lainnya. Meskipun dindingnya tidak dicat bukan berarti rumah adat tidak terlihat bagus, sebab rumah limasan ini terlihat menarik sekali.

2. Rumah Joglo

detik.com

Kebanyakan masyarakat yang tinggalnya di Jawa Tengah dulu membangun rumahnya berdasarkan status sosial dan juga fungsi rumah. Rumah adat Jawa Tengah ini dulunya dikenal sebagai rumah para bangsawan atau orang yang punya banyak uang. Hal tersebut dikarenakan rumah ini dibuat dari jenis kayu yang terbaik dan harganya mahal makanya yang bisa punya hanya bangsawan saja.

Untuk membedakan rumah adat Jawa Tengah joglo dengan jenis rumah lainnya itu mudah karena rumah ini punya ciri yang mudah sekali dikenali. Untuk cirinya adalah punya 4 tiang di depan rumah, kalau di dalam rumah ada 2 bagian, yaitu bagian induk dan juga bagian tambahan.

Untuk bagian induk terdiri dari Pendopo, Pringgitan, Emperan, Senthong Kiwa, Senthong Tengah dan Senthong Engen. Kalau untuk bagian tambahan terdiri dari ruangan Gandhok, kalau ada rumah yang punya bagian-bagian seperti itu maka itulah rumah joglo.

3. Rumah Panggang Pe

detik.com

Jika dibandingkan rumah adat tradisional Jawa Tengah dengan lain, rumah adat inilah yang sederhana sekali bentuknya. Jadi kalau membangunnya tidak memakan waktu lama dan juga tidak banyak biaya yang akan dikeluarkan.

Rumah Panggang Pe sederhana karena hanya terdiri dari tiang penyangga yang jumlahnya sampai 6 dan bangunan utama saja. Rumah ini dulunya bukan dijadikan rumah tetapi dijadikan warung untuk berjualan makanan dan juga dijadikan pos penjaga. Jadi bisa dikatakan kalau ini tidak termasuk rumah karena tidak dipakai untuk beraktivitas sehari-hari.

4. Rumah Tajug

pinterest.com

Rumah Tajug ini termasuk rumah adat khas Jawa Tengah yang dibuat tidak untuk dihuni tetapi dipakai sebagai tempat untuk beribadah. Karena fungsinya sebagai tempat ibadah maka pembuatannya tidak boleh sembarangan, rumah Tajug yang saat ini masih ada adalah Masjid Agung Demak.

Rumah Tajug macamnya juga ada banyak, seperti Mangkurat, Lambang Sari, Semar Sinongsong dan juga Semar Tinandhu. Untuk rumah Tajug mempunyai atap yang mirip sekali dengan rumah Joglo. Atap rumah adat Jawa Tengah adalah segitiga yang menjadi lambang keesaan Tuhan dan juga keabadian.

5. Rumah Kampung

detik.com

Nama rumah adat Jawa Tengah Berikutnya adalah rumah kampung, rumah kampung ini fungsinya jadi tempat tinggal seperti rumah adat Joglo. Tetapi rumah ini bukan ditempati bangsawan tetapi ditempati rakyat biasa atau masyarakat kalangan menengah ke bawah. Contohnya pekerja kasar, petani dan juga peternak.

Gambar rumah adat Jawa Tengah Ini agak berbeda dengan keempat rumah adat sebelumnya sebab rumah ini unik sekali. Untuk bentuknya adalah rumah disangga oleh tiang yang jumlahnya kelipatan 4, selain itu rumahnya bentuknya persegi panjang yang punya 2 tiang penyangga atap rumah. 

Untuk penyangga rumah kampung ini bukan terbuat dari kayu mahal tetapi kayunya jenis yang biasa saja, meskipun begitu sifatnya kuat sehingga rumahnya tahan lama. Rumah ini biasanya memiliki teras yang ada di depan rumah dan belakang rumah.

Mengenal Jenis-Jenis Rumah Adat Joglo

Rumah adat di Jawa Tengah yang paling terkenal adalah rumah Joglo, rumah adat tersebut sampai terkenal. Karena bentuknya yang sangat unik dan sampai sekarang masih banyak rumah Joglo yang masih berdiri kokoh. Selain itu untuk jenisnya juga banyak, untuk jenis rumah adat Jawa Tengah dan penjelasannya ada di bawah ini.

1. Rumah Jompongan

dekoruma.com

Rumah adat Jawa Tengah ini adalah rumah yang atapnya khas sekali yaitu atapnya bersusun sampai dua susun dan punya bubungan atap yang bentuknya memanjang ke samping kiri dan kanan. Biasanya rumah Jompongan ini memakai pintu geser dan untuk bentuk lantainya bujur sangkar. Rumah ini tidak memakai banyak ornamen hiasan sehingga terkesan natural.

2. Rumah Mangkurat

dekoruma.com

Rumah Mangkurat ini juga unik karena jumlah susunan atapnya itu lebih banyak dari rumah Jompongan, kalau rumah Jompongan ada dua susun dan ini sampai tiga susun. Atapnya juga memiliki sudut kemiringan yang tidak sama. Biasanya rumah ini punya batas di setiap sudut rumah memakai lisplank.

3. Rumah Hageng

dekoruma.com

Rumah Hageng ini cirinya adalah atap tritisan yang luas dan juga bangunan Rumah adat Jawa Tengah ini lebih besar dari pada kedua jenis rumah Joglo sebelumnya. Rumah Hageng lebih mirip seperti istana karena ada tratak kelilingnya, jadi kalau dulu yang punya rumah Hageng ini pastinya adalah bangsawan kelas atas.

4. Rumah Lawakan

dekoruma.com

Rumah Lawakan atapnya sama persis dengan atap rumah Jompongan karena jumlah susunan atapnya ada dua buah dan bentuknya juga sama-sama sederhana. Atap di joglo Lawakan ini bentuknya meruncing ke atas tetapi atapnya tetap landai ke bawah dan juga ukurannya besar.

5. Rumah Pangrawit

dekoruma.com

Rumah Pangrawit ini menjadi rumah Joglo terakhir bukan berarti tidak bagus sebab rumah jenis inilah yang menjadi inspirasi bangunan rumah Joglo yang modern. Rumah Joglo satu ini punya atap yang bentuknya kubah jadi tidak sama seperti jenis rumah Joglo sebelumnya. Selain itu rumah juga dilengkapi tiang di setiap sudut rumah.

Itulah sedikit penjelasan mengenai macam-macam rumah adat Jawa Tengah dan juga macam-macam rumah Joglo. Agar peninggalan sejarah ini masih tetap ada dan masih dikenali sampai beberapa tahun yang akan datang maka perlu menjaga dengan baik.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah