7 Nama Rumah Adat Sumatera Barat Lengkap, Penjelasan dan Gambar

7 Nama Rumah Adat Sumatera Barat Lengkap, Penjelasan dan Gambar — Menghafal nama ibukota, suku, bahasa sampai rumah adat mungkin dianggap sebagai PR dan tugas anak kelas 5 SD. Nyatanya mengenal nama rumah adat menjadi hal yang seru dan menyenangkan lho.

Tidak percaya? Dalam artikel ini Mamikos akan memberikan info menarik terkait nama-nama rumah adat Sumatera Barat, lengkap dengan penjelasan dan gambar agar kamu bisa lebih mengenal dengan baik.

Seperti apa sih penampakan rumah adat Sumatera Barat tersebut? Baca selengkapnya di bawah ini.

Yuk Kenali 7 Nama Rumah Adat Sumatera Barat Secara Lengkap

pinterest.com

Apabila selama ini kamu hanya mengenal rumah adat Sumatera Barat yang bernama Rumah Gadang atau Rumah Godang saja, maka setelah membaca artikel ini kamu pasti akan terkejut. Karena ternyata jenis rumah adat Sumatera Barat tidak hanya satu lho.

Sebab kenyataannya, rumah adat Sumatera Barat terdiri dari banyak jenis. Nama rumah adat tersebut juga berdasarkan pada daerah asalnya, bentuk bangunan atau sejarah bangunannya sendiri.

Ada daerah-daerah yang memang diperbolehkan untuk membangun rumah adat ini, contohnya seperti di daerah Minangkabau. Di sana diharuskan kawasan yang sudah berstatus ‘nagari’ atau yang sudah menjadi desa atau kelurahan yang diperbolehkan membangun rumah adat.

Mari langsung simak saja apa saja nama rumah adat Sumatera Barat yang berhasil Mamikos himpun seperti daftar di bawah ini!

Nama-nama Rumah Adat di Sumatera Barat

1. Rumah Adat Gonjong Ampek Baanjuang

Ruang Arsitek

Nama rumah adat Sumatera Barat yang pertama bernama Gonjong Ampek Baanjuang. Bisa dibilang rumah adat satu ini adalah rumah adat Padang yang wajib hukumnya untuk didirikan di daerah Luhak Nan Tigo.

Rumah adat Ampek Baanjuang juga bisa dibilang sebagai tanda adat bagi masyarakat setempat. Ciri khas yang dapat kamu kenali dari rumah adat satu ini adalah bangunan rumah yang memiliki tambahan anjung di sisi kiri dan kanan bangunannya.

2. Rumah Adat Gadang Jenis Gajah Maharam

situsbudaya.id

Selanjutnya dari nama rumah adat Sumatera Barat yang perlu kamu tahu adalah rumah gadang jenis Maharam. Rumah adat satu ini adalah rumah adat Sumatera Barat yang masuk dalam kategori megah lho.

Selain itu ada syarat khusus jika ingin membangun rumah adat ini. Yakni rumah diwajibkan untuk menghadap utara dengan dinding sisi timur, barat, dan selatan yang nantinya harus ditutupi sasak.

Kemudian seluruh bangunan rumah harus dibuat dari kayu-kayu berkualitas, seperti kayu juar, surian, dan ruyung. Atapnya sendiri akan terbuat dari seng. Wah. Rumah adat jenis satu ini juga terdiri dari 4 kamar dengan ukiran khas Minangkabau sebagai dekorasi pintu-pintu kamar.

Untuk membangun rumah adat jenis ini, dibutuhkan lebih kurang 30 tiang penopang. Dikarenakan banyaknya tiang penopang makanya rumah adat jenis Gajah Maharam ini juga dianggap sebagai bangunan rumah yang tahan akan gempa.

3. Rumah Adat Gadang Gonjong Limo

min.wikipedia.org

Di nomor berikutnya dari nama rumah adat Sumatera Barat ada rumah adat Gadang Gonjong Limo. Untuk mengenali bangunannya ada ciri yang bisa kamu lihat.

Yakni ciri khas bangunan rumah adat satu ini ialah adalah penambahan gonjong di bagian kiri dan kanan bangunan rumahnya. Rumah adat Sumatera Barat satu ini juga bisa dibilang banyak ditemui di Kota Payakumbuh, Padang.

Rumah Gadang Gonjong Limo juga memiliki finishing bangunan yang mirip dengan Gajah Maharam. Bedanya hanya tidak ditambah anjung saja.

4. Rumah Adat Gonjong Anam

borneochannel.com

Selanjutnya ada rumah adat bernama Rumah Adat Gonjong Anam. Rumah adat satu ini merupakan rumah adat khas Minang. Bentuk bangunan rumahnya sangat mirip dengan Rumah Gadang Gajah Maharam tadi lho.

Namun, ada hal lain yang berbeda dari rumah adat ini. Yakni bangunannya sudah lebih dimodifikasi dengan penambahan ornamen khas Minangkabau yang membuat bangunannya menjadi beranjung.

Rumah adat Gonjong Anam juga memiliki bangunan yang lebih kekinian jika dibandingkan dengan rumah adat Sumatera Barat yang sudah Mamikos sebutkan tadi.

5. Rumah Adat Gonjong Sibak Baju

www.pasbana.com

Ada rumah adat Sumatera Barat yang bernama Gonjong Sibak Baju. Bangunan rumah adat ini memiliki ciri khas yang bisa langsung disadari dari bentuknya yang mirip dengan belahan baju.

Jika dilihat lebih mendalam, rumah adat satu ini juga masih meniru model rumah Gadang Gajah Maharam. Apalagi bahan dasar pembuatan bangunannya adalah kayu dan sasak.

6. Rumah Adat Gadang Batingkek (Rumah Gadang Bertingkat)

http://www.ranahminang.info/

Di nomor berikutnya ada Rumah Adat Gadang Batingkek atau rumah Gadang bertingkat. Bangunan dari rumah gadang ini juga boleh dikatakan mirip seperti rumah gadang Gajah Maharam.

Dulu, rumah adat ini banyak ditemui di kota Padang. Namun sayangnya jadi makin sulit untuk dijumpai pada masa sekarang.

7. Rumah Gadang Surambi Papek

https://borneochannel.com

Rumah adat Sumatera Barat yang terakhir adalah Rumah Gadang Surambi Papek yang bangunannya terlihat agak berbeda dengan rumah adat yang sudah Mamikos sebutkan sebelumnya.

Rumah adat Sumatera Barat yang satu ini memiliki finishinh kiri dan kanan yang disebut bapamokok atau papek yang dalam bahasa Minang memiliki arti pintu masuk dari belakang.

Maksudnya apabila Anda ingin masuk ke rumah ini saat berkunjung, maka Anda harus masuk melalui pintu belakang rumah. Hah? Kok bisa begitu?

Akan tetapi, tentu saja seiring perkembangan zaman, kini sudah banyak pula rumah Gadang Surambi Papek yang dimodifikasi sehingga memiliki pintu depan.

Keistimewaan Rumah Adat Khas Sumatera Barat

Perlu kamu ketahui juga bahwa masyarakat Sumatera Barat masih banyak yang menjalani berprofesi sebagai petani. Oleh sebab itu musim paceklik adalah salah satu mimpi buruk bagi mereka dan harus diatasi.

Makanya banyak masyarakat Sumatera Barat kemudian menyiapkan lumbung padi sendiri di sekitar rumah mereka. Tetapi, lumbung padi ini biasanya terletak di luar bagian utama rumah.

Oh, ya selain itu keunikan lain dari rumah adat ini adalah pembangunannya tidak menggunakan paku sama sekali lho. Lalu bagaimana bisa sekokoh itu? Jadi masyarakat Sumbar menggunakan teknik pasak pada sambungan kayu.

Teknik satu ini juga membuat struktur bangunan rumah tidak akan patah meski ada kemungkinan terburuk terkena gempa. Hal tersebut dikarenakan konstruksi pasak sambungannya yang menyerupai engsel. Menarik, ya. Pantas saja kokoh.

Sampai di sini dulu informasi mengenai nama rumah adat Sumatera Barat yang bisa Mamikos sampaikan untuk kamu. Semoga penjelasan lengkap beserta gambar yang dilampirkan di atas dapat memberikan informasi baru.

Untuk mendapatkan informasi terkait kos-kosan, kamu bisa mengakses aplikasi Mamikos sekarang juga. Aplikasinya dapat diunduh via IOS dan Android dan mudah untuk digunakan. Ribuan kos-kosan bisa kamu peroleh dengan satu aplikasi Mamikos. Unduh sekarang!


Klik dan dapatkan info kost di dekat mu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah