Jurusan Ilmu Komunikasi Serta Prospek Kerja Yang Menjanjikan

 Bella Carla | Jum, 14 Feb 2020

Jurusan Ilmu Komunikasi – Pertumbuhan dunia yang kian cepat berubah dalam dua dasawarsa terakhir membuat teknologi sudah sedemikian pesatnya menyentuh segala aspek kehidupan manusia. Salah satu yang berkembang sangat pesat dan menjadi pemicu dari perkembangan yang ada adalah komunikasi. Kebutuhan akan kemampuan dalam berkomunikasi yang baik dan efektif merupakan suatu kenyataan yang tidak perlu dipertanyakan lagi saat ini. Tak heran jika jurusan Ilmu Komunikasi di berbagai kampus kian diminati oleh para remaja. Buat kamu yang masih merasa asing dengan jurusan Ilmu Komunikasi dan masih bingung dengan prospek kerja jurusan yang satu ini, mungkin sebagiknya kamu baca informasi di bawah ini.

Mengenal Jurusan Ilmu Komunikasi Hingga Prospek Kerjanya

Deskripsi Jurusan

Kehidupan kita memang tidak akan pernah lepas dari namanya komunikasi. Ada banyak kegiatan komunikasi yang secara tidak sadar telah kamu lakukan, seperti ngobrol dengan teman hingga memberikan kode untuk kekasih. Nah, jurusan Ilmu Komunikasi ini sendiri merupakan bidang studi yang mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan, mulai dari individu, media, periklanan/publisitas, komunikasi interkultural, komunikasi media sosial hingga seni. Ilmu Komunikasi berhubungan erat dengan masalah fundamental dari hubungan antara manusia dengan sesamanya dalam kehidupan bermasyarakat.

Umumnya, target utama lulusan jurusan Ilmu Komunikasi adalah dapat berkomunikasi dengan baik. Salah satu parameter paling jelas dari komunikasi yang baik ini adalah dengan tersampainya pesan dari satu pihak ke pihak yang lain. Dengan dasar seperti ini, studi Ilmu Komunikasi pun bisa berkembang menjadi banyak sekali macam. Salah satunya karena beragamnya media untuk komunikasi, mulai dari media cetak, media audio, media visual, maupun media audio visual.

Jurusan Ilmu Komunikasi Dalam Dunia Perkuliahan

Jika dilihat secara garis besar, untuk dapat menyelesaikan kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi membutuhkan waktu selama 4 tahun atau 8 semester. Nantinya, kamu pun akan mempelajari segala bentuk komunikasi mulai dari komunikasi personal, komunikasi interpersonal, komunikasi persuasif, komunikasi publik, komunikasi massa, hingga komunikasi organisasi. Tak hanya itu saja, mahasiswa Ilmu Komunikasi juga akan diajak untuk mempelajari strategi komunikasi dan melakukan berbagai praktek yang berhubungan dengan media. Beberapa materi Ilmu Komunikasi yang akan kamu temui di jurusan ini antara lain ada Komunikasi Massa, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Politik, Komunikasi Lintas Budaya, Media dan Kajian Budaya, Teknik Lobi dan Negosiasi, Periklanan, Reportase Berita Penyiaran, Penulisan Naskah Berita, dan masih banyak lagi lainnya.

Seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi akan dituntut untuk bisa berpikir out of the box agar kamu dapat menelurkan gagasan-gagasan cemerlang dan ide-ide kreatif yang sebelumnya belum sempat terpikirkan oleh orang lain. Keahlian ini secara tidak langsung telah menjadi identitas bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi. Selama kegiatan perkuliahan, nantinya kamu juga akan banyak ditugaskan dalam berbagai jenis kegiatan produksi, salah satunya produksi iklan. Dalam kegiatan produksi ini kemampuan kamu bekerja dalam tim pun akan diasah, seperti bagaimana nantinya kamu akan menjadi seorang pemimpin serta bagaimana cara kamu mengungkapkan ide dan menyampaikan gagasan.

Kampus Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik

Untuk bisa mengenyam pendidikan jurusan Ilmu Komunikasi, kamu pun tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Di Indonesia sendiri sudah banyak kampus yang membuka jurusan Ilmu Komunikasi dengan kualitas pendidikan sangat baik. Berikut ini ada tiga perguruan tinggi negeri dan swasta yang sering dijadikan rujukan bagi peminat jurusan Ilmu Komunikasi.

1. Universitas Indonesia

Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI) masuk dalam jajaran perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Reputasi jurusan Ilmu Komunikasi UI memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Menyandang akreditas A dari BAN-PT, UI sudah berhasil menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang berkiprah sebagai tenaga yang profesional dan beretika moral dalam ilmu dan praktek komunikasi. Buat kamu yang tertarik mengambil jurusan Ilmu Komunikasi, tak ada salahnya jika kamu mempertimbangkan UI sebagai kampus tujuanmu.

2. Universitas Padjajaran

Buat kamu yang punya ketertarikan buat mengembangkan ilmu seputar komunikasi, jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran (Unpad) memang bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, Unpad juga memiliki jurusan Ilmu Komunikasi dengan kualitas pendidikan sangat baik. Jurusan Ilmu Komunikasi memang telah lama salah satu program studi unggulan di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Berbekal pengalamannya, jurusan yang satu ini terus tumbuh menjadi program studi yang paling diminati di Universitas Padjadjaran.

3. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) memiliki prodi Ilmu Komunikasi yang umurnya masih tergolong muda yaitu dibangun sejak tahun 1991. Meskipun usianya muda, pengalaman dan kredibilitasnya patut diacungi jempol. Jurusan Ilmu Komunikasi di UAJY sendiri sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT. Untuk itu tak ada salahnya bukan memilih UAJY sebagai kampus tujuan ketika kamu ingin mengambil jurusan Ilmu Komunikasi?

Gaji Lulusan Ilmu Komunikasi

Seorang lulusan Ilmu Komunikasi nyatanya memiliki peluang karir yang cukup luas. Mengapa demikian? Karena dimanapun seseorang berada, setiap saat komunikasi selalu dibutuhkan. Gaji lulusan Ilmu Komunikasi yang ditawarkan di awal karir juga sangat kompetitif lho, tapi tentunya tergantung pada kemampuan, area tempat bekerja, jabatan, dan pengalaman yang kamu miliki juga.

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi akan membuat kamu memiliki kelebihan di bidang menulis, berbicara, hingga mendengarkan. Tak heran jika prospek kerja Ilmu Komunikasi di pemerintahan baikpun perusahaan swasta terbuka cukup lebar. Selain menjadi seorang jurnalis ataupun public relation di sebuah perusahaan, lulusan jurusan Ilmu Komunikasi juga bisa masuk ke dunia advertising, marketing, maupun broadcasting. Hal ini tentunya bisa membuat kamu bekerja di berbagai jenis agensi, instansi pemerintahan, media, hingga berbagai perusahaan swasta. Beberapa pilihan karir berikut ini nantinya dapat menjadi pilihan bagi lulusan jurusan Ilmu Komunikasi:

1. Account Executive

Biasa disingkat dengan AE, Account Executive merupakan suatu profesi yang hampir mirip dengan sales. Jika dilihat secara garis besar, tugas seorang AE ini adalah mencari klien dan menjalin hubungan baik untuk menghasilkan kerja sama yang saling menguntungkan. Bisa dibilang, pendapatan perusahaan akan cukup bergantung pula pada kelihaian AE mendapatkan klien yang potensial dan bisa memberikan benefit yang sama besarnya dengan apa yang bisa ia tawarkan dari perusahaan tempatnya bekerja. Namun, secara spesifik tugas seorang AE ini akan berbeda-beda sesuai dengan industri di mana mereka bekerja.

2. Customer Service

Menyediakan informasi atau layanan terkait barang dan jasa yang diperdagangkan sesuai dengan kebutuhan konsumen merupakan tugas seorang Customer Service. Menjadi seorang Customer Service akan menuntut kamu untuk mempunyai product knowledge yang luas. Hampir semua lini bisnis membutuhkan seorang Customer Service, seperti perbankan, industri transportasi, industri jasa, dan lainnya. Menariknya lagi, Customer Service ini tidak melulu ditempatkan sebagai frontliner karena ada juga beberapa perusahaan yang menempatkannya di balik layar.

3. Content Creator

Content Creator merupakan sebutan bagi seseorang yang mencipatkan berbagai materi konten baik itu berupa tulisan, gambar, video, suara, maupun gabungan dari dua atau lebih materi. Topik-topik yang dipilih oleh para Content Creator juga sangat beragam, mulai dari fashion, beauty, kuliner, sampai daily vlog. Keberadaan profesi content creator memang tidak terlepas pula dari kemajuan teknologi. Nah, untuk menjadi seorang Content Creator ini kamu dituntut untuk bisa menciptakan ide-ide orisinil agar dapat menghasilkan materi baru yang berbeda dan diterima oleh masyarakat.

4. Content Writer

Content Writer identik sebagai pelaku kreatif yang menciptakan suatu karya tulis baik berupa karya fiksi maupun non-fiksi. Bidang pekerjaan seorang Content Writer tidak hanya sebatas buku dan teks saja, karena ada pula Content Writer yang terlibat dalam penulisan naskah skenario iklan. Nah penulis yang bekerja di industri periklanan ini biasanya tergabung di divisi creative and scriptwriter.

5. Editor

Editor umumnya berperan dalam menemukan dan mengembangkan talenta seorang penulis. Karena bagaimanapun juga dibalik buku yang sukses dijual di toko buku ada jasa seorang editor dibaliknya. Umumnya, Editor bertanggung jawab terhadap keseluruhan fungsi penyuntingan (editing) pada suatu naskah di perusahaan penerbitan maupun media. Sehari-hari tugas seorang Editor ini adalah mencari, memperbaiki dan menerbitkan naskah tulisan maupun gambar pendukung.

6. Jurnalis

Dikenal juga dengan sebutan wartawan, Jurnalis adalah sebutan untuk seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik seperti menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada publik lewat media massa secara teratur. Jurnalis kerap dijadikan sebagai pilihan pekerjaan yang ideal bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Kamu pun wajib berbangga dengan profesi sebagai Jurnalis karena kamu akan dianggap sebagai wakil dari suara masyarakat mengenai berbagai kejadian yang ada dan terjadi di masyarakat. Menariknya lagi, bekerja sebagai Jurnalis juga bisa membawa kamu ke daerah-daerah yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu jelajahi.

7. Penyiar

Profesi Penyiar biasanya identik dengan orang-orang yang jadi ujung tombak radio maupun televisi. Pekerjaan yang satu ini memang berperan penting dalam kesuksesan acara yang dipandunya. Selain di radio, penyiar bisa juga bekerja di stasiun televisi. Di TV, profesi seorang Penyiar ini lebih sering disebut sebagai pembaca berita.

8. Public Relations (Humas)

Lebih dikenal dengan sebutan Humas, profesi Public Relations berperan sebagai jembatan komunikasi berbagai pihak. Tak heran jika seorang Public Relations ini harus paham betul konsep komunikasi. Mengapa demikian? Karena nantinya mereka wajib untuk bisa menyusun strategi komunikasi dan siap mengeksekusi setiap program komunikasi dengan sebaik-baiknya. Selain terampil dalam berkomunikasi, seorang Public Relations juga harus memiliki kemampuan media relations serta cakap melakukan negosiasi.

Materi Dan Pengetahuan Umum atau Skill yang Perlu Dimiliki

  • Kemampuan berbicara di depan umum
  • Kemampuan dasar desain
  • Kemampuan dasar fotografi
  • Kemampuan berpikir secara out of the box
  • Kemampuan menulis kreatif
  • Teamwork

Nah, di atas tadi Mamikos sudah memberikan sedikit informasi pengenalan seputar jurusan Ilmu Komunikasi hingga prospek kerjanya yang menjanjikan. Kira-kira diantara kamu adakah yang tertarik untuk mengambil jurusan Ilmu Komunikasi? Pantau terus info-info menarik seputar jurusan perkuliahan lainnya hanya melalui situs blog Mamikos ya. Buat kamu yang membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan maka jangan lupa pula download aplikasi Mamikos. Di aplikasi Mamikos kamu bisa mendapatkan akses yang lebih praktis lagi karena di aplikasi Mamikos kamu bisa menemukan informasi seputar lowongan kerja, kost-kostan, serta sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: