10 Kegiatan Ngabuburit #DiKosAja Yang Seru Dan Bermanfaat, Bikin Lupa Kalau Lapar!

 Bella Carla | Sen, 11 Mei 2020

Kegiatan Ngabuburit #DiKosAja – Bulan Ramadhan di tahun 2020 ini memang terasa cukup berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Dikarenakan adanya pandemi wabah virus Corona, kita pun terpaksa harus melakukan segala sesuatu dari rumah saja. Buat kamu yang tinggal di perantauan tak perlu sedih, kamu masih bisa melakukan banyak hal #DiKosAja di bulan Ramadhan ini. Kira-kira apa saja kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka tiba? Cek info selengkapnya di bawah ini.

Deretan Kegiatan Ngabuburit #DiKosAja Yang Seru Dan Bermanfaat

Kegiatan Ngabuburit #DikosAja
images.idgesg.net

Kalau biasanya bulan Ramadhan kerap diidentikkan dengan ngabuburit atau jalan-jalan di luar kost sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba, kali ini mungkin akan sedikit berbeda. Bukan tidak bisa ngabuburit, hanya tempatnya yang berubah yaitu hanya dilakukan #DiKosAja. Kamu pun tak perlu bersedih, nyatanya ngabuburit #DiKosAja ternyata juga tidak begitu membosankan kok asalkan kamu bisa memilih kegiatan yang menyenangkan. Nah, di bawah ini ada 10 kegiatan ngabuburit asyik yang bisa kamu lakukan #DiKosAja selama masa pandemi.

1. Menonton film kesukaan

www.slashgear.com

Menonton film adalah kegiatan yang paling menyenangkan untuk dilakukan #DiKosAja sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Dengan menonton film, maka akan membuat waktu seolah berjalan lebih cepat. Dan tentunya tidak bikin kamu capek dan lelah. Selain itu, kamu juga bisa memperkirakan durasi film dengan waktu menjelang berbuka sehingga menonton film tetap nyaman dan gak bikin parno sama waktu.

2. Melakukan pemotretan virtual

www.holamigo.id

Buat kamu pecinta fotografi yang sudah kangen untuk ambil gambar pemandangan atau orang mungkin bisa coba tren fotografi terbaru ini. Inti dari pemotretan virtual (virtual photoshoot) adalah pemotretan jarak jauh menggunakan aplikasi video call untuk objek yang ingin diambil fotonya. Fotografer dapat mengambil foto objek melalui layar smartphone atau laptop melalui kameranya atau hanya sekadar dengan screenshot lalu menambahkan efek-efek agar lebih memberikan kesan artistik. Dengan melakukan pemotretan secara virtual yang dilakukan #DiKosAja maka waktu pun akan terasa lebih cepat, rasa lapar di perit pun akan terlupakan.

3. Bermain game favorit

parade.com

Dengan berdiam diri #DiKosAja, tentunya kamu mempunyai banyak waktu luang bukan untuk bermain game kesayangan kamu. Jika sebelum masa pandemi kamu cukup sibuk dengan kegiatan di kampus, kini kamu pun bisa rehat sejenak dari segala kegiatan tersebut. Daripada kamu hanya tidur-tiduran saja selama bulan Ramadhan ini, ada baiknya kamu meluangkan waktu sejenak untuk bermain game favorit sambil menunggu waktu berbuka tiba. Kegiatan yang satu ini benar-benar menyenangkan, sangat aman dan membuat waktu seolah berjalan sangat cepat. Kamu bisa ajak teman-teman untuk bermain game yang lagi booming seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire dan masih banyak lagi lainnya.

4. Mengikuti kelas melukis online

timeoutdoha.com

Sejak diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah daerah, banyak orang yang mulai menggeluti hobi melukis untuk mengisi waktunya #DiKosAja. Dari artis, selebgram, influencers hingga orang biasa pun mengikuti tren melukis ini. Kelas-kelas melukis online pun mulai bermunculan untuk memberikan kelas tutorial melukis secara virtual dalam bentuk pertunjukan live. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga bisa mengasah kreativitas kamu di tengah pandemi virus Corona dan bulan Ramadhan lho.

5. Memasak makanan buka puasa

thedailymeal.com

Meskipun kamu tinggal di kost-kostan, bukan berarti kamu tidak bisa menyiapkan makanan buka puasa sendiri bukan? Daripada kamu harus membeli hidangan untuk berbuka nanti, ada baiknya kamu mencoba memasak makanan untuk hidangan buka puasa #DiKosAja. Kegiatan ngabuburit yang satu ini cocok banget buat semua kalangan mahasiswa, terutama yang suka memasak. Selain menyenangkan, meningkatkan kreativitas, menghemat pengeluaran, membawa ketenangan dan kualitas hidup. memasak hidangan untuk berbuka puasa juga mendapat pahala.

6. Membaca buku

celadonbooks.com

Buku memang tidak habis dimakan zaman, dengan membaca buku pastinya kamu bisa mendapatkan banyak ilmu dan manfaat. Pantas saja buku dianggap sebagai jendela dunia. Kamu bisa habiskan waktu ngabuburit #DiKosAja dengan membaca komik, novel, atau buku pengetahuan agama islam untuk menambah ilmu agama kamu di bulan Ramadan ini. Membaca buku merupakan kegiatan yang mudah dan dapat dilakukan dari setiap sudut rumahmu. Dijamin, setelah Ramadan ini pengetahuanmu akan bertambah banyak jika ngabuburit dengan membaca buku setiap hari.

7. Mendekorasi kamar kos

www.rukita.co

Berlama-lama #DiKosAja mungkin akan membuat kamu jenuh dan bosan. Karena itu, ada baiknya kamu mendekorasi kamar kos kamu agar dapat memberikan nuansa yang beda. Selain menghilangkan bosan dan menghabiskan waktu ngabuburit, mendekorasi kamar kos juga bisa membuat kamar kamu tampak semakin cantik dan bersih. Kamu bisa mencari referensi dekorasi interior di internet, kemudian membeli barangnya di E-commerce pilihan.

8. Melakukan perawatan

image-cdn.medkomtek.com

Dari pada hanya berdiam diri selama puasa, lebih baik kamu mengisi waktu ngabuburit dengan melakukan perawatan sendiri #DiKosAja. Di tengah pandemi wabah Corona ini, tentunya kita jadi lebih sering merasa cemas disadari atau tidak perasaan cemas membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit. Berada #DikosAja tentu menjadi waktu terbaik untuk kamu melakukan perawatan seperti maskeran seminggu 1-2 kali dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

9. Membuat kerajinan tangan

diyprojects.com

Daripada kamu hanya bengong-bengong saja, lebih baik ngabuburit dengan membuat kerajinan tangan sambil menunggu waktu berbuka puasa #DiKosAja. Kerajinan tangan ini bisa langsung kamu pajang untuk menghiasi dinding atau meja pojok yang ada di kamar kos kamu lho. Jika kamu kreatif, kamu juga bisa menjual hasil kerajinan tangan kamu sebagai tambahan uang jajan. Banyak ragam kerajinan tangan yang bisa kamu coba buat dengan bahan-bahan bekas, misalnya saja buat anyaman dari koran bekas kemudian kamu cat dengan warna yang cantik, bingkai foto dari stik eskrim, lampu hias dari botol, pot bunga dari botol bekas yang dicat dan sebagainya.

10. Memperdalam ilmu agama

islami.co

Yang terakhir, kamu bisa menghabiskan waktu ngabuburit #DiKosAja dengan membaca Al-Qur’an, atau menghafal hadis. Karena tidak bisa mengikuti pengajian secara langsung, kamu masih bisa menonton ceramah di TV atau di YouTube. Di setiap bulan Ramadhan, hampir semua stasiun televisi di Indonesia menyuguhkan siaran ceramah yang diisi oleh para ustadz atau ustadzah ternama di Indonesia. Selain itu, saat ini banyak ustadz dan ustadzah yang sengaja membuat channel Youtube untuk membagikan ilmu agama Islam. Kamu dan keluarga hanya tinggal mencari nama ustadz dan ustadzah atau mencari topik Islam yang diinginkan.

Ngabuburit menjadi salah satu hal paling dinanti di bulan Ramadhan. Semoga 10 kegiatan ngabuburit #DiKosAja yang sudah Mamikos bagikan di atas bisa menjadi referensi kamu ya agar tidak bosan di kamar kos selama bulan puasa ini. Nah, buat kamu yang berencana ingin merantau di luar kota guna menempuh pendidikan di kampus idaman, jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di kota rantau tujuan kamu dengan praktis dan mudah.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: