17 Kosakata Bahasa Thailand Sehari-hari dan Artinya

17 Kosakata Bahasa Thailand Sehari-hari dan Artinya — Thailand adalah salah satu negara di Asia yang cukup menarik perhatian. Selain wisatanya yang menarik dan beragam, film-film berbagai genre yang digemari, bahasa nya yang terdengar unik rupanya cukup diminati.

Apabila kamu ingin coba mempelajari kosakata bahasa Thailand sehari-hari simpel dan mudah sekaligus mempelajari apa artinya, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat.

Di sini, Mamikos akan memberitakan secara update apa saja kosakata bahasa Thailand sehari-hari yang mudah diucapkan beserta artinya. Langsung praktik dan belajar dari sekarang, yuk!

Rangkaian Kosakata Bahasa Thailand Sehari-hari Beserta Artinya

nationalgeographics.com

Selain bahasa Inggris, Jepang dan Korea, mempelajari bahasa Thailand juga rupanya menarik dan seru untuk dilakukan. Langkah kecil kamu bisa dimulai dengan membaca artikel Mamikos kali ini mengenai kosakata bahasa Thailand sehari-hari yang sederhana dan mudah diikuti.

Langsung saja simak penjelasan kosakata bahasa Thailand yang bisa kamu praktikkan sekarang sebagai berikut.

Kosakata Sehari-hari Bahasa Thailand Mudah

1. Halo: Săwătdee (สวัสดี)

Kosakata pertama yang perlu kamu ketahui dan pelajari tentu saja ucapan salam atau sapa yaitu ‘Halo’. Dalam bahasa Thailand kamu bisa mengucapkannya Săwătdee. Kosakata ini bisa kamu ucapkan pada teman sebaya atau sepantaran dengan kamu.

2. Halo (lebih sopan): Săwătdee krāp / kà (สวัสดี ครับ/ค่ะ)

Kosakata berikutnya masih ucapan salam atau sapa ‘Halo’, namun ini versi yang lebih sopan. Jadi saat kamu menghadapi orang baru, orang yang lebih tua atau bertamu, maka kamu bisa mengucapkan Săwătdee krāp atau Săwătdee kà.

3. Terimakasih: Kăwpkoon (ขอบคุณ)

Kosakata bahasa Thailand berikutnya yang perlu kamu tahu adalah ucapan terimakasih. Yang perlu kamu ucapkan adalah Kăwpkoon. Jika mengucapkannya pada orang yang lebih tua atau ingin lebih sopan maka kamu bisa tambahkan krāp atau kà di belakangnya.

4. Maaf, permisi: Káw tò—ht (ขอ โทษ)

Kosakata berikutnya yang bisa kamu pelajari adalah kata Maaf atau permisi. Dalam bahasa Thailand kamu bisa mengucapkan Káw tò—ht. Dalam film atau serial Thailand kata ini pasti sering kamu dengar, bukan?!

5. Mari bersulang!: Chohn gàaeo! (ชน แก้ว!)

Kosakata selanjutnya yang bisa kamu praktikkan adalah Chohn gàaeo. Kata ini mengandung arti ‘Mari bersulang’ dan biasanya diucapkan saat sedang berkumpul dan minum bersama.

6. Berapa harganya?: Raakaa tàorăi? (ราคา เท่าไหร่?)

Dalam rangkaian kosakata bahasa Thailand sehari-hari yang mudah diucapkan versi Mamikos adalah Raakaa tàorăi?. Kata yang mengandung makna menanyakan harga tersebut biasanya diucapkan saat hendak membeli sesuatu atau sedang bertransaksi jual beli.

7. Di mana kamar mandi?: Hàwng nāam yŭu tèe nái? (ห้อง น้ำ อยู่ ที่ ไหน?)

Ketika kamu di Thailand dan mencari toilet atau kamar kecil, maka kamu bisa mencoba mengucapkan kata Hàwng nāam yŭu tèe nái? ini. Sebab kata tersebut mengandung makna ‘Di mana kamar mandinya?’.

8. Tidak: Mài chài (ไม่ ใช่)

Kosakata bahasa Thailand berikutnya yang mudah dipelajari dan mudah diucapkan sekarang adalah Mài chài yang berarti ‘Tidak’. Jadi, apabila kamu ditawari sesuatu kamu bisa mengucapkan Mài chài.

9. Lezat: Ărăwy (อร่อย)

Kosakata bahasa Thailand berikutnya yang bisa kamu ucapkan sekarang dan hafal adalah kata Ărăwy yang berarti ‘lezat’ atau ‘enak’. Jika kamu berada di restoran dan hidangan kamu terasa enak, maka kamu bisa mengucapkan Ărăwy pada koki nya.

10. Siapa nama Anda? atau Siapa namamu?: Koon chèuu ărai? (คุณ ชื่อ อะไร?)

Apabila kamu ingin bertanya mengenai identitas seseorang atau mungkin kamu ditanya dengan kalimat ‘Koon chèuu ărai?’, maka kamu sedang ditanya siapa nama kamu. Kamu pun bisa menjawab ‘Chán chèuu …’ yang artinya Nama saya adalah …

11. Senang berkenalan dengan Anda: Yindee tèe dài rūujăk (ยินดี ที่ ได้ รู้จัก)

Setelah menjawab nama kamu seperti di atas, kamu bisa melengkapi kalimat kamu dengan Yindee tèe dài rūujăk yang mengandung arti ‘senang berkenalan dengan kamu atau Anda’.

12. Luar biasa!: Yàwt màak! (ยอด มาก!)

Kosakata bahasa Thailand selanjutnya yang bisa kamu coba pelajari adalah ungkapan ekspresi. Jadi apabila kamu melihat sesuatu yang menarik dan membuat semangat maka kamu bisa mengucapkan Yàwt màak! yang mengandung ‘Luar biasa!.

13. Dapatkah saya memotret?: Chán káw tăairùup dài mái? (ฉัน ขอ ถ่ายรูป ได้ ไหม?)

Kosakata bahasa Thailand berikutnya yang bisa coba kamu praktikkan dan pelajari saat sedang berada di negara tersebut adalah Chán káw tăairùup dài mái?, yang mengandung arti ‘Apakah saya boleh memotret di sini?’.

Biasanya kalimat ini diucapkan saat kamu sedang berada di tempat wisata dan ingin mengabadikan momen dalam sebuah gambar. Namun, alangkah baiknya jika kamu bertanya terlebih dahulu boleh atau tidak memotret di area tersebut.

14. Bisa berbahasa Inggris?: Koon pùut paasáa anggrĭt dài réuu bplăo? (คุณ พูด ภาษา อังกฤษ ได้ หรือ เปล่า?)

Kosakata bahasa Thailand selanjutnya yang bisa kamu pelajari adalah saat menanyakan apakah seseorang bisa berbahasa Inggris atau tidak. Maka kamu bisa mengucapkan Koon pùut paasáa anggrĭt dài réuu bplăo? Yang artinya ‘Apakah kamu dapat berbahasa Inggris?’.

15. Bisa saya dapatkan akses internet di sini?: Chán chāi intuuhrnēt tèe nèe dài mái? (ฉัน ใช้ อินเทอร์เน็ต ที่ นี่ ได้ ไหม?)

Kosakata percakapan bahasa Thailand yang dapat diucapkan sehari-hari selanjutnya adalah kalimat Chán chāi intuuhrnēt tèe nèe dài mái?, yang bisa kamu ucapkan apabila bertanya mengenai akses internet.

16. Bisa rekomendasikan restoran yang bagus di dekat sini?: Chùay nāenam rāan aaháan táaeotáaeo nēe năwy? (ช่วย แนะนำ ร้าน อาหาร แถวๆ นี้ หน่อย?)

Kosakata sehari-hari bahasa Thailand yang mudah diucapkan berikutnya adalah Chùay nāenam rāan aaháan táaeotáaeo nēe năwy?, yang memiliki arti ‘Dapatkan Anda merekomendasikan restoran bagus di dekat sini?’. Jadi kalimat tadi dapat kamu ucapkan apabila meminta rekomendasi tempat makan enak.

17. Saya bepergian dengan …(laki-laki/perempuan): pǒm dean tâng gáb …, chán dean tâng gáb … (ผมเดินทางกับ …, ฉันเดินทางกับ …)

Berikutnya dalam rangkaian kosakata bahasa Thailand mudah diucapkan yang bisa kamu pelajari adalah ungkapan Saya bepergian dengan … . Jadi apabila kamu hendak menjelaskan keterangan kamu pergi dengan siapa, maka kamu bisa mengucapkan pǒm dean tâng gáb …, chán dean tâng gáb …

Dengan informasi tadi maka usai sudahlah artikel Mamikos pada kesempatan kali ini tentang rangkaian kosakata bahasa Thailand sehari-hari beserta artinya untuk kamu.

Semoga saja info mengenai kosakata bahasa Thailand yang Mamikos sampaikan di atas bermanfaat dan berguna untuk kamu belajar dan sedikit memahami jika kamu nonton film atau serial dari Negeri Gajah Putih tersebut.

Jika kamu memerlukan info hunian kos, maka sangat disarankan untuk mengunduh dan mengakses aplikasi pencari kos Mamikos sekarang. Ada beragam pilihan kos yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan atau keperluan kamu di sana. Segera unduh aplikasinya di IOS dan Android, gratis.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah