Libur Lebaran 2020: 10 Tempat Wisata Bareng Keluarga di Bandung

 Mamikos | Jum, 06 Mar 2020

Libur Lebaran 2019: 10 Tempat Wisata Bareng Keluarga di Bandung – Libur Lebaran nanti sudah menentukan akan pergi kemana bersama keluarga? Bila belum, tak ada salahnya bila mengunjungi Kota Bandung. Bandung merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia yang menawarkan banyak tempat wisata, yang tentunya sayang bila dilewatkan begitu saja.

Selain wisata alam, wisata belanja serta wisata kuliner pun bisa dilakukan di kota yang terkenal dengan cuacanya yang dingin dan sejuk ini. Lantas, destinasi mana saja sih yang bisa dikunjungi di Bandung bersama keluarga saat libur Lebaran nanti? Simak daftarnya berikut ini:

Libur Lebaran 2020: 10 Tempat Wisata Bareng Keluarga di Bandung Ini Sayang Bila Dilewatkan

Farmhouse Lembang - Tempat Wisata di Bandung yang Buka Saat Lebaran

1. De Ranch

De Ranch berlokasi di Jalan Maribaya No. 17, Lembang, Bandung, kurang lebih 200 meter dari pertigaan pasar Lembang. De Ranch sering kali ramai dikunjungi wisatawan dari Jakarta, Bandung, dan sekitarnya terutama pada akhir pekan sehingga tidak perlu heran jika melihat antrian masuk yang panjang.

De Ranch merupakan salah satu tempat wisata di Lembang yang terkenal dengan keunikannya. De Ranch menawarkan suasana yang berbeda dari tempat wisata pada umumnya, De Ranch menawarkan suasana peternakan kuda ala koboi Amerika yang sulit ditemukan di tempat lain di Indonesia.

2. Tebing Keraton

Tebing Keraton atau Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Dari Tebing Keraton dapat menikmati pemandangan spektakuler. Bukan lampu kota, melainkan hutan.

Tidak sulit untuk mencapai Tebing Keraton. Dari pusat kota Bandung, bertolaklah ke arah Dago Pakar, kemudian ke arah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Setelah pintu gerbang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, beloklah ke kanan. Maka kamu akan melewati rumah-rumah besar dan kemudian perkampungan.

3. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya sebelumnya lebih dikenal dengan The Lodge Earthbound & Adventure Park terletak di Desa Cibodas Maribaya, tidak jauh dari Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Berdiri sejak tahun 2005, lokasi ini pada awalnya hanya mengakomodasi kegiatan outbound dan berkemah saja. Barulah pada tahun 2016, The Lodge Maribaya meningkatkan pariwisata kreatifnya melalui berbagai fasilitas menarik yang dapat dinikmati oleh para pecinta kegiatan outdoor.

4. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung adalah kawasan wisata terpadu di Kota Bandung, Indonesia. Trans Studio dibangun pada areal seluas 4,2 hektare dengan investasi mencapai Rp 2 triliun sehingga menjadikan sebagai kawasan hiburan terluas dan terlengkap di Bandung.

Wahana yang terdapat di sana menawarkan petualangan dan sensasi baru yang tidak kalah menantang seperti pendahulunya yaitu Trans Studio Resort Makassar yang dibuka pada tahun 2009. Trans Studio Bandung dibuka untuk umum pada tanggal 18 Juni 2011.

5. Ranca Upas Ciwidey

Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas adalah salah satu bumi perkemahan di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Terletak di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung, dengan jarak sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung.

Memiliki luas area sekitar 215 hektar, berada pada 1700 meter di atas permukaan laut, dengan suhu udara sekitar 17 °C – 20 °C. Sekitar area, oleh hutan lindung dengan beragam flora seperti Pohon Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, Kitambang, Kurai, Pasang dan Puspa. Sedangkan fauna terdiri dari beragam jenis burung, serta beberapa satwa jinak lainnya.

6. Kebun Binatang Mini PVJ

Paris Van Java Resort Lifestyle Place (juga dikenal dengan nama Paris Van Java Mall) adalah sebuah pusat perbelanjaan yang terletak di Bandung, Jawa Barat. Mal ini bisa dicapai beberapa jam dengan mengemudi dari Tol Pasteur.

Mal yang diresmikan pada bulan Juli 2006 ini, dirancang dengan nuansa open air yang alami serta pemandangan burung-burung merpati hias yang beterbangan. Faktor lain yang menjadi daya tarik adalah konsep bangunan yang kental dengan desain Eropa.

PVJ sendiri memiliki penangkaran khusus kupu-kupu. Spesiesnya berasal dari Jawa Barat, Sulawesi, sampai Papua sebagai spesies yang paling langka berwarna biru dan berukuran besar. Terdapat juga beberapa spesies dari luar negeri seperti dari Afrika.

7. Floating Market Lembang

Floating Market Lembang beralamat di Jalan Grand Hotel No 33 E Lembang Bandung Barat 40391- Jawa Barat Indoensia Tlpn (022) 2535898.

Bukan seperti pasar pada umumnya yang berada di darat, pasar ini justru berada di atas air dengan menjajahkan jualannya di atas perahu sehingga mengapung seperti di Thailand. Tidak perlu jauh-jauh ke Thailand, karena Bandung juga punya pasar apung.

8. Rumah Stroberi Lembang

Untuk wisatawan yang ingin wisata petik buah, tentunya rumah stroberi Lembang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Terletak di jalan Sersan Bajuri yang sejuk, rumah stroberi menawarkan kafe dan penginapan yang dilengkapi dengan kebun stroberi, area outbond, dan playground. Selain pemandangan indah dan udara segar, pengunjung juga bisa menikmati makanan dengan harga terjangkau.

9. Stone Garden

Stone Garden terletak di Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat dengan memakan waktu tempuh 1 hingga 2 jam dari pusat kota Bandung.

Stone Garden, adalah sebutan nama untuk hamparan tanah yang diisi oleh formasi batuan tak beraturan yang indah dan membentuk taman alam.

10. Kawah Putih

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata di Jawa Barat yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah putih merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha.

Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 mdpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha.