10 Menu Berbuka Puasa Ala Kampung & Rumahan Terfavorit

Posted in: Ramadhan Resep Masakan

10 menu berbuka puasa ala kampung & rumahan terfavorit – Waktu berbuka puasa akan menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu setelah seharian menahan haus dan lapar. Dengan menu berbuka lezat, puasa sehari penuh seakan terbayar. Kamu pun menjadi lebih semangat untuk menjalani puasa esok hari.

Berbagai Macam Menu Buka Puasa Sederhana Terfavorit

pexels.com

Variasi menu berbuka perlu dipersiapkan dengan baik agar tubuh bertenaga dan tidak kekurangan tenaga setelah seharian beraktvitas. Asupan makanan yang sedikit saat sahur biasanya digantikan saat berbuka karena waktunya lebih panjang. Selain itu, menu buka puasa menjadikan semangat puasa terjaga pada sebagian orang.

Bagi orang yang berpuasa, menyantap menu berbuka merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu, apalagi jika menu berbuka puasa tersebut adalah menu favorit. Orang yang berpuasa pun akan segera membatalkan puasa dan memakan hidangan tersebut. Ada pula yang menunaikan shalat maghrib terlebih dahulu sebelum makan berat atau justru memilih untuk makan berat setelah shalat isya.

Terlepas dari waktu makan yang berbeda-beda, sajian buka puasa ala kampung dan rumahan sangat menarik. Ingin mencoba membuat menu buka puasa sederhana dan praktis ala kampung dan rumahan? Tenang, ada referensi menu makanan yang akan Mamikos sajikan. Kamu pun bisa membuatnya sendiri dengan referensi berikut.

1. Oseng Kacang Panjang

selerasa.com

Menu berbuka puasa rumahan pertama yang dapat kamu coba adalah oseng kacang panjang. Tidak sulit mendapatkan bahan utama masakan tersebut karena di pasar atau tukang sayur jenis kacang panjang adalah sayuran yang wajib ada. Pembuatan oseng kacang panjang tidak membutuhkan waktu lama, sehingga kamu yang terburu-buru pun bisa berbuka tepat waktu.

Bahan pembuatan oseng kacang panjang bisa kamu modifikasi sesuai selera, misalnya dengan menambahkan tempe, petai, hingga udang. Agar rasa oseng lebih lezat, tambahkan saus tiram sesuai selera. Tambahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk, dan jahe pun akan membuat oseng kacang panjang semakin lezat.

2.Capcay

www.masakapahariini.com

Olahan berbagai macam sayuran dan hasil laut bisa membuat buka puasa semakin dinantikan. Resep capcay di atas sangat mudah dibuat, apalagi untuk anak kost atau kamu yang tinggal sendiri. Gunakan bahan sayuran seperti kembang kol, brokoli, jagung muda, wortel, serta udang kupas atau makanan laut lainnya. Cara pembuatan capcay yang hanya ditumis pun tidak memakan waktu lama. Jika kamu menyukai capcay berkuah kental, tambahkan tepung maizena secukupnya. Capcay juga bisa menjadi menu buka puasa untuk jualan.

3. Sayur Bayam

selerasa.com

Resep masakan menu buka puasa yang mudah dan sederhana namun tetap lezat adalah sayur bayam. Dengan beberapa ikat daun bayam, kamu sudah bisa membuat seporsi sayur bayam. Tambahkan jagung rebus untuk menambah variasi warna serta rasa. Bahan untuk membuat sayur bayam ala kampung diantaranya adalah wortel, bawang merah, bawang putih, daun salam, dan temu kunci apabila suka. Hanya tinggal merebus air dan memasukkan semua bahan, sayur bayam siap disajikan. Jangan lupa untuk memasukkan wortel terlebih dahulu sebelum memasukkan bayam agar daun bayam tidak terlalu layu.

4. Sup Ayam

royco.co.id

Jika kamu ingin membuat menu buka puasa tanpa ribet, sup ayam bisa menjadi pilihan tepat. Diperlukan sayuran seperti wortel, brokoli, seledri, kol, buncis, dan tambahan jenis sayur lainnya yang kamu inginkan. Namun, masukkan hasil rebusan ayam agar air sup menjadi kaldu yang menambah cita rasa masakanmu. Tambahkan pula penyedap rasa serta garam.

5. Asem-Asem Daging

www.resepkekinian.com

Sayur ala desa asem-asem bisa kamu variasikan dengan menambahkan daging. Bahan berupa daging rebus yang dipotong kotak dipadukan dengan irisan buncis akan menjadi sajian lezat menu berbuka. Untuk menambah rasa asam, gunakan tomat hijau dan belimbing wuluh. Adapun bahan lain yang bisa kamu tambahkan adalah bawang merah, bawang putih, daun jeruk, daun salam, jahe, laos, cabai, dan penyedap rasa serta kecap. Setelah semua bumbu ditumis, rebusan daging dan bumbu bisa dimasukkan. Saat sudah mendidih, tambahkan tomat dan belimbing agar tetap segar.

6. Sayur Lombok Ijo

blog.damarkita.com

Tidak ada salahnya sesekali berbuka dengan makanan bersantan sayur lombok ijo. Bahan yang diperlukan adalah daging tetelan serta tempe. Dengan tambahan bawang merah, bawang putih, gula merah, cabe hijau keriting, lengkuas, serta penyedap rasa, makanan berbuka khas rumahan pun siap disajikan. Cara memasak sayur lombok ijo sangat mudah karena hanya perlu menumis bumbu dan memasukkan cabe hijau, salam, serta lengkuas. Kemudian tempe dan daging tetelan yang sudah direbus turut dimasukkan, baru diberi santan dan bumbu penyedap. Tunggu hingga bumbu meresap

7. Cah Kangkung

masakanresepibu.com

Jika kamu mencari menu buka puasa irit, cah kangkung bisa menjadi alternatif. Usahakan untuk memasak menu makanan bergizi seperti cah kangkung. Berbekal seikat kangkung, kamu sudah bisa membuat seporsi cah yang bisa dikonsumsi 2 – 3 orang. Tambahkan bakso dan tomat agar rasanya semakin lezat. Bumbu cah kangkung yang digunakan adalah bawang putih, kemiri, serta cabai rawit. Biasanya, untuk menambah aroma dan rasa, ditambahkan pula saus tiram serta penyedap jamur.

8. Tumis Tauge dan Tahu

selerasa.com

Hidangan yang ditumis untuk menu berbuka akan terasa lezat jika disantap bersama nasi hangat. Cobalah memasak tumis tauge dan tahu yang bahannya cukup praktis. Gunakan tauge panjang dan tahu yang sudah dipotong balok sebagai bahan utama. Kemudian tambahkan kecap asin, daun bawang, serta bawang putih yang dicincang. Setelah tahu digoreng hingga kecoklatan dan disisihkan, tumis bawang putih hingga harum, kemudian masukkan tahu dan tambahkan tauge. Penyedap rasa dan kecap asin serta daun bawang bisa kamu tambahkan setelahnya.

9. Ayam Kecap

www.masakapahariini.com

Nikmati sajian menu berbuka ala rumahan dengan resep ayam kecap. Bahan utama menu tersebut adalah ayam yang sudah dipotong dan dibumbui kecap manis. Ada pula bahan tambahan lainnya seperti bawang putih, jahe, cabai rawit, bawang merah, merica bubuk, gula pasir, dan garam. Cara membuat ayam kecap bisa dimulai dengan menggoreng ayam kemudian ditiriskan. Bumbu lainnya seperti bawang merah, bawang putih, irisan cabai, serta jahe memar, irisan cabai ditumis hingga harum. Setelah ditambahkan garam dan merica bubuk, dituang air dan ditambahkan ayam. Beri kecap dan gula pasir dan tunggu hingga ayam matang.

10. Trancam

kompas.com

Menu buka puasa yang segar yang bisa disajikan tanpa harus banyak memasak adalah trancam. Bahan yang diperlukan adalah kemangi, kol yang diiris tipis, kelapa parut, kacang panjang yang iris kecil, buah mentimun yang dikupas, petai cina, serta tauge pendek. Kamu perlu membuat bumbu halus dengan bahan kencur, cabai rawit, bawang putih, cabai merah besar, serta garam. Semua sayuran yang dipotong tadi kemudian dicampur bumbu halus dan kelapa parut. Setelah semua diaduk rata, trancam siap disajikan.

Demikian referensi 10 menu berbuka puasa ala kampung & rumahan terfavorit yang bisa kamu coba di bulan Ramadhan nanti. Jika memungkinkan, buatlah daftar menu buka puasa untuk 1 bulan atau menu buka puasa dan sahur selama 30 hari agar tidak kebingungan memikirkan jenis menu makanan yang akan disajikan. Cara ini juga membantumu berbelanja serta mengalokasikan budget untuk membeli makanan berbuka. Kamu yang tinggal bersama banyak anggota keluarga dengan selera beragam pun bisa menyiasatinya dengan memilih menu buka puasa yang banyak diminati. Selamat mencoba!


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah