Pendaftaran Masuk Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 2018/2019

Posted on Posted in Pendaftaran, Politeknik

Pendaftaran Masuk Politeknik Elektronika Negeri Surabaya 2018 – Politeknik Elektronika Negeri Surabaya atau biasa disebut PENS adalah salah satu politeknik favorit yang loakasinya berada di kompleks kampus ITS Sukolilo, Surabaya. Politeknik ini juga dikenal sebagai salah satu dari top 10 politeknik di Indonesia yang unggul dalam bidang teknologi. PENS memang sudah berdiri sejak tahun 1988, namun hingga saat ini peminatnya masih terus membludak, apalagi bagi calon mahasiswa yang tertarik menggeluti bidang teknik elektro.

Pendaftaran Masuk Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Pendaftaran Masuk Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Departemen di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Anda perlu mengetahui departemen yang terdapat di PENS agar bisa mencari tahu jurusan yang diinginkan. Departemen di PENS tersebut diantaranya:

  • Departemen Teknik Elektro
  • Departemen Teknik Informatika dan Komputer
  • Departemen Multimedia Kreatif
  • Departemen Mekanika dan Energi

Setiap departemen memiliki ranah jurusan yang berada dalam satu rumpun. Jika Anda memilih program untuk D1, seringkali jurusan yang tersedia berbeda dengan program studi pada jenjang D2, D3, hingga  pascasarjana (S2).

Jurusan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Pastikan bahwa Anda sudah memilih jurusan sesuai program studi yang ditawarkan.

Program studi untuk D1 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya terbuka untuk jurusan teknik listrik pembangkit, jurusan teknik mesin pembangkit, serta jurusan teknik instrumentasi pembangkit. PENS juga bekerja sama dengan beberapa sekolah menengah kejuruan untuk membuka program studi jenjang D1 pada jurusan teknik informatika dan jurusan teknik multimedia.

Program studi yang ditawarkan untuk jenjang D2 lebih beragam. Anda dapat memilih jurusan teknik informatika, jurusan multimedia, serta jurusan teknik mekatronika.

Jika Anda tertarik untuk meneruskan studi hingga jenjang D3 dan D4, langsung fokuslah pada jurusan yang tersedia pada masing-masing departemen, seperti:

  • Departemen teknik elektro membuka jurusan teknik elektronika (D3, D4), jurusan teknik telekomunikasi (D3,D4), jurusan teknik elektro industri (D3,D4). Jumlah siswa yang diterima pada setiap jurusan hanya 60 orang dan terbagi menjadi 2 kelas, sehingga Anda perlu mempersiapkan diri apabila ingin menjadi bagian dari mahasiswa di departemen teknik elektro PENS.
  • Departemen teknik informatika membuka jurusan teknik informatika (D3,D4), jurusan teknik komputer (D4). Jumlah mahasiswa yang diterima pada departemen ini juga 60 orang.
  • Departemen mekanika dan energi hanya membuka peluang studi untuk jenjang D4 pada jurusan teknik mekatronika dan jurusan sistem pembangkit energi. Namun, jumlah mahasiswa yang akan diterima pada jurusan sistem pembangkait energi hanya 30 orang.
  • Departemen multimedia kreatif membuka jurusan teknologi multimedia broadcasting (D3) dan jurusan teknologi game (D4). Jika Anda tertarik dengan dunia game, maka segeralah mendaftar jurusan ini karena kuota yang disediakan hanya 30 orang.
  • Program pascasarjana membuka jurusan teknik elektro serta jurusan teknik informatika dan komputer. PENS menyelenggarakan program untuk pascasarjana terapan di Indonesia yang pertama, namun peminatnya sudah cukup tinggi.

Setiap tahun, PENS menerima hingga 720 orang mahasiswa. Kualitas politeknik yang semakin baik juga menjadi alasan adanya program studi baru yang akan dibuka, seperti jurusan sistem informasi (D3), jurusan teknologi informasi (D3), jurusan desain media (D3), dan jurusan teknologi multimedia broadcasting (D4). Selalu pantaulah informasi jadwal pendaftaran masuk Politeknik Elektronika Surabaya agar Anda tidak ketinggalan jadwal dan bisa mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya.

Baca juga :  Pendaftaran Politeknik Negeri Sriwijaya 2018/2019

Jadwal Pendaftaran Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Selalu pantaulah informasi terkini mengenai jadwal pendaftaran PENS 2018 serta tahun-tahun setelahnya. Anda juga bisa mulai mengurus persyaratan dan berkas-berkas yang diperlukan untuk mendaftar di PENS. Beberapa jalur yang dibuka untuk bisa menjadi bagian dari mahasiswa PENS diantaranya:

  • Jalur Ujian Masuk Politeknik Nasional (UMPN)

Jalur ujian yang diadakan pada 2 Juni 2018 ini memiliki tujuan untuk menyaring calon mahasiswa berkualitas dengan kemampuan akademis yang baik. Selain itu, pihak politeknik juga akan memberikan batas waktu bagi mahasiswa untuk menyelesaikan waktu studinya. Anda bisa mulai mendaftar UMPN pada 23 April – 30 Mei 2018.

UMPN bisa diikuti seluruh lulusan sekolah menengah dengan batas usia maksimal 21 tahun. Anda hanya perlu mengisi formulir yang sudah disediakan, kemudian menjalani ujian dengan materi yang sudah ditetapkan. Materi yang diujikan tersebut meliputi matematika, fisika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

Anda pun bisa memilih hingga 3 jurusan yang diinginkan di PENS, kemudian Anda akan diseleksi berdasarkan nilai untuk menentukan jurusan yang dapat menerima hasil ujian Anda tersebut. Jadi, Anda perlu cermat dalam menempatkan jurusan PENS karena akan sangat menentukan skala prioritas diterima atau tidaknya Anda.

  • Jalur Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ)

Pembukaan pendaftaran PJJ untuk kampus PENS dilaksanakan pada 28 Mei – 28 Juni 2018. Jurusan yang dibuka untuk PJJ adalah jurusan teknik informatika (D3) dan jurusan teknik telekomunikasi (D4). Sistem pembelajaran PJJ yang terdapat di PENS sangat terstruktur karena Anda akan mendapatkan mata kuliah praktikum beserta teori di PENS sebanyak 4 kali dalam satu semester, sedangkan pembelajaran teori di unit sumber belajar jarak jauh akan dilaksanakan sebanyak 10 kali ditambah dengan kegiatan praktikum sebanyak 10 kali dengan cara tatap muka dengan tutor. Tentunya PJJ sangat mengandalkan teknologi informasi serta memanfaatkan e-learning.

  • Jalur Kelas Ikatan Dinas PLN (D3KPLN)

Proses pendaftaran jalur ikatan dinas PLN dilaksanakan pada 23 April – 26 Mei 2018. Program D3KPLN  merupakan kerjasama antara PENS dan PT PLN (Persero), sehingga lulusan PENS bisa langsung tersalurkan di PT PLN jika memenuhi kualifikasi.

  • Jalur PMDK-PN

Jalur penerimaan politeknik negeri se-Indonesia bisa Anda ikuti jika ingin memilih PENS sebagai salah satu kampusnya. Pendaftaran untuk jalur PMDK-PN dibuka pada 15 Januari – 14 April 2018. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran jalur PMDK-PN dapat Anda akses di alamat website http://pmdk.politeknik.or.id/. Lengkapilah persyaratan berkas PMDK PENS 2018 yang dibutuhkan agar peluang Anda bisa diterima menjadi lebih besar.

  • Jalur SIMANDIRI

PENS membuka peluang adanya jalur masuk mandiri yang akan dibuka pada tanggal 13 Juni – 13 Juli 2018. Waktu pembukaan pendaftaran yang cukup lama ini akan sangat menguntungkan karena Anda dapat mencoba mendaftar di politeknik lain terlebih dahulu. Namun, Anda yang sudah diterima pada jalur SIMANDIRI tidak bisa mengajukan keringanan dengan mendaftar beasiswa bidikmisi.

  • Jalur Pascasarjana

Anda yang ingin meneruskan studi hingga jenjang pascasarjana di PENS bisa melakukan pendaftaran secara mandiri, melalui jalur beasiswa BUDI dalam negeri, maupun jalur beasiswa fresh graduate setelah menamatkan studi jenjang sarjana.

Kontak Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Informasi lebih lanjut mengenai proses pendaftaran, jadwal pembukaan pendaftaran politeknik, hingga berbagai pertanyaan yang belum terdapat di website resmi PENS bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi PENS atau mengubungi nomor kontak yang tersedia:

Alamat Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

Jalan Raya ITS Sukolilo Surabaya 60111, Jawa Timur, Indonesia

Telepon (031) 594-7280

Email: [email protected]

Persiapkan diri Anda dengan matang ketika akan mendaftar salah satu jurusan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Pasalnya, setelah diterima menjadi mahasiswa PENS, Anda akan dituntut untuk mengerjakan banyak kegiatan praktikum karena sistem pembelajaran PENS mengadopsi metode pembelajaran di Jepang. Jumlah rata-rata pertemuan kuliah setiap minggu mencapai 30 jam, dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga 16.30.

Namun, PENS dikenal sebagai kampus 24 jam karena kegiatannya  selepas perkuliahan masih padat, bahkan untuk jenjang D3 dan D4 pada program lanjut, proses pembelajaran dilakukan pada malam hari. Selain itu, pembelajaran pun tidak hanya dilakukan pada hari biasa saja karena saat akhir pekan Anda yang mengambil program pendidikan jarak jauh harus menjalani perkuliahan.

Baca juga :  Pendaftaran Politeknik Negeri Semarang 2018/2019

Oleh karena itu, jika Anda adalah seorang mahasiswa rantau di Surabaya yang tidak tidak memiliki kerabat atau sanak saudara di dekat PENS, segeralah cari kost Surabaya murah dekat Politeknik Elektronika Surabaya. Gunakan aplikasi pencari kost mamikos yang bisa diunduh gratis melalui ponsel android dan ios, sehingga pengoperasiannya menjadi lebih praktis.