Pengertian Koperasi, Jenis, Tujuan, Prinsip dan Fungsinya

Posted in: Edukasi

Pengertian Koperasi, Jenis, Tujuan, Prinsip dan Fungsinya -Saat ini kehidupan setiap manusia menjadi semakin berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Salah satu faktor yang selalu terus dikembangkan secara maksimal adalah dalam bidang ekonomi. Ada banyak sekali upaya yang dilakukan untuk meningkatkan perekonomian seluruh manusia salah satunya adalah mendirikan koperasi.

Pengertian Koperasi

unsplash.com

Pengertian Koperasi sendiri adalah sebuah organisasi dalam bidang ekonomi yang didirikan dan juga beroperasi atas dasar kesamaan kepentingan dari para anggotanya. Kesamaan kepentingan tersebut tentu saja adalah kesamaan dalam mendapatkan keuntungan lewat beroperasinya koperasi tersebut.

Berikut Beberapa Jenis Koperasi Yang Banyak Ditemukan Di Indonesia

Meskipun koperasi sudah tersebar sangat luas di seluruh Indonesia namun nyatanya ternyata masih ada banyak sekali orang yang belum memahami koperasi secara jelas. Pengetahuan yang dimiliki tersebut sifatnya masih sangat umum dan belum terlalu detail mengenai koperasi.

Padahal hal tersebut adalah hal yang sangat penting, dimana bagi dunia pendidikan tentu akan sangat batik jika mengenalkan koperasi kepada seorang pelajar. Karena bukan tidak mungkin koperasi juga turut serta meningkatkan kesejahteraan kehidupan seluruh masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis koperasi di Indonesia.

1. Koperasi Produksi

Koperasi produksi adalah salah satu jenis koperasi yang dalam pengoperasiannya koperasi tersebut menciptakan suatu barang atau produk, yang nantinya produk tersebut akan dijual dan hasil keuntungannya dibagi oleh seluruh anggota koperasi untuk mencapai tujuan mencari keuntungan.

Koperasi seperti ini mudah ditemukan di Indonesia karena jumlahnya yang sangat banyak. Produk yang dijual juga bisa beragam tergantung kesepakatan dari seluruh anggota organisasi koperasi tersebut. Mereka biasanya menjual barang di dalam negeri.

2. Koperasi Konsumsi

Koperasi yang satu ini adalah salah satu jenis koperasi yang paling mudah untuk di jumpai, karena koperasi tersebut di didirikan oleh suatu instansi seperti contohnya sekolahan atau instansi pemerintah. 

Jadi koperasi konsumsi tersebut adalah koperasi yang menyediakan segala jenis kebutuhan berupa barang yang selanjutnya akan digunakan oleh anggota koperasi tersebut. Jadi misalnya di sekolah ada koperasi yang menyediakan seluruh peralatan sekolah untuk mahasiswa dan juga koperasi yang ada di kantor instansi pemerintah menyediakan berbagai kebutuhan pegawai.

3. Koperasi Simpan Pinjam

Pengertian Koperasi simpan pinjam adalah suatu jenis koperasi yang mampu menyediakan berbagai kebutuhan pengelolaan uang, seperti contohnya menabung dan yang lain – lain.

Salah satu hal yang bisa diberikan oleh koperasi tersebut ke seluruh anggotanya adalah ketersediaan mereka untuk melayani peminjaman uang dalam jumlah tertentu. Jadi hal tersebut adalah hal yang sangat penting.

Dimana banyak orang yang saat ini membutuhkan dana dan melakukan pinjaman ke koperasi. koperasi simpan pinjam sendiri sebenarnya prinsipnya hampir sama seperti bank di mana ketika mereka melayani seorang anggota yang ingin menabung mereka juga bisa memberikan pinjaman uang pada anggota tersebut.

4. Koperasi Serba Usaha

Koperasi serba usaha ini sebenarnya hampir mirip dengan koperasi simpan pinjam. di dalam operasi tersebut kegiatannya adalah produksi, perkreditan atau jasa dan yang lain-lain. koperasi serba usaha seperti ini adalah salah satu jenis koperasi yang bisa dikatakan sangat penting perannya bagi roda perekonomian masyarakat.

Koperasi sendiri memang pendiriannya dan juga pengoperasiannya diatur dengan sangat baik oleh pemerintah, Pemerintah tahu bahwa dengan didirikannya koperasi hal tersebut merupakan salah satu upaya yang sangat efektif untuk memberantas kemiskinan dan juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dengan adanya koperasi masyarakat Indonesia menjadi lebih bisa mandiri.

Hal tersebut sangat sesuai dengan tujuan utama dan Pengertian Koperasi yang juga diatur di dalam UUD 1945 yaitu untuk turut menyejahterakan seluruh masyarakat Indonesia yang menjadi anggota dari suatu koperasi. Kesejahteraan memang merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Keanggotaan yang ada di seluruh koperasi yang ada di Indonesia bersifat sukarela dan terbuka untuk siapa pun yang ingin bergabung. Jadi koperasi tidak membatasi bahwa anggotanya berasal dari golongan orang – orang tertentu saja melainkan koperasi adalah milik seluruh masyarakat yang ada di Indonesia.

Lalu pastinya seluruh koperasi yang ada di Indonesia tersebut akan melakukan sistem pembagian keuntungan yang adil untuk seluruh anggotanya. Jadi keuntungan yang didapatkan dibagikan secara merata dan jumlahnya sama antara satu anggota dengan anggota yang lainnya. 

Lalu struktur organisasi yang ada di dalam koperasi dijalankan secara demokratis dan. Mengedepankan kepentingan bersama. Koperasi memang sangat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan sangat efektif.

Beberapa Fungsi Koperasi Umum Yang Menjadi Dasar Didirikannya 

Fungsi koperasi sebenarnya sangat berkaitan erat dengan Pengertian Koperasi yang sudah saya sampaikan diatas tersebut. Jadi bagi mereka yang belum mengetahui secara detail mengenai koperasi, sebaiknya mereka mempelajari hal tersebut karena koperasi akan sangat penting bagi roda perekonomian negara Indonesia.

Yang dinamakan organisasi, seperti koperasi misalnya didirikan atas dasar fungsi tertentu yang bermanfaat bagi setiap anggota maupun orang lain yang juga ikut menggunakan koperasi. Maka dari itu koperasi diterima dengan sangat baik oleh masyarakat, berikut ini beberapa contoh fungsi koperasi.

1. Melatih Masyarakat Untuk Berorganisasi

Salah satu manfaat yang biasanya didapatkan dari koperasi selain keuntungan secara material adalah pengalaman yang sangat berarti. Saat seseorang menjadi anggota sebuah koperasi maka secara tidak langsung orang tersebut akan mempelajari segala sesuatu mengenai cara berorganisasi.

Jadi mereka bisa mendapatkan pengalaman yang sangat banyak dan kemampuan berorganisasi mereka juga meningkat dan menjadi semakin baik. Ini termasuk salah satu tujuan koperasi yang tidak begitu dipahaminya.

2. Membantu Meningkatkan Standar Hidup Anggotanya

Lalu tujuan didirikannya koperasi selanjutnya adalah sama seperti Pengertian Koperasi yaitu atas dasar kepentingan bersama, dalam hal ini kepentingan bersama yang dimaksud adalah kepentingan dalam menghasilkan keuntungan yang nantinya dapat membantu meningkatkan standar hidup setiap anggotanya.

Jadi setelah bergabung menjadi anggota suatu koperasi maka biasanya taraf hidup dari anggotanya akan meningkat karena di dalam koperasi tersebut ada sistem pembagian keuntungan yang dapat digunakan sebagai memenuhi kebutuhan sehari -hari.

3. Membantu Meningkatkan Kesejahteraan Secara Nyata

Banyak sekali upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan dari seluruh warga negaranya maka salah satu hal yang paling efektif yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah meningkatkan pemberdayaan mengenai pentingnya menjadi anggota suatu koperasi.

Karena di koperasi ada salah satu tujuan utama dan sekaligus tujuan yang paling penting yang selalu yang selalu di prioritaskan oleh koperasi yaitu meningkatkan kesejahteraan seluruh anggotanya dan juga masyarakat di sekitarnya secara nyata.

4. Memperkuat Tatanan Perekonomian Indonesia

Lalu tujuan koperasi terakhir sekaligus yang paling penting adalah dengan tercapainya seluruh tujuan yang sebelumnya sudah saya jelaskan diatas tersebut maka pada akhirnya koperasi dapat memperkuat tatanan perekonomian Indonesia.

Hal ini adalah suatu tujuan jangka panjang yang bisa dikatakan paling penting bagi berlangsungnya perekonomian di Indonesia. Jadi selain kita bisa mengerti Pengertian Koperasi secara detail kita juga harus mengerti unsur lain yang berkaitan dengan koperasi seperti tujuan misalnya.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah