Pengumuman Jadwal SKD STSN dan Lokasi Ujian 2020/2021

 Almara Jati | Jum, 10 Jul 2020

Pengumuman Jadwal SKD STSN dan Lokasi Ujian 2020/2021 – STSN atau Sekolah Tinggi Sandi Negara merupakan sekolah tinggi kedinasan yang berada di bawha naungan Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN. Tahun 2020 ini, STSN turut membuka penerimaan mahasiswa baru bersama beberapa sekolah tinggi kedinasan lainnya. STSN sendiri telah mengumukan kelulusan verifikasi dan bagi peserta yang lulus akan menlanjutkan ke tahap SKD. Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui jadwal SKD STSN dan lokasi ujiannya.

Informasi Selengkapnya Seputar Jadwal SKD STSN dan Lokasi Ujian 2020/2021

bssn.go.id

Tahun 2020 ini, STSN mencatatkan diri sebagai sekolah tinggi kedinasan dengan pendaftar terbanyak ke-6. Jumlah peserta yang mendaftarkan diri di STSN yaitu sebanyak 4.123 pendaftar. Dari jumlah tersebut, para peserta akan menjalani tahap seleksi pertama yaitu verifikasi berkas dan selanjutnya adalah SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar. Berikut adalah informasi selengkapnya seputar jadwal SKD STSN dan lokasi ujian bagi para peserta yang lolos ke tahap SKD.

Persyaratan Pendaftaran STSN 2020/2021

Pendaftaran STSN telah berlangsung mulai dari tanggal 8 Juni 2020 dan ditutup pada tanggal 23 Juni 2020. Para peserta yang sebelumnya sudah mendaftar dan dinyatakan lulus verifikasi, berarti dianggap telah memenuhi syarat-syarat yang sudah ditetapkan. Berikut adalah syarat umum dan syarat administrasi pendaftaran STSN 2020/2021 yang harus dipenuhi oleh peserta.

Persyaratan Umum Pendaftaran Seleksi STSN 2020/2021

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Pria/ Wanita
  3. Siswa Kelas XII atau lulusan:
    • SMA Jurusan IPA
    • Madrasah Aliyah Jurusan IPA
    • SMK Teknik Elektronika Industri
    • SMK TI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi
    • Rekayasa Perangkat Lunak
    • Teknik Komputer dan Jaringan
    • Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi
    • Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi
  4. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris (Teori/Pengetahuan) masing-masing minimal 80 (Delapan Puluh) pada Semester IV dan V
  5. Usia minimal 17 (tujuh belas) tahun dan tidak melebihi dari 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 31 Desember 2020
  6. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, tidak cacat fisik dan mental, serta tidak memiliki penyakit bawaan dan/atau menular yang dapat mengganggu proses belajar
  7. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan ketentuan agama/adat
  8. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik/bekas tindik anggota badan selain telinga
  9. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Poltek SSN
  10. Tidak pernah putus studi/drop out (DO) dari Poltek SSN dan/atau perguruan tinggi kedinasan kementerian/ lembaga lainnya
  11. Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan instansi lain
  12. Bersedia membayar biaya pelaksanaan seleksi SKD BKN sesuai PP Nomor 63 Tahun 2016 sebesar Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah)

Persyaratan Administrasi Seleksi STSN 2020/2021

Berkas dibawah ini dilengkapi pada saat lulus Seleksi Psikotes dan diserahkan pada saat Seleksi Wawancara, yaitu:

  1. Asli Surat Lamaran Kepada Direktur Politeknik Siber dan Sandi Negara ditulis tangan dengan tinta warna hitam, bermaterai Rp. 6.000,- (contoh format terlampir)
  2. Asli dan Fotokopi Rapor Semester IV dan V dan lembar identitas diri pada rapor yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan;
  3. Asli surat keterangan konversi nilai rapor skala 0-100 yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (bila nilai rapor menggunakan skala huruf);
  4. Asli dan Fotokopi Ijazah/Transkip Nilai Ujian Nasional (NUN) yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (bila lulus tahun sebelumnya);
  5. Asli SKCK dari Kepolisian Sektor (POLSEK) setempat;
  6. Asli surat pernyataan yang ditandatangani oleh pelamar dan diketahui oleh orang tua/wali yang menyatakan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan dan sanggup mengganti biaya pendidikan apabila melanggar, bermaterai Rp. 6.000,- (contoh format terlampir)
  7. Asli Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas/Rumah Sakit/dokter klinik yang telah memiliki izin S.IP (cap basah);
  8. Asli Surat Keterangan Belum Pernah Menikah dari Kepala Desa/Kelurahan setempat;
  9. Asli dan Fotokopi identitas diri seperti KTP atau SIM atau Kartu Pelajar;
  10. Pas Foto Berwarna Terbaru (3 bulan terakhir) ukuran 4×6 cm sebanyak 1(satu) lembar, berlatar belakang merah;
  11. Foto masing-masing ukuran 4R Fullbody terbaru tampak Depan, Samping, dan Belakang, dengan ketentuan:
    • Laki-laki: Menggunakan kaos lengan pendek putih dan celana pendek warna gelap di atas lutut, tanpa alas kaki
    • Perempuan: Menggunakan kaos olahraga lengan panjang dan celana olahraga lengan panjang, tanpa alas kaki

Jadwal SKD STSN dan Lokasi Ujian Tahun Akademik 2020/2021

Lokasi Ujian SKD STSN

Sebelumnya, lokasi pelaksanaan SKD hanya Bogor atau Jakarta dan Yogyakarta. Mengingat bahwa saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19, pihak penyelenggara meutuskan untuk menyebar lokasi pelaksanaan SKD ke 14 kantor regional dan UPT BKN. Tujuannnya adalah agar para peserta tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar daerah dan mudah menjangkau lokasi SKD Adapun lokasi tes yang dapat dipilih adalah sebagai berikut.

  1. Kantor Regional I BKN Yogyakarta
  2. Kantor Regional II BKN Surabaya
  3. Kantor Regional III BKN Bandung
  4. Kantor Regional IV BKN Makassar
  5. Kantor Regional V BKN Jakarta/Kantor Pusat BKN
  6. Kantor Regional VI BKN Medan
  7. Kantor Regional VII BKN Palembang
  8. Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin
  9. Kantor Regional IX BKN Jayapura
  10. Kantor Regional X BKN Denpasar
  11. Kantor Regional XI BKN Manado
  12. Kantor Regional XII BKN Pekanbaru
  13. Kantor Regional XIII BKN Aceh
  14. UPT BKN Sorong

Ketentuan Pemilihan Lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Dari pemilihan lokasi ujian di atas, pihak penyelenggara akan menjadwalkan ujian untuk masing-masing peserta yang lulus ke tahap SKD. Namun, jadwal SKD STSN akan diumumkan kemudian setelah penyelenggara selesai mengatur jadwal. Pemilihan lokasi SKD STSN sendiri telah berakhir pada tanggal 5 Juli 2020 kemarin. Berikut adalah ketentuan pemilihan lokasi ujian SKD STSN 2020/2021

  1. Peserta yang telah dinyatakan lulus verifikasi WAJIB untuk melakukan pemilihan lokasi tes SKD dengan cara login ke portal https://dikdin.bkn.go.id dengan menggunakan akun yang sama dengan saat pendaftaran.
  2. Setelah berhasil login, silahkan memilih daftar lokasi SKD sesuai yang diinginkan (dihimbau untuk memilih lokasi tes yang terdekat dengan domisili).
  3. Peserta yang telah melakukan pemilihan lokasi tes, akan diterbitkan kode billing pembayaran SKD.
  4. Pemilihan lokasi tes untuk SKD dibuka pada tanggal 2 Juli 2020 s.d. 5 Juli 2020 (Pukul 23.59 WIB), bagi peserta yang tidak melakukan pemilihan lokasi tes pada tanggal tersebut, maka tidak akan menerima kode pembayaran/billing code.
  5. Untuk peserta yang belum melakukan pemilihan lokasi Tes SKD sampai dengan tanggal 5 Juli 2020 pukul 23.59 maka lokasi tes akan ditempatkan pada PILIHAN PERTAMA saat melakukan registrasi yaitu JAKARTA atau YOGYAKARTA.
  6. Lokasi tes yang telah dipilih tidak dapat berubah, apabila peserta melakukan tes SKD tidak pada lokasi yang telah dipilih maka peserta dianggap tidak lulus tes.
  7. Kode pembayaran/billing code SKD akan dikirimkan melalui akun dikdin masing-masing peserta paling cepat tanggal 6 Juli 2020 yang selanjutnya dapat dibayarkan melalui mekanisme yang tertera pada halaman https://helpdesk.bkn.go.id/dikdin/faq#tab_pembayaran.
  8. Jadwal dan ketentuan terkait pelaksanaan SKD akan diumumkan lebih lanjut. Peserta diharapkan untuk mengecek akun DIKDIN BKN secara berkala dan update terus informasi SPMB POLTEK SSN di website dan media sosial.

Jadwal SKD STSN 2020/2021

Untuk jadwal pelaksanaan SKD STSN 2020/2021, pihak panitia penyelenggara belum mengumumkan secara resmi. Namun, peserta yang sudah lolos ke tahap SKD dan sudah memilih lokasi ujian tetap diharapkan untuk terus meng-update informasi jadwal SKD STSN. Seluruh pengumuman resmi akan disampaikan oleh panitia pelaksana melalui laman resmi yaitu https://poltekssn.ac.id/pendaftaran.

Tahapan Seleksi STSN 2020/2021

Meskipun kamu belum mengetahui jadwal SKD STSN dan lokasi ujiannya, kamu bisa mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Tujuannya adalah agar kamu bisa memperbesar peluangmu diterima menjadi mahasiswa baru STSN tahun akademik 2020/2021. Nah, setelah SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar, kamu masih akan menghadapi berbagai macam tahapan seleksi lanjutan. Berikut adalah daftar lengkap tahapan seleksi untuk menjadi mahasiswa baru STSN 2020/2021.

  1. Pendaftaran online dan Seleksi Berkas pada website BKN bkn.go.id
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) (BKN)
  3. Seleksi Akademik (Poltek SSN)
  4. Seleksi Psikologi dan Seleksi Tertulis Clearance Test & Mental Ideologi (Poltek SSN)
  5. Seleksi Wawancara (Poltek SSN)
  6. Seleksi Kebugaran (Samapta) dan Seleksi Kesehatan Fisik dan Jiwa (Poltek SSN)
  7. Pemantauan Terakhir (Poltek SSN)

Demikian informasi yang bisa Mamikos sampaikan terkait jadwal SKD STSN dan lokasi ujiannya. Setelah ini, kamu bisa langsung berlatih soal-soal SKD STSN agar kamu bisa lancar dalam mengerjakan dan lolos ke tahap seleksi selanjutnya. Jangan lupa iringi usaha dan perjuanganmu dengan doa dan juga menjaga kesehatanmu, ya! Untuk kamu yang sedang bingung mencari tempat tinggal di dekat sekolah atau kampus idaman, kamu bisa install aplikasi Mamikos untuk mempermudahmu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idamanmu: