Pengumuman SBMPTN 2020 UB, UNS, UNDIP, UPI Dan UNNES

 Bella Carla | Kam, 30 Apr 2020

Pengumuman SBMPTN 2020 – Pengumuman SBMPTN 2020 menjadi salah satu topik pembicaraan hangat oleh siswa siswi SMA yang baru saja lulus. Pasalnya, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menjadi salah satu gerbang yang dapat kamu manfaatkan untuk masuk ke perguruan tinggi favorit yang diimpikan. Terlebih, jika kamu kemarin mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan gagal di jurusan serta kampus negeri yang diinginkan, SBMPTN menjadi kesempatan yang wajib kamu coba. Nah, di bawah ini Mamikos sudah rangkumkan pengumuman SBMPTN 2020 di sejumlah PTN seperti UB, UNS, UNDIP, UPI hingga UNNES.

Info Terbaru Pengumuman SBMPTN 2020 UB, UNS, UNDIP, UPI & UNNES

Pengumuman SBMPTN 2020
mamikos.com

Sebelum kamu megetahui lebih jauh seputar pengumuman SBMPTN 2020, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu SBMPTN. Sejatinya SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Di mana, SBMPTN ini merupakan salah satu jalur untuk masuk ke perguruan tinggi negeri melalui tes berupa ujian tertulis. Saat ini, ujian tertulis untuk bisa mengikuti SBMPTN disebut dengan UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer. UTBK sendiri dilaksanakan oleh lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi berstandar di Indonesia bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Pemerintah menggunakan LTMPT dikarenakan lembaga tersebut akan memberikan hasil UTBK secara individu kepada setiap pesertanya. Hal tersebut yang juga menjadi keunggulan dari LTMPT. Mulai tahun 2019, hasil UTBK digunakan sebagai penentu kelulusan SBMPTN. Namun, hal tersebut menyesuaikan dengan ketetapan perguruan tinggi negeri. Sebab, ada beberapa PTN yang tidak hanya menggunakan hasil UTBK, tetapi juga memiliki kriteria lain yang digunakan sebagai penentu kelulusan SBMPTN. Maka dari itu, UTBK menjadi syarat utama untuk mengikuti SBMPTN.

Gambaran Kampus UB, UNS, UNDIP, UPI & UNNES

Sebelum kamu mengetahui seputar SBMPTN UB, UNS, UNDIP, UPI & UNNES hingga pengumumannya, ada baiknya kamu mengenal kampus-kampus berikut terlebih dahulu.

Universitas Brawijaya (UB)

res.cloudinary.com

Terletak di Kota Malang, Universitas Brawijaya atau yang kerap disingkat dengan UB merupakan salah satu perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia. Menyandang akreditasi A dari BAN-PT, Universitas Brawijaya memasuki jajaran posisi 301-350 perguruan tinggi terbaik se-Asia. Tak hanya itu, pada tahun 2013 Universitas Brawijaya mendapatkan rating 3 bintang dari QS Stars untuk Excellence 2013. Di Universitas Brawijaya sendiri hingga kini memiliki 15 fakultas, 1 program pendidikan vokasi, dan 1 program pendidikan pascasarjana yang terbagi menjadi 148 program studi.

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)

netralnews.com

Berdiri pada tanggal 11 Maret 1976, Universitas Negeri Surakarta (UNS) Sebelas Maret telah meluluskan jutaan sarjana. Kabarnya, UNS Surakarta masuk menjadi 5 kampus terbaik versi webometrics periode Januari 2020. Peringkat ini merupakan ranking tertinggi dalam 4 tahun terakhir bagi UNS. Banyak di antara mereka menjadi orang-orang hebat yang menjadi pemimpin di negeri ini. Tak heran jika banyak sekali remaja yang ingin sekali bisa untuk bisa menjadi mahasiswa di UNS Surakarta.

Universitas Diponegoro (UNDIP)

i.ytimg.com

Universitas Diponegoro atau biasa disingkat UNDIP memang memiliki nama yang cukup populer di tanah air. Salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di tanah air ini berada tepatnya di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Perlu diketahui pula bahwa Universitas Diponegoro telah mendapatkan akreditasi dengan nilai “A” dari BAN-PT. Tak hanya sampai disitu saja, Universitas Diponegoro (UNDIP) juga meraih peringkat ke-6 dari 14 Perguruan Tinggi terbaik (Klaster I) tahun 2017 dalam kelompok non politeknik. Kemudian, Universitas Diponegoro (UNDIP) juga meraih peringkat ke-10 sebagai Universitas terbaik di Indonesia versi Webometrics. Jadi bukanlah suatu hal yang aneh lagi bukan jika banyak siswa-siswi di tanah air yang sangat mengidamkan untuk bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri yang satu ini?

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

3.bp.blogspot.com

Dari beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berdiri kokoh di Kota Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia atau yang biasa disingkat UPI ternyata cukup menarik perhatian remaja dari berbagai daerah. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ini dapat kamu temukan tepatnya di Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung, Jawa Barat. Perlu diketahui bahwa UPI hanya membuka program pendidikan atau jurusan pendidikan saja. UPI sendiri hingga sekarang telah membuka delapan jurusan yang berlatar belakang ilmu pendidikan yang menyiapkan tenaga pengajar atau guru yang berkualitas.

Universitas Negeri Semarang (UNNES)

blog.unnes.ac.id

Terletak di Kota Semarang, nama Universitas Negeri Semarang atau UNNES memang sudah begitu familiar di Indonesia. Menjadi salah satu kampus favorit di tanah air, UNNES pun setiap tahunnya berhasil mencetak ribuan lulusan yang berkualitas. Kabarnya, hingga sekarang ini UNNES telah menyelenggarakan program pendidikan vokasi (D3), sarjana (S1), magister (S2), doktor (S3), dan pendidikan profesi. Terdapat 85 program studi yang dikelola dalam delapan fakultas dan program pascasarjana.

Syarat Mengikuti UTBK SBMPTN UB, UNS, UNDIP, UPI & UNNES

Sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas informasi seputar SBMPTN dan UTBK yang menjadi syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. Namun, untuk mengikuti UTBK, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, diantaranya akan dipaparkan sebagai berikut.

  1. Siswa-siswi SMA/MA/SMK kelas XII pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020
  2. Siswa-siswi lulusan SMA/MA/SMK sederajat tahun 2018 dan 2019 atau siswa-siswi lulusan paket C tahun 2018 dan 2019
  3. Peserta UTBK hanya bisa mengikuti satu kali tes dengan beberapa ketentuan, di antaranya yaitu:
    1. UTBK kelompok Saintek mengikuti tes Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek, yang terdiri dari Matematika Saintek, Kimia, Fisika dan Biologi.
    2. UTBK kelompok Soshum mengikuti tes Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum, yang terdiri dari Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi.
    3. UTBK kelompok Campuran (Saintek dan Soshum) mengikuti Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum dan Saintek.
  4. Hanya saja, karena mewabahnya pandemi virus Covid-19, maka materi tes yang diujikan hanya TPS
  5. Peserta wajib membayar biaya UTBK sesuai dengan kelompok ujian yang dipilih.

Perlu kamu ketahui bahwa SBMPTN 2020 ini dilakukan dengan dua tahapan, yakni mengikuti UTBK dan mendaftar SBMPTN. LTMPT sendiri melaksanakan tes UTBK secara objektif, adil dan akuntabel di mana akan mendapatkan hasil tes berupa nilai atau skor UTBK SBMPTN bisa diberikan kepada peserta tes. Pada tahun 2020 ini, pendaftaran SBMPTN akan dibuka mulai pada tanggal 2 Juni hingga 13 Juni 2020. Adapun ketentuan pendaftaran SBMPTN adalah sebagai berikut.

  1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2018, 2019 harus sudah memiliki ijazah.
  2. Bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2020 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
  3. Memiliki Nilai UTBK.
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  5. Memiliki NISN.
  6. Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah PORTOFOLIO.
  7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
  8. Tidak lulus jalur SNMPTN 2020.

Biaya UTBK SBMPTN UB, UNS, UNDIP, UPI & UNNES

Adapun biaya UTBK yang perlu kamu penuhi di antaranya, yaitu:

  • Biaya untuk kelompok ujian yang dipilih, di mana biaya tersebut terbagi menjadi dua, yaitu:
  • Untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum, peserta harus membayar biaya ujian sebesar Rp200.000,-
  • Untuk kelompok ujian Campuran, peserta harus membayar biaya ujian sebesar Rp300.000,-

Biaya-biaya tersebut bisa kamu bayarkan melalui Bank BNI, Mandiri atau pun BTN. Perlu diingat, bahwa biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Selain itu, untuk calon peserta KIP Kuliah atau KIP-K yang sudah dinyatakan lolos persyaratan nantinya tidak akan dikenakan biaya tambahan apapun.

Tahapan Mengikuti UTBK SBMPTN UB, UNS, UNDIP, UPI & UNNES

Jika semua persyaratan serta biaya untuk mengikuti UTBK sudah kamu penuhi, selanjutnya kamu perlu mengetahui dan memahami apa saja tahapan yang perlu dilakukan untuk UTBK SBMPTN tahun 2020 di UB, UNS, UNDIP, UPI & UNNES. Untuk itu, di bawah ini merupakan beberapa tahapan dalam mengikuti UTBK seperti yang dilansir pada ltmpt.ac.id, di antaranya yaitu:

  1. Melakukan pendaftaran atau registrasi akun siswa LTMPT pada laman https://prtal/ltmpt.ac.id menggunakan NISN, NPSN serta tanggal lahir peserta yang sudah bisa dilakukan sejak 17 Februari – 05 April 2020.
  2. Login akun LTMPT dengan memasukkan username/e-mail dan password ke laman ltmpt.
  3. Pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa. Pada menu tersebut kamu perlu mengisi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru serta melakukan verifikasi biodata.
  4. Setelah itu, pilih menu Pendaftaran UTBK. Pada menu ini, kamu bisa memilih jenis ujian, sesi ujian serta lokasi Pusat UTBK PTN yang kamu inginkan untuk selanjutnya mendapatkan slip pembayaran UTBK.
  5. Setelah semua dokumen dan beberapa hal lainnya sudah terisi lengkap, selanjutnya kamu bisa melakukan pembayaran menggunakan slip pembayaran, melalui Bank BNI, BTN atau Mandiri hingga paling lambat 1 x 24 jam. Namun, proses pembayaran tersebut tidak berlaku untuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).
  6. Setelah proses pembayaran berhasil dilakukan, kamu bisa login kembali ke laman untuk memilih menu Pendaftaran UTBK agar bisa mencetak kartu peserta UTBK.
  7. Tahap terakhir, kamu tinggal menunggu waktu UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi serta lokasi Pusat UTBK PTN yang kamu pilih. Namun perlu diingat, bahwa kini tes UTBK dilakukan dalam empat sesi setiap harinya selama pandemi virus Covid-19.

Pengumuman SBMPTN UB, UNS, UNDIP, UPI & UNNES

Pada pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui beberapa hal seputar SBMPTN UB, UNS, UNDIP, UPI & UNNES, mulai dari definisi, persyaratan, biaya hingga tahapan-tahapan apa saja yang perlu kamu lakukan selama UTBK agar bisa lolos SBMPTN. Setelah mengetahui dan memahami beberapa hal tersebut, kini saatnya mengetahui jadwal dan pengumuman SBMPTN 2020. Untuk itu, berikut adalah jadwal terbaru pengumuman SBMPTN 2020 UB, UNS, UNDIP, UPI & UNNES yang tertunda karena pandemi Covid-19 seperti yang dilansir pada ltmpt.ac.id. Adapun jadwal dan pengumuman SBMPTN 2020 UB, UNS, UNDIP, UPI & UNNES terbaru di antaranya:

  • Pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan dilaksanakan pada 2 – 20 Juni 2020
  • Pelaksanaan UTBK akan dilangsungkan pada 5 – 12 Juli 2020
  • Pengumuman SBMPTN akan dilangsungkan pada 25 Juli 2020

Demikian info terkait pengumuman SBMPTN 2020 UB, UNS, UNDIP, UPI & UNNES yang bisa Mamikos rangkumkan. Untuk informasi ter-update seputar pengumuman SBMPTN 2020 ini bisa kamu cek kembali pada tanggal 25 Juli 2020 mendatang ya. Kamu pun bisa mengecek info terbaru seputar pengumuman SBMPTN 2020 ini di situs Mamikos! Oh iya, jika kamu berencana ingin merantau di luar kota maka jangan lupa install aplikasi Mamikos di ponsel Android atau iOS kamu ya! Di aplikasi Mamikos, kamu bisa menemukan info sewa kost-kostan, apartemen, hingga rumah kontrakan di tanah air dengan praktis.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: