Penjelasan Arti Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka dan Contoh Penerapannya

Posted in: Mapel Pelajar
Tagged: Arti Pancasila

Penjelasan Arti Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka dan Contoh Penerapannya – Ideologi Pancasila sering sekali disebut sebagai ideologi terbuka yang dijadikan sebagai landasan dan pedoman hidup masyarakat Indonesia. Pernyataan tersebut memang tidak salah karena, dapat dilihat penerapannya dan sikap pengamalan Pancasila sampai sekarang.

Menurut pengertian secara singkat, terbuka merupakan sebuah bentuk penyesuaian dalam menghadapi perkembangan zaman tanpa mengubah nilai dasarnya sama sekali. Agar mudah memahaminya, coba simak contoh ideologi pancasila berikut ini.

Penjelasan Arti Pancasila

kompas.com

Kemerdekaan Indonesia bukan merupakan pemberian dari Belanda atau Jepang. Melainkan, sebuah perjuangan karena, mereka bersatu, gotong royong dan saling tolong menolong. Nilai dasar ini masih digunakan hingga sekarang.

Kenyataannya zaman sudah berkembang pesat. Manusia sekarang lebih sibuk bekerja dan mencari uang dibandingkan harus berkumpul. Walau bisa mendapatkan waktu bersama, tetap saja mereka sibuk dengan gadget masing-masing.

Tetapi, rasa tolong menolong dan gotong royong tersebut masih tetap dipertahankan. Tidak luntur begitu saja walau perbedaan sangat terasa. Kondisi ini dapat dibuktikan saat pandemi Covid 19 atau terjadinya bencana.

Seluruh masyarakat bersatu padu untuk meringankan beban masyarakat dengan menggalang sejumlah dana. Angka yang terkumpul juga bukan main, bisa mencapai miliaran Rupiah. Tidak cukup satu penggalangan saja.

Ada beberapa orang melakukan aksi ini dan hasilnya tetap sama. Bahkan, beberapa dari mereka rela menjadi seorang relawan untuk membantu dalam bentuk tenaga. Inilah nilai dasar yang tidak pernah berubah.

Serta mampu menyesuaikan sesuai perkembangan zaman. Cara hingga konsep mereka menunjukkan kepedulian dan gotong royong memang sudah berbeda dengan dulu. Tetapi, tidak mengubah sama sekali intinya.

Ideologi Pancasila Sebagai Cita-cita Luhur

Bukan rahasia umum bila Indonesia meraih kemerdekaan karena bersatu. Seperti diketahui, Belanda masuk ke negeri ini pertama kali sejak tahun 1596. Pada tahun tersebut memang sudah terbentuk Nusantara.

Hanya saja pelopornya sudah runtuh, kata Nusantara ini sendiri menghilang dan bentuknya kembali ke kerajaan. Saat Belanda menjajah, sebenarnya masing-masing Keraton berupaya penuh untuk menyingkirkannya berulang kali.

Tetapi, tetap saja mereka tidak bisa. Sistem politik yang dijalankan sulit untuk dibendung. Hingga akhirnya, muncul organisasi pertama kali yaitu Budi Utomo pada tahun 1908. Menjadi awal bangkitnya kemerdekaan.

Cerita singkat di atas merupakan awal pemikiran terbentuknya Ideologi Pancasila. Dimana, para petinggi negara waktu itu belajar dari pengalaman. Bahwa persatuan dan kesatuan merupakan landasan utama dalam mempertahankan negara.

Mereka juga paham perbedaan bukan untuk dipermasalahkan melainkan dijadikan sebagai budaya baru. Perpecahan yang disebabkan oleh perbedaan ini mempunyai pengaruh sangat besar. Tidak heran bila pembentukannya dilakukan secara musyawarah.

Bukan hanya dari satu golongan saja, melainkan berbagai lintas masyarakat dikumpulkan bersama. Sehingga, landasan negara ini dicetuskan oleh pemikiran seluruh masyarakat Indonesia. Mengapa keberadaannya menjadi perlu?

Negara ini cukup luas, tidak mungkin pemerintah mampu memantaunya secara intens. Oleh karena itu, pembentukan nilai dasar harus dilakukan. Agar persatuan dan kesatuan tersebut tetap terjaga.

Sehingga, segala bentuk hasutan dari luar, tetap sulit memecah rasa persaudaraan di antara masyarakat. Bisa dikatakan manfaat ideologi pancasila sangat besar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam setiap asasnya terdapat sebuah cita-cita, agar seluruh penduduknya memahami sekaligus mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Harus diakui sifatnya dinamis, reformatif, tidak kaku tetapi tetap mempunyai ketegasan.

Pedoman Ideologi Pancasila Secara Menyeluruh

Harus diakui pemikiran yang dihasilkan waktu itu hingga membentuk Pancasila memang hebat, bagaimana tidak? Konsep terbuka dari berbagai informasi tetapi, tetap mempertahankan fundamentalnya berdasarkan sila adalah ciri khas utamanya.

Secara keseluruhan isinya ada 5 namun mampu memberikan arahan strategis dalam kehidupan masyarakatnya. Konsep yang dihadirkan berdasarkan pada kodrat umat manusia sebagai makhluk sosial dan beragama.

Ideologi pancasila bersumber pada kehidupan sehari-hari sekaligus pengalaman yang sudah didapatkan. Tidak heran bila secara keseluruhan penerapannya bisa digunakan hingga sekarang. Walau zaman sudah berbeda sekaligus kebiasaannya.

Inilah yang jadi pengertian secara luas mengapa Pancasila sendiri menjadi pemikiran terbuka bagi Bangsa Indonesia. Setiap pasal mengatur kehidupan secara dasar. Bisa diibaratkan sebuah Rumah, sukses atau tidaknya berdasarkan pondasinya.

Walau diubah beberapa kali asalkan konstruksi bagian bawah dibangun secara tepat dan bagus. Maka, kemungkinan untuk roboh sangat kecil, ilustrasi singkat tersebut dijadikan sebagai pedoman pembentukannya.

Berbagai dimensi ideologi pancasila menjadi pemikiran hebat dimana, secara keseluruhan ternyata mampu membimbing masyarakat ke dalam hidup bahagia. Bukan hanya untuk rakyat saja, melainkan juga pedoman pejabatnya.

Sebagai kepercayaan masyarakat, mereka harus ingat saat memberikan kebijakan jangan sampai melenceng jauh. Pada dasarnya, setiap elemen wajib untuk mematuhi dan memahaminya, sebagai salah satu bentuk rasa syukur terhadap Tuhan.

Coba saja bayangkan bila sampai saat ini masih dijajah, sulitnya meraih kebebasan dalam menghirup oksigen. Hanya saja, dalam memahaminya kamu harus paham dulu setiap asas penerapannya seperti apa.

Penerapan Ideologi Pancasila Sila Pertama

Setelah mengetahui bagaimana pengertiannya secara luas mengapa disebut sebagai gagasan terbuka. Saatnya, kamu mengetahui beberapa penerapannya berdasarkan sila. Mulai dari pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Sila ini berdasarkan pada kehidupan manusia sebagai umat beragama. Penerapannya, bisa dilihat dari berbagai hari raya. Dimana, satu sama lain saling memberikan ucapan, sebagai bentuk penghormatan dan bukan mengimani.

Menjalankan asas ini memang tidak mudah. Terkadang setiap manusia terbentur pada sebuah ajaran. pada dasarnya tuntutan tersebut dapat diartikan secara luas. Sayangnya, mereka hanya mampu mengartikannya pendek.

Jadi, sering sekali terbentur dan tidak bisa sinkron satu sama lain. Inilah salah satu sumber perpecahan yang coba dihadang dengan menghadirkan sila pertama. Terdapat cita-cita luhur agar dapat hidup berdampingan.

Perbedaan kepercayaan tersebut sudah bisa dilihat sejak beberapa tahun sebelum kemerdekaan. Hal ini wajar saja, karena meyakini apa yang disampaikan itu benar. Tetapi, Tuhan Maha Esa.

Artinya hanya ada satu saja, tidak ada lainnya. Walaupun kepercayaannya berbeda, Namun dari segi ajaran mempunyai landasan ajarannya sama. Sila pertama ini menjadi fundamental dasar yang harus dipenuhi.

Bisa dipercaya atau tidak, sila ini mengajarkan kamu mempunyai hidup yang bahagia. Walau zaman sudah berkembang pesat dan semua serba mudah. Konsep Ketuhanan tidak akan berubah.

Penerapan Ideologi Pancasila Sila Kedua

Masuk sila kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab. Penerapannya lebih ke pejabat negara. Bagaimana cara mereka dalam memberikan kebijakan, agar maksud dan tujuannya bisa terwujud.

Tetapi, perlu diketahui dulu konsep adil dan beradab ini cukup sulit dan rumit. Karena, tidak harus sama. Misalnya, ada dua orang mencuri, satunya lagi karena keinginanan dan lainnya kebutuhan.

Apakah harus dihukum berat semuanya? Tidak, ada berbagai pertimbangan terlebih dulu. Perlu dilihat apakah pernyataannya itu layak untuk dimaklumi. Biasanya, kondisi terjepit dan mendesak berdasarkan data dan fakta.

Koruptor, mencuri berdasarkan kebutuhan tetapi, kondisinya kurang tepat lantaran mereka sudah punya segalanya. Sementara, seorang nenek renta tidak punya anak dan hidup di gubug reyot, harus mencuri.

Memang demi mewujudkan keadilan keduanya harus dihukum. Tetapi, kondisinya harus berbeda tidak boleh disesuaikan dengan UU atau kasus pencurian uang orang kaya. Konsep ini terkadang sulit untuk dipahami.

Tuntutan dan kepentingan masih menjadi ego nyata masing-masing kelompok. Oleh karena itu, sila ini harus dijadikan pedoman dan landasan kuat. Tetapi, berdasarkan pada kondisi di lapangan bukan kata orang lain.

Penerapan Ideologi Pancasila Sila Ketiga

Menuju Sila ke Tiga, Persatuan Indonesia. Untuk seluruh masyarakat secara menyeluruh. Dimana, ada banyak kerajaan, kebudayaan, suku, Ras, agama, bahasa. Tetapi, perbedaan itu jangan sampai jadi perpecahan.

Seluruh masyarakat harus ingat bahwa, mereka adalah satu kesatuan yaitu Indonesia. Penerapannya bisa dilihat di berbagai Desa. Kamu pasti bisa melihat, dimana penduduknya kerja sama untuk membuat sesuatu.

Mengerjakan apa saja selalu dilakukan dengan gotong royong, kerja bakti. Mereka paham, bila dikerjakan banyak orang akan segera selesai dibandingkan dikerjakan sendiri. Sila ketiga ini sangat terasa pada momen agustus.

Ada berbagai lomba, tirakatan, dan euforia mendirikan bendera. Membangkitkan rasa nasionalisme tinggi dan saling memahami satu sama lain. Konsep persatuan menjadi poin penting mengapa 17 Agustus selalu berkesan.

Penerapan Ideologi Pancasila Sila Keempat

Sila keempat, menjadi representasi setiap masyarakat agar mengutamakan musyawarah terlebih dulu. Inilah konsep mengapa pancasila menjadi pedoman kehidupan sejak dulu hingga nanti. Semua tertuang lengkap disini.

Penjabarannya sangat luas, penerapannya dapat dilihat dari pemecahan sebuah masalah. Dalam kehidupan bermasyarakat tidak mungkin akan lurus begitu saja. Konflik akan terjadi dan hal tersebut wajar.

Sebagai salah satu pemecahan masalahnya adalah bermusyawarah terlebih dulu. Hal ini seperti yang dilakukan oleh banteng. Tidak heran bila lambangnya adalah kepala dari hewan tersebut, mengapa harus musyawarah?

Karena, setiap mengambil keputusan jangan asal begitu saja. Harus dilihat dulu bagaimana duduk permasalahannya. Melihat pendapat dari satu orang ke lainnya. Mendengarkan pandangannya apakah bagus atau tidak.

Setiap orang mempunyai kepentingan, tetapi dengan melakukan musyawarah tersebut berbagai kepentingan dapat dilebur menjadi satu kesatuan. Semakin banyak pertimbangan dan pemikiran hasilnya akan maksimal, inilah kebudayaan bangsa yang bagus.

Hal tersebut dapat dilihat dari permasalahan yang terjadi. Pasti akan dibicarakan, setiap warga diminta berpendapat. Dari sini, pemimpin bisa mendengarkan dan mengambil jalan tengah berdasarkan sila ke dua.

Penerapan Ideologi Pancasila Sila Kelima

Terakhir, adalah keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Penerapannya bisa menjadi warga negara yang baik, contohnya taat membayar pajak. Harus diakui, pendapatan negeri berasal dari berbagai pajak.

sila ke lima ini menjadi pelengkap dari keseluruhannya. Apa maksud serta tujuannya dibentuk seperti. Alasan dijadikannya sebagai sebuah pedoman kehidupan, lima elemen tersebut adalah poin penting menuju kebahagiaan.

Keadilan sosial sendiri bisa juga diartikan sebagai pemerataan. Harapannya, agar satu sama lain saling mendukung. Orang kaya memberikan kesempatan, orang kurang mampu bekerja keras memanfaatkanya, menarik sekali bukan konsep tersebut?

Selain itu, diharapkan juga antar sesama manusia jangan pernah saling membedakan satu sama lain. Pada dasarnya, status sosial mereka tidak jauh berbeda. Apalagi, di mata Tuhan Yang Maha Esa.

Rangkuman Mengenai Penjelasan Ideologi Pancasila 

Secara keseluruhan rangkuman ideologi pancasila ini dapat dipahami sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat satu sama lain. Bukan hanya hubungan antara sesama manusia saja melainkan kepada Tuhan.

Hal ini sejalan dengan berbagai dimensi yang terjadi saat ini. Mulai dari filosofis, normatis, serta realistis. Ideologi Pancasila sebagai landasan negara adalah tepat, hanya saja belum semua memahami makna sebenarnya.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah