Fungsi dan Peran Pancasila Secara Umum di Indonesia & Kedudukannya

Posted in: Mapel Pelajar
Tagged: Pancasila

Fungsi dan Peran Pancasila Secara Umum di Indonesia & Kedudukannya – Mengetahui fungsi dan peran pancasila adalah sebuah hal yang perlu dilakukan oleh setiap warga negara. Tanpa adanya pemahaman terhadap fundamental negara tersebut maka fungsi dan kontribusi akan nihil.

Fungsi dan Peran Pancasila

bobo.grid.id

Oleh karena itu kami akan menjelaskan apa saja yang berkaitan dengan fundamental negara agar kamu bisa lebih paham. Karena pengetahuan ini tidak hanya digunakan untuk jangka pendek saja.

Memahami fundamental negara sebagai seorang rakyat tentunya dapat memberikan haluan dasar bagaimana bersikap dan menjalani kehidupan. Karena tanpa sebuah tuntunan maka manusia tersebut akan tersesat.

Dapat di garis bawahi disini tuntunan yang dimaksud adalah bagaimana seorang manusia dapat melakukan aktivitas hidup secara universal. Jadi tidak hanya dari aspek sosial saja namun juga ekonomi.

Pada dasarnya pancasila sebagai ideologi negara dapat dijadikan patokan bagaimana seseorang dianggap baik atau tidak. Disini negara sudah memberikan haluan bagaimana sebuah tindakan dapat dilakukan.

Karena dengan adanya haluan yang jelas maka sistem sosial akan terbentuk secara harmonis. Konflik horizontal antar golongan dapat dicegah sehingga semua orang dapat menikmati kebahagiaan secara adil.

Sistem pemerintahan juga harus menggunakan pancasila sebagai fundamentalnya. Karena ketika sebuah kepemimpinan tidak didasari asas yang jelas maka nantinya dalam jangka panjang dapat merugikan.

Apalagi melihat sistem masyarakat dalam negeri yang heterogen sehingga membutuhkan treatment berbeda. Disini sangat terlihat peran penting dari pancasila sebagai gembala bagi mereka yang membutuhkan.

Fungsi dan Peran Pancasila Secara Umum

Pancasila apabila ditafsirkan secara dasar memiliki lima fungsi yang dapat dilihat secara nyata. Berikut ini adalah beberapa fungsi umum adanya lambang negara dalam kehidupan bermasyarakat.

1. Pedoman Bermasyarakat

Bagaimana masyarakat Indonesia melakukan interaksi sesama warga sudah dijelaskan menggunakan pedoman dasar ini. Jadi tidak perlu mengadopsi pola hidup dari luar negeri.

Ketika sila sudah banyak mengandung pelajaran moral berharga terhadap aspek kehidupan tentu saja harus digunakan. Disini fungsi dan peran pancasila sangat krusial sehingga harus diterapkan.

2. Fundamental Bangsa

Pancasila bukan hanya sekedar gimmick dari sebuah negara baru. Namun didalamnya mengandung berbagai kebijaksanaan dan bagaimana seorang manusia dapat menjalankan hidup lebih baik.

3. Identitas Bangsa

Interaksi sosial tidak hanya terjadi pada skala nasional namun juga internasional. Disini fundamental negara adalah salah satu identitas untuk menunjukkan eksistensi dari sistem sosial fungsional.

4. Hukum

Landasan hukum secara umum merupakan salah satu fungsi dari fundamental bangsa. Tanpa adanya landasan jelas maka hukum dalam sosial dan sistem ketatanegaraan akan kacau.

5. Proyeksi Founding Father

Sebagai salah satu peninggalan dari kebijaksanaan para bapak pendiri bangsa. Tentu saja ini dapat menjadi cita-cita masa depan terhadap bagaimana seharusnya sebuah masyarakat sosial berfungsi.

Kelima fungsi tersebut tentu saja dapat diartikan lebih universal apabila memaknainya secara spesifik. Jadi masih banyak kebijaksanaan dapat dipetik dari salah satu dasar negara ini.

Fungsi dan Peran Pancasila dalam Kehidupan Bernegara

Dalam kehidupan bermasyarakat tentu saja pancasila memiliki peran krusial. Karena dari semua kandungan sila di dalamnya terdapat haluan bagaimana seharusnya seorang warga Indonesia bersosialisasi.

Pancasila dapat menjadi pemersatu pembimbing bagi masyarakat dalam interaksi bernegara. Disini interaksi sosial secara horizontal tentu saja menjadi tolak ukur penting dalam sebuah kehidupan.

Karena tanpa adanya haluan dasar bagaimana sebuah sistem sosial bekerja, maka kehidupan bermasyarakat akan rapuh. Ini tentu saja tidak diinginkan oleh orang yang memiliki mental sehat.

Oleh karena itu fungsi dan peran pancasila harus dipandang secara universal terhadap kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan bermasyarakat tentu akan banyak perbedaan dan perselisihan.

Tanpa adanya landasan bagaimana menyikapinya akan cukup sulit untuk meredakan konflik horizontal tersebut. Disini sangat terlihat apalagi dengan semakin majunya peradaban pola pikir masyarakat.

Apabila masih mengadopsi sistem sosial primitif maka akan muncul banyak masalah dengan meningkatnya teknologi sekarang. Disinilah arti pancasila bagi Indonesia berperan sebagai pengatur kata, pikir, dan tindakan baik.

Karena dengan tiga aspek tersebut maka kehidupan sosial akan lebih baik. Apalagi sekarang generasi muda sudah mulai melupakan tiga aspek tersebut. Apabila terus dibiarkan maka nantinya tidak akan ada harapan.

Oleh karena itu pendidikan moral berdasarkan pancasila sebagai landasan luhur perlu dilakukan pada. Tanpa adanya landasan seperti ini akan cukup sulit untuk mendapatkan bibit unggul.

Apalagi melihat paparan budaya dari negara asing dengan dampak masif. Memang bukan budaya secara harfiah namun bagaimana menjalani hidup dengan gaya mereka. Ini perlu diwaspadai terutama era digital.

Karena tanpa adanya filter yang bagus bagi informasi dan pengetahuan akan sangat menyulitkan. Gangguan terhadap moral mental bangsa dapat dipertaruhkan tanpa implementasi nyata dari pancasila.

Fungsi dan Peran Pancasila dalam Kemajuan Negara

Kemajuan negara disini bisa dari segi sosial, ekonomi, dan moral. Karena ketiganya tentu saling berhubungan dan memberikan dampak masing-masing. Disini fundamental sebuah negara sangat penting dimiliki.

Indonesia sendiri dengan sistem politik demokrasi pancasila sebenarnya mampu untuk memaksimalkan tiga potensi tersebut. Namun minimnya minat dan kesadaran masyarakat akan membuatnya cukup lama digunakan.

Fungsi pancasila dalam kontrol moral adalah pemberi haluan berkehidupan sosial. Dimana interaksi antara satu manusia dan lainnya perlu diperhatikan. Disini sangat penting karena kaitannya nanti akan luas.

Apabila sistem sosial dalam sebuah negara tidak memiliki landasan bagus maka perekonomian dan finansial tentu terganggu. Tulang punggung dalam kemajuan sebuah peradaban sekali lagi adalah interaksi sosial.

Pada saat fungsi dan peran pancasila sudah disepelekan maka Indonesia akan kesulitan untuk bersaing dengan negara lain. Penting sekali disini untuk ditekankan bahwa keberhasilan negara terdapat tolak ukurnya.

Jadi bukan sebatas dari berapa besar GDP saja namun juga bagaimana kondisi moral dan sosial masyarakat. Ketika semua itu memiliki hasil yang buruk maka sebuah negara bisa dikatakan gagal.

Salah satu contoh negara gagal di dunia yang terbaru adalah afghanistan. Tanpa mengurangi rasa hormat pada sebuah hak bernegara, konstitusi yang mereka miliki tidak memiliki fundamental sama sekali.

Menjadikan agama tulang punggung sebuah pemerintahan tentu tidak relevan. Apalagi Islam sendiri tidak digunakan untuk membentuk sebuah negara. Sistem sosial ya, namun negara tidak.

Fungsi dan Peran Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat

Fungsi spesifik pancasila dalam kehidupan masyarakat dapat diibaratkan sebagai gembala. Landasan ideologi ini adalah wajah dari warga Indonesia untuk memiliki perilaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Bahkan jika ditarik filsafat lebih dalam nantinya akan menjadikan sebuah sistem pengaturan kehidupan. Bagaimana pola interaksi dalam masyarakat dan menyelesaikan masalah yang terjadi di dalamnya.

Misalnya saja masalah horizontal antar agama tertentu. Mengapa tidak mengacu pada sila satu ketuhanan yang maha esa. Negara ini menjamin semua warganya untuk memeluk keyakinan masing-masing.

Tidak peduli bagaimana ritualnya selama orang tersebut menghormati pancasila sebagai fundamental maka agama apapun tetap dihargai. Disini fungsi dan peran pancasila sangat penting untuk ditegakkan.

Sebagai contoh fiksi misalnya ada golongan penyembah petir. Selama golongan tersebut tidak memicu keributan dan membuat stabilitas sosial terganggu maka mereka memiliki hak untuk menjalankan agamanya.

Konsep seperti ini juga berlaku sebaliknya, misalnya sebuah agama mayoritas juga tetap tidak boleh mengeksploitasi keadaan. Hanya karena jumlah mereka besar bukan berarti bisa menentukan segalanya di negara ini.

Apabila sampai ada salah satu agama tertentu yang dijadikan tameng untuk melakukan eksploitasi tersebut artinya persatuan indonesia sudah dilanggar. Inilah fakta dalam kehidupan bernegara.

Ketika semua keadilan tidak dapat dicapai dan kebaikan hanya dijadikan sebatas gimmick belaka. Niscaya dalam waktu tidak terlalu lama sistem sosial yang ada di negara ini akan cepat pudar.

Fungsi dan Peran Pancasila dalam Kehidupan Era Digital

Kehidupan digital di Indonesia lebih kejam dari kehidupan nyata. Hal ini terlihat bagaimana masih minimnya kedewasaan warga yang menggunakan media tersebut. Toxic habit adalah salah satu contoh kongkritnya.

Menggunakan media digital secara bijak santun adalah bukti kedewasaan dari sebuah sistem sosial digital. Hal seperti ini sayangnya belum bisa banyak diterima oleh rakyat Indonesia.

Mengapa hal ini terjadi tentu saja karena banyak yang kurang memahami fungsi dan peran pancasila dalam kehidupan era digital. Clout chasing dan virtue signaling adalah contoh buruk dari penggunaan media yang salah.

Hal seperti ini memang tidak bisa dihindari karena kemajuan teknologi tentu memberikan pengaruh dalam kehidupan. Kewajiban dari manusia penggunaannya adalah menentukan kebijakan dalam menggunakan.

Ada banyak norma yang dapat diterapkan ketika menggunakan media seperti ini. Sekali lagi menentukan pikir, kata, dan tindakan baik adalah sebuah keharusan. Karena jika dilakukan sebaliknya akan cukup berbahaya.

Memang pada faktanya keributan di media sosial sangat sedikit peluangnya untuk memicu gerakan nyata. Namun inkonsistensi dari adanya gerakan tersebut tentu mengganggu stabilitas mental rakyat.

Apabila dibiarkan dalam jangka waktu lama tentu dapat mempengaruhi pola pikir. Radikalisme adalah salah satu akibat minimnya pemahaman. Bahkan bisa dikatakan jauh dari kebijaksanaan pancasila sebagai dasar negara.

Oleh karena itu kontrol terhadap penggunaan media digital harus diperhatikan dengan seksama. Jika dibiarkan terlalu bebas maka dapat mempengaruhi informasi yang ada di dalamnya.

Kedudukan Fungsi dan Peran Pancasila dalam Kehidupan Bernegara

Pancasila memiliki kedudukan tertinggi dalam tata kehidupan bernegara bagi semua elemen. Menjunjung tinggi bukan memiliki arti menyembah dan menyekutukan tuhan. Kedudukan pancasila memang tinggi dari segi konstitusi.

Inilah fungsi dan peran pancasila yang sering dipelintir media radikal dalam mengartikan menjunjung tinggi pancasila. Tidak ada yang menyekutukan tuhan dengan menghargai dan menjalankan fundamental negara.

Justru dengan menerapkan fanatisme berlebihan terhadap suatu agama tertentu dapat berdampak negatif pada sebuah negara. Salah satu contoh negara gagal karena fanatisme tinggi adalah yaman dan afghanistan.

Tanpa mengurangi rasa hormat pada sistem pemerintahan keduanya. Religiusme tidak dapat diterapkan secara totalitarian di Indonesia. Keberagaman suku, budaya, dan ras disini tidak bisa disatukan hanya dengan agama atau negara saja.

Jadi ada banyak aspek penting untuk mendapatkan persatuan sosial. Kembali lagi seperti kedudukan dan fungsi pancasila, ketika mengamalkan satu sila tentu tidak seimbang. Disini agama atau negara saja tidak cukup untuk menyatukannya.

Oleh karena itu harus timbul simbiosis mutualisme antara agama dan negara agar sebuah sistem sosial dapat berjalan harmonis. Sebagai warga sipil menjunjung tinggi menerapkan fundamental negara adalah keharusan.

Hal tersebut juga dilakukan tanpa mengurangi rasa hormat pada kepercayaan masing-masing rakyatnya. Jadi semua harus dilakukan secara seimbang agar bisa memperoleh hasil optimal.

Kehidupan ideal memang sangat sulit terjadi, setidaknya menggunakan landasan ini hasilnya akan lebih baik. Pemahaman mengenai fungsi dan peran memang harus dilakukan agar semua itu dapat diperoleh.

Setelah memahami berbagai aspek tersebut tentu saja mulai melakukan pemahaman pribadi sangat penting dilakukan. Karena tanpa memahami fungsi dan peran pancasila sesungguhnya keharmonisan sosial akan sulit tercapai.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah