Buat Kamu yang Mau Merantau, Ketahui Perbedaan Kehidupan Asrama dan Kostan Ini

Posted on Posted in Mahasiswa, Seputar Anak Kost

Perbedaan kehidupan asrama dan kostan – Tahun ajaran baru sebentar lagi akan dimulai, momen ini tentu menjadi momen yang sudah lama ditunggu-tunggu oleh sederetan calon mahasiswa baru. Sederetan calon mahasiswa baru pun terlihat sedang sibuk-sibuknya mempersiapkan kebutuhan campus life, terutama bagi mereka yang akan merantau ke kota orang.[sg_popup id=”22″ event=”onload”][/sg_popup]

Salah satu hal yang terpenting dan perlu dipersiapkan matang-matang dari jauh hari adalah persoalan tempat tinggal. Ada banyak pilihan tempat tinggal di kota rantau yang bisa menjadi pilihan kamu, dua diantaranya saja ada asrama dan kost.

Beberapa perguruan tinggi memang ada yang sudah menyiapkan fasilitas asrama bagi para mahasiswanya. Namun, nyatanya memang hanya sedikit saja perguruan tinggi yang menyediakan fasilitas seperti ini. Bagi kamu yang masuk ke perguruan tinggi yang tidak menyediakan fasilitas asrama, tentu kamu harus mencari info kost Jakarta murah, kost Bandung murah, kost Jogja murah sendiri guna menjadi tempat tinggal.

Sebelum kamu memutuskan untuk tinggal di asrama atau kost-kostan, ada baiknya kamu intip terlebih dahulu perbedaan antara kehidupan asrama dan kosan ini.

6 Perbedaan Kehidupan Asrama dan Kostan

6 Perbedaan Kehidupan Asrama dan Kostan
6 Perbedaan Kehidupan Asrama dan Kostan

1. Jumlah penghuni

Bagi kamu yang sebelumnya sudah pernah merantau dan tinggal di kost-kostan, otomatis sudah pasti sudah memiliki gambaran sedikit tentang kehidupan di kostan. Tinggal di kost Malang murah memberikan kamu kebebasan untuk memilih ingin tinggal sendiri di kostan tersebut atau ingin berdua bersama teman.

Sedangkan, jika kamu tinggal di asrama tentu kamu tidak akan diberikan pilihan yang sama. Karena tinggal di asrama mengharuskan kamu tinggal bersama banyak di dalam satu kamar.

2. Pola kehidupan sehari-hari

Perbedaan kedua yang akan terlihat mencolok akan berhubungan dengan pola kehidupan sehari-hari. Umumnya, kehidupan mereka yang tinggal di asrama biasanya akan lebih teratur dan terstruktur. Bahkan banyak yang beranggapan kalau anak asrama itu hidupnya terkekang dan tidak bisa melakukan keinginannya.

Padahal pada kenyataanya hal tersebut sama sekali tidak benar karena kehidupan di asrama pada dasarnya sama saja dengan kehidupan mahasiswa biasanya. Hanya saja kegiatan seperti bangun tidur, makan, mandi, dan belajar itu sudah ada waktunya.

Sedangkan, kehidupan anak kostan sudah tentu akan jauh berbeda dengan anak asrama. Dalam kegiatan sehari-hari kehidupan anak kostan akan lebih bebas. Anak kostan biasanya tidak punya jadwal tetap tentang kegiatan sehari-hari karena mereka bisa bebas ingin bangun jam berapa dan bisa melakukan kegiatan yang diinginkan tanpa terikat aturan yang ketat.

Jadi, kalau kamu memutuskan untuk ngekost, harus pintar-pintar mengatur jadwal agar tidak berantakan di akhir.

3. Biaya hidup

Masalah biaya hidup itu tergantung dari gaya hidupmu sendiri. Biaya asrama akan mahal tergantung dari infrastuktur dan fasilitas yang tersedia di sana. Sementara biaya kost Solo Surakarta murah akan tergantung dari kostan yang kamu pilih. Jika kostan yang kamu pilih tergolong elit, ya tentu saja kamu harus membayar lebih banyak.

Selain itu kebutuhan pribadi kamu juga nantinya sangat mempengaruhi. Kalau kamu tipe anak yang sederhana tinggal di kost ataupun asrama itu sama saja, tapi kalau kamu anak yang boros di manapun kamu pasti pengeluranmu juga banyak.

4. Hubungan sosial

Hubungan sosial antara kehidupan di asrama dengan mereka yang tinggal di kost-kostan tentu akan cukup berbeda. Biasanya, anak asrama akan jauh lebih dekat antara satu dengan yang lainnya. Bayangin saja 24 jam kamu akan selalu bersama dengan anak asrama lainnya, gimana kamu tidak akrab?

Biasanya anak asrama juga jarang mempunyai konflik karena masalah yang terjadi langsung diselesaikan dengan cara mediasi. Wah, pasti gak nyaman banget kan punya masalah sama orang yang kita temui setiap hari? So, anak asrama bisa di bilang agak lebih dewasa sih.

Baca juga :  17 Menu Makan yang Gampang Dibuat Oleh Anak Kos

Sedangkan, kehidupan anak kostan biasanya akan jauh dari pantauan orangtua. Hal ini membuat sederetan mahasiswa bisa lebih bebas menjadi dirinya sendiri, contohnya saja mereka yang suka treveling bisa sering jalan-jalan dan yang suka seni bisa mengekspresikan diri tanpa ada larangan.

Hal ini terkadang menjadi salahs atu penyebab yang membuat anak kostan mempunyai area pergaulan yang luas dan punya banyak teman dari berbagi background. Tapi di sisi negatifnya, anak kostan terkadang juga sulit untuk mengendalikan diri sehinga lebih mudah terjerumus ke hal negatif. Semoga kamu bisa dijauhkan dari hal-hal seperti ini ya!

5. Privasi

Karena tinggal nya bersama-sama, biasanya mereka yang tinggal di asrama akan cukup sulit untuk melakukan hal-hal yang dianggap privasi. Cukup sulit di sini bukan berarti tidak bisa, kamu tetap bisa melakukan hal-hal yang kamu anggap privasi ini cuma mungkin tidak bisa sebebas anak kost.

Sedangkan, jika kamu memilih untuk ngekost maka kamu pun akan bebas melakukan apa aja karena kamu tinggal sendiri dan tidak ada peraturan yang terlalu mengikat kamu..

6. Kegiatan pembelajaran

 

Perbedaan kehidupan selanjutnya akan berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Biasanya mereka yang tinggal di asrama akan belajar lebih intensif dibandingkan mereka yang tinggal di kost-kostan. Hal ini dikarenakan selama 24 jam kamu akan disiplin dan terikat dengan peraturan yang dibuat.

Selain itu keuntungan tinggal di asrama selanjutnya adalah kamu bisa mencari bantuan kapan saja ketika kita tidak memahami materi pembelajaran karena biasanya asrama di perguruan tinggi itu ada beberapa dosennya juga yang tinggal di sana.

Selain itu, tinggal di asrama juga akan memudahkan kamu dalam mengerjakan tugas kelompok karena seluruh anggotanya tinggal di satu tempat.

Sedangkan, untuk kegiatan pembelajaran anak kost biasanya akan lebih santai karena kamu bisa mengatur jadwal sendiri. Selain itu meskipun terkadang ada masalah pembelajaran atau ada materi yang tidak dipahami masih ada jejaring internet yang setia menemani dan bisa kamu tanyai kapan saja.

Tapi kadang kendalanya adalah ketika belajar kelompok karena anggota kelompoknya tinggalnya berjauhan

Kehidupan asrama punya beberapa sisi enaknya. Di asrama kamu punya jauh lebih banyak kesempatan untuk mencari teman baru satu kampus. Gimana nggak, pasalnya saat kamu berjalan di koridor kamar tidur, ada banyak wajah berbeda yang bisa kamu temui. Kamu bakal jadi lebih mudah akrab sama teman sekamar atau sebelah kamarmu.

Begitu juga ketika kamu tinggal di kost-kostan, kehidupan anak kost juga tidak kalah enaknya dengan kehidupan asrama. Kalau di kostan, kamu lebih memiliki privasi. Misalnya memilih kamar yang memiliki kamar mandi dan dapur sendiri.

Kamu juga bisa mencari teman sendiri buat jadi roommate-mu. Ditambah lagi kamu bakal menjadi lebih mandiri. Sebab, untuk urusan beres-beres kamar sampai memperbaiki barang yang rusak, kamu lakukan sendiri.

Kamu pun diberikan kebebasan untuk memilih akan tinggal di asrama atau di kostan. Semoga informasi di atas yang sudah Mamikos berikan dapat berguna dan membantu kalian dalam menentukan hunian yang pas ya! Selamat mengarungi tahun ajaran baru! Untuk informasi lebih banyak lagi seputar tips-tips bermanfaat bagi mahasiswa baru, kamu bisa gali di situs Mamikos dan download aplikasi Mamikos di Play Store.