Rekomendasi Laptop yang Bagus Untuk Mahasiswa, Harga Hemat & Awet

Posted in: Mahasiswa

4 Rekomendasi Laptop yang Bagus Untuk Mahasiswa, Harga Hemat & Awet — Laptop adalah salah satu gawai setelah ponsel pintar yang kehadirannya tak dapat dipisahkan dengan kehidupan masa kini. Bukan hanya pekerja profesional saja. Anak sekolah, mulai dari tingkat SD hingga SMA pun sudah diajarkan cara menggunakan laptop.

Makanya kata kunci rekomendasi laptop cukup sering dicari oleh orang-orang yang mencari beberapa pilihan laptop yang bagus untuk dipakai mahasiswa hingga pelajar dengan harga hemat terjangkau. Kebetulan Mamikos memiliki rekomendasi laptop bagus dengan harga hemat di sini.

Inspirasi Laptop Bagus, Hemat, dan Berkualitas, Cocok Untuk Mahasiswa

unsplash.com/XPS

Fungsinya yang semakin tidak terpisahkan dengan perkembangan zaman menjadi salah satu alasan semakin banyak orang yang beralih pada laptop. Kata kunci rekomendasi laptop dengan harga murah dan cocok dipakai para mahasiswa pun sering dicari. Di artikel kali ini, Mamikos memiliki beberapa daftar dari laptop bagus, berkualitas namun harganya tetap terjangkau.

1. Lenovo tipe IdeaPad 330 (AMD A4)

tokopedia.com/wawallstorelaptop

Lenovo tipe IdeaPad 330 adalah salah satu laptop yang cukup oke karena ia menawarkan kecepatan yang lumayan dapat diandalkan. Sebab pada laptop ini sudah dipasang prosesor generasi ketujuh jenis AMD A4-9125. Saat menggunakan laptop ini kamu bisa menjalankan banyak sekali software atau aplikasi yang kerjanya lumayan lancar di waktu yang bersamaan. Misalnya saja membuka peramban, streaming musik secara daring, sampai mengerjakan tugas di Microsoft Office atau sekadar menjelajah dunia maya.

Meskipun pada prosesor AMD A4-9125 tersebut masih dual core, namun prosesor ini bisa bekerja dengan tingkat kecepatan 2,3GHz sampai 2,6GHz. Belum lagi RAM memori yang terpasang sebesar 4GB DDR4 dan masih bisa kamu tingkatkan hingga 8GB. Untuk kemampuan kemampuan grafisnya, laptop satu ini sudah dilengkapi juga dengan AMD Radeon R3 yang terintegrasi sangat baik pada grafis standar atau mode game yang ringan.

Beralih pada layar yang memakai ukuran 14 inci sangat cocok untuk dijalankan pada komputasi dasar. Misalnya saja mengoperasikan komputasi sehari-hari seperti berselancar di internet menggunakan peramban, melakukan pengeditan ringan sampai membuka software Microsoft Office. Maka bisa dibilang dimensi pada laptop ini selaras dan bisa mendukung mobilitas penggunanya.

Fitur lain di laptop

Dari segi penyimpanan, laptop satu ini juga memiliki HDD hingga 500GB. Sementara untuk audio, laptop Lenovo Ideapad ini mempunyai speaker stereo dengan daya 2 x 1,5W yang dapat mendukung pengalaman multimedia yang lebih menyenangkan. Untuk daya tahan baterainya sendiri laptop ini bisa beroperasi hingga 6 jam dalam satu kali charging hingga 100 persen. Kamu juga dapat menggunakan fitur Rapid Charge agar pengisian daya baterai bisa lebih cepat. Melakukan charge 15 menit saja, kamu sudah dapat menambah daya baterai hingga 2 jam nonstop.

Keunggulan lain yang bisa dipertimbangkan dari laptop ini adalah masih tersedia drive optik DVD/RW yang cukup menggembirakan bagi kamu yang masih menonton film dalam format DVD. Laptop Lenovo IdeaPad ini juga sudah dilengkapi AccuType keyboard demi kenyamanan mengetik pengguna untuk waktu yang lama.

Spesifikasi dari Laptop Lenovo IdeaPad 330:

  1. Display layar TFT LCD 14 inch, 1.366 x 768 pixel
  2. Processor yang dipakai AMD APU A4-9125 dual-core 2,3GHz plus Turbo Core 2,6GHz
  3. RAM sebesar 4 GB DDR4 dan dapat upgrade to 8GB
  4. HDD hingga 500 GB
  5. Detail OS yang dipakai Windows 10 Home
  6. Graphics layar AMD Radeon R3 Graphics
  7. Optical Drive Type DVD/RW
  8. Kamera depan 0.3MP dilengkapi Microphone
  9. Audio 2 x 1.5 W speakers dilengkapi Dolby Audio
  10. Baterai 2-Cell 30WHr
  11. Perkiraan harga pasar: Rp 3.390.000 sampai Rp 3.999.000

2. Asus X441BA prosesor AMD A4, 4 GB, 1TB

tokopedia.com/bandar-electronics

Laptop rekomendasi Mamikos yang cocok untuk mahasiswa berikutnya ini memang sengaja didesain bagi mereka yang memerlukan notebook khusus untuk kebutuhan sehari-hari saja yang harganya cukup ramah. Laptop Asus dilengkapi dengan prosesor tipe AMD Dual-Core A4 dengan seri 9125 generasi Stoney Ridge dan dilengkapi dengan RAM 4GB DDR4.

Desain fisik atau penampilan yang diusung oleh Asus X441BA memang sangat menarik di kelasnya sebab ia memiliki lekukan elegan khas ASUS. Laptop satu ini juga dibalut dengan cangkang yang solid dengan warna soklat yang dapat menambah kesan elegan. Dimensi laptop ini adalah 34.8 x 24.2 x 2.76 cm (WxDxH) dan memiliki bobot yang tidak begitu berat yakni 1,8 kilogram saja.

Laptop Asus tipe ini juga sudah dilengkapi dengan port 1 USB 2.0, 1 X USB 3.0, 1 VGA, 1 USB Type C, 1 HDMI, 1 SD Card Reader, 1 LAN, dan yang terakhir 1 AUX 3.5mm Port. Laptop Asus ini juga masih dilengkapi dengan DVD ROM sehingga dapat kamu manfaatkan untuk mengcopy file atau melakukan burn via CD.

Fitur lain di laptop

Keyboard yang ada pada Asus X441BA juga bisa dibilang oke. Sebab jarak antara tombol yang satu dan yang lain sangat pas dan nyaman dipakai mengetik untuk waktu yang lama. Touchpad nya sendiri terbilang standar dengan garis pemisah pada klik kiri dan kanan. Masih cukup nyaman dan tidak delay juga.

Layar laptop sudah dilengkapi dengan layar yang memiliki ukuran 14 inci dan TFT LCD HD, resolusi nya 1366 x 768. Jika dipakai menonton film atau anime kesukaan dijamin tetap terasa nyaman. Speaker yang dipasang pada Asus X441BA juga sudah dilengkapi dengan kombinasi SonicMaster dan ICEpower yang membuat suara yang keluar lumayan jernih. Laptop ini perlu dipertimbangkan apabila kamu hendak mencari laptop bagus dengan harga terjangkau dan grafis yang baik.

Spesifikasi dari laptop Asus X441BA:

  1. Display layar 14 inch, resolusi 1.366 x 768 pexels
  2. Processor yang dipakai adlaah AMD Dual Core A4-9125, 2.3 GHZ, hingga 2.6 GHz, 1M Cache.
  3. RAM yang dimiliki sebesar 4GB DDR4
  4. HDD hingga 500GB
  5. Detail OS yang dipakai Windows 10 Home
  6. Graphics laptop AMD Radeon R4 Graphics
  7. Optical Drive Type mendukung DVD+RW
  8. Kamera VGA Web camera
  9. Audio Built-in Stereo 3W Speakers And Microphone plus ASUS SonicMaster Technology
  10. Baterai hingga 45 W, 3 Cells, 36 Whrs
  11. Perkiraan Harga pasar Rp 3.570.000 sampai Rp 3.999.000

3. HP 14 CM0091AU prosesor AMD A4, 128 GB SSD

tokopedia.com/grand888

Mamikos masih punya rekomendasi berikutnya dari laptop bagus untuk mahasiswa yang jangan sampai dilewatkan. Laptop HP 14-CM0091AU adalah salah satu laptop yang menawarkan media penyimpanan SSD M.2 yang berkapasitas hingga 128GB. Media penyimpanan SSD yang ada pada laptop tentu saja menawarkan performa yang lebih baik, responsif, dan pastinya lebih bisa menghemat daya.

Laptop HP ini juga ditanami prosesor AMD tipe A4-9125 generasi Stoney Ridge. Desain yang dipakai pada HP 14-CM0091AU juga cukup elegan dan memiliki dimensi tipis dan ringan. Apalagi casing solid berwarna silver nya menambah kesan mahal dari laptop ini. Karena memiliki dimensi yang tipis, kemudian bobotnya yang cukup ringan yakni hanya 1.4 kg saja, maka pengguna pun jadi lebih nyaman saat bekerja menggunakan laptop ini. Mobilitas dan penggunaan dalam waktu yang lama jelas tidak akan mengganggu.

Laptop HP tipe ini juga ditanami prosesor AMD APU tipe A4-9125, APU generasi ketujuh dan mendukung dual core. Kecepatan prosesornya mulai 2,3GHz sampai 2,6GH. RAM yang ada pada dalam laptop juga cukup besar yakni 4GB DDR4 dan masih bisa ditingkatkan.

Fitur lain di laptop

Kemampuan yang mumpuni tersebut juga jadi membuat kamu cukup nyaman untuk mengakses dan menjalankan peramban, Microsoft Office, atau melakukan kegiatan multimedia lainnya yang ringan saja. Karena sudah menggunakan AMD Radeon R3, makanya performa grafis laptop HP ini memadai untuk dipakai pada grafis standar atau game-game yang ringan. Untuk konektivitasnya, laptop ini sudah lengkap juga karena didukung port USB 3.1 Gen 1, port USB 2.0, WiFi, Bluetooth, port VGA, port LAN, port HDMI, dan card reader.

Untuk media penyimpanannya sendiri berupa SSD atau Solid State Drive M.2 yang berkapasitas hingga 128 GB yang dapat menampung banyak data milik kamu. Media penyimpanan SSD tersebut juga menawarkan keunggulan read and write yang cukup tinggi dari hardisknya. Sementara untuk konsumsi daya nya bisa lebih efisien dibanding dengan HDD kebanyakan.

Spesifikasi dari laptop HP 14 CM0091AU:

  1. Display TFT LCD dan HD BrightView WLED backlight layar 14 inch, resolusi layar 1.366 x 768 piksel.
  2. Processor yang ditanam AMD APU A4-9125 dual-core 2,3GHz plus Turbo Core 2,6GHz
  3. RAM hingga 4 GB DDR4 dapat ditingkatkan
  4. SSD yang digunakan M.2 128 GB
  5. Detail OS yang dipakai Windows 10 Home
  6. Graphics AMD Radeon R3 Graphics
  7. Kamera HP TrueVision HD Camera dengan integrated digital mikrofon.
  8. Audio dilengkapi Dual Speaker
  9. Baterai 3-Cell, 41 WHr Li-ion prismatic
  10. Perkiraan harga pasar Rp 3.260.000 sampai Rp 3.999.000

4. Acer Aspire 3 A314-32 prosesor Intel N4000, 4 GB, & 1 TB

tokopedia.com/optimusstore

Rekomendasi laptop bagus dan harga yang hemat versi Mamikos selanjutnya adalah Acer Aspire 3 A314-32. Bisa dibilang laptop ini diperuntukkan bagi pelajar sebab prosesor yang dipakai masih Celeron N4000 generasi Gemini Lake. prosesor tersebut menawarkan peningkatan performa serta efisiensi pemakaian daya yang lebih baik dibanding dengan seri pendahulunya. Laptop yang lazim dipakai para pelajar ini juga sudah dilengkapi dengan desain yang bergaya dan tekstur brushed metal di interiornya. Laptop Acer ini juga sudah dibalut dengan casing yang solid namun tetap terasa tipis.

Laptop Acer ini sudah dilengkapi layar standar berukuran 14 inch jenis Acer CineCrystal TFT LCD LED atau Light Emitting Diode yang memiliki resolusi High Definition (HD) 1.366 x 768. Laptop ini juga didukung oleh teknologi Acer ComfyView. Jika membicarakan soal performa, bisa dibilang laptop ini sudah sangat cukup untuk penggunaan sehari-hari khas pelajar.

Sebab sudah dilengkapi prosesor Intel Celeron N4000 generasi Gemini Lake dual-core yang mampu diajak berlari dengan kecepatan standar 1,1GHz sampai 2,6GHz. Sangat cukup bukan untuk penggunaan harian. Laptop Acer ini juga telah dilengkapi dengan memori RAM sebesar 4GB DDR4 yang masih bisa ditingkatkan sampai 8GB DDR4 maksimal. Sementara performa grafis yang dimiliki, laptop ini sudah memakai Intel UHD Graphics 600 yang sangat cukup untuk dipakai kegiatan ringan saja.

Fitur lain di laptop

Kemudian info lain yang perlu tahu adalah dari daya tahan baterai yang sudah dilengkapi kapasitas hingga 2 cell 4810mAh. Yang mana dapat bertahan sampai 8 jam untuk penggunaan normal. Sedangkan dari segi konektivitas, laptop satu ini sudah dilengkapi WiFi, Port USB 3.0, LAN, Bluetooth, port USB 2.0, Port HDMI, hingga card reader. Laptop tipis yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa ini sayangnya sudah tidak dilengkapi oleh DVD-RW.

Acer Aspire tipe 3 A314-32 sudah mempunyai media penyimpanan hard disk yang kapasitasnya cukup besar yakni hingga 1TB. Sementara untuk audio atau suaranya sudah dilengkapi speaker stereo yang mendukung teknologi Acer True Harmony yang dijamin akan memanjakan telinga kamu.

Spesifikasi dari laptop Acer Aspire 3 A314-32:

  1. Display layar laptop TFT LCD Acer CineCrystal dan dilengkapi LED backlight 14 inch, Acer ComfyView, Acer BluelightShield, dan resolusi 1.366 x 768 pexels
  2. Prosesor yang ditanam Intel Celeron Processor N4000, 4M Cache hingga 2.60 GHz
  3. RAM yang dipasang 4 GB DDR4 dan dapat ditingkatkan hingga 8GB maksimal
  4. HDD memori hingga 1TB
  5. Detail OS yang dipakai Windows 10 Home
  6. Graphics yang digunakan Intel HD Graphics 600
  7. Kamera HD webcam
  8. Audio HD webcam
  9. Baterai berkapasitas 2-Cell 4810 mAh Li-Polymer
  10. Perkiraan harga pasar Rp 3.549.000 sampai Rp 6.000.000

Tips Supaya Laptop Kamu Awet

unsplash.com/yoshikoevanka

Mamikos akan memberikan tips yang singkat saja agar bisa lebih mudah kamu pahami jika kamu ingin laptop yang kamu miliki ini awet. Sebab masih banyak juga ternyata yang masih mengabaikan hal ini dan sembarangan saja dalam pemakaian laptop padahal hampir tiap hari gawai tersebut digunakan. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan agar laptop kamu awet? Simak di sini.

  1. Gunakan penstabil listrik
  2. Pilih dan gunakan tas yang cocok.
  3. Jangan lagi makan dan minum di dekat kamu menyimpan atau menaruh laptop.
  4. Berhenti meletakkan laptop langsung di atas lantai.
  5. membersihkan laptop berkala dan perhatikan juga perawatannya.
  6. Jangan terlalu lama menyalakan dan menggunakan laptop.
  7. Jangan memaksa laptop menjalankan aplikasi, software atau game berat.
  8. Berhenti menggunakan laptop di atas kasur tanpa alas.
  9. Jangan pernah menaruh barang dengan bobot berat di atas laptop.
  10. Rutin membersihkan memori sampah di laptop.
  11. Jangan pergunakan koneksi internet ketika hujan lebat hingga saat ada petir.
  12. Mematikan laptop sesuai dengan yang dianjurkan.
  13. Jangan membiarkan laptop hingga baterai nol persen.
  14. Atur tingkat kecerahan layar pada monitor laptop.
  15. Taruh dan gunakan laptop di alas permukaan datar.

Dari rekomendasi laptop bagus di atas, manakah yang paling menarik perhatian atau mungkin sudah kamu coba? Kamu pastinya punya pertimbangan khusus mengapa memilih laptop tersebut. Jangan lupa untuk selalu merawat laptop kamu tersebut dengan rajin dibersihkan dari debu dan kotoran. Selain itu, sering-seringlah membersihkan cache di folder kamu supaya sistem operasinya tetap bisa berjalan dengan baik.

Selain informasi inspirasi pilihan laptop bagus di atas, kamu juga bisa mengakses situs dan aplikasi Mamikos apabila kamu memerlukan informasi hunian kos. Inspirasinya dijamin lengkap dan bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan ingin hunian seperti apa. Unduh aplikasinya atau bisa juga mengakses langsung web Mamikos untuk mengetahui info hunian terbaik lainnya.


Klik dan dapatkan info kost di dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah

Kost Jakarta Harga Murah

Kost Bandung Harga Murah

Kost Denpasar Bali Harga Murah

Kost Surabaya Harga Murah

Kost Semarang Harga Murah

Kost Malang Harga Murah

Kost Solo Harga Murah

Kost Bekasi Harga Murah

Kost Medan Harga Murah