Sambil Nunggu Buka Puasa di Kost, Lakukan 9 Hal Produktif Ini

Posted in: Seputar Anak Kos

Puasa di Kost – Sebentar lagi, umat Muslim di seluruh penjuru dunia akan menyambut datangnya bulan Ramadhan. Salah satu momen yang menyenangkan ketika bulan Ramadhan datang adalah kita dapat melakukan beragam kegiatan seru sembari menunggu buka puasa. Tradisi ngabuburit pun akan menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu ketika berpuasa di bulan suci ini. Selain ngabuburit, berikut ada beberapa hal produktif yang bisa kamu lakukan di kost sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Lakukan Hal di Bawah Ini Sambil Nunggu Buka Puasa di Kost

Puasa Di Kost

maxsi.id

Di masa pandemi wabah Corona seperti sekarang ini, tentunya suasana berpuasa akan jauh berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jika dulu ngabuburit menjadi hal yang ditunggu-tunggu, kini kegiatan ngabuburit sepertinya tidak diperbolehkan mengingat anjuran pemerintah untuk melakukan physical distancing. Buat kamu yang tertahan di kota rantau dan harus menjalani berpuasa di kost, tak perlu berkecil hati. Ada banyak hal produktif yang bisa kamu lakukan di kost sembari menunggu adzan berbuka tiba. Adapun hal-hal produktif tersebut adalah sebagai berikut.

1. Membereskan kamar kost

castlecreations.biz

Ketika kamu harus kuliah setiap hari, mungkin kerapian dan kebersihan kamar kost kamu tentu jarang diperhatikan. Kamu hanya punya waktu luang di akhir minggu atau hari libur untuk membereskan kamar kost, itu pun jika kamu tidak memiliki kegiatan kampus lainnya. Mumpung sekarang kamu punya banyak waktu di kost, cobalah untuk membersihkan kamarmu sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba. Buanglah atau donasikan barang-barang yang sudah tidak kamu gunakan lagi.

Jangan lupa pula untuk mengganti sprei atau selimut yang sudah lama terpasang. Kamu mungkin juga perlu membersihkan toilet jika kondisinya sangat kotor. Mengganti dekorasi kamar kost juga bisa menjadi ide yang menarik. Mengingat kamu harus ada di kamar setiap saat, tentu kamu bosan dengan suasana yang monoton. Mengganti dekorasi membuat kamar kostmu terasa lebih fresh dan menyenangkan.

2. Membaca Al-Quran

madaninews.id

Ramadhan menjadi kesempatan bagi umat muslim untuk berlomba-lomba meningkatkan ibadahnya karena di bulan ini segala pahala yang dilakukannya akan di lipat gandakan. Salah satu kegiatan yang dapat kamu lakukan di bulan puasa ini adalah dengan membaca Al-Quran di waktu-waktu seperti sambil menunggu berbuka puasa. Allah sangat menghargai usaha manusia dalam mempelajari Al-Quran, meskipun hanya satu ayat. Bahkan dalam hadits di atas disebutkan pahalnya lebih baik dari pada melakukan shalat sunat 100 rakaat. Karena dengan mempelajari satu ayat akan bersambung ke ayat-ayat lainnya yang saling berhubungan.

3. Berolahraga dan berjemur

3.bp.blogspot.com

Lebih banyak berdiam di kost, tentu akan membuat kamu memiliki banyak waktu untuk melakukan banyak hal. Waktu yang biasa digunakan untuk perjalanan berangkat dan pulang kampus bisa kamu alokasikan untuk hal-hal lain. Misalnya, kamu bisa mengisi waktu luang itu dengan olahraga. Setiap pagi, sempatkan diri untuk berolahraga sekitar 30 menit di kostan.
Jika cuaca cerah, jangan lupa untuk meluangkan waktu berjemur di bawah sinar matahari pagi. Berjemur dapat membantu tubuh untuk meningkatkan sistem imun. Dengan begitu, tubuhmu bisa melawan virus-virus yang masuk. Jangan lupa cuci tangan setelah beraktivitas ya. Berolahraga dan berjemur bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan, waktu pun akan berjalan cukup cepat menunggu waktu berbuka tiba.

4. Menuangkan ide dengan menulis

storage.googleapis.com

Menulis adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Bagi sebagian orang hal ini adalah cara untuk menyalurkan bakat, minat, hobi sampai bisa juga menjadi profesi. Untuk itulah menulis bukan hanya tentang menyalurkan ide dan buah pikiran ke dalam bait-bait kata dan kalimat indah. Tapi juga menunjukkan dan memberikan padangan lain hingga inspirasi bagi orang yang membacanya. Meski terlihat sangatlah membosankan, kegiatan menulis nyatanya bisa sangat menyenangkan dan membuat kita ketagihan lho.

5. Mengikuti kelas online guna menambah skill

chegg.com

Siapa bilang berdiam diri di kost selama bulan puasa akan menjadi kegiatan yang membosankan? Nyatanya, kamu masih bisa mengasah skill kamu ketika berada di kost dengan mengikuti berbagai kelas online. Kamu tentu tahu banyak kelas online dan juga webinar gratis selama kita physical distancing ini. Cobalah untuk mengikuti kelas online dan webinar tersebut untuk menambah skill. Kamu pun bisa memanfaatkan promo-promo yang ada untuk meningkatkan kualitas diri. Kamu bisa menambah ilmu dalam bidang yang berhubungan dengan perkuliahanmu. Kamu juga bisa ikut kursus online yang sesuai dengan hobimu. Apapun itu akan membuat pribadimu menjadi lebih baik dan bernilai serta menghabiskan waktu dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.

6. Mendekorasi kamar

rukita.co

Lihatlah sekeliling kamar kostmu sekarang dan rancanglah perubahan apa yang bisa kamu buat di ruangan kecil itu. Bisa jadi dengan menata ulang perabotan atau sekedar menambah beberapa hiasan ruangan tambahan. Dengan kegiatan produktif ini, kamu pun bisa mengurangi kejenuhan selama berada di kost. Mulailah bereksperimen dengan barang-barang bekas yang selama ini tertumpuk di sudut kamar dan baru saja ingin kau buang. Cari inspirasi dekorasi kamar keren dari Pinterest, Tumblr, atau sumber lainnya. Atau bisa juga dengan metode DIY atau do it yourself yang belum sempat direalisasikan.

7. Mengasah kemampuan memasak

theasiantelegraph.net

Karena kita dianjurkan untuk melakukan physical distancing, tentunya melakukan aktifitas di luar rumah sangatlah tidak dianjurkan. Buat kamu yang biasa berbuka puasa di luar kost, ada baiknya kini kamu mengasah kemampuan memasak untuk menghidangkan menu buka puasa kamu nantinya. Kamu bisa memulainya dengan meminta resep dari orang tua, saudara, teman, atau bahkan bisa juga dengan mencarinya di internet. Tidak perlu resep yang rumit, sesuaikan saja dengan kemampuan, bahan masakan, dan peralatan yang ada di kost.

8. Menanam tanaman

arsitagx-master-article.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com

Sisihkan uangmu untuk membeli bibit tanaman yang bisa tumbuh di kostan tanpa perawatan yang mahal dan ribet. Ada beberapa contoh tanaman yang bisa kamu jadikan teman di kost, seperti lidah buaya, kaktus, atau bahkan tanaman obat-obatan serta sayuran yang bisa kamu gunakan untuk memasak. Kalau sudah begini, kamu harus rajin merawatnya dan jangan sampai tanamannya malah mati karna kurang diberi perhatian. Dengan kegiatan baru yakni merawat tanaman, kamu pun akan betah di kost selama bulan puasa ini.

9. Membaca buku favorit

assets.entrepreneur.com

Membaca menjadi salah satu paket yang seru untuk kamu coba selama bulan puasa ini. Kamu bisa cari lagi buku lama yang belum kamu selesaikan, dan mulailah tenggelam dalamnya. Mungkin saja, kamu dapat inspirasi baru dari membacanya. Bosan dengan bacaan dari buku? Saatnya kamu mencari bacaan dari sumber lain seperti internet. Ada beberapa web yang menyediakan bacaan fiksi maupun non-fiksi untuk kamu nikmati.

Nah, itu tadi 9 hal produktif yang bisa kamu lakukan di kost sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Dengan mencoba beberapa ide kegiatan produktif di atas, kamu bisa menemukan satu lagi bakat terpendam di dalam dirimu. Oh ya, jangan lupa juga ya jika ada keluarga atau rekan kamu yang sedang membutuhkan informasi seputar sewa properti seperti kost-kostan hingga rumah kontrakan maka jangan lupa untuk menyarakan mereka download aplikasi Mamikos. Di aplikasi Mamikos ini kamu bisa mendapatkan akses yang lebih praktis lagi karena di aplikasi Mamikos kamu bisa menemukan informasi seputar kost-kostan, serta sewa apartemen, hingga sewa rumah kontrakan.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: