Tips Supaya Kuat di Hari Pertama Puasa Ramadhan 1441 H/2020

 Nana | Jum, 27 Mar 2020

Tips supaya kuat di hari pertama puasa ramadhan 1441 H/2020 – Memasuki bulan suci Ramadhan, ada banyak hal yang akan kita nikmati. Diantaranya, makan sahur bersama keluarga besar atau teman-teman kost, salat berjamaah di masjid lalu ikut tadarus Al-Quran hingga kuliah subuh, dan menjalani ibadah puasa sehari penuh.

Nah saat kita sudah terbiasa dengan rutinitas puasa, pastinya tidak ada tantangan yang berarti. Namun bagaimana caranya supaya terbiasa, jika di hari pertama puasa kita sudah lemas dan merasa tidak kuat? Untuk itulah Mamikos membuat artikel tips supaya kuat di hari pertama puasa ramadhan 1441 H/2020 ini untuk kamu semua.

Tips Supaya Kuat di Hari Pertama Puasa Ramadhan

https://harianrakyataceh.com/

Mamikos paham jika nanti saat menjalani puasa, lalu waktu siang hari kamu akan merasakan lesu atau lemas, tak bertenaga atau kurang bergairah melakukan aktivitas seperti biasa. Tidak terbayang harus menahan sederet godaan-godaan yang ada apalagi melihat makanan favorit atau minuman yang sangat menyegarkan dahaga. Jadi Mamikos membuatkan tips supaya kuat di hari pertama puasa ramadhan 1441 H/2020 agar kamu semua tidak kebablasan.

Jadi apa saja tips supaya kuat di hari pertama puasa ramadhan 1441 H/2020 tersebut? Di bawah ini sudah Mamikos rangkum semuanya untuk kamu. Dibaca dengan saksama dan praktekkan nanti saat menjalankan ibadah puasa kamu, ya.

Tips Supaya Kuat di Hari Pertama Puasa amadhan 1441 H/2020

  • Niat Kuat Dalam Menjalani Ibadah Puasa

Tentunya niat yang kuat akan membuat ibadah puasa kamu pun jadi kuat. Malam di mana kamu akan berpuasa atau saat bersahur, kamu bisa tanamkan dalam pikiran dan diri kamu sebuah niat ibadah puasa dan minta agar Tuhan menguatkan tekad kamu. Kalau niat kamu sudah bulat dan tekad kamu sudah tak tergoyahkan, mau ada sebotol teh botol dingin atau teh kotak segar juga kamu akan bergeming. Percaya deh. Jangan lupa tanamkan juga dalam pola pikir kamu bahwa berpuasa kamu ini semata-mata karena ibadah pada Allah SWT.

  • Hindari minuman yang bersifat diuretik

Ketika kamu makan sahur, sebaiknya kamu hindari minuman yang bersifat diuretik seperti kopi atau teh kental. Karena minuman tersebut dapat membuat kamu lebih mudah untuk buang air kecil sehingga bukan tidak mungkin cairan di tubuh pun cepat berkurang.

Apabila sangat terpaksa dan ingin membuat teh, setiap 200 cc air gunakan satu sendok makan gula pasir datar. Ketika mencelupkan teh dan kamu rasa warnanya sudah berubah, kamu bisa segera angkat teh celupnya agar tidak terlalu kental. Selain minuman teh atau kopi, minuman ringan dan bersoda pun sebaiknya dihindari.

  • Jangan Makan Terlalu Kenyang Saat Sahur

Apabila kamu berpikir bahwa makan sahur sampai kenyang atau makan sahur dengan memasukkan unsur karbo yang terlalu berlebihan akan membuat kamu kuat puasa, maka kamu salah besar. Sebab belum sampai sore, pagi jam 8-an pun kamu sudah merasa lapar dan tidak bersemangat beraktivitas lagi. Sebab apabila kamu makan sahur terlalu kenyang, tubuh kamu akan lebih cepat mencerna makanan yang dimakan. Makanya rasa lapar lebih cepat datang sebelum waktunya.

Selain itu, jika kamu makan sahur terlalu kenyang ada hal-hal kurang baik juga yang akan terjadi. Misalnya saja dapat menyebabkan aliran darah yang menumpuk pada bagian perut sementara aliran darah ke otak menjadi berkurang. Hal ini yang bisa mengakibatkan rasa ngantuk luar biasa di pagi hari, badan lesu/lemas dan daya tahan tubuh berkurang selama menjalani ibadah puasa.

  • Tingkatkan Kadar Protein

Apabila kamu mengkonsumsi protein yang cukup, maka akan secara efektif juga meningkatkan tingkat metabolisme tubuh kamu. Sebab apabila tingkat protein yang kamu konsumsi bagus, maka tubuh kamu pun akan terasa lebih segar, kuat dan tidak loyo dalam menjalani ibadah puasa.

Sebab faktanya, menu hidangan sahur pada umumnya sebagian besar terdiri atas karbohidrat sementara hanya sebagian kecil saja yang berupa protein dan lemak. Jika menu sahur kamu seperti itu, dijamin hanya dalam waktu 4 jam saja kamu akan langsung merasa lapar lagi.

  • Hindari Pembicaraan Mengenai Makanan

Salah satu hal ini juga bisa kamu lakukan di hari pertama puasa nanti yakni menghindari pembicaraan mengenai makanan. Apalagi jika kamu lakukan pembicaraan tersebut di siang hari. Sebab hal ini dapat menyebabkan kamu akan lebih berfokus pada rasa lapar. Dampak lain, rasa laparmu akan menjadi lebih menggila dan kamu pun mulai membayangkan berbagai makanan yang ingin kamu makan saat adzan magrib sore nanti.

Kemudian hindari juga bermain media sosial yang menampilkan banyak informasi kuliner, atau foto dan video mengenai makanan. Tetaplah fokus ibadah yang sedang kamu jalani ini. Ingat juga segudang manfaat yang akan kamu dapatkan selama berpuasa dan alasan mengapa kamu menjalani ibadah puasa.

Alternatif lainnya kamu bisa mencoba menghabiskan waktu bersama temanmu yang juga sedang berpuasa. Hal tersebut dapat meningkatkan motivasi kamu dalam melakukan ibadah puasa di hari pertama.

  • Jangan Gelisah Menunggu Kapan Magrib Tiba

Iya, tahu kamu sedang berpuasa, tapi bolak balik melihat jam dinding dan bertanya kapan adzan magrib tiba justru malah membuat kamu tidak khusyuk berpuasa lho. Salah satu cara terbaik untuk melewati puasa adalah dengan mengalihkan perhatian dan pikiran dari rasa lapar, karena sensasi tersebut bisa menjadi akan sangat mengganggu kekhusyukan kamu dalam menjalani ibadah.

Kamu bisa mengalihkan perhatianmu dengan melakukan kegiatan ringan selain bekerja. Saran Mamikos lebih baik kamu fokus ke shalat, mengaji atau ibadah lain yang bisa kamu jalankan selama bulan puasa ini.

  • Lakukan Aktivitas Secara Normal

Meskipun sedang menjalani ibadah puasa, bukan berarti aktivitas sehari-hari kamu jadi terganggu. Mungkin kamu merasa lemas dan tidak bertenaga. Wajar saja. Namun umat Islam yang menjalani ibadah puasa dan masih harus bekerja juga bukan kamu saja. Ada banyak ribuan orang lain yang melakukannya juga. Jadi tetap lanjutkan aktivitas kamu secara normal.

Tenang saja, ada banyak hormon dalam tubuhmu yang akan berperan untuk meningkatkan kadar gula darah yang bekerja melawan hormon insulin. Berdasarkan penelusuran Mamikos, hormon-hormon anti-insulin justru akan lebih aktif saat kamu bekerja atau melakukan aktivitas.

  • Berolahraga Ringan di sela Aktivitas

Siapa bilang ketika puasa kita dilarang untuk berolahraga? Asal kamu tahu, justru dengan berolahraga tubuh kamu akan menemukan kembali kebugarannya. Tapi, tentu saja olahraga selama berpuasa harus kamu disesuaikan dengan kondisi dan tidak perlu seekstrem hari biasanya.

Berolahraga ringan di sela-sela aktivitas kamu juga bisa menjadi pilihan. Misalnya dengan sekadar menggerak-gerakkan tangan, kaki dan kepala, atau melakukan yoga dengan gerakan-gerakan ringan atau melakukan gerakan jongkok-berdiri. Simpel mudah tapi tubuhmu tetap bergerak.

Olahraga satu ini juga bertujuan untuk mengaktifkan kembali saraf-saraf tubuh yang mulai lemah karena keadaan berpuasa. Atau jika kamu menyukai menari, kamu bisa menari-nari ringan sampai tubuhmu sedikit keringatan saja sudah sangat cukup lho.

  • Sahur atau Berbuka dengan Menu Makanan Bergizi dan Sehat

Tips satu ini sebaiknya tidak hanya kamu terapkan di hari pertama puasa saja, ya. Sebab apabila kamu menyediakan menu sahur yang mengandung indeks glikemik (IG) rendah, tinggi protein, dan rendah lemak, niscaya puasa kamu akan lancar. Makanan dengan IG rendah mampu menyuplai energi secara lambat tapi terus menerus sehingga tubuh kamu tidak akan mudah lemas. Sementara apabila kamu mengonsumsi makanan dengan IG tinggi, hal tersebut akan cepat memberi energi yang besar tapi tidak bisa bertahan lama. Makanya kenapa kamu merasa mudah atau cepat lapar padahal baru beberapa jam berpuasa.

Makanan yang indeks glikemiknya rendah adalah karbohidrat berserat seperti nasi merah serta kombinasi nasi putih dan merah atau roti gandum. Sementara untuk makanan tinggi protein akan lebih lama dicerna di lambung yakni dalam waktu 3-4 jam sehingga bisa membuat seseorang kenyang lebih lama. Nah, beberapa makanan yang mengandung protein lemak rendah adalah putih telur, ikan, tempe, tahu, ayam tanpa kulit, serta daging tanpa lemak.

Itulah tadi ulasan Mamikos mengenai tips supaya kuat di hari pertama puasa ramadhan 1441 H/2020 yang bisa disampaikan pada artikel kali ini. Semoga Tips supaya kuat di hari pertama puasa ramadhan 1441 H/2020 ini bermanfaat dan dapat membantu kamu agar lebih afdol dan khusuk dalam menjalani ibadah puasa nanti. Apabila kamu memerlukan informasi mengenai hunian, jangan lupa untuk mengakses aplikasi pencari kost Mamikos di ponsel kamu sekarang. Penggunaannya mudah dan jauh lebih efisien dan menghemat waktu kamu.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu: