Simulasi Soal SBMPTN 2019! Cara Hitung Rumus Skala Peta

 Mamikos | Sel, 19 Mar 2019

Simulasi Soal SBMPTN 2019! Cara Hitung Rumus Skala Peta – Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. atau peta adalah gambaran suatu permukaan bumi pada bidang datar dan diperkecil dengan menggunakan skala. Peta bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak hingga peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain penutup meja. Namun secara umum pengertian peta adalah lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut kartografi. Banyak peta mempunyai skala, yang menentukan seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang sebenarnya. Kumpulan dari beberapa peta disebut atlas.

Peta merupakan alat bantu dalam menyampaikan suatu informasi keruangan. Berdasarkan fungsi tersebut maka sebuah peta hendaknya dilengkapi dengan berbagai macam komponen/unsur kelengkapan yang bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam membaca/menggunakan peta. Beberapa komponen kelengkapan peta yang secara umum banyak ditemukan pada peta misalnya adalah:

  • Judul
    Mencerminkan isi sekaligus tipe peta. Penulisan judul biasanya di bagian atas tengah, atas kanan, atau bawah. Walaupun demikian, sedapat mungkin diletakkan di kanan atas.
  • Legenda
    Legenda adalah keterangan dari simbol-simbol yang merupakan kunci untuk memahami peta.
  • Orientasi/tanda arah
    Pada umumnya, arah utara ditunjukkan oleh tanda panah ke arah atas peta. Letaknya di tempat yang sesuai jika ada garis lintang dan bujur, koordinat dapat sebagai petunjuk arah.
  • Skala
    Skala adalah perbandingan jarak pada peta dengan jarak sesungguhnya di lapangan. Skala ditulis di bawah judul peta, di luar garis tepi, atau di bawah legenda. Skala dibagi menjadi 3, yaitu:
  1. Skala angka. Misalnya 1 : 2.500.000. artinya setiap 1 cm jarak dalam peta sama dengan 25 km satuan jarak sebenarnya.
  2. Skala garis. Skala ini dibuat dalam bentuk garis horizontal yang memiliki panjang tertentu dan tiap ruas berukuran 1 cm atau lebih untuk mewakili jarak tertentu yang diinginkan oleh pembuat peta.
  3. Skala verbal, yakni skala yang ditulis dengan kata-kata.

Simulasi Soal SBMPTN 2019! Cara Hitung Rumus Skala Peta

A. Perhitungan dengan Skala Angka

Dalam perhitungan skala angka, jika ingin menghitung jarak yang sesungguhnya menggunakan peta, maka bisa menggunakan rumus yang sudah ditulis berikut ini.

Perhitungan dengan Skala Angka

Sebelum mengetahui rumusnya, cari tahu dulu cara membaca pada tulisan skala 1 : 1.000.000. Tulisan ini artinya ialah jika setiap jarak 1 satuan di peta, akan setara pada jarak 1.000.000 satuan sesungguhnya. Jika satuan yang digunakan ialah cm, maka tulisan 1 : 1.000.000 artinya setiap pada jarak 1 cm pada peta, itu mewakili jarak 1.000.000 cm jarak sebenarnya.

Pada skala ini, menggunakan satuan centimeter yang sudah dijadikan sebagai satuan skala resmi internasional. Akan tetapi ada sebagian negara memakai satuan inci dengan perbandingan satuan mil. Sebagian negara yang dimaksud ialah negara Inggris dengan negara negara di persemakmuran Inggris.

Contoh untuk menghitung jarak sebenarnya.

Diketahui sebuah peta mempunyai skala 1:10.000.000. Sedangkan jarak kota A dengan kota B ialah 5cm. Maka berapa jarak sebenarnya diantara kota A dengan kota B?

Jawab:

Jarak yang sesungguhnya ialah 5 cm / 1 : 10.000.000

= 5 × 10.000.000 / 1

= 50.000.000 cm.

Jadi, jarak yang sesungguhnya dari kota A ke kota B ialah 50.000.000 cm atau jarak yang sesungguhnya dalam satuan km ialah 500 km.

Perhitungan dengan Skala Angka

Contoh mencari skala pada peta.

Diketahui jika jarak antara kota A dan kota B dalam sebuah peta ialah 4 cm. Sedangkan jarak yang sebenarnya diantara kota A dengan kota B ialah 80 km. Maka berapakah skala pada peta berdasarkan satuan cm?

Jawab:

Rumus Skala = Jarak di Peta : Jarak yang sesungguhnya

= 4 cm : 80 km

= 4 cm : 8.000.000 cm

= 1 : 2.000.000

Jadi, hasil skala pada peta tersebut ialah 1 : 2.000.000.

B. Perhitungan Menggunakan Skala Batang

Dalam perhitungan menggunakan skala batang, harus menggunakan ukuran dari batang grafis ataupun garis lurus yang terdapat dibagian bawah gambar peta. Dalam garis batang maupun grafis batang jarak sebuah ruas ataupun kolom ialah sama. Setiap ruas juga mewakili jarak tertentu.

Selain itu, skala batang dan juga skala angka memiliki perbedaan. Jika sebuah peta diperkecil, dengan cara difotokopi, maka skala batangnya masih tetap bisa digunakan tanpa harus dikonversi.

Umumnya pada skala batang setiap ruas sepanjang 1 cm, dan mewakili pada jarak yang sesungguhnya. Misalnya skala pada sebuah peta ialah 1 : 100.000, ini berarti skala batangnya mempunyai panjang setiap ruas 1 cm.

Contohnya:

Diketahui jarak antara desa A dengan desa B dalam sebuah peta pada skala batang ialah 4 ruas. 1 ruas dari peta tersebut mewakili 1 km. Berapakah jarak desa A dengan desa B yang sebenarnya?

Jawab :

Dikarenakan masing masing ruas atau 1 ruas telah mewakili jarak 1 km, itu berarti jarak antara kedua desa tersebut ialah : 4 x 1 = 4 km.

Klik dan dapatkan info kost di dekat kampus idaman mu:

Simulasi Soal SBMPTN 2019! Cara Hitung Rumus Skala Peta

Simulasi Soal SBMPTN 2019! Cara Hitung Rumus Skala Peta